7 Tempat Wisata Pantai yang Favorit di Sekitar Anyer

Beberapa hari lalu ada message yang masuk menanyakan tempat wisata menarik seputar Serang, Cilegon dan Anyer yang bisa saya rekomendasikan.

 

"Vin, urang keur di toll yeuh! Urang rek ka Cilegon, heh. Wisata naon anu alus?"

Yang kira-kira artinya adalah, "Vin, saya lagi di toll nih! Saya mau ke Cilegon. Wisata apa yang menarik di sana?"

 

Hmmm, selaku yang tinggal di Cilegon, terus terang tidak banyak daerah wisata yang aku ketahui. Sehari-hari pulang pergi pabrik dan jarang juga sengaja pergi wisata. 

 

Wisata yang sering menjadi tujuan para wisatawan ke area seputar Cilegon Serang lebih banyaknya wisata pantai. Siapa yang tidak kenal Anyer. Saking ciamiknya atau mungkin membuat hati tertawan, Sheila Majid pernah melantunkan lagu "Antara Anyer dan Jakarta". By the way, tahu Sheila Majid? Mungkin hanya generasi Baby Bloomer dan Gen X yang tahu penyanyi berdarah Malaysia ini.

 

Okay, jadi kalau ke Cilegon atau Serang kemana nih kira-kira tujuan wisata yang mengasyikan?

 

NO. 1 tentunya Pantai Anyer yak. Akan tetapi, di Anyer itu banyak sekali pantai. Nih, berikut pantai rekomendasi aku:

 

1.         Pantai Tanjung Lesung

Pada umumnya, pantai-pantai di sekitar Anyer itu bukan merupakan pantai pasir putih. Kebanyakan pasir pantai Anyer berwarna kecoklatan. Tapi, bukan berarti kita tidak bisa menemukan pantai putih di sini. Jika kita menyusuri lebih jauh lagi, ke area Pandeglang, kemunian menuju daerah Tanjung Lesung, kita akan banyak menemukan pantai-pantai berpasir putih.

 

Selain berpasir putih, warna air lautnya pun masih bergradasi antara biru dan hijau. Pantai Tanjung Lesung ini adalah salah satu favorit aku sebenarnya, hanya saja sejak peristiwa Tsunami kemarin memang masing memerlukan perbaikan sana-sini. 

 

Terakhir lewat daerah ini, sudah banyak tanggul-tanggul pinggir pantai untuk meminimalkan kerugian akibat Tsunami. Infrastruktur jalan pun lumayan bagus. 

 

2.         Pantai Pulau Badul

Beranjak lebih jauh lagi ke arah Barat dari Tanjung Lesung, yaitu ke arah Taman Nasional Ujung Kulon, tidak jauh dari Sumur, terdapat pantai Nelayan yang cukup bagus. Suasananya masih sepi, tidak seramai pantai di Anyer lainnya. Ketika berada di sini, berasa mempunyai private pantai. 

Di pagi hari, menyelusuri bibir pantai sambil menanti kedatangan perahu-perahu nelayan yang kembali dari aktivitas melaut. Berkomunikasi dengan nelayan lokal merupakan keasyikan tersendiri. Selain itu juga kita bisa melihat macam-macam ikan hasil tangkapan nelayan dan kita bisa membelinya langsung. Para nelayan ini menjual dalam bentuk satu renteng ikan yang istilahnya disebut "genceng".


Ketika matahari belum terlalu terik ataupun bisa pilih di sore hari, barulah kita bisa menuju Pulau Badul dari pantai nelayan ini. Sebelum peristiwa Tsunami, Pulau Badul ini menjadi daerah incaran wisatawan untuk ber-snorkling. Terumbu karang di sini konon kabarnya sangat bagus. Hanya sayangnya setelah peristiwa Tsunami, Pulau Badul ini menjadi hampir tinggal separuhnya. Selain itu, pantainya pun sekarang dipenuhi karang-karang. Kemungkinan akibat Tsunami yang menggulung terumbu karang dan mengangkatnya ke pantai. 

 

Walaupun tinggal separuhnya dan pantainya penuh karang, bukan berarti pantai ini tidak cantik lagi. Dia tetap cantik!

 

Warna gradasi air lautnya sangat terlihat jelas, dari biru muda, biru tua, hingga kehijauan. Aku pikir laut yang seperti ini hanya bisa dilihat di Papua, tapi ternyata di Anyer pun ada. Belum lagi landscape nya yang dikelilingi pegunungan. Lengkap sudah, gunung dan laut yang menyatu dalam satu pemandangan.

 

3.         Pantai Pulau Peucang

Pantai berikutnya yang aku rekomendasikan adalah pantainya Pulau Peucang. 

Pulau ini, bersama Pulau Panaitan, Pulau Handeulem, merupakan bagian dari kawasan wisata Taman Nasional Ujung Kulon. Pantai Pulau Peucang ini merupakan pantai pasir putih. 

 

Untuk mencapai Pulau Peucang, kita bisa menyewa perahu nelayan atau kapal nelayan dari area Sumur. Pantai ini merupakan salah satu favorit aku karena pantainya yang berpasir putih, sunyi, dan ketika berada di sini kita merasa disconnected dengan kesibukan yang menyita waktu kita sehari-hari. Di sini tempat untuk me-recharge jiwa.

 

4.         Pantai Pondok Layung

Rekomendasi berikutnya adalah pantai yang terletak di area Pondok Layung Resort Anyer.

 

Aku jatuh cinta dengan pemandangan senja di pantai ini. Bagaimana tidak, di sini kalian bisa melihat Anak Gunung Krakatau dari kejauhan. Walaupun bentuknya terlihat kecil, tapi kita dapat menyaksikannya dan merasakan aktivitasnya di kejauhan sana. Ngeri-ngeri sedap sih. Tapi, keindahannya ngga bisa dilawan. I cannot resist its beauty!

 

Oya, makan malam di pinggir pantainya romantis loh suasananya, ala-ala Jimbaran Bali gitu. Makanannya pun lumayan enak. Cumi goreng tepung dan udang saus manisnya membuat lidah berdecap.

 

5.         Pantai Sanghyang Resort


Pantai Sanghyang Resort Anyer juga merupakan salah satu yang aku rekomndasi yang dapat dikunjungi saat kalian di Anyer. Salah satu yang aku suka dari pantainya Sanghyang Resort ini adalah mini Lagoon-nya yang terletak tak jauh dari bibir pantai. Terlihat seolah infinite tanpa batas dengan laut. Selain itu masih banyak ruang hijau terbuka di sini. Kita bisa berlarian ataupun bersantai membaca buku dan minum kopi.

 

Setiap malam ada live music di cafe-nya. Ketika menjelang magrib live music-nya berhenti dan dilanjutkan setelah waktu Isya. Di Sanghyang Resort ini ada dua cafe yang bisa kita kunjungi, yaitu Banyu Biru Cafe dan Sanghyang Resort Cafe. Makanan yang ditawarkan di kedua cafe ini beragam. Di Banyu Biru cafe menunya lebih ke coffee dan western food, sedangkan untuk cafe yang di dekat pantai, selain kopi juga ada seafood. Menurut aku, ini adalah salah satu tempat yang vibe-nya live banget.

 

6.         Pantai Aston Anyer

Pantai yang terletak di area Hotel Aston ini, merupakan pantai landai. Konturnya yang landai ini membuat pantai ini menarik, terutama saat senja tiba. Selain itu juga, ada jembatan-jembatan yang menghubungkan ke area gathering di atas air laut. Cakep deh.

 

Selain pantai, yang ditawarkan di sini adalah kolam renang yang terletak di pinggir pantai, juga café resto yang vibe-nya asyik banget. Minum kopi sambil merasakan udara pantai. Hmmm

 

7.         Pantai Novus Jiva

Yang terakhir adalah pantainya Novus Jiva. Pantai ini tidak bisa sembarangan dimasuki. Yang bisa ke sini hanyalah para tamunya Novus Jiva. Untuk memasuki area pantainya, kita mesti punya passkey-nya yang berupa gelang di tangan.

 

Kelihatannya pantainya sih bagus, berasa private pantai gitu. Di dalamnya ada semacam menara pandang yang bisa dipakai untuk menikmati senja. Juga terlihat ada spot mirip Garden by the Bay-nya Singapura. Maaf, tidak bisa bantu informasi lebih banyak. Kemarin hanya sempat melihat sebentar, karena keburu di-"usir". Pengunjung gelap, tanpa punya gelang.


1 komentar:

  1. Pantai Anyer memang keindahannya tidak bisa dipungkiri memang, saat seperti ini memang butuh refreshing ke pantai. Banyak juga yang belakangan ini berlibur ke pantai. Pantai Anyer termasuk ke pantai favorit apalagi kalau di sekitarnya ada tempat bagus jadi makin pengin ke sana. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

Ads

Followers

Ads

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

Ads

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan