Tips Bepergian Dengan Balita

"Sebenarnya aku inginnya sih tidak ikut pulang ke rumah mertua. Bagaimana yak, soalnya anakku masih bayi, takutnya kalau dibawa perjalanan jauh belum kuat," curhat seorang teman yang diajak mudik ke kampung halaman suaminya. 
"Ya udah, kalau memang khawatir kenapa tidak bilang saja?" 
"Tapi kan tidak enak sama mertua dan suami. Kesannya aku ngga mau diajak ke rumah orang tuanya," jawabnya lagi galau. 
Hmmm, membawa bayi atau balita bepergian memang menjadi problema tersendiri bagi ibu muda, karena harus ekstra persiapan melebihi jika bepergian dengan anak remaja. Saya pun dulu pernah mengalami masa-masa kesusahan saat harus membawa anak-anak mudik ketika masih krucil-krucil. Selain perlengkapan bayi, kita pun harus siap mental menghadapi hal-hal yang mungkin membuat si kecil rewel saat perjalanan. Kalau kurang siap malah kita sendiri yang bakal emosi jiwa. 
Tapi, apakah sesulit itu membawa si kecil bepergian?  

Well, saya sendiri lebih memilih menikmati masa-masa seperti itu, karena akan menjadi kenangan tersendiri. Walaupun memang banyak suka dan dukanya. Seperti misalkan si kecil mabuk kendaraan, si kecil menangis terus, susah makan, dan lainnya. Tapi lama kelamaan mereka menjadi kuat dengan berjalannya waktu.  
Nah, biasanya yang saya lakukan supaya perjalanan dengan si kecil nyaman dan kita pun merasa tidak terbebani adalah sebagai berikut: 
1.      Pakaian Bayi
Ini merupakan bawaan wajib tentunya. Bawa pakaian bayi seperlunya, tidak terlalu banyak, apalagi jika kita bepergian menggunakan kendaraan umum. Biasanya saya cukup membawa pakaian bayi yang bisa digunakan selama 2 hari. Jika kurang, bisa beli ataupun mencuci pakaian yang digunakan di hari pertama.
Oya, untuk pakaian bayi, pastikan kualitasnya bagus, misalnya dapat menyerap keringat dengan baik.  
2.      Perlengkapan Anak dan Bayi
Biasanya, kita ingin membawa perlengkapan anak dan bayi banyak. Padahal belum tentu kita gunakan pada akhirnya. Yang ada malah memperberat bawaan kita. Pilih yang prioritas saja. 
Saya memilih tidak membawa dorongan bayi ataupun stroller. Saya lebih memilih membawa gendongan bayi yang ergonomis. Dengan demikian, bonding dengan si kecil pun akan lebih terbangun. 
Susu dan makanan si kecil juga menjadi prioritas. Saya menempatkan susu dan makanan si kecil dalam wadah kecil-kecil. Lebih enak lagi jika si kecil masih ASI, karena kita tidak perlu repot dengan segala perlengkapan susunya, plus rempong mencari air hangat kuku.  
Saya juga membawa popok sekali pakai. Saya sebetulnya lebih suka menggunakan popok kain, karena dengan menggunakan popok kain si kecil akan terbiasa merasa risih jika basah. Jadi kedepannya lebih mudah untuk toilet training. Tapi saat bepergian, saya memilih menggunakan popok sekali pakai. 
Tisu basah, adalah perlengkapan lainnya yang menjadi andalan saya. Selain bisa digunakan untuk lap bayi jika kegerahan, bisa juga digunakan untuk membasuh jika bayi buang air kecil maupun besar. 
3.   Buku Cerita dan Mainan si Kecil
Terkadang, jika perjalanan cukup jauh, si kecil suka rewel, apalagi jika harus duduk lama di dalam mobil atau bus. Mereka pun bisa merasa jenuh. Biasanya membacakan cerita padanya atau membiarkannya bermain dengan mainannya bisa mengalihkan rasa jenuh si kecil. Jika bunda bisa bernyanyi, ngga ada salahnya juga menghibur si kecil yang sedang bosan dengan nyanyian.  
4.   Berbagi dengan Suami
Suami adalah partner, jadi jangan ragu meminta suami untuk bergantian menggendong bayi ataupun mengganti popoknya.

Nah, itu sih yang biasanya saya lakukan saat bepergian dengan anak-anak saat mereka masih bayi. Oya, jangan lupa juga membawa makanan kecil untuk ibunya, yak! Terutama yang masih menyusui. Pasti deh kelaparan sepanjang perjalanan. 

2 comments:

  1. iya klo pergi ma bayi aku selalu siapin 1 tas gede perlengkapan lenong kheseus buat anak kicik itu hehehe jadi pergi juga nyaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Mbak...suka ribet kadang bawaannya jadi bejibun. Tapi lama-lama dapet selahnya juga buat pergi-pergi nyaman ma balita.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan