6 Alasan Mengapa Saya dan Kamu Harus Mengunjungi Bumi Sriwijaya

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan
Sudah lama saya berangan-angan mengunjungi suatu tempat yang bernama Bumi Sriwijaya. Dahulu kala, negeri ini terkenal ke pelosok Nusantara dan pengaruhnya menyamai Majapahit. Jika Jawa ada Majapahit, maka Sumatera ada Sriwijaya. Sumatera Selatan identik dengan pusat Kerajaan Sriwijaya, sehingga sebutan Bumi Sriwijaya bukanlah hal yang mengada-ada.

Berbatasan dengan Lampung di Selatan, Bengkulu di bagian Barat, Bangka Belitung di arah Timur dan Jambi di sebelah Utara, Sumatera Selatan menyimpan banyak cerita tentang negeri kuliner bahari yang terkenal wisata alam dan wisata sejarahnya. Sudah banyak cerita mengenai pesona Bumi Sriwijaya, yang membuat saya ingin menjejakkan di tanah yang sama yang diinjak Balaputra Dewa, Raja Sriwijaya yang kekuasaannya juga meliputi Semenanjung Melayu, Kamboja dan sebagian Thailand.

Sebelum kamu memutuskan hendak kemana liburan selanjutnya, yuk simak alasan mengapa saya dan juga kamu harus mengunjungi Sumatera Selatan. 

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanSungai Musi merupakan sungai di Sumatera Selatan yang membelah Kota Palembang menjadi dua bagian. Dengan panjang 750 km, Sungai Musi dinyatakan sebagai sungai terpanjang di Pulau Sumatera. Tidaklah heran jika dahulu Balaputra Dewa menjadikan tempat ini sebagai pusat pemerintahan kerajaan, karena dengan adanya sungai ini, membuka akses jalur perdagangan internasional.

“Pergilah ke Jembatan Ampera Sungai Musi,” saran salah satu teman kerja yang berasal dari Palembang, “sepanjang sungai banyak tempat kuliner enak. Bermacam mpek-mpek tersedia.” Sungai Musi membelah Kota Palembang dan dihubungkan oleh Jembatan Ampera yang terkenal sebagai ikon Kota Palembang

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanMendengar kata mpek-mpek saja, langsung indera perasa saya bekerja. Saya memang penggemar makanan khas Palembang yang satu ini. Saya sering mendengar bahwa Palembang adalah surga kuliner. Es kacang merah yang makjleb, berbagai macam mpek-mpek seperti: lenjer, celimpungan, lenggang, model, tekwan yang sudah tidak diragukan keenakannya, pindang ikan Patin, tempoyak, dan kuliner Sumatera Selatan lainnya membuat saya tidak sabar untuk datang ke negeri leluhur mpek-mpek ini. Apalagi menikmatinya di sore hari menjelang malam sambil mengamati denyut kehidupan Sungai Musi yang terkenal dengan keindahan Jembatan Amperanya. Hello Palembang! We’ll come!

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan


Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanDi Sumatera Selatan terdapat berbagai macam etnis, seperti: Melayu, Jawa, Sunda, Tionghoa, Minangkabau, Komering (Lampung), Arab, India, dan lainnya. Ini tidaklah mengherankan, karena Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan maritim bahari yang menjadi lalu lintas perdagangan internasional. Banyak kaum dari belahan dunia menjelajahi negeri ini. Keberadaan etnis ini memperkaya khasanah budaya Sumatera Selatan.

Bukti kekayaan budaya ini dapat kita saksikan di beberapa tempat di Palembang. Diantaranya:

KAMPUNG ARABPerkampungan ini sering disebut sebagai Kampung Assegaf. Sebagian besar masyarakatnya adalah etnis Arab yang berasal dari Hadramaut (Yaman). Diperkirakan beberapa ratus tahun lampau, orang Arab datang ke Palembang untuk berdagang dan menyebarkan Agama Islam. Banyak diantara kaum pendatang Arab ini menikan dengan orang asli Palembang dan tinggal bersama kelompok etnisnya.

Kampung Arab terletak di sepanjang Sungai Musi, di bagian Ilir maupun Ulu. Salah satunya adalah Lorong Al-Munawar, Kelurahan 13 Ulu.

KAMPUNG KAPITAN - Kampung Kapitan ini merupakan salah satu jejak peradaban Tionghoa di Sumatera Selatan. Kampung ini terletak di tepi ulu Sungai Musi, Kelurahan 7 Ulu, Palembang. Warga etnis Tionghoa dari sejak 400 tahun lalu telah mendiami kawasan ini. Dinamakan Kampung Kapitan, karena pada masa kolonial Belanda ditunjuk seorang Kapitan  yang bertugas untuk membantu urusan administrasi pemerintahan.

Di Kampung Kapitan, kita bisa mendatangi objek wisata rumah sang kapitan. Sekarang rumah tersebut dihuni oleh keturunan kapitan bermarga Tjoa. Komplek rumahnya terdiri dari 2 bangunan utama, yaitu rumah hunian dan gedung tempat sang kapitan berkantor. 

PUSAT KERAJINAN SONGKET TANGGO BUTUNG – Sumatera Selatan terkenal dengan kecantikan kain songket, kain mewah yang biasa dipakai para bangsawan Palembang zaman dahulu. Sejak abad ke-18, pusat kerajinan Tanggo Butung telah ada dan menghasilkan kain songket khas Palembang yang berkualitas tinggi. 

Keahlian menenun songket ini diwariskan turun temurun dalam keluarga. Nah, kalau ke Palembang, saya ingin ke Sentra Kerajian Songket. Siapa tahu saya beruntung diizinkan melihat langsung proses pembuatan kain songket. Duh, Indonesia memang kaya akan khasanah budaya. 

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan


Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanPalembang terkenal juga akan wisata religinya. Banyaknya etnis penduduk, otomatis dalam segi keagamaan, Sumatera Selatan menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh umat beragama. Pulau Kemaro, Masjid Cheng Ho, & Masjid Agung Palembang, ketiga tempat ini, adalah tempat yang ingin saya kunjungi juga.

PULAU KEMARO - Pulau ini terletak 6 km dari Jembatan Ampera, merupakan delta kecil di Sungai Musi. Di sini terdapat sebuah wihara Cina yang bernama Klenteng Hok Tjing Rio. Selain kelenteng, di Pulau Kemaro juga terdapat kuil Buddha. Setiap Tahun Baru Imlek, tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung. Di pulau ini pula terdapat makam seorang putri raja dari Kerajaan Palembang yang bernama Siti Fatimah. Konon kabarnya menurut legenda masyarakat setempat, sang putri menerjunkan dirinya ke Sungai Musi menyusul suaminya Tan Bun An seorang pangeran dari Kerajaan Cina yang tenggelam bersama pelayannya di sungai ini, dan terbentuklah delta kecil di tengah Sungai Musi ini sebagai wujud cinta kasih mereka.

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanMASJID CHENG HO - Bangunan masjid ini terletak di perumahan Amin Mulia, Jakabaring. Mendengar namanya saja, pasti orang langsung teringat dengan Cheng Ho. Siapa yang tidak mengenal Laksamana Cheng Ho, kasim muslim kepercayaan Kaisar Yongle dari Cina, yang melakukan pelayaran mengelilingi dunia. Laksamana Cheng Ho tidak dapat dipisahkan dari sejarah Palembang. Sedikitnya 3 kali Cheng Ho mendarat di Pelabuhan Palembang. Kedatangan Cheng Ho mempunyai peranan dalam penyebaran Islam di Sumatera Selatan dan Nusantara, sehingga namanya diabadikan sebagai nama salah satu masjid di Palembang. Arsitektur masjid ini merupakan perpaduan arsitektur lokal (Palembang), arsitektur Cina dan arsitektur Arab, yang pastinya perpaduan ketiga khasanah budaya ini akan menciptakan perpaduan yang unik. Masjid Cheng Ho dibangun tahun 2003, dan mulai dapat digunakan pada tahun 2008. Nah, saat mengunjungi Palembang, yuk sholat di Masjid Cheng Ho!

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanMasjid lain yang ingin saya kunjungi adalah MASJID AGUNG SULTAN MAHMUD BADARUDDIN I, masjid terbesar yang ada di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Arsitektur masjid yang pernah menjadi masjid terbesar di Indonesia ini merupakan perpaduan arsitektur Indonesia, Cina dan Eropa. Masjid ini pada awalnya didirikan oleh Sultan Mahmud Badaruddin I, sehingga nama masjid ini pun mengikuti namanya, dan orang sering juga menyebutnya sebagai Masjid Sultan. Dibangun pada tahun 1738, Masjid Sultan ini terletak di bagian Utara Istana Kesultanan Palembang, di belakang Benteng Kuto Besak yang berdekatan dengan aliran Sungai Musi. Masjid ini mengalami beberapa kali renovasi, terakhir dilakukan pada tahun 2000 – 2003. Mssjid ini telah menjadi saksi perjuangan rakyat Palembang dalam pertempuran 5 hari melawan Belanda di pusat kota. Yuk, kita mendatangi masjid kebanggaan orang Palembang ini!

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan


Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanSaat mengunjungi Malaka tahun lalu, saya diceritakan mengenai Raja Parameswara yang membangun Malaka, negeri makmur yang pada masanya menguasai jalur perdagangan internasional. Tidak saya sangka, ternyata Parameswara ini adalah pangeran kerajaan Sriwijaya yang melarikan diri ke Singapura, setelah membangung kerajaan di sana, Parameswara mendirikan kerajaan besar di Malaka. Begitupula dengan salah satu keajaiban dunia Indonesia, Candi Borobudur, merupakan karya dinasti Syailendra yang berasal dari Palembang.

Para pencinta sejarah masa lampau seperti saya, Sumatera Selatan, pasti masuk dalam daftar wajib tujuan wisata yang harus disinggahi. Saya sudah mencatat tempat-tempat yang ingin saya kunjungi, sebagai berikut:

BUKIT SIGUNTANG - Bukit kecil ini terletak sekitar 3 km dari tepi Utara Sungai Musi, masih berada dalam wilayah Palembang, sekitar 4 km dari pusat kota. Di bukit ini banyak penemuan purbakala kerajaan Sriwijaya dari abad ke-6 sampai ke-13 masehi. Pada puncak bukit terdapat beberapa makam yang dipercaya sebagai tokoh raja, bangsawan dan pahlawan Sriwijaya.

Dibukit Siguntang ini diduga adalah tempat pemujaan dan keagamaan kerajaan Sriwijaya, dengan ditemukannya artefak yang bersifat buddhisme seperti arca buddha setinggi lebih dari 200 m dalam posisi Amarawati, arca buddha bodhisattwa dan arca budda wairocana. Terdapat pula prasasti batu dan reruntuhan stupa.
  
CANDI BUMI AYU - Tempat ini merupakan komplek candi yang terletak di kawasan Muara Enim, Sumatera Selatan, sekitar 300 km dari Kota Palembang. Bangunan candi ini merupakan peninggalan agama Hindu, yang terdapat dekat tepi Sungai Lematang. Diperkirakan komplek candi ini merupakan bekas istana sebuah kerajaan yang bernama Gedebong Undang.

Candi Bumi Ayu ini adalah satu-satunya komplek percandian di Sumatera Selatan. Saat ini telah ditemukan sedikitnya 9 bangunan candi dengan luas lahan keseluruhan sekitar 75 hektar.

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanMUSEUM BALAPUTRA DEWA - Museum ini adalah salah satu tempat yang penasaran ingin saya kunjungi. Di salah satu area museum ini katanya ada Rumah Limas, bangunan tradisional Sumatera Selatan, yang gambarnya dipajang di uang Rp 10.000 itu lho. Penasaran ingin melihat secara langsung dan mengetahui apa yang ada didalamnya.

Selain Rumah Limas, tentunya keinginan saya mengunjungi museum ini adalah ingin mengetahui sejarah panjang keberadaan Sumatera Selatan. Dari mulai zaman prasejarah, zaman Kerajaan Sriwijaya, zaman Kesultanan Palembang, hingga zaman kolonialisme Belanda. Tentunya lebih asyik mempelajari sejarah dengan berkunjung dan melihat langsung benda-benda peninggalannya. Tak sabar rasanya menikmati kekayaan sejarah bangsa yang tersembunyi dalam museum ini.  

MUSEUM TAMAN PURBAKALA KERAJAAN SRIWIJAYA - Museum ini tidak lain tidak bukan adalah Situs Karanganyar yang merupakan bukti keberadaan Kerajaan Sriwijaya. Diduga dulu di situs ini pernah terdapat kolam-kolam besar, pulau-pulau buatan dan kanal-kanal buatan yang digunakan sebagai jalur transportasi, pengaturan banjir atau benteng. Whuih keren ya ternyata zaman dahulu pun leluhur bangsa ini sudah sedemikian canggih pemikirannya.

Taman Purbakala ini terletak di tepian Sungai Musi, Karanganyar Kecamatan Ilir Barat. Pastinya tempat ini memiliki panorama alam hijau dan asri. Di sini ada replika prasasti Kedukan Bukit yang menjadi pertanda awal keberadaan Kerajaan Sriwijaya. Hmmm, belajar sejarah tidak lagi membosankan dengan mendatangi Museum Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanMUSEUM SULTAN MAHMUD BADARUDDIN II - Menyusuri jejak sejarah Sumatera Selatan, tidak lengkap sebelum mengunjungi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, yang menyimpan hampir 600 koleksi dari Kerajaan Sriwijaya sampai masa Kesultanan Palembang. Museum ini tidak jauh letaknya dari Benteng Kuto Besak dan Jembatan Ampera. Wah, tempat ini juga wajib didatangi saat berkunjung ke Palembang.

BENTENG KUTO BESAK - Mendengar yang namanya benteng, ingatan saya langsung beranjak pada benteng-benteng tua peninggalan Belanda, seperti benteng Speelwijk di Banten Lama. Ternyata imajinasi saya meleset. Benteng Kuto Besak ini ternyata adalah bangunan keraton yang pada abad ke-18 pernah menjadi pusat Kesultanan Palembang. Didirikan atas prakarsa Sultan Mahmud Badaruddin I dan diteruskan pembangunannya oleh penerusnya. Seperti hanya fungsi benteng, tujuan utamannya adalah sebagai pertahanan dari serangan penjajah. Benteng Kuto Besak yang merupakan benteng  terbesar yang menjadi kebanggaan masyarakat Palembang ini terletak tidak jauh dari tepian Sungai Musi dan Masjid Sultan. Menikmati matahari terbenam dari Benteng Kuto Besak dengan latar belakang Sungai Musi pasti sangat indah. Yuk berkunjung ke Palembang!

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan


Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan“Kalau mau wisata kuliner, Palembang tempatnya,” papar teman dengan logat Palembang yang khas, “kalau mau wisata alam, Pagar Alam, kampung halaman saya adalah tempatnya. Pokoknya indah sangat,” jelasnya lagi dengan bersemangat.

Ya, selain wisata kuliner, budaya, religi, dan sejarah, Sumatera Selatang juga mempunyai bentang alam yang menakjubkan. Daerah bagian Barat Sumatera Selatan terkenal dengan dataran pegunungan. Tidak mengherankan, karena terletak dalam jajaran Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatera.  Perkebunan teh di Lereng Gunung Dempo di kota Pagar Alam, 318 km dari Kota Palembang, merupakan tempat dengan pemandangan segar dan udaranya sejuk. Kamu pasti takjub melihat hamparan hijau daun teh yang seolah terhampar bak permadani di lereng gunung. 

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera SelatanSelain wisata perkebunan teh, di daerah Pagar Alam dan Lahat, Sumatera Selatan, banyak terdapat air terjun yang spektakuler. Sebut saja Curug Tenang, Curug Mangkok, Air Terjun Karang Dalam, Air Terjun Pandak, Air Terjun Sumbing, Air Terjun Bidadari. Jika kamu hanya punya waktu terbatas, tidak sempat ke Pagar Alam atau Lahat, Kota Palembang pun mempunyai wisata alam yang menarik seperti Hutan Wisata Punti Kayu dan Taman Kambang Iwak. Wisata alam Sumatera Selatan bisa jadi the escape gateway dari segala rutinitas harian yang padat. 

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan


Look! Wisata Sumatera Selatan lengkap kan? Segala wisata ada, jadi tidak ada alasan buat kamu, termasuk saya untuk menunda pergi ke Sumatera Selatan. Apalagi sebentar lagi ada fenomena alam yang hanya bisa disaksikan secara spektakuler di beberapa tempat saja. Apa itu? Gerhana Matahari Total! Palembang adalah 1 dari 11 tempat yang dilalui lintasan Gerhana Matahari Total pada tanggal 9 Maret 2016 nanti, selain Bangka, Belitung, Sampit, Palangka Raya, Balikpapan, Palu, Poso, Luwuk, Ternate, Maba, Mentawai,  Halmahera.

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) ini terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari. Matahari akan terlihat gelap total karena cahaya ke bumi terhalang oleh bulan. Mahkota matahari atau korona yang biasanya tidak terlihat sehari-hari karena kalah dengan cahaya matahari yang terang, pada saat GMT akan terlihat bersinar indah. Nah, fenomena langka ini hanya bisa dilihat setelah puluhan tahun di suatu daerah yang sama, dan tahun 2016 ini GMT akan melintasi Indonesia. GMT terakhir di Indonesia terjadi pada tahun 1983. Kurang lebih 33 tahun kemudian GMT baru terlihat lagi, tepatnya pada tanggal 9 Maret 2016 nanti. 

Jadi karena Palembang adalah yang paling dekat dari kota tempat tinggal saya, otomatis Palembang masuk dalam daftar emergency tujuan wisata berikutnya. Duh, kebayang ramainya suasana di Palembang nanti. Banyak wisatawan mancanegara dan domestik yang akan tumpah ruah di sini. Ayo teman-teman yang masih punya cuti banyak, sayang jika fenomena alam seperti ini dilewatkan. Turis Jepang saja sudah jauh-jauh hari booking tempat untuk mengamati GMT, masa kita ketinggalan. Penasaran melihat fenomena langka GMT? Yuk ah, meluncur ke Sumatera Selatan!


Referensi Artikel:
1. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan - Palembang Tourism, www.palembangtourism.com
2. Dinas Pariwisata Kota Palembang, www.dispariwisataplg.blogspot.co.id
3. Portal Resmi Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, www.sumselprov.go.id
4. Portal Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan, www.sumsel.kemenag.go.id

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan

Tempat yang wajib dikunjungi di Palembang Sumatera Selatan


12 comments:

  1. wow, bnyak bgd ya mbak tmpat wisata di palembang, duuhhh jd pgn kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata banyak juga tempat wisata di Palembang. Jadi bingung ini pengen itu pengen.

      Delete
  2. Paling keren itu loh, pagar alam, pasti sejjuk banget udaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata temen sih Pagar Alam bagus banget. Cuma jangan pas musim hujan. kt y sih klo musim hujan kadang kabut menghalangi masuk lebih ke atas lagi. Saya juga jd pgn ke Pagar Alam...hehe.

      Delete
  3. Duhhh tempat pertama yang jadi pingin saya kunjungi kalo ada duit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Anisa...saya mupeng banget. Lagi rayu si abang nih supaya mau ke Palembang.

      Delete
  4. Sebagai pecinta sejarah dan alam, aku merasa malu karena belum pernah menjelajahi bumi Sriwijaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya Mas..., paling suka kalau traveling sambil menggali-gali sejarah suata tempat. Terkadang banyak pelajaran yang dapat kita ambil. Saya belum kesampaian ke Bumi Sriwijaya, pengen banget, secara sejarah panjangnya sebagai negara bahari dan kesultanan islam yang besar di nusantara.

      Delete
  5. aaahhh jadi pengen pulang kampung, inget dulu waktu gerhana matahari aku lagi di TK :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga pengen Mbak ke Sumatera Selatan. Palembang dan Pagar Alam. Temen kantor promosinya meyakinkan banget. Pagar Alam indah nian katanya. Mupeng berat jadinya....Mudah-mudahan bisa kesampaian menginjak bumi Sriwijaya.

      Delete
  6. jadi pengen balik lagi ke palembang iniii..
    yuk ke sana!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak...hayuuuk! Nekat ke Palembang walau ga kesusahan dapet hotel, xixixi.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan