7 Cara Asyik Belajar Bahasa Jepang

Cara Asyik Belajar Bahasa Jepang
Lagi bersih-bersih file di komputer, nemu file dari sekitar 4 tahun lalu, saat disuruh membuat naskah pidato dan presentasi dalam bahasa Jepang. Tepatnya tugas akhir sebagai bukti kelulusan telah menuntaskan belajar bahasa Jepang. Tidak tanggung-tanggung, sebagai tugas akhir, kita diharuskan presentasi dalam bahasa Jepang di depan para penggede pabrik yang notabene orang Jepang asli.
Membaca kembali isi materi speech yang saya buat waktu itu, membawa kembali kenangan 4 tahun lalu. Serasa baru kemarin saya berdiri, melsayakan presentasi dalam bahasa Jepang, gemetar dan takut ditanya macam-macam tidak bisa jawab. Duh, kalau ingat stressnya waktu itu, jadi pengen ketawa sendiri. Ada yang duduk dipojokan sambil komat kamit menghafal. Ada yang tidak selera makan. Ada yang bolak-balik kamar mandi. Semua menunggu para bos selesai meeting sore itu, dengan hati berdebar-debar. Waktu serasa berjalan lambat. Detik jarum jam terdengar begitu nyaring di telinga, menambah keresahan.
Speech saya berisi tentang keinginan saya untuk belajar Bahasa Jepang, kenapa saya suka Bahasa Jepang, bagaimana saya belajar Bahasa Jepang dan rasa terima kasih saya karena telah mendapatkan kesempatan mengikuti kelas Bahasa Jepang selama kurang lebih 3 bulan. Walaupun 3 bulan adalah waktu yang singkat, dan hanya mempelajari dasar-dasar Bahasa Jepang, tetapi saya sudah sangat bersyukur bisa ikut merasakan diajari oleh sensei yang cantik di dalam kelas.

Belajar Bahasa Jepang Itu Asyik

Belajar Bahasa Jepang, menurut saya sangat mengasyikan dan menantang. Kenapa menantang? Karena tidak seperti halnya bahasa Inggris atau Indonesia, struktur kalimat dalam Bahasa Jepang kebolak-balik.
Contoh kalimat : saya makan sushi, maka dalam Bahasa Jepang menjadi : saya sushi makan.
私はごはんを食べます
Watashi (saya) wa sushi o tabemasu (makan)


Cara Asyik Belajar Bahasa Jepang
Belum lagi tantangan menulis huruf hiragana, katakana dan kanji. Menulis kanji memang susah, tetapi mempelajari kanji juga mengasyikan, karena kanji seperti simbol. Misalkan ketika kita ingin menuliskan kanji untuk gunung berapi, maka kita tinggal menuliskan kanji untuk api dan kanji untuk gunung.
火 ð kanji untuk api (ka, hi)    山 ð kanji untuk gunung (yama, san, zan)
Kalau kedua huruf kanji ini digabung    +   ð   (dibaca kazan, artinya gunung berapi)
Menarik kan belajar kanji? Menarik sih, tapi jumlahnya banyak banget..., mabok ngapalinnya. Tapi kalau ditekunin, lama-lama juga bisa. Alah bisa karena biasa, kalau kata pepatah. 

Bagaimana kiat-kiat mempelajari Bahasa Jepang dengan asyik?

Nah, poin-poin ini yang saya tuliskan pada happyou 4 tahun yang lalu:
1. Belajar Bahasa Jepang di Kelas  (きょうしつで日本語をならいます)
Belajar bersama teman-teman di dalam kelas akan dapat menambah semangat dalam belajar. Ditambah sensei yang cantik, pintar, baik hati dan tidak pelit ilmu, betul-betul menambah semangat belajar. Lho kok tertarik sama cewek? Ngga salah? Ngga lah, karena kelas kebanyakan siswanya pria, jadi dengan adanya sensei wanita malah seru, kelas penuh canda ria. Walaupun PR kanji menumpuk, tidak membuat stress.
2. Banyak Menulis Huruf Jepang, Membaca Banyak Kalimat Dalam Huruf Jepang (よく日本のもじを書いて、日本のもじでかかれているぶんしょをたくさん読みます)
Pertamanya memang sulit. Agar kita dapat mengingat huruf Jepang, kata Mbahku, kita harus latihan menuliskan 100x untuk setia karakter huruf Jepang. Melelahkan? Yup! Tapi namanya sudah suka, hal tersebut tidak jadi masalah. Apapun akan dilakukan demi mengetahuinya. Sensei saya juga bilang, untuk belajar kanji, harus sering latihan menulis, kalau tidak malah akan lupa.
3. Mendengarkan Lagu Jepang & Menonton Drama Jepang (日本の歌を聞いたり、日本のドラマを見たりします)
Nah, ini juga termasuk cara asyik belajar bahasa. Awalnya saya tertarik belajar Bahasa Jepang juga karena ngga sengaja mendengar lagunya Bump of Chicken yang judulnya Hana No Na. Lagunya keren banget. Ada juga lagu lainnya yang saya suka, yaitu soundtracknya One Liter of Tear, drama Jepang yang telah diadaptasi ke berbagai drama di negara-negara Asia, termasuk Indonesia. Selain Bump of Chicken masih banyak penyanyi Jepang lainnya yang mempunyai suara khas, seperti Hitomi Shimatani, Kiroro, dan Chitose Hajime. Semuanya penyanyi Jepang favorit saya.


Cara Asyik Belajar Bahasa Jepang

Drama Jepang juga tidak kalah menarik dari Korea. Hanya saja J-Dorama ini, kebanyakan sad ending. Bikin hati hancur lebur. Eh, tapi ada juga J-Dorama yang kocak habis yang pernah saya tonton, diantaranya Jodan Jyanai dan Yamato Nadeshiko. Joudan Jyanai bercerita tentang seorang gadis yang menikah dengan seorang pria. Pada saat dikenalkan pada keluarga si gadis, ternyata si pria baru tahu bahwa ibu calon istrinya adalah mantannya yang dulu meninggalkannya. Yamato Nadeshiko juga lucu, mengisahkan tentang seorang gadis miskin yang mencari pemuda kaya raya untuk dinikahinya, malah jadi suka dengan penjual ikan yang disangkanya sebagai pria konglomerat.
4. Banyak Ngobrol Dengan Orang Jepang (よく日本人とはなしてれんしゅうしたら、日本語になれると思います)
Tentu ngobrolnya dalam Bahasa Jepang ya. Kalau ngobrolnya Bahasa Inggris atau Indonesia sih, sama saja bohong. Apalagi kalau pakai Bahasa Sunda atau Jawa. Eh, emang orang Jepang bisa Bahasa Sunda atau Jawa? Ada sih, malah banyak diantara mereka yang ingin mempelajari bahasa-bahasa ini.
Sebetulnya, orang Jepang juga senang membantu jika kita ingin belajar Bahasa Jepang, hanya saja terkadang kalau di tempat kerja, mereka selalu kelihatan serius dengan pekerjaannya, jadi kadang takut mulai berbicara duluan. Haha..ngeles dot com dech.
5. Punya Pacar Orang Jepang  (もう一つのほうほうは日本人のこいびとがいてもいいかな?)
Nah, kalau cara yang ini khusus untuk single only, alias dokushin dake. Yang sudah mempunyai pasangan, sangat dilarang menerapkan jurus belajar yang satu ini. Namanya orang lagi kasmaran, biasanya apapun ditempuh, termasuk untuk memahami bahasa sang kekasih. Masa iya mau pakai bahasa kalbu seterusnya.
Cara Asyik Belajar Bahasa Jepang

6. Tinggal Ke Jepang (日本にすんでいます)
Bisa karena terbiasa. Atau bisa karena terpaksa? Hehe. Biasanya sih karena terpaksa oleh keadaan, kadang-kadang energi kita jadi berlipat ganda. Coba saja, yang biasanya jalan pelan, ngga bisa lari, giliran dikejar anjing pasti bisa lari terbirit-birit. Begitu pula belajar bahasa. Kalau kita tinggal di negara asal bahasanya, saya yakin bisa lancar ngomong bahasa Jepang. Dijamin ngomongnya kayak lagi kumur-kumur, susah bedain dengan yang Jepang asli kalau ngga lihat warna kulit.  
Cara Asyik Belajar Bahasa Jepang

7. Makan Masakan Jepang (日本りょうりを食べたら、日本語がなれると言いました)
Biar lancar ngomong Bahasa Jepang, ngga ada salahnya nyobain makan sushi, ramen dan masakan khas Jepang lainnya. Pokoknya di jamin deh...., di jamin kenyang maksudnya. Eh, siapa yang tahu kan, kalau lidahnya pernah merasakan sushi salmon dan wasabi, mungkin lidah lebih gampang menyebutkan kata-kata dalam Bahasa Jepang.
Cara Asyik Belajar Bahasa Jepang
Itu kiat-kiat belajar bahasa Jepang dari saya, ada yang bener ada yang ngaco. Maklumlah yang belajar lagi agak ngaco. Hihi. Beberapa tips belum bisa saya buktikan kebenarannya, seperti tips tinggal di Jepang, karena sampai saat ini, Alhamdulillah, saya belum menginjakan kaki di negeri matahari terbit ini. Mudah-mudahan setelah menulis ini, tiba-tiba, entah dari mana, saya bisa memperoleh kesempatan mengunjunginya. Duuuh, pengen banget, sayang kippu ga takai desu, mahal bo! Eh, giliran ada tiket promo, ngga bisa cuti. Kalau ngga, duitnya yang cekak. Hiks.
Oya, belajar Bahasa Jepang bukan berarti sok cihuy atau tidak cinta tanah air dan bangsa, atau lebih menyukai budaya luar dibanding budaya sendiri. Buat saya, belajar bahasa, apapun itu bahasanya, akan bermanfaat. Setidaknya kita bisa lebih memahami perbedaan antar suku atau bangsa.

6 comments:

  1. Xixixi, bingung deh kalo ada orang ngomong Jepang. Padahal tuh kaaaaan saya sering denger orang pake bahasa Jepang (film Doraemon :D)

    Oh iya, ini mah 7 cara asyik, bukan cuma 5.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi bener mak Anisa...aduuh...7 ama 5 kurannya 2 yak? lumayan juga...
      Ntar dibenerin. thanx ya mbak...

      Delete
  2. Hihihi berarti aku belajarnya karena terpaksa, emang iya sih :D
    Tapi tetep aja gak pinter-pinter, soalnya gaulnya juga sama orang Indonesia juga >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak..aku juga ngga pinter2 bahasa jepangnya...
      dikasih tau lupa melulu. padahal ada yg mau jelasin beda pemakaian kalimat y. kalo di kamus kan general yak. misal saya bilang musim hujan, istilah yg saya pake yg saya dpt di buku. eh, ternyata ada byk sinonim buat musim hujan, dan istilah yg saya gunakan kt y kurang tepat. hihi.

      Delete
  3. haha... aku masi boleh ngga ya punya pacar org jepang :v

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan