Kuliner Cilegon, Makan Japchae di Amirang Korean Resto

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran
Ceritanya liburan sekolah kemarin karena ngga kemana-mana, anak-anak minta makan malam special di luar. Beuh, perasaan selama ini banyak makan di luar juga. Banyak mencicipi makanan di luar bukan semata karena penikmat atau pencinta kuliner sebetulnya, tapi lebih berat ke arah emaknya belum bisa masak. Sayaaa...maksudnya. Sssttt...rahasia ya ;)
Bingung nih ceritanya mau makan malam special di mana. Pas banget saat itu lagi nonton drama korea Oh My Ghost, yang setting latarnya berhubungan dengan masakan. Dimana di drama ini si pemeran utama pria berprofesi sebagai chef restoran dan pemeran utama wanita bercita-cita menjadi chef terkenal dan jatuh cinta dengan chef dengan campur tangan hantu perawan yang gentayangan. Jadi deh ide makan di Korean Resto mampir di benak. "Ayo kita makan di Amirang Resto!" Ajakku tanpa pikir panjang. Anak-anak langsung melonjak-lonjak kegirangan. Secara ini pengalaman pertama mereka makan di Korean Resto. Iya lah, bisa bangkrut saya kalau sering makan di sini.

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran
Meluncurlah kita ke Amirang Cilegon yang terletak bersebelahan Polres Cilegon. Dari tugu Cilegon di persimpangan masih lurus, tapi ambik yang jalan sebelah kiri yak, soalnya kalau yang sebelah kanan menuju ke Anyer. Eh, bisa juga sih lewat sebelah kanan, nanti pertigaan belok kiri.

Sampai di Amirang, ayahnya bilang, "waaah, tutup! Ngga jadi deh makan Koreanya." Anak-anak manyun melihat pintu resto Amirang yang terbuat dari 2 daun pintu kayu tanpa kaca tertutup rapat.

"Buka kok, percaya deh," sahut saya. Pintu Resto Amirang memang kelihatannya selalu tertutup dari luar. Dulu saya pertama kali ditraktir teman juga sempat ragu, ini buka atau tutup. Untuk masuk ke dalam, kita tinggal menarik gerendel pegangan besi berbentuk lingkaran yang menempel sebagai gagang pintu dengan gantungan tulisan halal. Baru deh, terlihat di dalamnya ruangan cukup luas berisi meja kursi yang tertata rapih.

Selain tempat duduk di ruangan besar, Amirang juga mempunyai ruangan-ruangan model lesehan yang terlihat lebih private dibanding ruangan terbuka. Kami memilih di tempat duduk biasa.
 

Menu Favorite Amirang


Yang pertama kali datang ke sini pasti pusing mau memesan apa. Istilahnya semua ditulis dalam bahasa Korea. Ada Ju Mul Reok Deung Sim, Seng Deung Sim, Seng Gal Bi, Yang Nyeom Gal Bi, Bul Go Gi, Woo Sam Geob, Tteokbokki, Jap Chae, Sin Kim Chi So Gal Bi Jjim. Duh, bacanya saja lidah belibetan. Daripada pusing-pusing, saya panggil saja si mbaknya.

"Menu yang recommended apa mbak?" Tanya saya.

"Jap Chae saja Bu. Biasanya orang Indonesia lebih suka pesan Jap Chae."

"Ok. Pesan itu satu ya mbak. Sama kalau daging yang dipotong kecil-kecil yang makannya dibungkus daun apa Mbak namanya?"

"Yang Nyeom Gal Bi, Bu. Nanti dagingnya kita potong-potong dan kita bantu panggang," jelas si Mbaknya. Saya mengangguk setuju.

Setelah memesan, seorang pelayan pria menghampiri sambil memperlihatkan daging sapi yang masih segar dan mentah. "Ini Bu, dagingnya seperti ini. Nanti kita bantu panggang," katanya. Saya sebetulnya pengen memanggang sendiri. Tapi ya sudah lah.

Setelah pelayan pria pergi. Seorang pelayan wanita membawa dorongan besi membawa beberapa makanan dalam piring bulat kecil-kecil dan menaruhnya di atas meja kami. Ada kimchi, bengkoang dan timun, jamur tempura, tumis jamur, tumis labu siam, dan salad sayuran (entah namanya apa dalam bahasa Korea). Sambil menunggu Jap Chae dan Yang Nyeom Gal Bi, kita makan tuh yang dipiring-piring kecil itu, sampai habis. Tak lama, Jap Chae dihidangkan.

Sambil makan, yuk kita kenalan sama masakan korea yang sering ada di drama-drama korea berikut:

1. Jap Chae, Makanan Raja Korea


Jap Chae atau Jab Chae, Chap Chae (잡채) adalah makanan Korea yang terbuat dari mie dari ubi(dangmyeon), dimasak dengan sesame oil dicampur dengan sayuran, seperti irisan wortel, bawang, jamur. Ditambahkan kecap kedelai dan gula untuk pemanis. Mie Jap Chae ini agak kenyal teksturnya.

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran
Jap Chae berasal dari kata Jap yang berarti dicampur atau diaduk, serta Chae yang berarti sayuran. Jadi secara bahasa Jap Chae ini artinya campuran sayuran. Jap Chae katanya pertama kali dibuat pada awal abad ke 17 saat Dinasti Joseon berkuasa di Semenanjung Korea. Awalnya Raja Gwanghaegun menyelenggarakan pesta. Salah satu juru masaknya memasak Jap Chae, dan raja menyukainya. Saat itu Jap Chae dibuat tanpa mie.

Artis Korea yang sangat suka Jap Chae ini salah satunya adalah anggota Super Junior Eun Hyuk.

2. Yang Nyeom Galbi


Galbi adalah masakan Korea yang terbuat daging iga sapi yang dipotong kecil-kecil. Galbi sendiri dalam bahasa Korea artinya iga pendek (short ribs). Galbi biasanya ada yang diberi bumbu ada yang tidak. Jika diberi bumbu, sebelum dipanggang, galbi direndam terlebih dahulu dalam bumbu.
kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran

Yang Nyeom artinya seasoned (dibumbui) jadi Yang Nyeom Galbi adalah daging iga panggang yang diberi bumbu. Nah, bagaimana cara makan Yang Nyeom Galbi ini? Saya tahu cara makan ini saat ditraktir sama bos berhubung beliau pernah pergi ke Korea dan kita diajarin cara makannya. Hihi, jadi saat makan di Amirang saya malah jadi ngetawain si bebeb yang kebingungan dikasih potongan daging sapi panggang, daun selada, cabe hijau, bawang putih dan sambal. Iih, jahat ya saya. "Ini bagaimana makannya?" Tanya si bebeb.

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran
Saya ambil daun selada, kemudian potongan galbi ditaruh ditengah selada, bisa dikasih sambal kalau suka, biasanya juga ada daun mintnya, tambah bawang putih kalau suka (tergantung selera), kemudian saya lipat daun seladanya sehingga galbi tertutup daun. Dan Yang Nyeom Galbi siap mendarat di mulut deh. Oya, bikin isinya jangan terlalu penuh yak, ntar kalau kebesaran susah masuk di mulut. Biasanya, galbi yang telah dibungkus daun selada dan mint itu sekaligus masuk mulut, tidak dalam berapa kali gigitan.

Sebetulnya kita bisa minta memanggang sendiri galbinya di meja, biar serasa di Korea. Tapi kalau ngga suka repot memanggang, bisa minta tolong mbaknya untuk memanggangkannya.

3. Kimchi


Di restoran Korea, Kimchi biasanya dihidangkan sebagai side dishes yang gratis dan akan dihidangkan lagi jika sudah habis di meja. Berikut adalah side dishes gratisan:
kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran

Kimchi ini adalah masakan tradisional Korea yang berupa asinan sayuran hasil fermentasi dan diberi bumbu pedas. Sepertinya Kimchi ini adalah makanan wajib tiap keluarga di Korea. Di drama-drama Korea kita sering melihat adegan pembuatan Kimchi. Mereka bahkan sampai menyediakan frezzer khusus untuk Kimchi. Contohnya keluarga Go Eun Nim di drama Korea Loving You a Thousand Times.

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran
Pada umumnya yang dijadikan Kimchi adalah sawi putih dan lobak. Sayuran ini digarami kemudian diolesi campuran bumbu (udang, kecap ikan, bawang putih, jahe, cabe merah), kemudian disusun dalam wadah dan disimpan sampai terjadi fermentasi. Foto di atas adalah kimchi di Amirang Resto.

Zaman dahulu Kimchi disimpan dalam tempayan tanah liat dan dipendam, untuk persediaan sayuran pada saat musim dingin, saat sayuran tidak tersedia. Selain dari sawi putih dan lobak, rupanya cumi juga bisa dijadikan Kimchi. Salah seorang teman yang pergi ke Korea bercerita bahwa salah satu tujuan wisata di Korea memperkenalkan cara pembuatan Kimchi. Jadi ada kelas membuat Kimchi untuk turis. Di tempat itu juga terdapat aneka macam Kimchi, salah satunya adalah Kimchi dari cumi. Awalnya saya ragu mencicipi Kimchi cumi ini, karena katanya dari cumi mentah. Tapi rasa penasaran mengalahkan akal sehat, dan saya coba, ternyata enak juga rasanya. Nah, foto berikut adalah contoh kimchi cumi yang dibawa teman dari Korea.


Oya, Kimchi juga dinobatkan sebagai makanan tersehat di dunia versi Health Magazine lho. Katanya Kimchi bermanfaat untuk pencernaan dan kaya vitamin.

4. Tteokbokki


Makanan yang satu ini sering banget tampil di layar-layar drama Korea. Pasti deh selalu ada adegan OTP yang makan Tteokbokki. Contohnya di drama Korea Twenty Again, nenek Ha No Ra berjualan Tteokbokki untuk menyekolahkan No Ra ke sekolah seni. di Loving You a Thousand Times, nenek Eun Nim berjualan Tteokbokki. Pokoknya banyak deh Tteokbokki ini dipakai sebagai scene drama.

Tteokbokki adalah makanan jalanan yang populer di korea, berupa kue beras pedas berbentuk panjang silinder. Kayaknya sih enak kalau lihat di drama Korea, makan Tteokbokki dipinggir jalan.

Tadinya di Amirang, maksud hati ingin membeli Tteokbokki, tapi lupa namanya. Ingetnya cuma kue beras pedas. Dan nyari menunya disekian banyak nama menu yang aneh-aneh sudah bikin pusing. Padahal ternyata ada di menu. Duuuh, jadi pengen balik lagi makan di Amirang.

5. Bulgogi


Bulgogi secara harfiah berarti fire meat. Yaitu olahan daging sirloin atau daging pilihan yang dipotong tipis dan diberi bumbu. Biasanya bumbu terdiri dari kecap asin, gula, sesame oil, bawang putih, lada dan lainnya.

Bulgogi biasanya dipanggang, tetapi sekarang dimasak di wajan pun sudah popular. Bulgogi ini mirip-mirip yakiniku, hanya saja rasanya lebih manis. Cara makannya bisa sama dengan gabli yaitu dibungkus daun selada, mint dan ditambahkan menu sampingan lainnya.

Itu dia 5 menu yang biasanya muncul di drama-drama Korea yang ingin saya cicipi. 4 dari 5 menu di atas saya sudah coba, dan saya pikir cocok untuk lidah orang Indonesia. Yang saya masih penasaran adalah Tteokbokki. Semoga bisa kesampaian nanti.

Secara keseluruhan makanan di Amirang cukup enak. Jap Chae-nya enak, walaupun sukses bikin saya cenat cenut lihat harga yang tertera di daftar menu. Saya suka mienya yang agak kenyal dan rasanya yang agak manis. Kemudian side dishes nya juga banyak dan enak. Kita juga dapat bonus tambahan olahan telur kocok yang dimasak dalam mangkuk. Entah namanya apa. Kata Azka sih enak. Minuman jus agak mahal untuk ukuran 1 gelasnya. Sebetulnya saat memesan menu, sudah termasuk minuman teh hijaunya yang bisa di refil. Berikut menu bonus selain makanan samping gratisan:
kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran

kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran

Ada yang lucu saat makan di Amirang. Anak-anak terheran-heran melihat side dishes datang lagi. "Kok ada lagi Bu? Ibu pesen lagi?" Tanya Aisya. "Ngga. Kalau yang ini memang gratis, selama kuat masih diisi terus." Jawabku. "Oh, gratis?" Sahutnya sambil kening agak mengkerut. Terus dia ngelanjutin omongannya, "kalau gratis, berarti kita ngga usah pesen banyak-banyak Bu. 1 aja mesennya, kan gratisannya banyak."

Gubraak! Kok kepikiran yak? Dan sumpah, saya ngga ngajarin... #meringismodeon. 
 
kuliner cilegon makanan korea enak amirang restoran


18 comments:

  1. Wkwkwkw, anaknya pinter. Pesen satu aja, lainnya gratisan. :D

    Gak kebayang makan seperti ini, takut gak cocok dengan lidah 'ndeso' saya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku yang meringis Mbak. Sambil tengok kanan kiri ada yang denger ga...hahaha.

      Delete
  2. Aku pernah makan kimchi dan rasanya kunyit banget, atau malah seperti abis direndam air kapur, apa itu kimchi palsu kah? Yea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm...rasanya kayak apa yak. Mirip asinan sawi sih...cuma ini pakai bumbu merah agak sedikit pedes. Kalau yang kimchi cumi kayak apa ya? enak sih...rasanya kayak bumbu kering kentang..manis2 gurih.

      Delete
  3. makanan korea memang lagi booming ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya begitu Mak..seiring dengan banyaknya orang Korea yg kerja di Indonesia juga. Di Cilegon skrg byk juga perusahaan Korea jadi rumah makan korea juga udah mulai agak bertambah. Ada beberapa. Bahkan kayak Hotel Horizon Forbis aja mereka punya resto Korea juga selain resto makanan domestik dan internasional

      Delete
  4. jadi ceritanya Korea rasa Cilegon atau Cilegon rasa Korea nih mak hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Iya yak. bisa jadi rasanya dah dimodif biar cocok lidah orang Cilegon.

      Delete
  5. gak usah jauh-jauh ke Korea ya di Cilegon juga ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mak. Tapi teeteeep...pengen ke Korea Mak. pengen ketemu Lee Sang YoonYoon ah.

      Delete
  6. Jap Chae secara penampakan mirip oseng soon ya mbak. Kalau kimci saya pernah dengar sebelumnya yaitu sawi :)

    Saya belum pernah makan masakan Korea mbak, berat diongkos hehe
    * Salam kenal juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mah nunggu traktiran aja Mak. Hihi ngarep dot com. Tapi kalo yang ini mah berhubung ga liburan kemana mana Mak.

      Delete
  7. mahal ga mba di sana harga makanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat saya sih lumayan harganya bikin perut sedikit mules. Haha. Tapi klo gratisan sih seneng banget ga pake perut melilit. Tapi kalau yg paket personal yg kecil2 gitu, kayak y 1 porsi buat sendiri sekitar kayak sup buat sendiri sekitar 90rb, gim bap (nasi roll) sekitar 45rb, noodle sekitar 70rb an, beef porridge antara 60-65rb kalau ngga salah inget.

      Delete
  8. mahal ga mba harga makanan di sana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat saya sih lumayan. tapi ada porsi paket kecil yang buat porsi 1 orang sih.

      Delete
  9. Mau nanya, yang nyeom galbi berapaan yaa?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan