69 Tahun BNI, Bersama Kaizen Membangun Negeri

69 tahun BNI
ATM Sepeda Motor, Lontar Serang, Inovasi Ride Thru
Jika kita melalui Jalan Raya Serang - Cilegon, daerah Lontar, di sebelah kanan jalan ada mesin atm BNI baru. 

"Wah, ada atm BNI baru yah. Enak, sebelahan dengan SPBU," tunjukku. Naylal memijit power window, melihat dengan kaca terbuka seolah ingin memastikan. Bagi dia, kalau ke atm, saatnya keluar uang dari mesin dengan hanya memasukan kartu. Dia masih berpikir bahwa mesin atm adalah mesin seperti kantung Doraemon yang dapat mengeluarkan uang sebanyak yang kita inginkan. 

"Mesin ATM nya banyak, Bu!" serunya. 

Eit, tapi tunggu dulu. Kenapa penampakannya sedikit berbeda yah? Tidak seperti biasanya dimana mesin atm tersimpan dalam kotak kaca, yang ini berjalur mirip SPBU. 

Terpampang tulisan "ATM Sepeda Motor". 

Wow! Keren! Terobosan baru dalam dunia perbankan. Konsepnya seperti drive thru, atau mungkin ride thru, karena pengendara sepeda motor kan tidak disebut driving motorcycle, tapi riding motorcycle. Para pengendara motor tidak lagi kerepotan mencari tempat parkir, cukup masuk jalur, dan bertransaksi di mesin ATM. Hmmm...strategi marketing yang cerdas! BNI menunjukkan komitmennya untuk melayani seluruh tingkatan pelanggan.

Tumbuh Bersama BNI

Lebih dari 13 tahun menjadi pelanggan BNI, rasanya tidak ada hal yang signifikan yang bisa membuat ketidakpuasan. Bagaimana tidak, selalu ada hal baru dalam setiap perkembangan BNI. 69 tahun BNI berkembang bersama negeri, dan saya pun tumbuh dengan BNI. Apa saja yang membuatku setia dengan BNI?

1. Kuliah Bersama BNI 

Terakhir aku ingat, pertama kali buka rekening BNI adalah ketika kuliah, sekitar tahun 1995-an. Yang aku ingat waktu itu adalah ATM BNI di daerah Dipati Ukur, tempat mengambil uang transfer dari orang tua, juga uang beasiswa. Kemudian, ATM BNI mulai ada di daerah Jatinangor. Berjalannya waktu, pembayaran uang kuliah pun melalui transfer bank BNI.

2. Bekerja Bersama BNI 

Pengalaman bersama BNI pun berlanjut di dunia kerja. Bagaimana tidak, perusahaan tempatku bekerja melakukan kerjasama dengan bank BNI untuk pembayaran gaji karyawan. BNI pun memberikan totalitas pelayanan, selain menyediakan ATM di area pabrik, BNI juga membuka kantor pembantu setiap hari gajian dan 1x dalam seminggu selain hari gajian. Layanan ini memudahkan karyawan, sehingga tidak perlu jauh-jauh untuk pergi ke kota untuk transaksi perbankan. 

Selain layanan seperti di atas, BNI setiap tahun mengadakan undian berhadiah, saat ulang tahun perusahaan. Hmmm...sayang aku belum beruntung memenangkan hadiahnya. Padahal banyak lho hadiahnya. 

Yang aku suka dari BNI adalah kreatifitasnya yang tiada henti. Akhir-akhir ini, BNI juga menyediakan layanan mobil keliling BNI untuk membantu mengurangi antrian lewat ATM. 

3. Perencanaan Keuangan Keluarga Bersama BNI 

BNI juga mempunyai beberapa layanan yang sangat membantu untuk para pekerja, seperti tabungan pensiun dan tabungan pendidikan anak. Kami percayakan tabungan hari tua kami dan tabungan pendidikan anak-anak kami bersama BNI. 

Tabungan ini tidak memberatkan, selain bisa semampu kita menabung, juga adanya kemudahan debit langsung dari rekening induk. 

Ssst...rumah kami pun bersama BNI lho. 

4. Fasilitas Memudahkan dari BNI 

a) Mesin ATM BNI, dari yang Standar hingga ke Drive Thru & Ride Thru 

69 tahun BNI
ATM Sepeda Motor, berlajur mirip SPBU
Semakin hari, fasilitas ATM BNI semakin banyak di beberapa tempat. Bukan hanya di pusat perbelanjaan, tetapi juga di daerah-daerah. 

Di Cilegon dan Serang saja, jumlah ATM BNI semakin bertambah, belum lagi ATM Sepeda Motor dan ATM Drive Thru. Model ATM Drive Thru dan Ride Thru memudahkan para pengendara kendaraan beroda empat dan beroda dua untuk melakukan transaksi tanpa keluar dari kendaraan. Untuk Drive Thru memang masih tersedia hanya di kota-kota besar. di Serang, baru ada model Ride Thru.

Semakin mudah menemukan ATM BNI saat ini. Hal ini semakin mempermudah pelanggan dalam melakukan transaksi. Bukan hanya pelanggan di perkotaan, tetapi juga di pedesaan dan meliputi seluruh kalangan. 

Teringat ketika memerlukan dana darurat saat mudik dan mengalami kecelakaan kecil, satu-satunya mesin ATM yang tersedia waktu itu adalah ATM BNI. 

b) SMS Banking dan Internet Banking 

BNI pun menawarkan kemudahan transaksi perbankan melalui SMS banking. Aku termasuk yang up to date dengan layanan BNI. Berawal dari iseng menekan menu transaksi di ATM, juga rayuan petugas BNI, akhirnya terdaftar untuk layanan SMS banking (waktu itu masih bisa daftar melalui ATM). 

Awalnya sedikit ragu dengan keamanannya. Alhamdulillah, selain nomor yang didaftarkan ternyata tidak bisa digunakan untuk transaksi, juga setiap transaksi ada pemintaan PIN yang acak. Tidak menyesal mengenal SMS banking. Jika harus balik ke beberapa tahun ke belakangpun, rasanya aku akan tetap melakukan hal yang sama. 

Dengan sms banking, aku bisa mengetahui adanya dana masuk. Jadi kalau orang lain harus gambling antri, sore hari sudah gajian atau belum, aku sudah tahu lebih dahulu, karena selalu ada pemberitahuan melalui sms. Atau, jika mendadak perlu transfer ke orang tua atau saudara, sms banking bagi para pekerja seperti aku sangat membantu. Bahkan saat hobi belanja online merajalela, dengan adanya sms banking BNI, segalanya menjadi lebih mudah. 

Belum lagi kemudahan untuk transaksi lainnya seperti pembayaran listrik, transfer antar bank, pembayaran speedy, pembayaran kartu kredit, dan lainnya.  Bayangkan jika tidak ada sms banking, harus sering ijin ke luar kantor, atau sore hari tidak bisa langsung tiduran di rumah karena harus ke mesin ATM. 

c) Menu Layanan ATM Lengkap 

Menu layanan ATM BNI sangat lengkap. Mulai dari layanan dasar seperti menu penarikan tunai, cek saldo, transfer sampai ke menu pembayaran telpon, listrik, speedy, asuransi, tv berlangganan, zakat (ZIS), kartu kredit, angsuran, bahkan pembelian pulsa dan tiket pesawat. 

Menu transaksi antar bank pun semakin berkembang, sekarang transfer ke bank BCA dan Mandiri pun sudah bisa dilakukan melalui BNI. 

Nah, layanan yang baru aku coba beberapa waktu lalu adalah pembayaran biaya imigrasi untuk perpanjangan paspor dan pembuatan paspor. Yang bikin asik, bukan hanya bisa melalui teller, pembayaran imigrasi bisa melalui ATM BNI. Tinggal memasukan nomor permohonan imigrasi, keluarlah struk lengkapnya. Duh, bagaimana tidak tambah suka. Dengan adanya layanan seperti ini, jatah cuti tidak berkurang banyak dan tidak perlu mengantri. 

d) BNI Experience, BNI dalam Genggaman Tangan 

Terakhir BNI mengeluarkan layanan BNI experience, yang bisa diaplikasikan di android. Lebih mudah lagi, karena kita tidak mesti repot-repot menghafal format transaksi ataupun kode bank. 

BNI experience ini, selain kemudahan transaksi, juga memberikan informasi seputar promo BNI yang sedang berlangsung, seperti promo tempat makan, hotel, tempat wisata, dan lainnya. 

Aplikasi ini didapat dengan cara mengunduh aplikasi BNI experience di playstore, dari handphone kesayangan anda. 

e) Customer Service Yang Berkompetensi 

Ini yang sering diabaikan saat zaman beralih serba elektronik. Tetapi BNI tidak pernah melupakan peranan customer service sebagai garda terdepan pelayanan. Bukan hanya customer service di front office tetapi juga customer service di call center. 

Beberapa kali mengalami pengalaman, dari mulai kasus pencurian, penipuan kartu kredit, mengambil uang dimana uang tidak keluar tapi saldo berkurang, pinjaman perumahan dan lainnya, customer service BNI selalu cepat tanggap akan kebutuhan pelanggannya. Bahkan saat cuma bertanya mengenai pemakaian kartu ATM atau kartu kredit di luar negeri, mereka dengan ramah menjelaskan satu persatu. 

Satu hal yang aku salut dengan customer service BNI, pernah suatu ketika saya lupa menyimpan kartu kredit, kemudian saya menghubungi layanan customer service 24 jam, dengan cepat tanggap mereka memberlakukan pemblokiran sementara terhadap kartu kredit saya. Kenapa saya salut? Ketika saya mempunyai pengalaman kehilangan kartu dari bank penerbit lain, dan dengan nyata saya bilang saya lupa terakhir pemakaian dan minta diblokirkan, ternyata malah tidak dilakukan pemblokiran karena beranggapan saya hanya lupa menyimpan.

Hal ini menjadi bukti bahwa pengembangan sumber daya manusia di BNI menjadi fokus utama untuk pengembangan internal proses BNI yang pada akhirnya nasabah akan semakin puas dengan layanan BNI.

f) Jaminan Keamanan 

BNI mempunyai sejarah yang panjang, ditunjang dengan kondisi finansial yang kuat, sumber daya juga teknologi yang unggul, BNI terus menerus berupaya untuk menjadi bank nasional dengan kemampuan global. BNI memperkuat sistem fitur keamanan saat melakukan transaksi. 

Saya sempat ragu mengenai keamanan bertransaksi melalui internet saat booking tiket pesawat ataupun hotel. Ternyata, saat transakti bersama BNI, secara otomatis akan ada sms otentifikasi kode yang harus dimasukan melalui telepon gengam kita. Transaksi akan berlangsung setelah kita memasukan kode tersebut. Dan tentunya ada pemberitahuan mengenai pembelian ini, sehingga kita memperoleh pemberitahuan dini menganai transaksi yang sedang berlangsung.

Saat transfer melalui ATM pun, baik itu transfer sesama BNI maupun antar bank, selalu tercantum nama pemilik rekening tujuan, dengan demikian bisa meminimalkan kesalahan dalam melakukan transfer. Kalau kata teman saya, "Gue suka BNI, karena kalau transfer ada namanya." 

Untuk internet banking pun, BNI menyediakan 2 pilihan yaitu e-secure dan m-secure yang akan mengamankan transaksi perbankan anda melalui media online. Jadi, tidak perlu khawatir bertransaksi melalui sistem e-banking ini.

Itulah sekelumit pengamalanku dengan BNI. Semoga di usianya yang ke 69 tahun ini, BNI semakin sukses mengawal negeri tercinta Indonesia. Semoga selalu dapat memberikan layanan yang prima dan solusi yang penuh dengan nilai tambah bagi seluruh nasabah. 

69 tahun perjalanan BNI, bukan waktu yang singkat, lebih dari cukup untuk membuktikan bahwa BNI adalah bank yang kuat dan terpercaya. Sejak awal berdiri di tahun 1946, melakukan reformasi di tahun 1998, dan terus berkembang hingga kini, menjelajah ke seluruh pelosok negeri, dari perkotaan hingga pedesaan. Terus berkembang dan berinovasi dengan berbagai macam produk dan layanan unggulan. Tidaklah salah jika dikatakan BNI membangun negeri, memang itulah faktanya.

Budaya perbaikan berkelanjutan berkelanjutan atau orang Jepang menyebutnya dengan kaizen, menjadikan BNI selalu berupaya menjadi bank yang unggul dan terkemuka. 


4 comments:

  1. Kenal BNI pas daftar ulang dikasih KTM... :D

    Sukses lombanya, Teh :)

    ReplyDelete
  2. Hihi...makasih.

    Kayak gini ternyata ada manfaatnya juga..minimal buat ide nambah postingan yak.

    ReplyDelete
  3. Wah ikutan lomba blogging BNI juga ya... semoga saya juara 1 nya kamu juara 2 nya hahaha.

    Boleh ya komen balik kesini http://bit.ly/1I2DVrr . Thank youuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...bungkus deh...

      Iya, aku coba komen dari android ga masuk2..ini coba dari web.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan