Liburan Bersama Asus ZenPower 6.000 mAh

"Ternyata sekarang ngga boleh bawa power bank ke pesawat ya, Ku?" Tanya suamiku sore itu.
"Kata siapa?" Aku balik bertanya.
"Ini, di group WA Mas Gong," jawabnya sambil memperlihatkan percakapan group WA yang mana suamiku tergabung karena rencana mengikuti traveling ke tiga negara bersama Gola Gong.
Terbaca obrolan member group yang ramai membicarakan masalah boleh tidaknya membawa powerbank dalam penerbangan. Awalnya seluruh anggota rombongan setuju untuk menyewa sebuah portable wifi untuk keperluan koneksi internet selama dalam perjalanan menempuh tiga negara Asean. Tetapi karena portable wifi ini sekaligus berfungsi sebagai powerbank, ada keraguan untuk melanjutkan rencana penyewaannya.
Wah, terus terang aku juga baru tahu mengenai pelaranganan ini. Beberapa bulan sebelumnya aku bawa powerbank ke Vietnam pun tidak ada masalah. Kenapa yak?
Selidik punya selidik, ternyata di bulan Pebruari 2018 lalu, terjadi sebuah insiden powerbank yang terbakar di dalam kompartemen kabin penumpang. Kejadian ini terjadi di salah satu maskapai penerbangan Chiba. Beruntungnya kebakaran berhasil diatasi walaupun terpaksa harus ganti pesawat dan penerbangan delay selama 3 jam dari jadwal semula.
Akibat inilah Pemerintah RI mengeluarkan kebijakan pelarangan pembawaan powerbank ke dalam pesawat melalui SE Nomor 015 Tahun 2018 yang ditetapkan pada tanggal 09 Maret 2018. Tentunya Pemerintah ingin mencegah kasus dalam kabin maskapai China Southern Airlines tidak terjadi di Indonesia.
Nah, berikut poin-poin penting yang terdapat dalam surat edaran tersebut.
1. Penumpang harus melapor kepada petugas maskapai mengenai powerbank atau baterai lithium cadangan yang dibawa ke dalam kabin pesawat. Powerbank atau baterai lithium cadangan yang dibawa harus ditempatkan di bagasi kabin.
2. Petugas maskapai harus melarang penumpang melakukan pengisian daya ulang dengan menggunakan powerbank selama penerbangan.
3. Peralatan yang boleh dibawa hanya yang mempunyai daya per jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh (watt-hour atau daya per jam). Untuk peralatan yang mempunyai daya 100 - 160 Wh harus mendapat persetujuan pihak maskapai dan maksimal 2 unit/penumpang, sedangkan diatas 160 Wh dilarang dalam penerbangan.
"Waduw, jadi gimana Ku? Mending ga usah bawa Powerbank aja kali yak?"
"Hmmm, yang dilarang kan yang diatas 160 Wh. Coba aja lihat dulu kapasitas daya Powerbank Asus yang kita punya itu. Yang 6.000 mAh, yang warna pink dan slim itu," saranku.

"Coba De, bawain Powerbank Asus Ibu," pintaku pada Aisya.
"Nih, Asus ZenPower Slim 6.000 mAh. Berapa ya keluaran dayanya? 2,4 Ampere. Berarti 6.000 mAh × 2,4 Ampere. Hmmm ... Sekitar 14.400 mWh atau setara dengan 14,4 Wh."
"Masih di bawah 100 Wh dong, ya?" Timbrung suami. "Ngga mesti lapor kan kalau di bawah 100 Wh? Ribet kalau harus lapor segala."
"Iya. Masih jauh di bawah 100 Wh. Berarti bisa dibawa keliling Thailand, Vietnam dan Malaysia besok," jawabku.
"Ukurannya mungil lagi, plus beratnya hanya 170 gram. Muat di kantong kamu tuh."
"Ya udah, bawa Powerbank Asus ZenPower Slim 6.000 mAh aja berarti yak."
"Ngga apa-apa kan warnanya pinkies?" Tanyaku menggoda. Secara kebetulan waktu itu memilih warna pink karena warna kesukaan.
"Ya lah, ga apa-apa, yang penting fungsinya. Daripada low bat di perjalanan kan susah kalau ada apa-apa," jawabnya menyudahi pembicaraan malam itu.

3 comments:

  1. Sampe skr aku nth napa ga prnh punya dan blm tertarik beli powerbank :p. Kalo hp lowbat, ya sudahlah, di charge lg pas nemu colokan listri :D. Makanya slama ini malah ga tau aturan utk membawa powerbank ini. Tp kejadian di maskapai chinasouth itu aku pernah baca sih. Serem amat ya mba.. Untung cepet diatasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ... Awalnya sih iya. Cuma pas skrg baterainya udah mulai ngaco sering drop ya jd y perlu powerbank mbak aku..

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan