5 Pempek Yummy You Must Eat at Cilegon

pempek enak kuliner cilegon
Tahu kan pempek? Kebangetan deh yang ngga tahu makanan ini. Eh, tapi dulu juga sampai usia sekolah menengah, tidak kenal sama makanan yang satu ini. Jangankan makan, tahu namanya pun tidak. Iih, kuper banget ya saya.

Saya kenalan dengan olahan ikan yang satu ini, saat saya berada di Bandung. Kalau ngga salah namanya empek-empek Pak Raden. Adanya di Jalan Dipati Ukur. Dari kampus Unpad, jalan juga bisa sih. Disinilah awal mula kenal makanan khas Palembang ini. Tapi waktu itu sih, saya belum jadi penggemar beratnya.

Kapan saya beralih menjadi fans-nya pempek? Hmmm, tepatnya sejak saya jadi penghuni Provinsi Banten. Mungkin karena letaknya di ujung barat Pulau Jawa dan dekat dengan Pulau Sumatera, negeri makanan gurih asem pedas ini, maka Pempek banyak ditemui sepanjang Serang dan Cilegon.

pempek enak kuliner cilegon


Pempek terbuat dari daging ikan yang dilumat halus, tepung kanji, garam, dan dimakan dengan cairan hitam bernama cuko yang rasanya asam pedas. Dalam proses pembuatannya, ada dua jenis metode yang dikenal yaitu metode panas dan dingin. Jiaah, kayak jurus silat Yin and Yang aja!

1] Metode Dingin


Pada metode dingin, ikan diuleni dengan menggunakan air es atau batu es, kemudian ditambahkan tepung kanji perlahan-lahan.

2] Metode Panas


Pada metode panas, sejumlah kecil tepung terigu dijerang dalam air panas dan diaduk sampai tekturnya seperti bubur. Setelah bubur terigu agak dingin, daging ikan yang telah dihaluskan dicampurkan ke dalam bubur, kemudian ditambahkan tepung kanji perlahan, diaduk sampai adonan bisa dipungut.

Cara mana yang kamu suka? Panas atau dingin? Itu tergantung selera masing-masing sih.

pempek enak kuliner cilegon


pempek enak kuliner cilegon
Pempek lenjer, adaan, kapal selam mini, kulit
Pempek ini ternyata banyak jenisnya. Kalau di sini kebanyakan yang dijual adalah pempek adaan, lenjer dan kapal selam. Selain itu banyak jenis pempek lain yang dikenal. Yuk, kita lihat jenis pempek yang ada.

1] Pempek Kapal Selam


Kalau kata teman saya, satu-satunya tempat secara jadi orang kaya adalah warung pempek. Kalau datang ke tempat ini, kemudian pesan, bilangnya, “kapal selam, satu.” Whuiih, beli kapal selam bo!

Pempek kapal selam ini adalah jenis pempek yang didalamnya diisi dengan telur. Cara membuatnya, adonan dibuat lubang ditengahnya yang kemudian dimasukan telur ayam. Adonan ditutup dengan cara dicubit-cubit, kemudian direbus. Pempek kapal selam ini ada dua macam, yaitu kapal selam mini dan kapal selam besar.

pempek enak kuliner cilegon
Pempek lenjer besar

2] Pempek Adaan


Adaan berbentuk bulat. Biasanya adaan ini lebih banyak mengandung ikan jika dibanding pempek jenis lain. Adaan biasanya dicampur telur, juga bawang goreng. Sehingga teksturnya lebih empuk juga wangi bawang goreng. Adaan digoreng dulu setengah matang, sehingga warnanya agak kecoklatan.

3] Pempek Lenjer


Pempek lenjer bentuknya memanjang mirip batang. Adonan pempek dicetak memanjang, kemudian dipotong-potong sesuai keinginan dan direbus.

4] Lenggang


Lenggang ini sebetulnya penyajian lain dari pempek lenjer, jika lenjer hanya digoreng dengan minyak goreng kemudian disajikan dengan cuko, maka lenggang terlebih dahulu lenjer dipotong kecil-kecil kemudian dicampur kocokan telur. Cara memasaknya bisa di goreng mirip telor dadar atau dimasukan dalam pincukan daun pisang untuk kemudian dipanggang.

5] Pempek Pistel


pempek enak kuliner cilegon
Pempek lenggang
Bentuknya sepintas mirip dengan kapal kelam mini. Awas jangan salah memilih. Soalnya, berbeda dengan kapal selam yang berisi telur, pistel berisi tumisan pepaya muda. Jarang orang yang suka pepaya muda, tapi tak sedikit juga yang suka. Tidak setiap warung pempek menyediakan pistel, dan kalaupun ada mereka tidak menyediakan stok banyak, karena biasanya cepat basi.

6] Tekwan

Tekwan ini kalau kata saya mirip bakso ikan. Adonan dibuat kecil-kecil mirip bakso hanya saja tidak dibuat bulat seperti bakso. Penyajiannya berbeda dengan bakso, karena kuah tekwan dilengkapi dengan jamur kuping, dan bunga sedap malam. Cara makannya, bisa ditambahkan kecap, serbuk ebi dan sambal.

7] Pempek Tunu


Tunu dalam bahasa Palembang berarti panggang. Adonan pempek dibentuk bundar dan dipipihkan kemudian dipanggang. Setelah matang, pempek tunu dibelah dan ditengahnya dikasih isi yang terdiri dari campuran ebi, kecap manis dan cabe.

8] Celimpungan


Celimpungan ini terbuat dari adonan ikan yang dibentuk pipih. Disajikan dengan kuah santan kuning dan ketupat.

9] Pempek Belah


pempek enak kuliner cilegon
Pempek kulit & adaan
Pempek belah ini bentuknya model lenjer mini, hanya saja setelah digoreng, pempek dibelah kemudian ditengahnya dikasih campuran ebi, kecap dan cabe. Kalau orang di Pulau Jawa lebih nyaman menyebutnya Bleweh. Entahlah mungkin setelah dibelah jadi mirip bibir dower.

10] Pempek Kulit


Seperti namanya, pempek jenis ini dibuat dari campuran kulit ikan, daging ikan (biasanya perbandingannya 4:1) dan tepung kanji. Warnanya agak gelap dibanding pempek jenis lain.

11] Pempek Model


pempek enak kuliner cilegon
Pempek Keriting & lenjer
Pempek model ini sebetulnya adalah pempek tahu, hanya saja penyajiannya diberi kuah juga campuran pempek lain, tauge dan irisan timun.

12] Pempek Keriting


Saya sih menyebutnya keriting. Ada juga yang menyebutnya pempek kerupuk, karena bentuknya mirip dengan kerupuk. Orang Palembang sendiri, lebih senang makan pempek keriting tanpa di goreng. Kalau saya lebih suka digoreng, hehe, lebih gurih soalnya dan sedikit kriuk kalau digorengnya garing.

pempek enak kuliner cilegon
Pempek Tahu

13] Pempek Tahu


Nah, kalau pempek tahu adalah adonan pempek yang dalamnya diberi tahu goreng. Penyajiannya sama dengan pempek pada umumnya, yaitu dengan cuko.

14] Otak – Otak


Pempek yang satu ini dibuat dengan campuran santan, kemudian dibungkus dengan daun pisang, dan dibakar/dipanggang. Otak – otak enak dimakan dengan saus kacang. Di daerah Anyer, jika kamu mengunjungi pantainnya, pasti banyak yang berjualan otak-otak.

pempek enak kuliner cilegon


Ada kalanya saya membuat sendiri pempek, secara kakak ipar berasal dari Palembang, jd pernah mencicipi diajarin membuatnya. Bahkan menurut kakak ipar, ikan apapun sebetulnya bisa digunakan, bahkan kakak ipar berkreasi membuat pempek ikan Lele lho! Ternyata enak juga.

Awalnya saya mengira hanya ikan Tenggiri yang digunakan untuk membuat pempek. Ternyata banyak juga jenis ikan yang bisa dipakai untuk membuat pempek. Nah, ini daftar beberapa ikan yang enak dibuat pempek:

1] Ikan Belida


Menurut kakak ipar, sebetulnya ikan yang paling enak dibikin pempek adalah Ikan Belida. Di Palembang seringnya menggunakan ikan ini. Hanya saja Ikan Belida semakin sulit didapatkan sehingga, para penjual pempek mencari alternatif lain untuk membuat pempek.

2] Ikan Gabus


Ikan Gabus ini katanya banyak mengandung albumin, salah satu jenis protein yang penting untuk tubuh. Banyak hidup di sungai, danau dan rawa. Bentuknya mirip ikan lele. Ikan Gabus juga enak dijadikan bahan baku untuk membuat pempek.

3] Ikan Tenggiri


Di Jawa, untuk membuat pempek, orang lebih familiar dengan ikan tenggiri. Ikan ini juga enak untuk dijadikan pempek. Teksturnya lumayan empuk. Pempek tenggiri juga enak. Ikan tenggiri ini ada yang besar ada juga yang kecil-kecil. Yang lebih enak sih ikan yang besar, maksudnya lebih enak ngambilin daging ikannya.

4] Ikan Kacang Kacangan


Saya sih menyebutnya ikan kacang-kacangan, bentuknya kecil-kecil, entah ditempat lain namanya apa. Ikan kacang-kacangan juga biasa digunakan untuk pempek. Harganya relatif lebih murah dibanding ikan tenggiri.

5] Ikan Kakap Merah


Ikan kakap merah, ternyata bisa juga dijadikan bahan membuat pempek. Walaupun tidak segurih ikan belida, gabus dan tenggiri, pempek ikan kakap merah rasanya cukup enak.

6] Ikan Lele


Nah, kalau ikan lele, saya pernah membuatnya. Lumayan enak sih menurut saya. Hanya saja susah memisahkan dagingnya, tidak seperti tenggiri yang gampang diambil dagingnya. Jadi jika menggunakan ikan lele, saya biasanya merebus dulu ikannya dicampur garam, nanti airnya digunakan untuk membuat bubur terigu. Untuk cukonya, biasanya saya beli cuko kering, titip saya yang pulang kampung ke Palembang. Lebih mudah bikin cukonya, ngga pakai ribet, tinggal dididihkan setelah ditambahkan air sesuai takaran.

Bagaimana kalau malas bikin pempek sendiri?

pempek enak kuliner cilegon

Kalau saya bikin pempek, kadang memerluakan waktu lama, maklumlah koki amatiran. Bisa sampai setengah harian, tergantung banyaknya adonan yang dibuat. Biasanya saya bikin agak banyak dan disimpan di freezer, cukup untuk seminggu.

Nah, kalau lagi mualas membuat pempek, ini tempat favorit saya menikmati makanan khas Palembang di Cilegon:

1] Pempek Vicky


pempek enak kuliner cilegon
Pempek batagor Vicky
Pempek Vicky ini lumayan terkenal di Cilegon. Ini pempek yang saya kenal pertama kali saat merantau ke sini. Rasanya menurut saya sih enak. Kemudian, variannya pun lumayan banyak, ada kapal selam, lenjer, adaan, pempek tahu, kulit dan tekwan.
Selain itu juga, di Vicky ada batagor dan siomay. Sebetulnya sih pempek adaan dan tahu, hanya saja dikasih bumbu kacang. Bumbu kacangnya enak. Biasanya kalau ke sini saya bingung, mau pilih mana, akhirnya beli dua-duanya batagor dan pempek.

Pempek Vicky bisa diperoleh di Cilegon Supermall, Pondok Cilegon Indah, juga dekat Simpang Tiga Cilegon. Harga pempek atau batagornya sekitar Rp 18.000/porsi.

pempek enak kuliner cilegon
Tekwan pempek Bang Amad

2] Pempek Bang Amad


Nah, kalau pempek Bang Amat ini kesukaannya Uni, soalnya ikannya katanya sih pakai ikan belida. Khusus ikannya didatangkan dari Palembang. Memang enak sih, saya kalau makan pempek di sini ngga pernah 1 porsi, biasanya nambah, plus tekwan. Rewog kalau kata orang Sunda.

Pempek Bang Amad ini ada 2 tempat, yaitu di BRI cabang Cilegon dan di Ruko PCI Blok A. Yang di ruko PCI ini ada juga macam-macam kerupuk Palembang. Jadi bisa sekalian beli oleh-oleh kalau ke sini.

3. Pempek Sean


Pempek Sean juga salah satu favorit saya. Selain karena dekat dengan rumah, pempeknya juga enak dan relatif lebih murah. Pempek yang ditawarkan lumayan bervariasi. Bahkan kadang-kadang mereka menyediakan pempek pistel.

pempek enak kuliner cilegon
Es kacang merah pempek Sean
Kemarin saya mencoba pempek lenggangnya. Rasanya enak, sampai rebutan dengan Aisya. Oya, di sini juga ada es kacang merah khas Palembang. Esnya juga enak, kacang merahnya bulat-bulat dan empuk.

Pempek Sean ini letaknya di dalam perumahan Taman Krakatau, masuk ke dalam perumahan. Harga es kacang merahnya Rp 10,000/porsi, sedangkan pempeknya tergantung dari jenisnya, untuk yang kecil berkisar antara Rp 2,500 – 3,000/biji. Pempek Sean juga menerima pesanan untuk acara-acara, misal arisan. Jika berminat bisa telpon ke 0878-8860-8193.

4. Pempek Tama


pempek enak kuliner cilegon
Pempek model, pempek Tama PCI
Pempek Tama ini terletak di Pondok Cilegon Indah, masuk ke dalam perumahan PCI, tepatnya di blok D6 – 17. Di sini juga segala jenis pempek ada. Saya baru mencoba sekali makan pempek Tama. Rasanya sih lumayan, walaupun menurut saya masih enak ketiga pempek di atas. Tapi, di sini harganya memang sedikit lebih murah. Buat penggemar pempek, layaklah di coba.

5. Pempek Lilis


Kalau yang ini, kegemaran anak-anak. Katanya sih teksturnya empuk. Letaknya percis di depan Bebek Samudra Serdang yang terkenal itu, di samping Warung Ayam Bakar Bumbu Rujak. Harganya Rp 10.000/porsi kapal selam besar, sedangkan yang kecil-kecil Rp 2.500/buah. Pempek Lilis juga menyediakan es kuwut Bali. Hmmm, siang-siang makan pempek ditemani es kuwut, mantaap deh!

Nah itu pempek favoritku di Cilegon. Mungkin sebetulnya masih ada lagi tempat pempek yang lain di Cilegon. Coba yang orang Cilegon, ada yang tahu tempat pempek enak selain 5 yang disebut di atas?

14 comments:

  1. Replies
    1. Pempek selalu bikin saya ngiler memang..hehe.

      Delete
  2. Kalau aku dan keluarga sukanya makan mpek2 kapal selam, mba. Asyik pas ada telornya pula. Anakku penggemar berat mpek mpek. Cuma aku bisanya buat yang mpek mpek dos :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sukanya apa yaa....semuanya. xixi. maruk yak. Dulu sih pas kakak ipar masih ada, sering bikin pempek. Setahun lalu meninggal, jd sdkt jarang membuatnya. Pempek DOS itu tetap pakai ikan kah?

      Delete
  3. Aku suka pempek mbaak, tapi mau coba bikin belum kesampeann hehee..Adaan paling paporit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...adaan banyak ikannya. Saya juga suka banget Mbak.

      Delete
  4. Seperinya cuma aku yang gak suka makanan ini. Rasanya aneh gimana gitu. :( #lidahjawa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, kok ndak suka Mbaaak. Kalo yang Pempek Cilegon siapa tahu cocok. Saya juga dulu pas di Bandung mah biasa saja, ngga doyan-doyan amat. Eh, pas disini jadi keranjingan Mbak.

      Delete
  5. Waaah, jadi ngiler juga baca tulisan ini. :"D

    Kalau saya doyannya di sekitar Depok ada warung jual pempek tapi yah 'pempek' boong-boongan istilahnya. Soalnya cukonya gak terlalu pedes dan warnanya gak hitam tapi coklat muda hehe. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo disini namanya pempek dos mbak...
      Tapi lumayan enak juga sih. Murah meriah pula harganya...

      Delete
  6. wuaaahhhh masakan fav ku bangetttt ini ^o^... walo bukan org palembang, tp dulu pas msh di aceh, tetangga bnyk yg org palembang. dari situ deh mulai kenal empek2, model, tekwan dkk nya itu.. yg paling aku suka pempek pastel ikan belida , trs baru adaan ;)... tpi iya sih mbak, ikan belida udh langka dan kalopun ada biasanya mahal hrg empk2nya.. trpaksa deh beralih ke tenggiri ;p..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya eung...pempek daerah sumatra mahal...hiks. mungkin ikannya banyak kali yak makanya mahal...

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan