Sakit Itu Menyedihkan, Jenderal!

theragran-m, vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan
Siapa yang pernah berharap sakit?
Sepertinya hanya saya deh yang pernah berharap ingin jatuh sakit. Duluuu sekali, saya pernah iri dengan orang yang gampang sakit, sedikit-sedikit pingsan. Dalam bayangan saya, enak sekali jadi orang seperti ini.
Bagaimana tidak enak? Bayangkan saja, giliran saya kepanasan latihan upacara bendera untuk persiapan 17 Agustus, dia enak-enak berteduh, ditangani pasukan P3K. Pada saat saya harus berdiri tegak di barisan pasukan pramuka dan dibentak-bentak kakak angkatan, dia langsung pucat, mau pingsan, sehingga langsung digotong para kakak panitia. Ah, enak sekali jadi orang berpenyakitan, begitu pikir saya.
Dan herannya, sekeras apapun saya mencoba, misalnya tidak sarapan dahulu sebelum upacara bendera, tetap saja saya tidak pernah jatuh pingsan. Pernah sekali waktu agak pusing-pusing, saya langsung girang.
"Duh, Kak. Saya pusing," saya pernah pura-pura kesakitan memegangi kening. Pecah telor nih, bisa gabung di P3K, pikir saya dengan senyum licik. Kik-kik-kik-kik-kik.
Eh? Tapiii, kenapa peningnya berangsur-angsur hilang? Ah, gagal deh, mau adegan drama jadi orang sakit. Dan akhirnya saya pun menyerah setelah mencoba beragam cara.
"Anak yang aneh! Yang lain pengen sehat, ini kok malah pengen sakit," begitu teman sekolah bilang waktu itu. Saya pun cuma bisa nyengir kuda.
theragran-M, multivitamin dan mineral
Di puncak keemasan, tubuh yang sehat membawa melihat dunia dari puncak gunung.
Sampai memasuki usia dewasa, bekerja dan menikah, saya termasuk jarang sakit. Kalaupun terkena serangan, paling sebatas flu yang sehari langsung sembuh.
Semakin beranjak usia, rupanya tubuh juga sudah tidak bisa diajak bohong yak. Jika dulu jarang terkena penyakit, sekarang sudah mulai merasakan yang namanya sakit linu, pegel, pusing dari hanya sekedar cekot-cekot sampai migren akut. Penyakit lain yang sering menyerang adalah batuk. Kalau sudah kena penyakit yang satu ini, duh tersiksanya minta ampun.
Kebayang harus presentasi di depan bos-bos besar pada saat batuk kumat. Tenggorokan gatal, pengen batuk sekencang-kencangnya. Saking gatalnya terkadang suka frustasi, rasanya menggaruk tenggorokan dengan biji kedondong.
Selain batuk, yang saya sering derita lainnya adalah flu disertai badan meriang, panas dingin. Badan rasanya mau remuk dan kepala seperti ditusuk-tusuk. Biasanya emosi saya campur aduk, bawaannya ingin nangis. Entah kenapa kalau lagi sakit, suka ingat Ibu. Kok rasanya nelangsa gitu, jauh dari Ibu. Belum lagi anak-anak kadang suka tidak mengerti bahwa ibunya sedang sakit. Maunya malam-malam cari sesuatu keluar harus bersama saya, tidak mau hanya dengan ayahnya.
"Ibu, ayo. Sama Ibu perginya," rengekannya tambah membuat kepala cekot-cekot.
"Sama Ayah dulu ya, Sayang. Ibunya lagi meriang," sahut saya berusaha agar emosi tidak meningkat. 
"Ibu, ayooo . . . ," rengeknya tiada henti, sambil mengoyang-goyang tangan saya. Saya pun hanya bisa memejamkan mata sambil membaca Istigfar dalam hati, sampai akhirnya saya pun setengah tertidur. Ah, sudah tidak terdengar lagi rengekan anak-anak, mungkin anak-anak bersama ayahnya. Sampai terdengar suara . . .
"Ibu . . . "
Dan saya pun emosi.
"Apalagi? Sama Ayah dong. Ibu kan lagi pusing!" Bentakan pun keluar dari mulut saya yang langsung saya sesali.
Dia hanya memandang ketakutan. "Maaf, Bu. Dede hanya mau pijit Ibu," jawabnya pelan.
Hiks! Jadi orang sakit memang menyedihkan. Emosi pun tidak terkontrol. Anak yang ngga tahu apa-apa malah jadi korban. Segera saya merangkulnya.
"Maafin Ibu, ya. Ibu sakit kepala, jadi sedikit emosi," jelas saya menghiburnya. Anggukan kecilnya membuat hati saya terenyuh dengan perasaan bersalah membuncah di dada.
Ternyata, menjadi sakit itu menyedihkan, Jenderal! Emosi bisa tidak terkontrol. Lebih enak jadi orang sehat, ya.
theragran-m, vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan
Duh, menyedihkan jika si cantik jadi sasaran emosi saat sakit melanda. Sesal setinggi gunung. 
Ngomong-ngomong tentang kesehatan, ibarat uang, kita baru mengetahui itu harga setelah kehilangan. Saat kita sakitlah, kita merasakan nikmatnya sebuah kesehatan.
Ada satu kisah haru dari seorang teman. Dia bercerita tentang salah seorang tetangganya yang sudah tidak mempunyai kekhawatiran finansial. Istilah saya untuk orang seperti ini adalah money doesn't matter. Mau ke ujung dunia sekalipun, detik itu juga, cuma tinggal bawa diri ke bandara. 
Rumahnya jangan ditanya seperti apa. Luas banget!  Seluas samudera (agak lebay sih). Tabungan, harta kekayaan, portofolio dan lainnya berjibun.
Bukan! Bukan karena dia mendapat harta warisan, atau anak pejabat. Awalnya dia hidup dengan ketakutan finansial. Bersama suaminya dari nol, membangun bisnis. Jatuh bangun dia jalanani, berdua dengan suaminya. Tak jarang dia kerja sampai larut malam, menyelesaikan segala jenis pekerjaan, sementara suaminya mengerjakan bagian operasional yang mengharuskannya sering bepergian ke luar kota. Karena kerja kerasnya yang tidak mengenal lelah, suami istri ini bisa sukses. 
Tapi, kemudian si istri jatuh sakit. Penglihatannya perlahan buram dan bertambah parah sampai akhirnya mendekati kebutaan. Dokter bilang karena adanya kerusakan pada syaraf mata. Berbagai pengobatan sudah dijalaninya. Pergi ke berbagai belahan dunia sudah dijalani demi kesembuhan matanya.
Dia bilang kepada teman saya, "apalah arti uang banyak. Walaupun sekarang saya bisa dan sering pergi ke luar negeri, tapi saya tidak bisa menikmatinya." 
Ngomongin masalah nikmat yang tidak dapat dibayar dengan uang sekalipun, saya pernah betul-betul merasakan pada saat beribadah haji beberapa tahun yang lampau. Di hari menjelang keberangkatan, saya harus bergelut dengan batuk, pilek serta gigi impaksi yang berulah. Saya ragu, sanggupkah 40 hari bertahan di negeri gurun pasir, yang kondisi cuacanya berbeda. Belum lagi mengenai cocok tidaknya makanan selama di sana.
Rasa khawatir membuat saya melakukan persiapan matang. Semua obat-obatan dan vitamin saya minta ke dokter.
"Dok, jangan lupa diresepkan Vitamin C, untuk menjaga stamina tubuh. Dosis tinggi ya, Dok."
"Oya, Dok. Sekalian juga Vitamin B kompleksnya ya, untuk pegal-pegal dan otot."
"Obat maag, obat batuk, obat pilek, flu, gatal-gatal . . . ," saya pun nyerocos ngga henti, sampai dokternya bingung.
"Bu, yang penting makan teratur, banyak minum air putih, sayuran dan buah-buahan," Dokter menjelaskan sambil tetap menuliskan obat dan vitamin yang saya minta.
Saya mesem, malu.
Arab Saudi cuacanya berbeda dengan Indonesia. Selain panas dan beberapa kali terjadi badai pasir, sehingga udara pun diselimuti kabut pasir. Dalam kondisi seperti itu, manusia sangat rentan sekali terkena penyakit saluran pernafasan atas (ISPA).
Untuk menjaga stamina tetap prima, supaya dapat melakukan ibadah haji dengan maksimal, setiap hari saya meminum Vitamin C, Vitamin B secara bergantian. Makan juga teratur, ngga ada deh ceritanya pilih-pilih makanan. Minum jus buah secara rutin, Alhamdulillah di sana surganya buah-buahan.  Plus bonus bisa minum Air Zamzam sepuasnya. Tidak lupa setiap keluar, kita mengenakan masker untuk mencegah debu pasir masuk ke pernafasan.
theragran-M, multivitamin dan mineral
Sungguh kesehatan merupakan anugrah yang berharga saat menghadapi ibadah fisik ini.
Hmmm, boleh bangga dong. Di saat orang lain pada tumbang, terserang batuk dan pilek, saya dan suami diberi nikmat kesehatan yang luar biasa. Padahal cuaca sangat panas, juga debu pasir yang pekat mengganggu terhadap kesehatan jema'ah haji.
Di saat orang menghindari makan buah anggur, karena katanya bisa menyebabkan batuk, saya dengan rakusnya memakan buah anggur hijau yang dijual murah di Arab Saudi.
“Serius nih, ngga mau makan anggurnya?” Terkadang saya mengiming-imingi teman satu group dengan anggur hijau yang manis. Mereka dengan tatapan sebal, menggelengkan kepala. Saya pun menyeringai manis: asyiiik, ngga ada saingan!
Ketika orang menghindari minum Air Zamzam yang dingin, saya dengan entengnya mereguknya berkali-kali. Alhamdulillah, biasanya batuk dan pilek langganan mampir, selama hampir 40 hari tanda-tanda penyakit itu datang tidak tampak sama sekali.
Tapi, dasar manusia. Setelah selesai prosesi ibadah haji, ketika menyadari hanya kami yang tidak terganggu kesehatan, timbul penyakit berbangga hati. "Deu, Alhamdulillah yak, kita tidak terserang penyakit seperti orang lain," kata saya suatu ketika, di dalam kamar hotel.
Kata-kata yang saya sesali. Walaupun terlihat seperti bersyukur, tetapi ada setitik perasaan berbangga hati. Dan, besoknya entah karena perkataan kemarin atau bukan, saya terkena batuk, sampai suara serak hampir hilang. Obat batuk pun sudah tidak ada, karena sudah kami bagikan kepada jema'ah lain yang terkena batuk pilek. Euuh, nasib.
Alhamdulillahnya masih ada Vitamin C dan Vitamin B. Saya bombardir saja dengan vitamin, makanan, buah-buahan dan air Zamzam. Ditambah taubat nasuha, karena penyakit berbangga hati.
Vitamin memang sangat membantu dalam menjaga stamina tubuh, lho. Yang saya rasakan paling nyata sih, hilangnya pegal-pegal dan badan serasa ringan setelah meminum vitamin. Sampai saat ini pun saya sering mengkonsumsi vitamin, terutama jika badan mulai terasa greges-greges.
Jika saya dulu mengkonsumsi Vitamin C dan Vitamin B secara terpisah, kini tidak usah lagi repot, karena ada multivitamin Theragran-M, Multivitamin - Mineral.
theragran-m, vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan
Theragran-M, Multivitamin - Mineral. Eh, ada logo halalnya lagi! Love, Love deh.
Komposisi Theragran-M: setiap tablet Theragran-M mengandung Vitamin A 10.000 SI, Vitamin D 400 SI, Vitamin B1 10 mg, Vitamin B2 10 mg, Vitamin B6 5mg, Vitamin B12 5mcg, Niasinamida 100 mg, Kalsium Pantotenat 20mg, Vitamin C 200 mg, Vitamin E 15 SI. Ditambah kandungan mineral Iodium 150 mcg, Besi 12mg, Tembaga (II) 2 mg, Mangan (II) 1 mg, Magnesium 65 mg, dan Seng 1,5mg.
Theragran-M diklaim dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit. Jadi Theragran-M mengandung vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan.
Saya tidak akan membahas fungsi dari masing-masing vitamin dan mineral yang terdapat dalam Theragran-M. Tapi, karena keluhan utama saya adalah sering pegal-pegal dan kesemutan, saya hafal sekali dengan jenis vitamin yang saya perlukan. Vitamin B! Yak, vitamin ini berguna untuk otot dan sistem syaraf. Satu tablet Theragram-M, cukup membantu saya mengatasi kelelahan setelah seharian beraktivitas berat. 
Saat badan terasa segar dan enak, bisa menemani anak-anak berjalan di pagi hari menghirup udara segar pada waktu weekend. Sambil menemani mereka, saya mengagumi binatang-binatang kecil dan bunga-bunga di sepanjang jalan yang saya lalui. Saya pun mengabadikannya melalui lensa kamera phonecell saya.  Indahnya alam ciptaan-Nya ini. Saya pun diliputi kesadaran, bahwa sehat itu adalah hadiah yang terindah dari-Nya. My healthiness, my precious moment.
theragran-M, vitamin yang bagus untuk masa penyembuhan
Menikmati jalan pagi dengan anak-anak, sambil hunting foto makro pakai phonecamera.
Hmmm, tiba-tiba saya teringat si cinta yang habis melakukan aktivitas annual shutdown maintenance, terlihat kesehatannya agak menurun nih. Doi sering pulang malam selama hampir sebulan ini.
“Beb, kamu mau ngga kalau dikasih hadiah?” Saya senyum-senyum.
“Hadiah apa?” Tanyanya curiga
“Nih, hadiah istimewa. Theragran-M, vitamin untuk mengembalikan kondisi tubuh setelah sakit. Cobain deh.” Si Bebeb pun mengambilnya, dengan pandangan ragu.
“Jangan sampai over dosis yak. Cukup 1 tablet sehari,” saya memberi instruksi, “Oya, jangan diminum barengan sama susu yak, apalagi dicampur Baygon. Diminumnya pagi saja saat mau beraktivitas. Lah, kalau malam-malam, malah nanti badan seger ngga bisa tidur.” Saya terus ngoceh. Si Bebeb hanya menjawab dengan hmmm, hmmm, hmmm.
theragran-m, vitamin yang bagus untuk mempercepat masa penyembuhan
Hadiah buat si Bebeb yang habis kelelahan akibat aktivitas berat selama sebulan lebih.
Dua hari kemudian . . .
“Bagaimana? Sudah enak ngga badannya?”
“Iya, pegelnya lenyap. Thanks ya, hadiahnya. Sakit itu ngga enak! Mendingan sehat!”
Yeeee, emang siapa yang mau sakit kaleee . . . ups!
So, ngga mau menjadi menyedihkan? Yuk jaga kesehatan dari saat ini juga! Dengan cara apa? Ini cara saya berupaya untuk tetap sehat: 
1.] Positive Thinking 
Saya pernah baca bahwa ada penelitian yang menyimpulkan sakit itu 90% disebabkan karena pikiran, hanya 10% karena pola makan. 
Menurut penelitian tersebut sakit itu ada hubungannya dengan pikiran kita. Pemikiran yang negatif justru menarik penyakit untuk bersarang di tubuh. Jadi, saya berusaha untuk selalu positive thinking, menghilangkan rasa khawatir berlebihan, mengurangi marah-marah (yang ini masih sih, terkadang), mengurangi rasa takut berlebihan, stress, kebencian, dan emosi negatif lainnya. 
Let it be. Whatever will be, will be. 
2.] Healthy Life Style 
Nah, kalau bicara gaya hidup sehat, saya suka merasa: ah klise! Makan sehat, minum air putih yang banyak, tidak merokok, olah raga dan sederet aturan-aturan lainnya. 
Menurut saya walaupun klise, gaya hidup sehat tetap perlu. Makan dan minum tidak berlebihan termasuk juga dalam gaya hidup sehat. Nabi juga bilang kan, berhentilah makan sebelum kenyang. Hmmm, paling yang susah buat saya dalam rangka gaya hidup sehat adalah mengurangi konsumsi gorengan. Ya, minimal kurangi makanan yang bisa memberikan efek buruk pada tubuh. You know your body well, gals.
Tapi, olahraga itu penting. Saya pernah merasa lesu dan sering pusing kepala. Dari pemeriksaan hasilnya tidak bermasalah. Dokter memberikan resep multivitamin dan menyarankan untuk olahraga 15 menit setiap hari atau dua hari sekali. Eh, iya loh. Saat saya rutin olahraga, badan rasanya ringan dan segar, semangat untuk melakukan aktivitas. 
3.] Bersyukur dan Berdoa 
Terakhir, jangan lupa untuk selalu bersyukur dan berdoa. Karena pada dasarnya, Tuhan yang menganugerahi kita kesehatan. 
Nah, itu tiga cara utama saya. Jangan lupa ditambah minum multivitamin untuk membantu memulihkan daya tahan tubuh.
-------
"Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan Network dan Taisho."

188 komentar:

  1. saya juga minum ini Mba Levina :)
    flu, demam dan sakit kepala gak jadi menyerang saya deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Multivitamin menambah daya tahan tubuh ya Mbak..

      Hapus
  2. Sakit itu hal yang paling nggak enak dari yang paling nggak enak banget. Btw, mbak klo sering pegal-pegal itu tanda mulai keropos tulang. Klo gak salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gitu ya Mbak. Pegal-pegal badan sih..pundak sama kaki terutama. Aktifitas saya sehari-hari kadang mengaruskan saya jalan kaki muter muter pabrik yg luasnya lebih dari 80 km persegi. Jadi biasanya sorenya gempooor. Perlu asupan nutrisi selain makanan. Andalan saya itu mbak vitamin, terutama C dan B...

      Hapus
  3. Ibu jangan sakit. Harus selalu sehat. Kasian anak-anak dan suami. Jaga selalu kesehatan ya, bu. Salah satunya dengan minum multivitamin. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus jd supermom yaak...ngga boleh sakit. Iya memang harus tangguh yak. Pulang malem, masih harus beraktivitas di rumah ... jadi asupan mikronutrien juga penting yak.

      Hapus
  4. Memang kok, siapa bilang sakit itu enak, apa-apa jadi gak enak, makan rasanya gak enak, pilek aja kalo makan yg lezat gak kerasa apa-apa, heuuu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...sakit itu yang menyedihkan adalah emosi pun ga stabil yak. Udah sakit badan ditambah emosi pun sakit. Euuuh, lelah hayati...memang hanya kelihatannya aja enak yak..sawang sinawang.

      Hapus
  5. Apalagi ibu ya, harus anti sakit. Jaga kesehatan terus maak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak Arfiana...anti sakit. Hehe. Makanya perlu asupan makanan sehat, nutrisi, multivitamin dan olah raga yak. Dan sehat pikiran...biar selalu positive thinking. Tandanya perlu jalan-jalan nih...

      Hapus
  6. Sepertinya theragran ini bisa jadi solusi yang tepat ya mbak untuk para ibu yang juga khawatir terhadap kesehatan anaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya buat mengembalikan stamina saat tubuh drop sih, jadi aktivitaa sehari-hari juga ngga terganggu. Mau traveling juga asyik, mau ngeblog semangat, mau kerja juga okey ... :)

      Hapus
  7. iya memang benar, dengan umur bertambahnya tua tubuh kita akan mudah terserang penyakit ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor U emang ga bisa bohong yak. Jika dulu saya kuat naik sampai puncak Gunung Ciremai, sekarang naik naik ke puncak bukit aja udah ngos-ngosan.

      Hapus
  8. saya pernah ngerasain sakit yg sangat tdk enak (mana ada sakit enak) hehe... saat anak pertama saya berusia 9 bln. duuh... nelangsa banget sakit itu ya... :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...zakit itu menyiksa dan menyedihkan. Semua aktivitas juga tertunda jadinya yak.. Ayo semangat!! Eh?

      Hapus
  9. Theragran-M memang oke banget untuk membantu masa pemulihan. jangan sakit lagi ya Mba, nanti ada jatuh korban lagi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener...kalau sakit itu menyedihkan banget...sakit fisik dan psikis...

      Hapus
  10. Sakit memang nggak enak ya mbak rasanya. Untung sekarang ada vitamin untuk pemulihan habis sakit ya mbak. Semoga sehat-sehat terus ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak..tubuh memang memiliki kemampuan untuk recover yak, multivitamin atau mikronutrisi ikut membantu mempercepat pemulihan, disamping asupan nutrisi yang teratur ... Semoga kita sehat terus ya Mbak.. Makasiiih..

      Hapus
  11. Ya ampuuun Lev jadi ketahuan nih waktu kecilnya jail ya hahaha. Aku waktu kecil malah iri sama teman-teman yang sehat. Aku gampang sakit perut. Sekian lama baru ketahuan kalau aku mengidap radang usus buntu. Kata dokter, kalau sehari aja waktu itu aku telat dioperasi, aku bisa koit. Serem. Semoga kita sehat terus sampai nanti, ya. Aku minum vitamin kalau perlu. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya bakal jail sih..cuma ngga berkembang..wkwkwk, cuma keinginan dalam hati.

      Wah, kalau usus buntu emang bahaya teh. Ada istri teman ga ketahuan..disangkanya penyakit lain...taunya udah parah. Ngga ketolong akhirnya.

      Hapus
  12. Dengan adanya Theragran-M emang gak perlu repot-repot lagi beli macem-macem vitamin ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..biasanya aku terpisah Mbak. C dan B. Minumnya selang sehari. Kalau ada ini sih cukup satu tablet yak..

      Hapus
  13. Aaaaakh, sakit emang hal yang paling 'jangan ngets' ya mbak :' tetep harus terus jaaga kesehataaan :'))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah...kalau sakit mah ambruk ajah maunya..ngga boleh kesenggol dikit bawaan pun labil emosi jiwa..xixixi.

      Hapus
  14. Wah si kakak cantik, baik pula mau pijitin ibu. :) Yg sakit di tanah suci itu, iya terkadang tanpa sadar bukannya kita pure bersyukur ya, tapi malah sombong tanpa sadar :D tapi yg penting sehat2 terus ya, mba. Good luck, mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...udah esmosi, taunya mau mijitin. Langsung, ceeessss...nyesek! nyesel udah marah. Menyedihkan deh kalau lagi sakit kayak gitu..

      Hapus
  15. Theragran M ini memang vitamin keren ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lengkap kandungannya. Multivitamin sama mineral ya...

      Hapus
  16. Semoga hajinya mabrur ya mbak! Amin!

    BalasHapus
  17. Wiih, so sweet bgt dpt hadiah the ragran M dalam box pink. Semoga sehat selalu mak n keluarga ya. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biar sekali-kali romantis ala-ala lah... wkwkwk. Aamiin, moga sehat selalu lah.

      Hapus
  18. Ya ampun mba, ngiri sama orang sakit. Aku yang sakit-sakitan ngiri sama yang sehat bugar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi..iya Mbak, sawang sinawang. Liat orang sakit mah pengeen gitu, karena pan dilayani banget yak. Tapi pas ngerasain sakit mah, amit-amit deh. Hahaha..

      Hapus
  19. Sehat-sehat ya mbak, biar maksimal seluruh aktivitasnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Damar. Iya, semoga kita sehat selalu yak. Jadi Ibu emang harus superwoman...xixi

      Hapus
  20. Wah Theragran-M juga bisa buat kado ke orang-orang spesial, apalagi pake box pinky

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, Mbak. Bisa dijadiin kado istimewa nih. Box pinkies-nya buat romantis-romantisan. Hahaha.

      Hapus
  21. Aku jg pernah bentak anak & bilang mami sakit, cape jgn diganggu.. huhuhu padahal anaknya ngga salah. Abis itu pas bapaknya dateng, si anak mewek2 bilang mami sakiit.. langsung merasa bersalah banget. Beneran minum suplemen bantu buat jaga tubuh, biar badan ngga gampang sakit apalagi kalau dalam masa penyembuhan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak. Merasa bersalah. Gimana gitu yaaak. Hati kayaknya nyesek. Emosi jadi nyalahin diri sendiri. Asupan nutrisi dan vitamin membantu mempercepat ya Mbak..

      Hapus
  22. Moga sehat selalu yaa mbaaa... Hebat meski sakit lanjut brangkat yaa mba ^^ logo halal nya bikin lega yaa mba..good luck mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia..ada logo halalnya, yak. Bikin seneng ajah. Terjamin nih kehalalannya.

      Hapus
  23. Balasan
    1. Iya Mbaak...maunya sehat selalu sekarang mah. Lihat atau denger berita orang sakit sekarang mah macem-macem bikin sutris..

      Hapus
  24. Sehat itu mahal harganya mbak. Makanya kadang org yg sehat pengen sakit, lah yang sakit aja pengen cepat sembuh...
    Sukses ya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mbak... sehat itu barang paling mahal, ga bisa diukur dengan uang yang kita miliki yak...

      Hapus
  25. aku juga minum theregan ^_^
    sehat itu investasi, kalau sehat bisa kerja dan dapat duit *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak.., saya minum itu juga saat load kerjaan atau load aktivitas lagi tinggi. Karena kan bisa pengaruh ke menurunnya daya tahan tubuh ya kalau kecapean...
      Haha..iya itu Mbak, sampingan sehat bisa kerja trus dapat duit deh..

      Hapus
  26. alhamdulillah sakitnya nggak berlama-lama ya, Mbak, berkat Theragran-M :)

    BalasHapus
  27. Tip akan diimplementasikan dengan saksama, Bu. Terutama bagian positif thinking dan bersyukur. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak Langit. Katanya sih begitu, sebagian besar penyakit datangnya dari mind. Bisa jadi sih yak...kalau kita iri, dendam, stress jadinya malah ngga bagus buat kita sendiri ya..?

      Hapus
  28. Alhamdulillah sudah sehat ya mbak :) saya kalau sakit rasanya sedih soalnya anak2 jadi ga kepegang, khawatir aja perasaanya, bukan mikir diri yang sakit malah mikir orang rumah, dasar emak2 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya Mbak...hehe, malah mikirin ya lain yak. Salut Mbak, supermom. Sehat selalu ya Mbak..

      Hapus
  29. Multivitamin fav kalo abis sakit nihhh, berasa banget ngaruhnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak berasa ... langsung kalau abis sakit atau mau sakit hajar pakao vitamin yak..xixi.

      Hapus
  30. Setidaknya kita menyadari mbak bahwa sedapat mungkin kita tidur ditempat tidur paling mahal di dunia, tempat tidur rumah sakit....gut artikel semoga sukses ngontesnya ya... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, betul. Perumpamaannya kalau sakit, tempat tidur paling mahal di dunia ya tempat tidur di rumah sakit yak..
      Terima kasih...

      Hapus
  31. Hati-hati, ntar dibaca team p3k loh, ketauan pura-pura sakit,hehehe... Salam kenal yaa... Good luck buat lombanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...itu memang kebiasaan zaman dulu..pengennya pura-pura sakit biar enak ngga panas-panasan..atau dibentak-bentak

      Hapus
  32. So sweet banget bebebnya, sampe dibungkus kotak kado gitu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi Mbak, biar sakeeep ... saya juga baru nyadar nih, multivitamin mungkin bisa dijadikan salah satu alternatif untuk hadiah buat orang terkasih yak...

      Hapus
  33. Mba levina unique, ingin merasakan sakit :) gmn mba rasanya setelah sakit? Hihi..semog sll sehat yaa mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Mbaaak. Iya..dulu pernah seperti itu. Tapi setelah sakit mah ngga juga sih. Kapok lah. Kalau pura-pura sih ngga apa. Eh? Tapi takut deng jadi kenyataan..haha

      Hapus
  34. Betul mba lebih baik mencegah dr pada mengobati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, prevention is better than cure ... selalu yak. Tapi kadang untuk prevention ini suka diabaikan. Ah, nanti aja, ah ntar, dll. Tahu-tahu jedaaar sakit ... baru menyesal yak. Hmmm, saya terkadang masih suka seperti itu menunda-nunda..

      Hapus
  35. MUngkin sakit itu sebagai sarana mengurangi dosa, amien

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggugur dosa ya Mas. Iya bener, saya pernah dengar itu...katanya kalau kita iklas dengan takdirnya akan menjadi penggugur dosa yak..

      Hapus
  36. sehat sehat sehat.. ga enak sakit itu ya mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..doanya: sehat..sehat..sehat..sehat ya Mbak Echa.

      Ngga enak ternyata sakit itu...menyedihkaaan. Lelah batin dan jasmani

      Hapus
  37. Senangnya dapat hadiah vitamin, pas dengan kebutuhan tubuh. Kotaknya unyu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dikemas biar berkesan romantis...tis..tis...xixi.

      Hapus
  38. Aku nggak mau sakit, pengin sehat aja hehe.
    Mesti sedia multivitamin seperti Theragran ini ya buat jaga kondisi tubuh biar nggak gampang sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju Mbak. Mulai sekarang sehat aja yaaak. Sedia multivitamin, olah raga, asupan seimbang...

      Hapus
  39. Dulu saya juga pernah berharap sakit mba tapi itu dulu pas saya males untuk pergi ke sekolah :-) kalau sekarang mah udah merasakan sakit itu gak enak apa apa.

    ohh ya dan memang benar bahwa dengan bertambahnya usia maka daya tahan tubuh akan menurun, dengan menurunnya daya tahan tubuh memungkinkan kita akan mudah terserang penyakit maka dari itu multivitamin wajib kita konsumsi :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa..dulu suka berharap sakit yak..tapi kalau saya sih pas kegiatan eskul atau pas opspek di sma maupun kuliah. Haha, sekarang ngga sih.
      Faktor "U" memang ga bisa bohong yak..

      Hapus
  40. maafkan baru bisa balik lagi, kemarin terganggu urusan RT hehe
    tidak bosan2 saya baca tulisan serta tips sehatnya. Iya dong, saya juga kan mau sehat
    apalagi jadi IRT super woman, dengan cuaca yang sudah tidak bisa diprediksi rentan sakit ya jadinya.

    Semangat Mbak, sehat selalu, terus berdaya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mengerti sekali Mbak, saya pun terkadang begitu. Tapi setelah kosong saya berupaya untuk BW.

      Thank you Mbak..iya, sehat memang penting yak. Apalagi seorang ibu. Kayaknya seorang Ibu ngga boleh sakit yak..kalau ngga malah rumah kayak kapal pecah, bikin pusing tambah menjadi..xixixi

      Hapus
  41. Jamanku sekolah aku juga pernah mengkhayal kalau saja bisa semaput terus dibawa ke UKS tetapi waktu itu kebanyakan yg semaput karena kesurupan mbak.. Duh, sehat aja deh daripada sakit tapi kesurupan. Yes, dan karena itu aku jadi bersyukur mbak, dan bener banget sakit itu menyedihkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kyaaaa...sama, pernah berharap sakit dan semaput, trus dibawa ke UKS sama petugas P3K. Tapi kalau kesurupan mah ogaaaah. Iiih, kok jadi merinding. Haha.

      Hapus
  42. sama pisan keinginan waktu sekulah adalah bisa melipir ke uks pas upacara wkwkwk diniatin ga makan bukannya pingsan ealah pas belajar di kelas ga konsen lalu menyesal :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tooosss Mbaaak. Diih,masa-masa sekolah yak..selalu pengen melipir ke UKS yak. Kayaknya di sana surga yang damai. Wkwkwkwk

      Hapus
  43. nice post mbak, good luck ya ^_^

    BalasHapus
  44. mbakk malahh pengenn sakit2ann pas dulu heheh..saya termasuk yg suka sakit2an apalagi kalau kelamaan berdiri di tempat panas, cuma ga enaknya krn sering sakit jd jarang ikut kegiatan sekolah gitu kayak pramuka dll..bener sih mbak kalo org lagi sakit ga cuma badannya yang sakit tp emosi pun jadi ga terkontrol karena ga enak badan :)..

    http://blueskyandme.com/2016/10/02/memulihkan-diri-pasca-sakit/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu saya ngelihatnya enak banget ngga usah panas-panasan, ga usah cape latihan fisik, ngga usah mumet dibentak-bentak..wkwkwk. Ternyata sawang sinawang yak.

      Betul, kalau lagi sakit emosi juga suka ngga terkontrol yak. Menyedihkan banget diri ini, marah-marah ga jelas. Wkwkwk. Kalau inget itu suka nyesel juga...

      Hapus
  45. Hadiah yang sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dijadikan ide buat hadiah ya multivitamin ini..hehe.

      Hapus
  46. Hihihi, kesehatan itu mahkota. Percuma punya banyak hal kalau kita malah sakit. Ada tetangga yang kaya raya, uangnya kayanya gak pernah habis-habis. Tapi dia lumpuh total, buat (maaf) buang air kecil dan BAB saja butuh bantuan orang lain. Ke mana-mana didorong naik kursi roda, makan disuap, minum harus ada yang nyodorin gelas. Yang ngeliat aja ngerasa nggak enak, apalagi yang menjalani kaya dia. Padahal kekayaan dia bikin banyak orang iri.

    So, kesehatan adalah karunia yang jauh lebih bernilai dari harta berapapun banyaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Mas Eko. Kadang saya pun akhirnya suka berpikir, kalau sudah melihat yang seperti ini, apa yang saya cari? Kebahagiaan itu mungkin sebetulnya sederhana yak..bersyukur dan sehat. Sampai saat ini masih sering memikirkannya..

      Hapus
  47. Mba Levina judulnya keren banget hehe, mengingatkan saya lebih harus was - was selalu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi...makasih Mbak.
      Kalau was-was sih sama, Mbak. Tapi katanya sih harus dikurangi, jangan sampai membuat kita malah stres...begitu kata seorang teman.

      Hapus
  48. Ah iyaa.. dulu klo ada yg sakit pas sekolah suka mupeng krn pgn ngadem d uks drpd ipacara. Hihi.. bner bgt itu yg penting makan sehat soaljya klo sakit anak suka jd sasaran yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mupeng banget kan..pengen juga ikutan ke UKS...xixixi.
      Yup, penting jaga kesehatan..supaya anak ga jadi sasaran #eh?

      Hapus
  49. Qiqiqiqii, dari awal baca ngikik terus karena iri sama teman yang mudah pingsan. Aku tuh mbak, yang mudah pingsan atau pucat karena tensi rendah dan dijemur di bawah terik matahari.

    Soal bangga nggak kena batuk sendiri selama di tanah suci juga aku alami. Dan sedihnya esok harinya langsung kena flu parah, disambung batuk jelang pulang ke tanah air. di bandara King Abdul Azis aja batuk tak henti sampai petugasnya kasihan lihat wajahku yang kemerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti dulu saya termasuk iri sama Mbak Hidayah yak...wkwkwk.
      Nah, itu bener, bangga dikit...eaaa, kontan besoknya ilang suara serak gara-gara batuk. Alhamdulillah ga lama...euuuh, dilarang sombong kali ya Mbak..

      Hapus
  50. Jadi inget waktu SMP banyak teman yang pingsan atau pura-pura pingsan ya kalau upacara. Alhamdulillah sih kalau aku setrong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk..Saya termasuk yang ngga pernah pingsan dan sakit, mau pura-pura pun ngga berhasil.. Iya Mbak, kita setrong women...😍

      Hapus
  51. menjaga kesehatan memang paling sulit mbak apalagi kalau tipe kayak saya yang suka telat makan. memang paling pas ada bantuan dari multivitamin kayak ini ya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu Mbak...kalau pola makan berantakan asupan vitamin perlu ya. Cuma tetep diusahakan makan teratur katanya yak..disamping asupan nutrisi seperti vitamin. Tapi emang ngaruh sih Mbak. Pas lagi load job tinggi banget ini multivitamin bantu jaga daya tahan tubuh....kerasa sih.

      Hapus
  52. Wah..pas bgt buat saya yg lg proses pemulihan dr skt flu ni.. Makasih ya mbak infonya,nanti coba aq cari di apotek terdekat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga cepat sembuh yak, dan kembali beraktivitas seperti biasanya..

      Hapus
  53. hahahaha, aku jg jd inget mba, dulu pas smu pernah berharap sakit/pingsan pas upacara supaya bisa diangkat pacar wkwkwkwk... norak bgt deh kalo diinget skr :D

    aku udh baca beberapa blog yg nulis review ttg multivitamin ini, dan jd tertarik sih mau beli... apalagi bentar lg mw traveling jauh, hrs jaga kesehatan dr skr nih,.. tau sendiri cuaca ga nentu banget ya thn ini... anakku aja sakit batuk pilek ga sembuh2 ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya cuaca ngga menentu yak. Apalagi sekarang memasuki musim pancaroba. Batuk pilek jadi langganan ya Mbak. Semoga travelingnya menyenangkan dan ga ada kendala ya Mbak. Have nice travel! Anak-anak juga sehat selalu ya Mbak, semoga.

      Hapus
  54. kenapa yang terbayang bayang malah anggur hijau. ya Alloh..

    alhamdulillah, kalo fisik sehat traveling kuat. ibadah jadi tenang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihihi...ayo beli anggur ijo....#eh? TheRagran-M ...

      Setuju Mbak. Kalau sehat traveling kuat, ibadah pun tenang.

      Hapus
  55. utk tetep fit di usia yg tak muda lagi memang kadang butuh tambahan suplemen khusus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Faktor "U" ga bisa dibohongi ya Mbak.. Kita memang membutuhkan tambahan suplemen untuk membantu menjaga daya tahan tubuh yak..

      Hapus
  56. saya pura2 sakit pas lagi upacara, biar gak upacara, mlz abisan hahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..saya sih pas latihannya, atau kalau ngga pas opspek. Tapi ngga pernah berhasil...xixi.

      Hapus
  57. saya juga termasuk yg jarang sakit, tp pas sakit ya lama dah pulihnya kembali.
    Dulu gak kenal theragran-m ya :D :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ya Mbak, dikasih kesehatan dan jarang sakit. Cuma sekali sakit pemulihan perlu waktu lama..iya Mbak, mungkin perlu asupan vitamin untuk membantu mempercepat pemulihan yak..

      Hapus
  58. Saya pernah pengen sakit waktu SD, Mbak karena bosan sekolah . Bosan sama rutinitasnya. Eh, keinginan saya seperti doa yang terjawab seketika. Langsung sakit besoknya, gak ada angin gak ada hujan. Setelah itu saya tidak mau lagi berharap sakit. Kapok :)

    Moga2 sehat terus ya Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi..ternyata dulu zaman-zamannya sekolah sama juga ya, pernah berharap sakit. Bedanya saya berharap, ngga pernah sakit-sakit. Berharap sakit, bukan karena ga pengen sekolah. Dulu acara pembinaannya lumayan bikin keki. Tapi back to that time, saya jadi berpikir sih bahwa pembinaan mental itu juga ternyata penting untuk membentuk karakter ngga mudah menyerah di kemudian hari.

      Saat ini sih udah ngga berharap sakit lagi Mbak. Sakit yang pernah saya rasakan adalah pas SD, terkena steven johnson syndrom, alergi antibiotik. Sejak saat itu saya agak hati hati minum obat. Paling saya cuma mau minum vitamin sebelum terpaksa minum obat.

      Hapus
  59. Tertohok jadinya, saya kalo pusing jg suka emosional mbaaaa... T.T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaa..sama dong. Duh, suka nyesel kan udahnya. Pusing kepala, badan linu, plus meriang emang ga nahan. Kesenggol dikit bawaan emosi jiwa..xixixi. Tapi, dikit dikit harus mulai menahan diri yak. Jadi memang sehat itu penting yak. Sehat jasmani dan emosi.

      Hapus
  60. Di apotekku ada tuh bi ina... Udah ada pelanggan nya. Katanya cocok dari dlu pake theragran M :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh..Theragram-M udah lama yak. Heu, kurang gaul nih, baru nyoba sekarang-sekarang ini. Ternyata banyak yang udah jadi pelanggan juga yak..dan cocok.

      Hapus
  61. Makasih atas sharing pengalamannya,bisa dicontoh lah ����

    BalasHapus
  62. Theragran-M emang membantu banget buat memulihkan kondisi sakit, aku pun sudah mencobanya. Bahkan saat sehat pun bisa di konsumsi sebagai vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh

    Btw komen baliknya ya di artikel theragranku juga :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Membantu sekali ya Mas, untuk proses pemulihan setelah sakit.

      Okay, sudah di bw balik yaaak..

      Hapus
  63. Bener mba levina..
    Sehat itu kenikmatan tiada tara..

    Oya baca di awal jdi inget dulu jaman ospek males disuruh yang berat jadi ikutan yg sakit biar ga terlalu berat derita ospeknya..wkwkwk

    Nice info sist
    Thx for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..sehat itu nikmat yang wajib kita syukuri..kerasa banget nikmat sehat itu pas kita sakit yak.
      Iyah, biar ngga terlalu berat ya..biar dikasihani tatib.

      Hapus
  64. Whoaaaa perjalanannya luar biasa ya mba. Ulasannya oke banget ini. Saya lagi kurang fit, kayaknya butuh multivitamin ini.

    Besok langsung ke apotik deh. Makasih sharingnya ya mba. :)

    BalasHapus
  65. Wow!
    Zamannya sekolah sering banget keluar masuk UKS.lumayan,pas kegiatan upacara yang lain ke panaskan saya enak enakan di Uks! Xixi
    Tapi pas masuk dunia kerja fisik lumayan kuat walaupun sering terkena angin malam karena tempat beraktivitas emang lapangan.
    Dan tetep saja, saat sistem imun menurun bikin absen beberapa hari.
    Atasan bilang harus sering minum multuvitamin.Dan bingung juga harus multivitamin bagaimana. Thanks ya,tech! Kasih pengalaman dan infonya. Saya mau coba juga tuch multivitamin nya.
    Karena sakit itu benar benar ngga enak!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naaah, ketahuaaan!!! Ini nih yang bikin iri...sakit masuk UKS ngadem. Wkwkwkwk.
      Yup, kalau sakit ternyata ga enak...menyedihkan deh pokoknya.

      Hapus
  66. Sehat itu bener-bener nikmat yang luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak...sehat itu nikmat kedua terbesar setelah iman katanya temen mah...

      Hapus
  67. iya setuju nih tipsnya mbak, sakit itu gak enak, byk kesempatan baik jadi lewat gitu aja.. Theragran-M suplemen yg harus dicoba nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup banyak kesempatan terlewat yak. Termasuk ngedraft artikel untuk blog ...

      Hapus
  68. Alhamdulillah sudah menunaikan ibadah haji ya mba. Jaga kesehatan ya mba agar selalu sehat. Aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbaaak...Aamiin. Semoga kita senantiasa dianugrahi kesehatan ya Mbak..

      Hapus
  69. Aq juga klo upacara pasti pusing kepala sampe akhirnya memutuskan untuk jadi petugas P3K

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..Mbak Stefanny cerdas...
      Iya yak kenapa ga kepikiran dulu ngelamar jadi petugas P3K ajah..

      Hapus
  70. Bwahahaha, dulu pengennya sakit biar ga ngerjain yg ga enak ya, giliran udah sering sakit baru terasa ga enaknya jadi orang yg sering sakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya Mbak. Beneeeer, males banget yak. Tapi giliran sakit juga ga mau.. euuuh..

      Hapus
  71. Waa kayaknya perlu nyoba nih. Dirumah semua lagi pada sakit, semoga bisa cepet pulih n nggak gampang sakit lagi kalo minum ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga lekas sembuh ya Mbak. Vitamin diperlukan tubuh juga katanya untuk zat pengatur..xixixi. Walau sedikit tetap punya peran penting ternyata..

      Hapus
  72. mbak, kl dicampur baygon kayaknya gak hanya vitamin deh... :)))))

    BalasHapus
  73. Klo gitu cukup Theragram M ya...ga usah macam2 vitamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kebanyakan juga ga bagus..., sesuai dengan dosisnya ajah. Hmmm, cukup satu satu sih, jangan kebanyakan juga..

      Hapus
  74. Artikelnya bagus, ceritanya ngalir... Semoga menang ya lombanya! :D

    BalasHapus
  75. penyakit saay yang paling sering itu pusiiing, apalagi kalau tanggal tua yaah, hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah iya itu. Bawaannya mualeees mau kemana mana juga kalau tanggal tua. Xixixi.

      Hapus
  76. bener banget mbak, nikmat sehat itu ga bisa diukur dengan uang yaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa...nikmat yang ga bisa diukur dengan uang. Setuju Mbak dengan statementnya. Kalau sakit boro-boro bisa nulis ya, atau traveling, atau beresin rumah, atau aktivitas lainnya..

      Hapus
  77. Sehat terus ya Mbak buat keluarganya.

    BalasHapus
  78. Positif thinking itu penting untuk menghindari yang namanya psikosomatis. Btw jaman muda kita rata2 setrong yang mba, kalau sekarang fiuuhh jadi manjaaahh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yak..kalau dipikir pikir pada seterong women..

      Hapus
  79. alhamdulillaahi sudah haji di usia muda ya...
    senangnya kalau badan sehat.
    salam kenal, mbak :)

    BalasHapus
  80. Alhamdulillah.. semoga sehat2 selalu yaak.. aamiin

    BalasHapus
  81. Baca judulnya udah bikin nyengir, hihihi. Emang kalo sakit bikin sediiih karena ngga bisa ngapa2in, huhuhu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerasa banget Mbak. Kalau sakit bawaannya melow gituh. Pengen nangia jedag-jedag. Belum kalau anak-anak rewel..

      Hapus
  82. sakit itu memang gak enak, si kecil saya aja kalau sakit suka nangis sambil bilang,"mama gak mau sakit." mamanya jadi sedih :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...malah jadi tambah baper yak. Hiks. Emosi terganggu. Btw, Rina anak kimia unpad yaaak?

      Hapus
  83. Nice share. Kesehatan itu penting. Terkadang banyak yang mengabaikannya. Pergunakan masa sehatmu sebaik mungkin..

    BalasHapus
  84. Ya Allah Mbaaa..aku capek nyekrol komen. Panjang bangeeet, hahaha. Gudlak ya buat lombanya. Dan semoga sehat-sehat terus, Amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Mbak Rotun. Aamiin..semoga kita sehat terus yak..

      Hapus
  85. Beuh cocok nih buat genjot lemburan sabtu - minggu full sebulan.... wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwk..tetep..harus life balance atuuuh...makanan sehat, olahraga plus istirahat yg cukup..

      Hapus
  86. Hari ini badan lagi drop.. Pengen nyoba theragran krn banyak yg rekomen. Cuma karena lg hamil jd gak berani.. Meski di webnya sih boleh buat bumil dan busui, tapi buat yakinnya harus konsul dokter dulu kali ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuup Mbak. Ada baiknya memang konsul dulu ya sama dokter.

      Hapus
  87. Ada2 aja pengen sakit.. Hehehe.. Btw nikmat sehat itu Alhamdulillaah yah,sesuatu banget.. Ngerasain ada yg gak balance di badan aja kdg bikin galaw..Wkwkwkwk... Kelopak mata gatel2 aja, udah bikin gw gak nyaman...Hadeuuh... Moga kita sehat2 terus yaa..aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... iya, dulu itu..zaman jahiliyah, pas zaman jahil-jahilnya, ngiri liat orang sakit ngadem di ruang UKS...wkwkwk.

      Hapus
  88. Hiks, emang saat sakit emak2 tu maunya menyendiri ya, mak. Feel u deh. Kasian anak2. Untungnya saat sakit suami mau bantuin ngurus anak2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kadang gitu Mbak. Cuma kalau lagi kumat anak-anak ga mau sama Bapaknya. Heuuu...nasiiib. Xixi. Tapi harus dijalani dengan ikhlas ya Mbak,katanya baru bisa bernilai pahala...

      Hapus
  89. Kalau sakit aku pengennya tidur aja mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama...pengennya tidur tanpa gangguan yak. Xixixi

      Hapus
  90. insha Allah kalo sy naik haji nanti mau bawa theragran juga, aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Mbak, persediaan obat-obatan dan multivitamin wajib. Plus minum yang cukup untuk mencegah dehidrasi.

      Hapus
  91. Apalagi aku mba, udah berumur pasti sangat butuh vitamin ya. Vitamin yang ini oke banget, sesuai harganya, ahahaha.
    Blogmu keren mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, masa sih Mbak ... kayaknya di profilnya masih kinyis-kinyis. Serius?
      Terima kasih Mbak, sejujurnya masih banyak belajar dari para blogger.

      Hapus
  92. Semoga selalu diberi kesehatan ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. You too ya Mbak..semoga sehat selalu. #hug

      Hapus
  93. sehat sehat terus ya tante...
    jangan sakit sakit lagi

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan