Belajar Reroot Rambut Boneka Barbie Yang Rusak

Apa itu Reroot? 

Reroot mempunyai arti bermacam-macam. Reroot dalam android atau istilah komputer tentunya berbeda dengan istilah reroot boneka. Reroot rambut boneka di sini, intinya adalah mengubah tatanan rambut boneka. Sebel donk kalau punya boneka barbie, rambutnya kusem, kena gunting anak-anak, kusut acak-acakan karena keseringan disisir, pokoknya rambut bonekanya juelex deh. 
barbie
Reroot rambut barbie

Nah, kalau sudah begini apa yang harus dilakukan? Dibuang sayang. Kondisi badan sama kepala masih bagus. Buat yang kebanyakan duit alias duitnya ngga berseri juga gampang, tinggal beli lagi. Ada cara lain ngga? 

Ini dia fungsinya reroot, mengganti rambut boneka yang susah kusam, rusak, kusut menjadi seperti baru lagi. 

Belajar Reroot Alias Permak Rambut Boneka Barbie 

Awalnya, sebel lihat salah satu boneka barbienya Azka & Aisya yang jadi kribo dan kusut. Mau beli lagi juga, rasanya sayang, harga barbie yang playline paling murah saja Rp100.000, itupun pas harga diskon dan kualitasnya kurang begitu jreng. 
Terinspirasi oleh komunitas pencinta boneka di facebook, yang hobi mendandani bonekanya dengan baju-baju rancangan sendiri, juga melakukan hair styling boneka barbienya, jadi ingin mencoba reroot rambut barbie yang Azka beri nama Claresta. 


Jadilah, hari Sabtu & Minggu lalu membuat proyek make over rambut Claresta bersama anak-anak. Hitung-hitung weekend beraktivitas dengan anak-anak selain nge-mall. 

Ini dia bahan-bahannya: 

barbie
Alat memasukan benang ke jarum
  1. Kepala Claresta, kepala bonekanya Azka & Aisya yang mau di make over. Buat belajar, pakai playline yang murah, kalau yang muse kagak berani, salah-salah lehernya patah, nangis deh. 
  2. Benang rambut baru. Benang rambut berwarna biru yang dipilih. Kubeli seharga Rp25.000 / bungkus. Menurut Mbak Ezz, satu bungkus itu bisa untuk 3 kepala boneka, tergantung panjang pendeknya rambut yang diinginkan. 
  3. Jarum jahit. Nah, harusnya mungkin yang dipakai jarum kasur yak, yang lubangnya agak besar. Tapi, kali ini karena darurat, kita pakai jarum jahit biasa yang ada di rumah. 
  4. Alat memasukan benang. Alat ini sederhana, ujungnya kawat tipis yang berguna untuk mengaitkan benang ke jarum. Aku kurang tahu namanya. Aku dapat dari pak jaksa, kawan satu maktab di Arab, 2 tahun lalu. Ternyata ini berguna sekali, sayang waktu itu cuma minta 2 biji, aku pikir mataku masih sehat, ngga perlu alat seperti ini. 
  5. Pinset, alat pencabut bulu. Awalnya ini aku pakai untuk mencabut rambut-rambut di kepala barbie dari bagian dalam. Tapi dalam perjalanannya, pinset ini berguna untuk menarik jarum yang ditusukan ke kepala barbie. 

Langkah-langkah Reroot Rambut Barbie 

1. Menggunduli rambut Claresta

barbie
Kepala yang sudah dibotaki
Pertama, kepala boneka yang akan diganti rambutnya, kita gunduli sampai plontos. Azka sama Aisya bergantian menggunting rambutnya. Semangat sekali mereka menggunting rambut barbienya. Kebayang kalau rambutnya barbie muse yang digunting. 

Ketika sudah mulai pendek mendekati kulit kepala, bagian pinset yang beraksi menarik sisa-sisa rambut dari arah dalam. Sesekali, Azka dan Aisya ikut membantu proses pengeluaran sisa-sisa rambutnya. Setelah beberapa lama, akhirnya kelar juga proses penggundulan ini.

Tada! Inilah kepala Claresta yang sudah di KDRT sampai gundul. 

2. Mengganti rambut boneka barbie 

barbie
Isi lubang kepala dengan benang
Setelah kepala siap, waktunya untuk memberi rambut. Berdasarkan hasil searching di Mbah Google, juga melihat beberapa posting di komunitas doll lover, ternyata ada beberapa metode reroot. Ada yang benangnya diikat dulu untuk kemudian ditanam di kepala, ada juga yang memasukan benang terlebih dahulu baru diikat ada juga yang menggunakan alat khusus reroot. Tidak ada aturan sih, harus memakai metode mana. Masing-masing orang mungkin punya style tersendiri dalam melakukan reroot rambut barbie ini.

Kali ini, kita pakai cara tradisional saja, berhubung alat reroot-nya ngga punya. Hihi. Yaitu dengan menggunakan jarum jahit biasa dengan bantuan alat untuk memasukan benang. Tapi, tanpa ini juga bisa kok, asal matanya masih normal.

Adapun caranya adalah sebagai berikut:
barbie
Reroot rambut dan peralatannya
  • Masukkan benang rambut ke jarum, seperti halnya ketika kita akan menjahit. 
  • Kemudian, tusukan jarum yang sudah ada benangnya ke lubang kepala barbie. 
  • Gunting ujung benang, buat simpul ikatan di ujung benang. 
  • Tarik benang dari arah luar kepala barbie
Begitu seterusnya sampai seluruh lubang di kepala barbie terisi benang rambut. Tidak ada patokan dari arah mana harus memulai. Bisa dari depan dahulu, kemudian belahan rambut, kemudian bagian belakang. Atau mau bagian belakang dahulu, kemudian bagian depannya, itu juga bisa. Tergantung selera masing-masing.

Nah, ini dia hasil reroot pertama kita. Rambutnya kepanjangan. Yah, hitung-hitung rapunzel deh. 

3. Merapihkan rambut barbie

barbie
Hasil reroot pertama kita
Setelah selesai mengganti rambut barbie dengan helaian benang baru, rambut bisa dirapihkan. Namanya hair styling. Rambut barbie bisa bibuat lurus atau ikal. 

Untuk membuat rambut ikal bisa dengan menggunakan beberapa cara. Bisa menggunakan potongan koran/kertas yang dilipat panjang, kemudian rambut digulung-gulung. Atau bisa menggunakan sedotan, potongan kayu, atau rol rambut. Tangkai daun singkong pun bisa digunakan. Persis seperti jaman dahulu kalau ingin rambut kita kriwil, digulung menggunakan tangkai daun singkong. 

Untuk supaya gelombang rambutnya awet, rambut yang digulung tadi, dicelup-celupkan ke dalam air panas, kemudian dibuka gulungan rambut, dan biarkan rambut boneka mengering alami.

Yang sibuk nyediain air panas malah Azka. Belum selesai reroot sudah menyiapkan air rebusan, padahal walaupun tinggal 20 lubang yang harus diisi benang rambut, perlu waktu agak lama. Keburu airnya menjadi dingin kembali. Jadi dua kali rebus air deh. 

Reroot Rambut Boneka Susah Tidak? 

barbie
Claresta sebelum di reroot
Hmm...dibilang susah sih nggak yak. Tinggal masukin benang ke jarum, tusuk ke kepala barbie, bikin ikatan simpul mati, isi sampai penuh seluruh kepala. 

Tapiii..., ternyata, memasukan benang ke jarum aja susah setengah jeprut. Alamat lama kalau begini caranya. Untung teringat pemberian teman satu maktab, alat untuk membantu memasukan benang. Aku pikir ngga bakalan pernah menggunakan alat ini, ternyata alat ini bermanfaat juga, sayang cuma ada 2 biji, itupun satu rusak gara-gara terlalu bernafsu memasukan helai benang dalam jumlah banyak. 

Reroot kepala barbie juga ternyata memerlukan waktu yang lumayan. Tangan juga bisa kapalan, hahaha. Belum pegal-pegal badan. Bener juga yang bilang metode reroot barbie adalah transfer duit, bungkus barbie, kirim, tunggu barbie datang kembali dengan rambut baru. Xixixi. 

barbie
Claresta setelah di reroot
Setelah reroot kelar pun, bingung. Nih, rambut kenapa jadi kusut yak? Mungkin saking panjangnya, jadi ujung benangnya belibet. Mungkin setelah reroot, rambutnya perlu di hair styling. Nah, itu yang belum tahu caranya. Tapi lihat rambut barbie yang sudah di hair styling (punya orang), ngiler juga. Gimana yak caranya? (Bersambung)

13 comments:

  1. Beli bahan rambutnya dimana? Sy jg lg belajar reroot,,kanibal pake wig tp jdnya ngga halus.
    Oiya, sy cobain pake jarum kasur. Tp malah jd ngerusak..lubang rambutnya lebih kecil drpd diameter jarum, jd ada bbrp yg sobek. :(

    @winigunn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli di account facebook ezzmerry. Banyak warna rambutnya.

      Oh, pakai jarum kasur malah rusak yak. Tdnya next aku mau pakai jarum kasur, pikirku lebih banyak helai benang yg bisa masuk. Thx mba infonya.

      Aku juga baru belajar nih. Ini yg perdana. Rambutnya kepanjangan..ujungnya malah jadi kusut masai..hehe.

      Delete
  2. Kaka akun facebooknya ga bisa ditemukan:(

    ReplyDelete
  3. Kaka akun facebooknya ga bisa ditemukan:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. https://www.facebook.com/merry.ezz

      itu ya link account facebooknya EzzMerry

      Selain itu ada juga sih, di account facebook Toko Unyu Trusted

      Semoga membantu yak.

      Delete
  4. Lucu banget boneka barbienya...mantabs banget tipsnya..bisa rawat boneka barbienya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..kalau barbie jelek rambutnya jangan dibuang. Sayang. Bisa juga di reroot rambutnya. Atau di repaint mukanya. Jadi cakep kembali.

      Delete
  5. Boneka barbie itu kesukaan adikku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak saya juga suka banget barbie. Kadang suka pusing juga, boneka berantakan di mana - mana. Haha.

      Delete
  6. walaah baru ketemu cara memperbaharui rambut barbie sekaarang. dulu2 gak tau samsek. eh skrg, setelah 15 tahun berlalu ketemu. hihii maklum dulu blm ada internet. nice share, btw. bisa buat contekan kalau nanti punya barbie lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...iya, Mbak. Tapi macem-macem kok caranya. Ini salah satu cara aja.

      Delete
    2. hehe...iya, Mbak. Tapi macem-macem kok caranya. Ini salah satu cara aja.

      Delete
  7. mbak, ada tutorial repaint face barbie/monster high gak?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan