Tas Kamera, Aksesoris Kamera Yang Sering Terlupakan

"Mbak, itu mending pake tas khusus untuk kamera deh, daripada pakai tas kosmetik begitu," saran seorang teman dengan tampang penuh keheranan bagaimana saya menyimpan kamera mirrorless.
"Oiya, ini juga cukup lah, lebih ringkas, daripada tas kamera yang besar dan gendut," elak saya sambil tertawa.
Saya sadar sebetulnya memang resiko sekali membawa kamera mirrorless tanpa busa pelindung yang bisa menahan terhadap guncangan atau benturan. Tapi saya pikir, rasanya ngga mungkin kalau sampai terbentur. Akhirnya, saya abaikan peringatan teman saya tersebut yang berujung penyesalan.
Kenapa menyesal? Suatu hari saya menemukan sedikit goresan pada kaca bidik yang terdapat pada kamera. Awalnya saya pikir goresan debu, tapi ternyata buka. Itu adalah stretch yang disebabkan beda tajam.
Lah, dari mana asalnya stretch itu? Padahal sangat ngga mungkin terjadi, karena pinggirannya terlindung oleh karet yang posisinya agak tinggi. Nah, setelah saya amati, stretch itu kemungkinan datangnya dari ujung resleting tas yang mengenai kaca bidik saat menutup atau membuka.
Ya, seperti kata pepatah penyesalan selalu datang belakangan. Seandainya saya waktu itu memutuskan membeli tas kamera, mungkin Fuji saya masih mulus semulus kulit Song Hye Kyo. Dan sebetulnya banyak juga tas kamera murah yang kualitasnya lumayan baik. Ah, adaikan saja ....
Tas kamera memang merupakan asesoris kamera yang sering dilupakan, padahal kegunaannya tidak kalah penting. Coba simak fungsi dari tas kamera ini:

1. Pelindung benturan

Tas khusus untuk kamera standarnya dilengkapi lapisan pelindung, yang dapat berfungsi untuk melindungi kamera dari benturan.
Jangan dikira, walaupun sudah hati-hati bawa, terkadang tanpa tas khusus tersebut, kamera yang kita tenteng suka membentur sesuatu. Entah itu saat kita duduk tiba-tiba, atau ditengah kepadatan, atau melewati pinggiran sempit, dan lain-lain.
tas kamera murah

2. Melindungi dari cuaca

Tas kamera berfungsi juga untuk melindungi kamera kita dari cuaca dan debu. Sayang kan, kamera yang kita beli mahal-mahal tapi tidak terlindungi?
Saya sadar mengenai fungsi satu ini saat melihat seseorang membawa tas kamera yang ukuran besar dan muat beberapa buah kamera. Ketika turun hujan lebat, dia terlihat cuek saja membiarkan tasnya kehujanan. Saya perhatikan, air hujan yang mengenai tasnya tidak tembus ke dalam. Hmmm, rupanya tas kameranya anti air.
Tapi tentunya tas kamera seperti ini lumayan juga ya harganya. Tetapi tenang, kita masih bisa mengakali kok dengan tas kamera murah, tetap bisa anti air. Caranya dengan melapisinya dengan rain cover. Biasanya suka satu paket dengan tas kamera yang dijual.

3. Melindungi dari debu dan kotoran

Terlalu lama dibiarkan tanpa pelindung, kamera kita rentan kotor, terutama bagian lensa, jendela bidik dan lcd display.
Nah, tas kamera berfungsi untuk melindungi dari terpaan debu ataupun kotoran yang bertebaran diudara. 

4. Melindungi saat jatuh ke air

Saat ini sudah ada juga tas kamera yang kedap air, sehingga jika jatuh ke dalam air, kamera akan tetap aman.
Tas kamera yang satu ini cocok buat yang suka traveling mengarungi lautan, atau menyusuri sungai, yak.
Beneran loh, terkadang saat kapal tidak bisa merapat ke tepi pantai, kita harus turun di kedalaman air yang terkadang masih sepinggang kita. Pusing ngga sih kalau bawa kamera saat kondisi begini?
Itulah beberapa fungsi dari tas kamera yang sering terlupakan, padahal ternyata sangat berguna sekali yak untuk melindungi properti yang kita punya. Jadi, apakah kamu melengkapi kamera dengan tasnya?

9 comments:

  1. Sama melindungi anomali fungsi kerja lensa, huhuhu pengalaman banget bawa kamera cuma berbekal disimpen di tas kain, alhasil lensa tele rungsek dan bikin sakit hati. Emang ya, rada ribet kalau pergi bawa-bawa tas kamera, tapi hasilnya lebih bikin aman kamera.

    ReplyDelete
  2. Saya sekarang juga pakai tas kamera, mengingat kamera saya DSLR. Cuma kelemahannya ada di ukuran yang besar, Mbak. Kalau mau masuk ransel, agak menyusahkan sebab kameranya harus masuk bersama tasnya. Ransel belum ada yang ukurannya besar banget, hehe. Jadinya kalau jalan saya masih bawa dua tas, ransel dan tas kamera. Haha, tak apalah, memang mesti rela.

    ReplyDelete
  3. kendala tas yang gendut ini bikin malas bawa2 kamera, akhirnya jadi malas belajar...
    aku takut lupa naruh, apalgi emak2 ini kan pasti bawa satu tas lagi yg muat dompet, hape, lipen dll he.. he..

    ReplyDelete
  4. Wah harus bawa tasna Mbak, sayang kalo sampai rusak, tergores aja sayang bingit

    ReplyDelete
  5. Memang penyesalan selalu dibelakang mbak, Kalo di depan namanya antisisapi mbak.hehehe..

    ReplyDelete
  6. Aku juga pakai tas kamera, mba :)
    Melindungi kamera, jaid berasa lebih aman :)

    ReplyDelete
  7. Memang ribet ya mba bawa tas kamera. Tapi demi keamanan si kamera dan printilannya.

    ReplyDelete
  8. Waktu beli dslr ku yg skr, aku lgs beli ama tas kamera mba. Dipikir utk melindungi kamera yg udh mahal2 dibelikan yaa.. Tp aku nyeselnya krn beli tas yg sbnrnya terlalu gede dan ga waterproof pula. Tas yg skr lbh cocok utk kamera dgn lensa lbh dari 2 sebenernya.. :D. Makanya aku msh ada niat utk beli tas kamera yg lbh kecil dan tahan air pastinya.. Mahal sih, tp ya sudhlah.. Drpd kamera rusak..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan