Minggu, 30 Agustus 2015

Ke Cilegon Belum Lengkap Tanpa Ke Gonbe Restaurant

kuliner cilegon gonbe

Di Cilegon ada sebuah restoran masakan Jepang bernama Gonbe. Sejauh yang aku tahu, restoran ini sudah ada sejak jaman pertama kali aku menginjakan kaki di bumi Sultan Maulana Hasanuddin ini. Bahkan mungkin jauh sebelum aku datang, Gonbe sudah berdiri melayani tamu-tamu asli Jepang.

kuliner cilegon gonbe
Lampion Menghiasi Ruangan
Boleh percaya boleh tidak, selama hampir 13 tahun, aku belum pernah menginjakan kaki di restoran Jepang ini. Icip-icip masakannya sih pernah, tapi belum pernah mampir langsung di tempat. Padahal letaknya tidak jauh dari tempatku tinggal, yaitu di daerah pertokoan Pondok Cilegon Indah. Kenapa tidak pernah mampir dimari? Takut bo! Takut ngga bisa bayar pulangnya. Masa harus ninggalin KTP? Hahay, atau mungkin takut ngga tau cara makannya. Entahlah..., bisa jadi karena aku tidak tahu dimana letak pintu masuknya.

Beberapa kali lewat ataupun berdiri di depannya, tapi selalu berujung mangkal di cafe tenda sebelahnya yaitu masakan Lamongan, ayam bakar, seafood, dan kawan-kawannya. Walaupun tampilan dari luar biasa saja, tapi kok kayaknya ekslusif sekali. Bikin jiper hati. 
Nah, saat ada ajakan makan di tempat ini, kebayang dong excitingnya si akuh. Permisi..., orang kampung mau masuk resto Jepang. Hehe.

Ada Kubur Batu dan Batu Temu Gelang di Situs Megalitikum Cipari

wisata sejarah taman purbakala
"Eh, tadi di musium Cipari seru yak, " kata Amrita (7), "itu batunya asli katanya." 

"Iya, seru. Katanya batunya itu digali dari dalam tanah," sambung Azka (9). 

"Itu bukan asli kata petugasnya. Yang asli cuma peti kubur batu," kata Aisya (8) ikut nimbrung. 


"Eh, kamu lihat batu tinggi yang berdiri ngga?"

"Oh, itu! Aku ingat!" seru Azka, "itu tuh, mirip di komik Asterik lho. Namanya menhir."

Aku tertawa sendiri mendengar celotehan Azka, Aisya dan Amrita di ruang depan. Mereka saling menyampaikan kesan yang mereka rasakan saat berkunjung ke Taman Purbakala Cipari, Kuningan, Jawa Barat. Aku mendengarkan dengan seksama dari ruang tengah. Celotehan mereka lebih menarik dari breaking news yang sedang lewat. Tak menyangka, ada yang menyangkut di benak mereka saat mengunjungi situs megalitikum Cipari. 


Situs Megalitikum Cipari

wisata sejarah taman purbakala
Batu di Pintu Masuk Taman Purbakala Cipari
Situs purbakala Cipari terletak di daerah Cipari, Cigugur, Kuningan, Jawa Barat. Di sini tempat ditemukannya peti kubur batu, peninggalan jaman megalitikum. 

Tidak adanya papan petunjuk tempat wisata ini, sedikit menyulitkan. Dari daerah Cigugur, akhirnya kami menemukan di sisi kiri ada gapura bertuliskan Taman Purbakala Cipari. Menyusuri jalan masuk, tidak ada petunjuk lainnya. Ibarat pepatah, malu bertanya sesat di jalan. Begitu jalanan di depan menunjukan tanda-tanda mencurigakan, saatnya untuk mencolek orang untuk bertanya. Benar saja, sudah terlewat agak jauh. Seharunya di perempatan sebelumnya belok ke kiri.


Suasana relatif lebih sepi dibandingkan tempat wisata lain seperti Palutungan atau Taman Gunung Batu Mayasih. Area parkiran lumayan luas dan suasananya lebih senyap serta adem karena banyaknya pepohonan disekeliling situs. Cocok untuk tempat bersantai.

Di gerbang depan, kami disuguhkan oleh tembok tumpukan batu-batu yang mengelilingi area situs. Tidak ada loket pembayaran tiket. Membuatku sedikit bingung, jalan masuknya sebelah mana? Akhirnya, kami memasuki area situs yang katanya berukuran 700m2 dari keseluruhan luas 2.500m2. Seluas mata memandang yang tampak hanya bebatuan yang tersusun. 


Museum Purbakala Cipari

"Sebelum keliling, kita masuk musium dulu di sana," tunjuk Ayahnya Azka ke arah bangunan yang terbuka bertuliskan musium, "supaya bisa tahu apa arti tumpukan batu-batu ini." 

wisata sejarah taman purbakala
Museum Taman Purbakala Cipari
Benar juga, pikirku. Ini batu-batu ini apa artinya?  Kalau tidak tahu artinya, pemandangan tumpukan batu-batu tidak ada menariknya sama sekali. 

Rasa kebingunganku tentang tidak adanya loket tiket terjawab saat di dalam gedung ini. 
"Silahkan Bu, mengisi daftar hadir. Untuk tiket, seiklasnya saja, di sini memang tidak seramai tempat wisata lainnya," jelas petugas saat kami memasuki bangunan musium di dalam area situs. 

Salah seorang petugas langsung menemani kami, berkeliling dan menjelaskan seputar proses penggalian situs ini. 

Menurut Bapak Pemandu, diperkirakan penemuan benda-benda purbakala ini berasal dari jaman peralihan batu ke logam (perunggu), karena selain batu - batu, ditemukan pula kapak perunggu yang digunakan pada waktu itu untuk memotong sesuatu.

wisata sejarah taman purbakala
Gelang Batu 
Pada jaman ini, manusia sudah tinggal menetap, alias tidak lagi nomaden atau berpindah-pindah tempat. Bercocok tanam pun sudah mulai menjadi mata pencaharian mereka. Kepercayaan yang dianut orang-orang pada masa itu masih animisme dan dinamisme, yaitu mempercayai bahwa dewa dewi bersemayam dalam benda mati seperti batu atau pohon-pohonan.  

Hal ini ditandai dengan adanya penemuan menhir, yaitu tempat pemujaan. Juga adanya dolmen, yaitu meja persembahan kepada leluhur yang berbentuk batu datar. 
"Yang ada di situs ini adalah tiruan, kecuali sarkopagus yang ada disebelah sana," tunjuk petugas pemandu. 

"Oh, ini semua tidak asli?" tanyaku bengong, "terus yang aslinya ada di mana?" 
"Yang ada di sini adalah replika, tapi barang aslinya ada, hanya saja terpencar-pencar. Ada yang jauh di pedalaman," jelasnya lagi, "kalau yang kubur batu (sarkopagus), bentuk, letak serta posisinya percis seperti pertama kali ditemukan."

"Kubur batu? Jadi itu kuburan donk?", Aisya ikut nimbrung, keningnya berkernyit mendengar kata kubur. 

"Peti untuk mengubur mayat, De," jelas si petugas. 

"Kalau ini apa?" Amrita menunjuk benda dalam kaca display yang berbentuk seperti gelang setengah. 

"Itu gelang perhiasan dari batu. Jaman dahulu perhiasannya seperti ini. Terbuat dari batuan kalsedo," jelas si petugas dengan sabar memenuhi rasa ingin tahu anak-anak.

wisata sejarah taman purbakala
Peti Kubur Batu

Di dalam museum purbakala Cipari ini terpajang dalam kotak kaca display barang-barang penemuan penggalian, dari mulai perhiasan seperti gelang batu, berbagai peralatan gerabah yang mungkin pada waktu itu digunakan untuk makan minum ataupun memasak, kapak batu dan kapak perunggu yang kemungkinan digunakan para nenek moyang kita untuk berburu ataupun bercocok tanam, menebang pohon dan lainnya. 

Kita juga dapat menjumpai berbagai tulisan mengenai sejarah penemuan situs purbakala ini, yang bermula dari penemuan Wijaya yang menemukan sejenis batuan andesit mirip dengan yang dipamerkan di Gedung Paseban Tri Panca Tunggal, Cigugur. Sejak itulah dilakukan penggalian di area tersebut, yang kemudian menemukan peti kubur batu dan benda-benda galian lainnya yang sekarang terdisplay di museum purbakala Cipari.

Setelah puas berkeliling ruangan museum yang tidak begitu besar, saatnya menuju ke lapangan untuk melihat kubur batu dan benda-benda lainnya seperti menhir, dolmen, batu temu gelang.

Kubur Batu, Temu Gelang, Menhir, dan Dolmen Bukti Keberadaan Manusia Purba di Kuningan

wisata sejarah taman purbakala
Punden Berundak
Di luar bangunan museum, terlihat situs yang keseluruhan terdiri dari batu-batu tipis yang tersusun dan tanah. Turun dari museum, kita berhadapan dengan bebatuan yang tersusun melingkar. Inilah yang dinamakan batu Temu Gelang. Pada waktu dulu, berfungsi sebagai tempat musyawarah atapun berkumpul. Semua berhadapan dan duduk membentuk lingkaran. Langsung imaginasi melayang, terbayang suasana berkumpul orang-orang purba waktu itu dengan pembicara atau ketua suku yang mungkin berada di tengah-tengah lingkaran dan anak-anak jongkok bermain bebatuan. Atau bahkan mungkin upacara-upacara adat yang memerlukan tari-tarian juga dilakukan di sini.

Paling ujung situs yang beseberangan dengan gedung musim, terdapat punden berundak atau altar batu. Di atasnya terdapat batu datar seperti meja. Ini yang dinamakan dolmen atau meja untuk persembahan. Tempat menyimpan sesajen untuk para leluhur yang dianggap keramat. Di bawah batu datar ini terdapat kotak, yang konon kabarnya bisa dijadikan tempat untuk menyimpan jenazah juga sebagai bentuk penghormatan terhadap arwah.

wisata sejarah taman purbakala
Dolmen
Tak jauh dari dolmen, di posisi ke bawah, terdapat kubur batu yang terbuat dari batuan andesit tipis. Ini dia penemuan yang disebut-sebut asli berasal dari situs purbakala Cipari. Dimana yang menurut petugas posisi kubur batu ini pun sama seperti saat penemuan yaitu dengan posisi miring mengarah Timur Laut dan Barat Daya. Yang mungki bisa diambil kesimpulan bahwa alam merupakan pedoman hidup manusia purba saat itu. Kehidupan diibaratkan seperti matahari ataupun bulan. Terbit dan kemudian tenggelam, begitulah perjalanan kelahiran sampai kematian.

Saat ditemukan dalam proses penggalian, tidak ditemukan adanya sisa-sisa kerangka manusia dalam peti kubur batu tersebut, tetapi ditemukan sejumlah benda-benda peninggalan seperti gelang batu dan lainnya. Diperkirakan saat meninggal, selain jenazah juga dimasukkan benda-benda kesayangan atau berharga kedalam kubur batu tersebut. Mirip-mirip dengan kebudayaan China atapun Mesir Kuno yak, dimana orang yang meninggal ditemani berbagai perhiasan, baju, dan benda berharga lainnya.

wisata sejarah taman purbakala
Menhir Tiruan
Kemudian beranjak ke sebelah pintu menuju keluar, tak jauh dari posisi museum, terdapat batu besar yang menjulang tinggi. Inilah yang dinamakan menhir, yaitu batuan yang menjulan tinggi dan biasanya ditempatkan di ketinggian. Menhir ini berfungsi sebagai media penghormatan terhadap arwah para leluhur yang dituakan. Menhir ini dianggap sebagai tempat pemujaan dan media kedatangan arwah. Dipercaya masyarakat purba waktu itu arwah dapat berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada keturunannya yang masih hidup.

Menhir berasal dari kata dalam bahasa Francis yaitu maen yang berarti batu dan hir yang berarti berdiri. Jadi menhir bisa disebut sebagai batu berdiri. Hmmm..., lihat menhir, jadi ingat Obelix. Itu lho, Obelix sahabatnya Asterix yang keman-mana memanggul menhir dipunggungnya disebabkan ramuan kuat yang diminumnya sehingga menhir yang berat pun menjadi ringan buatnya. Suka sekali sama komik yang satu ini. 

Bagaimana Menuju Situs Megalitikum, Taman Purbakala Cipari?

wisata sejarah taman purbakala
Di Tengah Batu Temu Gelang
Mencari tempat ini agak-agak sulit karena minimnya papan petunjuk. Satu-satunya petunjuk yang besar tertera jelas adalah saat masuk ke pintu gapura menuju Taman Purbakala Cipari. Dari Pintu Gapura ini kita melewati deretan rumah penduduk dan tidak ada petunjuk lain setelahnya.

Sebetulnya letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Kuningan, kurang lebih 30 menit dengan berkendaraan. Jika jalanan lancar mungkin lebih cepat lagi. Dari pertigaan jalan Cirebon - Kuningan - Ciamis di Cigugur, jika kita dari arah Kuningan kota, ambil belokan ke kanan menuju arah Cirebon. Setelah beberapa saat akan terlihat gapura besar dengan tulisan Taman Purbakala Cipari di sebelah kanan jalan. 

wisata sejarah taman purbakala
Batu Temu Gelang
Minimnya papan petunjuk dan juga pengunjung, sepertinya sudah seharusnya menjadi perhatian pemerintah daerah Kuningan untuk mengembangkan potensi wisata di sini sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat banyak dan juga penghasilan daerah. Apalagi letak tempat ini berdekatan dengan tempat wisata lainnya seperti kolam ikan Cigugur, Taman Mayasih, Buper Palutungan, satu jalur dengan gedung bersejarah Linggarjati juga di area ini terkenal penghasil susu sapi murni. Hmmm...kalau seandainya diolah menjadi kawasan wisata terpadu, perpaduan antara wisata sejarah, permainan, juga kuliner mungkin Kuningan akan semakin berjaya yak.

Apa Yang Kita Dapat di Taman Purbakala Cipari?

wisata sejarah taman purbakala
Anak-anak bermain di Situs
Jika kita mengharapkan suasana tempat wisata yang ramai, banyak fasilitas dan kuliner, siap-siap untuk kecewa telah datang ke tempat ini. 

Tapi tempat ini bagus untuk menambah wawasan anak-anak bahkan mungkin orang dewasa untuk mengenal satu momen yang pernah ada dalam sejarah kehidupan manusia. Terbukti Azka, Aisya dan Amrita antusias mendengar penjelasan petugas di museum Cipari, dan kalaupun mereka sepertinya bermain-main tidak mendengarkan, tapi ternyata anak-anak adalah observer ulung.  

Yuk, ajak anak-anak wisata ke Taman Purbakala Cipari. Murah meriah, karena untuk masuk tidak dipungut bayaran. Hanya saja saat di museum, walaupun tidak diminta bayaran, tetapi kita bisa memberi tips sekedarnya untuk pemandu yang telah bersemangat menceritakan sejarah penggalian situs purbakala ini.

Jumat, 28 Agustus 2015

Wishlist - LG G4 for Photograph Traveler

LG G4
Kupikir setelah ganti gadget ke LG G3, aku tidak akan berpindah ke lain hati lagi. Dengan tampilan elegan LG G3, dari dimensi ukuran, bentuk, juga aksesoris, betul-betul fit perfectly dengan telpon genggam idamanku. Belum lagi ditambah aneka macam software yang imut-imut juga huruf yang lucu-lucu, bagaimana ngga tambah jatuh hati dengan LG G3. 

Tapi aku tergoda! Sungguh tergoda dengan penampilan LG G4! Apalagi setelah lihat poster LG G4 di salah satu sudut Victoria Street Singapura, dengan menggunakan model iklan Lee Min Ho. Tambah kinclong nih penampakan LG G4 yang dipegang Lee Min Ho, Hmmm..coba yak disandingkan dengan Lee Sang Yoon, langsung beli saat itu juga kayaknya. Hahay!

Apa sih yang membuat daku tergila-gila dengan LG? Aku juga bingung. Baru sadar saat lihat perabotan di rumah, lho kok banyak LG yak? Ternyata selama ini aku LG mania? Aiih...sesuatu.

Mungkin aku tertarik dengan LG dari sisi designnya terlebih dahulu. Bentuk geometrinya yang kotak dengan tidak terlalu banyak lengkungan aneh-aneh, membuatku suka. Tapi kalau urusan handphone LG G4, ini dia fitur-fitur yang membuatku gundah gulana.

Great Visual Experiences

LG G4 menawarkan pengalaman visual yang menawan alias tidak terlupakan. Bagaimana tidak, kecanggihan fitur visualnya pasti membuat tergoda para pengabadi momen atau bahkan penggemar fotografi. Lets see, apa yang ditawarkan LG G4 dengan Great Visual Experiences-nya.
LG G4
light trail effect LG G4


Yang pasti, nomor satu yang paling membuatku terpikat adalah kamera LG G4-nya. Klaim LG: take your best shot!, betul-betul menggoda. Bagaimana tidak? Selama ini jika pergi traveling dengan anak dua, membawa tas berisi baju dan dokumen saja sudah kerepotan, apalagi ditambah dengan membawa kamera DSLR. Jika membawa kendaraan sendiri, tentunya tidak akan terlalu bermasalah. Bayangkan jika harus bepergian ke luar negeri, dengan segembol bawaan. Aku bukan termasuk tipe orang yang mau bersusah-susah dengan urusan bagasi. Sebisa mungkin malah bisa pergi tanpa bagasi.

Nah, pada handphone terbarunya, LG telah melakukan peningkatan yang signifikan terhadap kinerja kameranya. Sehingga, LG bisa dengan bangganya menyebutkan bahwa dengan mengabadikan momen dengan LG G4 hampir serupa dengan pengalaman menggunakan DSLR. Wuih, dengan kamera LG G3 stylus saja sudah puas, bagaimana dengan LG G4 yang disebut resolusi, ketajaman, kecepatannya serta versatilitas alias kemampuan melakukan berbagai hal yang berbeda yang semakin canggih? Coba...ada ngga yang ngga kepincut dengan LG G4?

1. Mode Manual, DSLR dalam Genggaman

Ketika kita menggunakan kamera LG G4, kita dapat menggunakan metode manual seperti halnya menggunakan DSLR. Mode ini memungkinkan kita untuk menyesuaikan exposure dan kontrol lainnya seperti shutter speed, white balance, ISO, manual focus dan lainnya. Keren kan?

Kalau lihat di demo dan hasil besutan kameranya, terlihat kita bisa mengambil foto yang latar belakangnya bisa blur itu lho. Apa sih namanya? Depth of Field kah? Tinggal menyentuh titik mana yang ingin kita fokuskan, maka sekelilingnya akan otomatis menyesuaikan. 


LG G4

LG G4 dilengkapi dengan lensa dengan aperture f/1.8 sehingga bisa memberikan kecepatan rana yang lebih cepat dan tajam. Selain itu juga dapat beradaptasi terhadap hampir semua kondisi cahaya, mulai dari penerangan yang cerah sampai kondisi malam hari yang cahayanya remang-remang. Katanya sih foto yang dihasilkan bisa seindah hasil jepretan profesional. 

Hmmm...amatir dan profesional dalam satu frame di LG G4? Jadi pengen nyoba, bisa ngga yak amatiran kayak diriku ini menghasilkan foto sebagus fotografer prosesional?

f/1.8 LOW LIGHT LENS


Kamera LG G4 ini juga bisa untuk mengambil gambar cahaya lampu yang bergerak dengan fitur Light Trail Effect-nya. Pernah mengalami bad mood sampai ubun-ubun saat tidak bisa mengabadikan permainan sinar laser dan hebohnya pesta kembang api di malam hari gara-gara gadget yang kurang mumpuni? Aku pernah. Sebal rasanya, saat perayaan 50 tahun Singapura, keindahan permainan laser dan kembang api di Marina Bay, tidak bisa di-capture sesuai dengan kondisi aslinya. Padahal bagus banget permainan laser gedung-gedung landmark Singapura dan cahaya kembang api di atas Marina Bay. 

2. Kualitas Gambar LG G4 - Kamera 16 Megapixel

LG G4
f/1.8, bukaan lebar, mengumpulkan cahaya lebih banyak
LG G4 dilengkapi dengan kamera 16 megapixel. Sederhananya semakin besar pixel akan semakin detail dan gambar yang dihasilkan semakin presisi. LG G3 stylus dengan kamera 13 megapixel sudah cukup bagus, apalagi 16 megapixel yak. Ngga sabar ingin nyoba kamera LG G4!

3. Color Spectrum Sensor

Apa itu color spectrum sensor? Apa bedanya dengan sensor yang biasanya?

Tugas utama dari sensor ini adalah untuk meningkatkan keakuratan dalam menangkap warna-warna alami pada objek dan lingkungan sekitarnya. Fitur ini sensitif terhadap infrared, dan mampu menganalisa serta mengukur keseluruhan cahaya sebelum proses pengambilan gambar terjadi. Sehingga gambar yang dihasilkan seindah warna aslinya. 

4. Image Stabilization & Laser Auto Focus

Menurut LG, life is pretty fast. Begitu pula halnya LG G4 yang bergerak cepat. Artinya, dengan laser auto fokus, lensa kamera LG G4 dapat terfokus dengan cepat. Dilengkapi dengan image stabilization yang telah lebih maju, fitur-fitur ini dikembangkan LG untuk menjaga kestabilan dan mengurangi getaran kamera. Dijamin gambar yang dihasilkan akan semakin bening. 

5. Kamera Depan 8 Megapixel 

Kebayang dong, dengan kamera depan 8 megapixel! Yup, semakin asyik untuk berselfie ria. Dengan dukungan kapasitas memori internal yang 32 Giga dan eksternal yang bisa sampai support 2 Terra, bisa dibilang dunia di genggaman. Semua momen perjalanan bisa diabadikan dan disimpan tanpa khawatir.

Terdapat fitur seru di LG G4 ini yaitu Gesture Shot dan Gesture View Feature.

Varian LG G4

LG G4
Design Leather & Ceramic

Seperti halnya pendahulunya, LG G3 yang terdiri dari beberapa varian, LG G4 pun dijual dalam berbagai varian. LG G4 dan LG G4 stylus. 

Untuk LG G4 sendiri, kita bisa memilih design cover yang kita suka. Ada 2 jenis design, yaitu dengan balutan leather/kulit, ada pula yang hanya cover metalik biasa. Yang leather tentunya sedikit lebih mahal dibanding yang non leather. 

Apa bedanya LG G4 dan LG G4 stylus? Selain dilengkapi dengan stylus, perbedaan yang paling nampak adalah dalam hal RAM yang hanya 1 Giga (LG G4 3 Giga), internal storage 8 Giga (LG G4 32 Giga), demikian juga dengan kamera dimana LG G4 stylus mempunyai kamera depan 13 Megapixel. 

Dengan BNI Thursday Promo Lazada, LG G4 Semakin Menggoda

LG G4
Promo BNI Thursday Lazada
LG G4 dapat dibeli di toko-toko handphone, seperti erafone, okeshop, dan lainnya. Bisa pula dibeli di toko-toko online seperti Lazada.

Harga LG G4 sendiri dipatok seharga sekitar 8,4 juta untuk leather dan 8,1 juta untuk yang non leather. Sedangkan LG G4 stylus dapat diperoleh dengan harga kisaran 2,9 juta sampai 3 juta. LG G4 stylus mulai dapat dipesan secara preorder baik di counter hand phone seperti erafone ataupun di Lazada, dan kawan-kawannya.

Di Erafone saat promo minggu lalu, untuk yang leather design sekitar 7.5 juta dan metalic design 7.2 juta. Berbeda sekitar 300 ribu rupiah untuk perbedaan design. Promo LG G4 Day Erafone ini sudah plus bonus charging kit.

Oya, di Lazada, ada promo BNI Thursday lho, Setiap hari Kamis, pembelian di atas 1 juta, maka akan mendapatkan potongan sebesar 10% dengan menggunakan kartu kredit BNI. Nah, harga LG G4 di Lazada dengan menggunakan promo ini bisa sampai sekitar 6,3 juta rupiah. Ya memang, 1 paket LG G4 seharga ini tidak termasuk bonus baterai kit. Tapi lumayan kan untuk yang ingin berhemat?

Sedangkan untuk pre order LG G4 stylus di Lazada dengan BNI Thursday Promo, bisa sampai sekitar 2.3 juta - 2.4 juta. Hanya saja, pre order LG G4 sampai tanggal 31 Agustus 2015.  Jadi kalau menggunakan BNI Thursday Promo, mungkin sudah tidak biasa.

Traveling Semakin Asyik Bersama LG G4 

LG G4
LG G4 Lee Min Ho. Keren!
Buat yang hobi traveling, memiliki LG G4 akan semakin memudahkan perjalanan. Tidak perlu repot lagi bawa gadget segunung, atau DSLR yang memakan tempat. Cukup dengan membawa 5,5 inchi LG G4.

Mau dipakai foto-foto? Mengabadikan setiap jengkal perjalanan? LG G4 oke punya kayaknya. LG G3 stylus saja hasilnya jernih dan banyak yang bilang kualitas gambarnya oke.

Mau dipakai menulis kisah perjalanan di blog? Bisaaa donk...

Mau dipakai main game untuk mengisi waktu senggang nunggu pesawat atau bis? Bisa banget! RAM 3 Giga! Main game semakin asyik.

Mau mengabadikan lewat video? Hmm...katanya video LG G4 bagus kualitas gambarnya karena memakai teknologi Ultra High Definition. Bisa ditransfer lagi dari LG G4 melalui kabel HDMI ke televisi.

Tunggu apa lagi? 

Duh, pengen review produk aslinya nih. Ayo ada yang mau ngasih? Hihi. #Wishlist

-- Update --Dan setelah memegangnya dari bulan Agustus 2015, akhirnya LG G4 saya pun almarhum. Hang terus di bagian Logo LG, tidak mau masuk ke dalam menu. Padahal saat saya simpan di atas meja masih dalam kondisi menyala dan baterai penuh. Tiba-tiba, tanpa pemberitahuan. Hiks. Nangis darah.

Senin, 17 Agustus 2015

Shopping Till Drop, Tanah Abang, Indonesia

Tanah Abang, Surga Belanja 

wisata belanja traveling tanah abang
Toko Perhiasan Wanita
"Mau shopping dimana?" 
"Brother Land dong," serempak kita bilang, jika ada teman yang bertanya kita hendak belanja kemana. 

Istilah kita adalah Brother Land. Brother=abang, dan land=tanah, karena menganut kaidah MD, jadilah Brother Land. Maksa banget yah. Sok, kebarat-baratan yah. 

Brother Land, eh, Tanah Abang yang terletak di kota Jekardah, merupakan surga bagi para pencinta belanja. Menjelang lebaran dan musim haji, sepertinya merupakan puncak kepadatan belanja di sini, walaupun hari-hari biasa juga mungkin penuh juga, karena banyak para pedagang dari berbagai daerah yang membeli barang di sini. 

Minggu, 02 Agustus 2015

69 Tahun BNI, Bersama Kaizen Membangun Negeri

69 tahun BNI
ATM Sepeda Motor, Lontar Serang, Inovasi Ride Thru
Jika kita melalui Jalan Raya Serang - Cilegon, daerah Lontar, di sebelah kanan jalan ada mesin atm BNI baru. 

"Wah, ada atm BNI baru yah. Enak, sebelahan dengan SPBU," tunjukku. Naylal memijit power window, melihat dengan kaca terbuka seolah ingin memastikan. Bagi dia, kalau ke atm, saatnya keluar uang dari mesin dengan hanya memasukan kartu. Dia masih berpikir bahwa mesin atm adalah mesin seperti kantung Doraemon yang dapat mengeluarkan uang sebanyak yang kita inginkan. 

"Mesin ATM nya banyak, Bu!" serunya. 

Eit, tapi tunggu dulu. Kenapa penampakannya sedikit berbeda yah? Tidak seperti biasanya dimana mesin atm tersimpan dalam kotak kaca, yang ini berjalur mirip SPBU. 

Terpampang tulisan "ATM Sepeda Motor". 

Wow! Keren! Terobosan baru dalam dunia perbankan. Konsepnya seperti drive thru, atau mungkin ride thru, karena pengendara sepeda motor kan tidak disebut driving motorcycle, tapi riding motorcycle. Para pengendara motor tidak lagi kerepotan mencari tempat parkir, cukup masuk jalur, dan bertransaksi di mesin ATM. Hmmm...strategi marketing yang cerdas! BNI menunjukkan komitmennya untuk melayani seluruh tingkatan pelanggan.

Tumbuh Bersama BNI

Lebih dari 13 tahun menjadi pelanggan BNI, rasanya tidak ada hal yang signifikan yang bisa membuat ketidakpuasan. Bagaimana tidak, selalu ada hal baru dalam setiap perkembangan BNI. 69 tahun BNI berkembang bersama negeri, dan saya pun tumbuh dengan BNI. Apa saja yang membuatku setia dengan BNI?

1. Kuliah Bersama BNI 

Terakhir aku ingat, pertama kali buka rekening BNI adalah ketika kuliah, sekitar tahun 1995-an. Yang aku ingat waktu itu adalah ATM BNI di daerah Dipati Ukur, tempat mengambil uang transfer dari orang tua, juga uang beasiswa. Kemudian, ATM BNI mulai ada di daerah Jatinangor. Berjalannya waktu, pembayaran uang kuliah pun melalui transfer bank BNI.

2. Bekerja Bersama BNI 

Pengalaman bersama BNI pun berlanjut di dunia kerja. Bagaimana tidak, perusahaan tempatku bekerja melakukan kerjasama dengan bank BNI untuk pembayaran gaji karyawan. BNI pun memberikan totalitas pelayanan, selain menyediakan ATM di area pabrik, BNI juga membuka kantor pembantu setiap hari gajian dan 1x dalam seminggu selain hari gajian. Layanan ini memudahkan karyawan, sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke kota untuk transaksi perbankan. 

Selain layanan seperti di atas, BNI setiap tahun mengadakan undian berhadiah, saat ulang tahun perusahaan. Hmmm...sayang aku belum beruntung memenangkan hadiahnya. Padahal banyak lho hadiahnya. 

Yang aku suka dari BNI adalah kreatifitasnya yang tiada henti. Akhir-akhir ini, BNI juga menyediakan layanan mobil keliling BNI untuk membantu mengurangi antrian lewat ATM. 

3. Perencanaan Keuangan Keluarga Bersama BNI 

BNI juga mempunyai beberapa layanan yang sangat membantu untuk para pekerja, seperti tabungan pensiun dan tabungan pendidikan anak. Kami percayakan tabungan hari tua kami dan tabungan pendidikan anak-anak kami bersama BNI. 

Tabungan ini tidak memberatkan, selain bisa semampu kita menabung, juga adanya kemudahan debit langsung dari rekening induk. 

Ssst...rumah kami pun bersama BNI lho. 

4. Fasilitas Memudahkan dari BNI 

a) Mesin ATM BNI, dari yang Standar hingga ke Drive Thru & Ride Thru 

69 tahun BNI
ATM Sepeda Motor, berlajur mirip SPBU
Semakin hari, fasilitas ATM BNI semakin banyak di beberapa tempat. Bukan hanya di pusat perbelanjaan, tetapi juga di daerah-daerah. 

Di Cilegon dan Serang saja, jumlah ATM BNI semakin bertambah, belum lagi ATM Sepeda Motor dan ATM Drive Thru. Model ATM Drive Thru dan Ride Thru memudahkan para pengendara kendaraan beroda empat dan beroda dua untuk melakukan transaksi tanpa keluar dari kendaraan. Untuk Drive Thru memang masih tersedia hanya di kota-kota besar. di Serang, baru ada model Ride Thru.

Semakin mudah menemukan ATM BNI saat ini. Hal ini semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi. Bukan hanya pelanggan di perkotaan, tetapi juga di pedesaan dan meliputi seluruh kalangan. 

Teringat ketika memerlukan dana darurat saat mudik dan mengalami kecelakaan kecil, satu-satunya mesin ATM yang tersedia waktu itu adalah ATM BNI. 

b) SMS Banking dan Internet Banking 

BNI pun menawarkan kemudahan transaksi perbankan melalui SMS banking. Aku termasuk yang up to date dengan layanan BNI. Berawal dari iseng menekan menu transaksi di ATM, juga rayuan petugas BNI, akhirnya terdaftar untuk layanan SMS banking (waktu itu masih bisa daftar melalui ATM). 

Awalnya sedikit ragu dengan keamanannya. Alhamdulillah, selain nomor yang didaftarkan ternyata tidak bisa digunakan untuk transaksi, juga setiap transaksi ada pemintaan PIN yang acak. Tidak menyesal mengenal SMS banking. Jika harus balik ke beberapa tahun ke belakangpun, rasanya aku akan tetap melakukan hal yang sama. 

Dengan sms banking, aku bisa mengetahui adanya dana masuk. Jadi kalau orang lain harus gambling antri, sore hari sudah gajian atau belum, aku sudah tahu lebih dahulu, karena selalu ada pemberitahuan melalui sms. Atau, jika mendadak perlu transfer ke orang tua atau saudara, sms banking bagi para pekerja seperti aku sangat membantu. Bahkan saat hobi belanja online merajalela, dengan adanya sms banking BNI, segalanya menjadi lebih mudah. 

Belum lagi kemudahan untuk transaksi lainnya seperti pembayaran listrik, transfer antar bank, pembayaran speedy, pembayaran kartu kredit, dan lainnya.  Bayangkan jika tidak ada sms banking, harus sering ijin ke luar kantor, atau sore hari tidak bisa langsung tiduran di rumah karena harus ke mesin ATM. 

c) Menu Layanan ATM Lengkap 

Menu layanan ATM BNI sangat lengkap. Mulai dari layanan dasar seperti menu penarikan tunai, cek saldo, transfer sampai ke menu pembayaran telpon, listrik, speedy, asuransi, tv berlangganan, zakat (ZIS), kartu kredit, angsuran, bahkan pembelian pulsa dan tiket pesawat. 

Menu transaksi antar bank pun semakin berkembang, sekarang transfer ke bank BCA dan Mandiri pun sudah bisa dilakukan melalui BNI. 

Nah, layanan yang baru aku coba beberapa waktu lalu adalah pembayaran biaya imigrasi untuk perpanjangan paspor dan pembuatan paspor. Yang bikin asik, bukan hanya bisa melalui teller, pembayaran imigrasi bisa melalui ATM BNI. Tinggal memasukan nomor permohonan imigrasi, keluarlah struk lengkapnya. Duh, bagaimana tidak tambah suka. Dengan adanya layanan seperti ini, jatah cuti tidak berkurang banyak dan tidak perlu mengantri. 

d) BNI Experience, BNI dalam Genggaman Tangan 

Terakhir BNI mengeluarkan layanan BNI experience, yang bisa diaplikasikan di android. Lebih mudah lagi, karena kita tidak mesti repot-repot menghafal format transaksi ataupun kode bank. 

BNI experience ini, selain kemudahan transaksi, juga memberikan informasi seputar promo BNI yang sedang berlangsung, seperti promo tempat makan, hotel, tempat wisata, dan lainnya. 

Aplikasi ini didapat dengan cara mengunduh aplikasi BNI experience di playstore, dari handphone kesayangan anda. 

e) Customer Service Yang Berkompetensi 

Ini yang sering diabaikan saat zaman beralih serba elektronik. Tetapi BNI tidak pernah melupakan peranan customer service sebagai garda terdepan pelayanan. Bukan hanya customer service di front office tetapi juga customer service di call center. 

Beberapa kali mengalami pengalaman, dari mulai kasus pencurian, penipuan kartu kredit, mengambil uang dimana uang tidak keluar tapi saldo berkurang, pinjaman perumahan dan lainnya, customer service BNI selalu cepat tanggap akan kebutuhan pelanggannya. Bahkan saat cuma bertanya mengenai pemakaian kartu ATM atau kartu kredit di luar negeri, mereka dengan ramah menjelaskan satu persatu. 

Satu hal yang aku salut dengan customer service BNI, pernah suatu ketika saya lupa menyimpan kartu kredit, kemudian saya menghubungi layanan customer service 24 jam, dengan cepat tanggap mereka memberlakukan pemblokiran sementara terhadap kartu kredit saya. Kenapa saya salut? Ketika saya mempunyai pengalaman kehilangan kartu dari bank penerbit lain, dan dengan nyata saya bilang saya lupa terakhir pemakaian dan minta diblokirkan, ternyata malah tidak dilakukan pemblokiran karena beranggapan saya hanya lupa menyimpan.

Hal ini menjadi bukti bahwa pengembangan sumber daya manusia di BNI menjadi fokus utama untuk pengembangan internal proses BNI yang pada akhirnya nasabah akan semakin puas dengan layanan BNI.

f) Jaminan Keamanan 

BNI mempunyai sejarah yang panjang, ditunjang dengan kondisi finansial yang kuat, sumber daya juga teknologi yang unggul, BNI terus menerus berupaya untuk menjadi bank nasional dengan kemampuan global. BNI memperkuat sistem fitur keamanan saat melakukan transaksi. 

Saya sempat ragu mengenai keamanan bertransaksi melalui internet saat booking tiket pesawat ataupun hotel. Ternyata, saat transakti bersama BNI, secara otomatis akan ada sms otentifikasi kode yang harus dimasukan melalui telepon gengam kita. Transaksi akan berlangsung setelah kita memasukan kode tersebut. Dan tentunya ada pemberitahuan mengenai pembelian ini, sehingga kita memperoleh pemberitahuan dini menganai transaksi yang sedang berlangsung.

Saat transfer melalui ATM pun, baik itu transfer sesama BNI maupun antar bank, selalu tercantum nama pemilik rekening tujuan, dengan demikian bisa meminimalkan kesalahan dalam melakukan transfer. Kalau kata teman saya, "Gue suka BNI, karena kalau transfer ada namanya." 

Untuk internet banking pun, BNI menyediakan 2 pilihan yaitu e-secure dan m-secure yang akan mengamankan transaksi perbankan anda melalui media online. Jadi, tidak perlu khawatir bertransaksi melalui sistem e-banking ini.

Itulah sekelumit pengamalanku dengan BNI. Semoga di usianya yang ke 69 tahun ini, BNI semakin sukses mengawal negeri tercinta Indonesia. Semoga selalu dapat memberikan layanan yang prima dan solusi yang penuh dengan nilai tambah bagi seluruh nasabah. 

69 tahun perjalanan BNI, bukan waktu yang singkat, lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa BNI adalah bank yang kuat dan terpercaya. Sejak awal berdiri di tahun 1946, melakukan reformasi di tahun 1998, dan terus berkembang hingga kini, menjelajah ke seluruh pelosok negeri, dari perkotaan hingga pedesaan. Terus berkembang dan berinovasi dengan berbagai macam produk dan layanan unggulan. Tidaklah salah jika dikatakan BNI membangun negeri, memang itulah faktanya.

Budaya perbaikan berkelanjutan berkelanjutan atau orang Jepang menyebutnya dengan kaizen, menjadikan BNI selalu berupaya menjadi bank yang unggul dan terkemuka.