5 Kuliner Anyer Enak dan Murah Yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan

kuliner di anyer yang murah dan enak
Setelah puas berjalan-jalan di Pantai Anyer dan Menara Suar Cikoneng, perut rasanya sudah nagih nih untuk diisi. Tapi makan apa yak di Anyer?  Tentunya makanan yang enak di mulut dan enak di kantong.
Beberapa waktu lalu marak postingan artikel ataupun cerita mengenai tertipu makan di pantai Anyer, dan harus membayar sangat mahal untuk makanan yang dipesannya. Banyak peringatan di jagat online supaya hati-hati kalau makan di Anyer, harga bisa digetok. Mending kalau rasa makanannya enak buanget, mungkin ngga terlalu mangkel. Ya, nggak? Nah, postingan kali ini saya mau rekomendasi tempat makan favoritku di daerah Anyer yang ngga pakai mahal dan rasanya juga nendang. Pas di mulut dan yang penting pas di kantong.


1. Rumah Makan Ikan Bakar Tanjung Pinang
kuliner di anyer yang murah dan enak
Kita sih sering menyebutnya 88. "Mau makan di mana?" Jawabnya, "88 yuk!” Nama sebenarnya entah apa, tapi dispanduk tertulis Ikan Bakar Tanjung Pinang. Kenapa 88? Karena di depan bangunannya ada plang kecil bertuliskan Rumah Makan 88. Aku juga ngga tahu kenapa nama-nama rumah makan di sini hobi menggunakan angka-angka. Dulu ada juga Rumah Makan 99, entah sekarang masih ada atau tidak.
kuliner di anyer yang murah dan enak
Balik ke Rumah Makan 88, menu andalan yang ditawarkan adalah bermacam seafood. Favorit saya adalah ikan bakar, cumi goreng tepung, udang goreng tepung, fuyunghai, nasi goreng, mie goreng, capcay goreng dan tumis kangkung. Ih, banyak banget ternyata. Tapi memang enak sih masakannya. Selain itu masih banyak lagi menu lainnya, cuma yang baru saya coba adalah menu yang tadi sudah disebutkan. Ikan bakarnya recommended. Bumbunya berasa sekali, ditambah sambalnya yang asyik punya. Cumi & udang goreng tepungnya juga enak. Tepungnya renyah dan ngga keras, sepertinya adonan tepungnya diberi kocokan telur, jadi lebih lembut. 
kuliner di anyer yang murah dan enakMenu di sini cukup variatif. Jika kamu malas makan nasi, Rumah Makan Ikan Bakar Tanjung Pinang ini juga menyediakan menu mie ayam bakso. Soal harga, ikan bakar ukuran sedang, dibandrol Rp 35.000/ekor (tergantung ukuran ikan),  mie goreng seafood Rp 15.000/porsi, seporsi cah kangkung Rp 12.000, sedangkan cumi goreng tepung Rp 30.000/porsi. Kalau saya sendiri biasanya makan barengan, jadi kalau kita bertiga pesan menu yang berbeda-beda, jatuhnya lebih murah dan kita merasakan berbagai menu.
Oya, kalau mau cepat disiapkan, biasanya kita telepon dulu sama Engkohnya. Engkohnya dan Encihnya ramah, baik hati dan tidak sombong. Jadi begitu kita datang, makanan sudah tinggal disajikan. Tempatnya juga lumayan, sekarang malah sudah ber-AC, jadi makannya bisa lebih santai, karena ngga kepanasan. Bagi yang tertarik mencoba makan di tempat ini, berikut alamatnya:
RM Ikan Bakar Tanjung Pinang
Jalan Raya Anyer di depan BNI Anyer (setelah Pasar Anyer)
Sebelum tikungan tajam menuju pantai Anyer
Telp: 0813-8196-1828 
kuliner di anyer yang murah dan enak











2. Rumah Makan Sup Ikan Flamboyan

Sup ikan yang satu ini adalah salah satu favoritku dan anak-anak. Harganya juga bersahabat.
kuliner di anyer yang murah dan enak
Rumah makan ini terletak di Jl. Raya Anyer KM 130, namanya Rumah Makan Flamboyan. Letaknya ada disebelah kiri jalan jika kamu datang dari arah Cilegon. Patokannya jika dari arah Pasar Anyer, tidak jauh dari Hotel Pisita dan Mess Jepang PT. Asahimas Chemical, sebelum POM bensin Cikoneng. Nah, kalau kamu melihat mercusuar di sebelah kanan jalan, itu artinya kamu sudah kelewat jauh dan harus putar balik.
Rumah makan ini menyajikan menu rumahan. Menu yang paling terkenal adalah sup kepala ikan. Kuah kepala ikannya berbumbu kuning light dan rasanya segar. Menu lainnya adalah menu sehari-hari seperti ayam goreng, ikan goreng, tempe mendoan, peyek udang, bakwan jagung, telur, dan juga aneka sayuran. Rumah makan ini terkenal di kalangan orang Anyer dan sekitarnya, malah orang jauh-jauh datang dari Serang hanya untuk makan siang di sini.
Saya paling suka makan nasi dengan tempe mendoan dan peyek udangnya. Apalagi kalau tempenya masih panas. Rasanya nendang banget. Eh, mungkin karena sambalnya juga sih yang enak. Sambalnya wajib kalian coba saat makan di tempat ini. Ada sambal matang ada juga sambal mentah. Dua-duanya enak pake banget. Oya, kalau pagi-pagi, ada juga menu sarapan nasi uduk. Nasi uduknya enak juga lho.
kuliner di anyer yang murah dan enak
Selain itu, ada juga asinan sayur dan buah. Nah, ini favoritnya si bebeb. Asinannya segar katanya si bebeb. Memang sih, saya juga suka kalau asinan RM. Flamboyan. Padahal saya biasanya paling anti namanya asinan dan rujak. Mungkin saya termasuk golongan anti mainstream untuk urusan rujak dan asinan. Tapi, tidak begitu halnya jika saya ditawari mangga potong di RM. Flamboyan. Biasanya kalau lagi musim mangga, mereka punya mangga spesial dari Pulau Sanghyang. Mangganya muaaanis banget dan legit. Kalau kamu makan di sini dan saat musim mangga, coba saja pesan mangganya. Dijamin pengen kamu berakhir dengan membawa sekantung mangga Pulau Sanghyang untuk dibawa pulang.
Tempatnya bersih, ada di dalam ruangan atau kamu bisa pilih di saung-saung. Harga sih kalau menurut saya murah. 1 porsi sup kepala ikan yang besar kita cukup merogoh kantung Rp 50.000, sedangkan jika kita memilih badan bukan kepala ikan, harganya lebih murah. Berikut alamatnya:
Rumah Makan Flamboyan
Jl. Raya Anyer KM 130 Cinangka
Setelah Pisita, sebelah kiri jalan dari arah Cilegon
Telp: (0254) 602388.
kuliner di anyer yang murah dan enak

 
 
 
   
 
 

3. Rumah Makan Ikan Bakar Abah Juned

kuliner di anyer yang murah dan enak
Rumah Makan Abah Juned ini agak masuk ke dalam perkampungan penduduk. Nama daerahnya Gudang Kopi. Setelah Pasar Anyer, dari arah Cilegon, Sebelum SMPN 1 Anyer ada belokan jalan ke kiri, sebelahnya Indomart. Dari belokan ini masih terus masuk ke dalam, sampai menemukan mesjid. Lokasi Rumah Makan Abah Juned ini percis di depan mesjid tersebut.
Abah Juned ini menyediakan ikan bakar, cumi bakar, udang bakar juga menu rumahan seperti sayur asem, oncom leunca, sambel goreng kentang, dan lain-lain. Ikannya bermacam-macam juga beratnya. Biasanya sih saya dan teman kalau makan di sini, suka minta ukuran sedang, supaya bumbunya menyerap sampai ke tulang ikan. Teman juga paling suka kalau udang bakarnya setelah diberi bumbu, dibakar setengah matang, kemudian diberi kecap manis dan dibakar kembali. Katanya rasanya lebih enak kalau diberi kecap manis. Ikan bakar ini dilengkapi dengan sepiring kecil sambal mentah dan sepiring kecil irisan bawang dan rawit untuk sambal kecap. Kalau saya sukanya sambal mentah ini dicampur dengan sambal kecap. Sambalnya enak dan pedas.
kuliner di anyer yang murah dan enak
Saya juga suka oncom leuncanya, porsinya banyak, harganya pun Cuma Rp 5.000/porsi. Sayur asem Rp 3.000/mangkuk. Selain itu, sambil menunggu ikannya matang, biasanya kita disajikan otak-otak. 1 porsi otak-otak (isi 8 biji) harganya Rp 20.000, ukurannya lumayan padat dan agak besar, yang pasti rasanya enak dan masih hangat saat dimakan. Bagaimana dengan harga ikan bakar? Ikan bakar ukuran besar, dihargai Rp 50.000/ekor, sedangkan udang, 1 tusuk (isi 5 biji) harganya Rp 30.000, dan cumi bakar Rp 20.000/porsi. Murah kaaan?
Tempat makannya lesehan, dengan pemandangan sawah. Cuma setiap kali kesana selalu tidak kebetulan, pemandangan sawahnya gersang. Hahaha. By the way, sepertinya Abah Juned juga membuka cabang di Jalan Anyer. Tapi saya lupa letak pastinya, soalnya waktu itu saya hanya selewatan melihat tulisan Rumah Makan Abah Juned. Nah, ini alamat Rumah Makan Abah Juned yang pertama:
Rumah Makan Abah Juned
Depan Kantor Kecamatan Anyer Jl. Anyer – Jaha
Desa Mekarsari
Telp: 0813-1879-5062, 0859-5999-7705, 0877-7480-0333
kuliner di anyer yang murah dan enak







 
4. Rumah Makan 3M Anyer
kuliner di anyer yang murah dan enak
Rumah Makan 3M juga menyajikan menu seafood.  Terletak di seberang Pondok Kalimaya dan Ryugu. Setelah SMAN 1 Anyer jika datang dari arah Cilegon. Terletak di sebelah kiri jalan.
Masakannya cukup enak. Ikan bakarnya pun maknyuuus. Yang paling saya suka adalah cumi bakar, udang asam manis, cumi asam manis atau saus padang. Bumbu asam manisnya juga segar, memakai potongan timun dan nanas. Cumi bakarnya juga enak, dagingnya tebal dan empuk. Pokoknya enak deh. Kamu wajib mencoba makan di sini jika ke Anyer.
Harga sedikit lebih mahal, hanya saja porsinya lumayan besar. Jadi saya pikir worth it untuk rasa dan porsi. Kalau tidak salah harga ikan bakarnya berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 70.000/ekor ukuran ikan besar. Sedangkan cumi bakar berkisar antara Rp 30.000 – Rp 40.000 / porsi. Nah, dimana alamatnya? Check di bawah yak...
Rumah Makan 3M
Jl Raya Anyer Sirih KM 127
Depan Pondok Kalimaya
Telp: 0878-7163-0150
kuliner di anyer yang murah dan enak







  

5. Rumah Makan Muaro

Rumah Makan Muaro letaknya percis di seberang Mercusuar Cikoneng, yang terkenal dengan titik nol kilometer Jalan Anyer – Panarukan. Tepatnya berada disebelah jembatan sebelum mercusuar. Jadi Rumah Makan Muaro ini ada di tepi sungai. Mungkin itu sebabnya dinamakan Muaro, karena letak rumah makan ini dekat dengan muara sungai yang berujung di laut Anyer.
kuliner di anyer yang murah dan enak
Rumah Makan Muaro, seperti hanya tempat makan di dekat pantai, menu andalannya adalah seafood. Di sini kita bisa memilih sendiri ikan, udang, kepiting, cumi yang kita mau. Setelah memilih ikan, kita bisa minta untuk dijadikan sop ikan, dibakar, digoreng, dikasih bumbu saos padang, dan lainnya. Misalkan kita minta setengah dimasak asam manis setengah saos padang, bisa, tinggal bilang saja. Lumayan enak sih masakannya. Saya pernah sekali makan di tempat ini. Tempat makannya terbuat dari balai-balai bambu. Buat yang mencari suasana berbeda dengan kota, di sini bisa menjadi alternatif. Malam-malam suasananya lumayan oke karena dipinggir sungai, ada beberapa kapal di sungai tersebut. Ya, mirip-mirip di Chao Phraya, hihihi. Maksa!
Sepertinya rumah makan ini cukup terkenal juga. Saat saya makan di sini, terlihat beberapa orang Korea juga mendatangi tempat ini. Menurut teman sih harganya murah. Kalau tidak salah kita pilih ikan, nanti ditimbang berapa kilogram, baru nanti kita bayar. Modelnya mirip Bandar Jakarta kali ya. Yang ingin mampir seafood Muaro, alamatnya sebagai berikut:
Rumah Makan Muaro
Jl. Raya Anyer, seberang Mercusuar Anyer
Telp: 0878-7130-3693
kuliner di anyer yang murah dan enak





 

Itu dulu ya rekomendasi kuliner di Anyer. Sebetulnya masih banyak sih yang enak, seperti Rumah Makan BM, Rumah Makan Ibu Entin, ada juga warung nasi murah meriah seperti Warung Nasi Ibu Itoh. Jadi kalau ke Anyer, tidak perlu takut di getok harga. Banyak kok rumah makan yang enak tapi harganya juga tidak terlalu mahal. Okay, selamat menikmati kuliner Anyer ya kawan-kawan...!

11 comments:

  1. Aku belum pernah ke anyer, mba. Alhamdulillaah ada bahan makanan kalau jalan ke Anyer :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ke Anyer kalo tahun baru atau lebaran muaaceeet pol mbak. Tapi sekarang sejak ada jalan lingkar selatan cilegon agak lumayan sih..jd alternative menuju Anyer..

      Delete
  2. Nyum nyum .... kelihatannya enak banget. Tapi belum pernah ke Anyer. Semoga aja bisa ke sana suati hari nanti

    ReplyDelete
  3. Ah fotonya bikin ngiler. Sayang Anyer jauh banget dari sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mbak...ini favorite kita sih selama ini di daerah Anyer.

      Delete
  4. Kebetulan suami ngajakin ke anyer bareng keluarga restonya bisa jd referensi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya ada beberapa yang lain. Kalau suka tempat makannya yang besar situ ada midori, elbe, dan sekarang di daerah jalan lingkar selatan cilegon juga ada beberapa tempat makan seperti BM. Kalau keliling ke arah jalan padeglang - serang, disitu juga ada warung ibu entin, duren jatuhan haji arif.

      Delete
  5. Bookmarked ah, informatif banget tulisannya. Lumayan buat rekomendasi kalo jalan-jalan nanti biar nggak ngalamin jg sama warung yg suka getok harga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih ini enak2 mbak, hehe. Beberapa tempatnya sih kecil2, bukan resto besar yg mewah. Yg besar ada juga seperti midori, elbe. Di daerah jalan lingkar selatan cilegon juga sekarang ada beberapa tempat makan baru.

      Delete
  6. Aku pernah ke RM bandeng bakar tanpa duri kalo nggak salah, btw yang di sini semua enak nih

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan