Taman Gunung Batu Mayasih, The Stone Garden of Kuningan

wisata taman gunung batu
Berfose di atas tebing batu Taman Gunung Batu Mayasih
Bandung punya Stone Garden di Padalarang dan Kampung Batu Malakasari di Baleendah, dan Kuningan pun punya Taman Mayasih yang mempunyai nuansa serba batu. 

Taman Gunung Batu Mayasih


wisata taman gunung batu

Taman Mayasih terletak di Desa Cigugur, tidak jauh dari kolam pemandian Cigugur. Tidak banyak petunjuk jalan menuju area wisata ini, sehingga jarang orang yang mengetahui letak pasti Taman Gunung Batu ini. Setelah sempat nyasar sampai ke Palutungan dan bertanya-tanya, akhirnya kami sampai di area wisata ini.

Letaknya sedikit naik dari kolam pemandian Cigugur, ke arah Palutungan. Melewati makan Belanda sedikit, sebelah kanan terdapat lapangan dan seberangnya terdapat gapura belokan ke kiri. Masuk melalui gapura tersebut, ikuti terus jalurnya, sampai ketemu komplek sekolah MAN dan MTs. Letak Taman Gunung Batu ini terletak percis berhadapan dengan gerbang MAN Al Ihya.

wisata taman gunung batu
Ceruk batu untuk leyeh-leyeh
Setiap akhir pekan ataupun liburan, tempat ini mulai menjadi favorit warga dan menjadi alternatif wisata tujuan. Selain hutan kota ini, Cigugur terkenal dengan kolam pemandiannya, taman purbakala Cipari, juga budaya lokalnya. Di daerah ini masih dilestarikan budaya lampau, seperti upacara Seren Tahun yang masih dirayakan masyarakat di daerah Mayasih. 

wisata taman gunung batu
Tebing batu
Tiket masuk Taman Mayasih adalah Rp 5.000/orang. Dengan luas area 3 hektar, sebagian besar isi taman berupa batu-batu besar dan tebing batu. Area ini dimiliki oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pemerintah Kabupaten Kuningan. Taman Gunung Mayasih ini merupakan daerah penambangan batu (golongan C) sebelum dialih fungsikan menjadi hutan kota dan menjadi daerah resapan air.

Masuk ke Taman Gunung Batu Mayasih, kita disuguhkan pemandangan tebing dan lembah berbatu-batu. Begini mungkin rasanya hidup di zaman batu. Sekeliling mata memandang, hamparan bebatuan di mana-mana. Melihat besarnya batu-batu ini kemungkinan berasal dari batu muntahan letusan Gunung Ciremai di masa lampau. Nah, yang terakhir ini kesimpulan aku saja.

wisata taman gunung batu
Di sana sini hanya batu
“Wah batunya habis nih dijadiin batu akik,” celetuk Ayah, melihat cekungan-cekungan batu yang menganga lebar. Diy...ngga ada hubungannya keles, batu akik sama batuan kayak gini. Apa ada?

Sudah ada jalan setapak mengelilingi area 3 hektar ini, sehingga bisa dipakai untuk jogging track atau sekedar jalan pagi menikmati udara pagi. Selain itu, buat yang senang selfie dan photography, mungkin taman batu ini bisa dijadikan alternatif sebagai scene. 

Buat saya, saat duduk di cekungan batu, dengan sinar matahari terhalang tingginya bebatuan dan angin sepoi-sepot, membuat saya berpikir alangkah enaknya belajar atau membaca buku di cekungan batu. Sangat cocok, dengan kondisi sekitarnya yang terdapat komplek sekolah MAN, MTs dan pesantren. Sempat jelong-jelong juga di MAN dan MTs nya. Wow, ternyata keren sekolahnya. Sempat terpikir seandainya Naylal meneruskan SMP dan SMA di Kuningan.

Buat yang senang selfie, sepertinya tempat ini merupakan surga. Tak jarang orang naik ke puncak batu dan berfoto-foto. Berfoto di puncak tebing batu tertinggi, kanan kiri tebing dan latar belakang langit luas. Hmmm..., feel free! Taking deep breath beneath the blue sky. 
wisata taman gunung batu
Naik tebing batu

Tips: 
1. Datanglah pagi atau sore hari, saat cuaca tidak terlalu panas. 
2. Bawa minuman dan makanan ringan, jarang yang berjualan di sini.

6 comments:

  1. ijin nyimak artikel nya gan
    terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  2. terimakasih atas informasinya
    ditunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  3. ijin nyimak artikelnya gan
    menambah wawasan banget buat yang baca
    terimakasih atas informasinya

    ReplyDelete
  4. terimakasih atas informasinya
    di tunggu informasi selanjutnya

    ReplyDelete
  5. wah kondisinya masih sip keren dan asri yam jadi pengen kesna

    ReplyDelete
  6. wah ini tamannya kayaknya kok mengasikkan buat traveling ya, makasih ya dah kasih info

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan