Shopping Till Drop, Tanah Abang, Indonesia

Tanah Abang, Surga Belanja 

wisata belanja traveling tanah abang
Toko Perhiasan Wanita
"Mau shopping dimana?" 
"Brother Land dong," serempak kita bilang, jika ada teman yang bertanya kita hendak belanja kemana. 

Istilah kita adalah Brother Land. Brother=abang, dan land=tanah, karena menganut kaidah MD, jadilah Brother Land. Maksa banget yah. Sok, kebarat-baratan yah. 

Brother Land, eh, Tanah Abang yang terletak di kota Jekardah, merupakan surga bagi para pencinta belanja. Menjelang lebaran dan musim haji, sepertinya merupakan puncak kepadatan belanja di sini, walaupun hari-hari biasa juga mungkin penuh juga, karena banyak para pedagang dari berbagai daerah yang membeli barang di sini. 

Jangan tanya, bagaimana situasi seminggu menjelang lebaran di Tanah Abang. Penuh sesak! Asli, bukan bohong. Kapok deh pergi ke sana mendekati hari H lebaran. Apalagi di akhir bulan, dimana orang sudah pada menerima gajian atau THR.  

How to Get There?

wisata belanja traveling tanah abang
Xtrans
Ke Tanah Abang dari Cilegon dan Serang bisa menggunakan beberapa alternatif:

1. Memakai travel Xtrans 
Turun di Kartika Chandra trus lanjut dengan taksi. Jadwal paling pagi jam 09.00 


2. Menggunakan Kereta Api 
Kereta api yang paling pagi sekitar jam 5.15, yaitu kereta ekonomi. Harganya murah meriah. Ada juga jadwal yang agak siang sekitar jam 6.00 pagi, yaitu kereta ekonomi AC Kalimaya. Harga lebih mahal dibanding kereta api ekonomi AG, alias angin gelebuk. 


3. Menggunakan angkutan Samudra Perkasa
Biayanya sekitar Rp17.500 dari Serang. Ya, poolnya ada di Serang, dekat pintu belakang RS Sari Asih. Setiap jam ada jadwal menuju Jakarta. Turun di slipi, lanjut menggunakan metromini jurusan Tanah Abang. 


4. Menggunakan kendaraan pribadi
Ini sih ngga usah ditanya lagi. Bisa bebas borong sekuatnya, karena tidak pusing mesti mikirin kendaraan untuk bawa banyak barang. 

Ada Apa Di Sana?

wisata belanja traveling tanah abang
Perlengkapan Haji & Umrah
wisata belanja traveling tanah abang
Perlengkapan Haji & Umrah
Tanah Abang memang surga bagi para pencinta belanja. Bagaimana tidak? Segala kebutuhan ada di sini dengan harga yang terjangkau. Terdiri dari beberapa lantai dengan aneka ragam barang dan busana. 

Hendak belanja keperluan dan oleh-oleh umrah dan haji? Di Tanah Abang, sangat lengkap. Harganya jauh lebih murah jika kita beli di toko-toko yang menjual perlengkapan haji dan umrah. Bayangkan saja, sejadah tipis, dengan kualitas yang bagus, bisa didapat di sini dengan hanya merogoh kocek Rp12.500 saja. Jika beli lusinan, harga jatuhnya lebih murah lagi. Nah, orang umrah dan haji, rata-rata beli oleh-olehnya di sini. Kurma, kacang arab, kacang pistasio, tasbih, sejadah, kaos haji, baju ihram, semua ada di sini. 

wisata belanja traveling tanah abang
Fashiom Korea
Suamiku paling senang jika dibelikan baju koko dari Tanah Abang. Harga satu stel baju muslim pria, atas bawah model Pakistan Rp180.000 - Rp200.000 dengan bahan katun tebal dan dingin di kulit. Coba bandingkan berapa yang harus kita keluarkan dari dompet untuk membeli atasan muslim pria di mall ataupun supermarket. 

Suka ngikutin fashion Korea? Hmmm...pasti kalap deh kalau datang ke sini. Lucu-lucu dan bagus-bagus, apalagi jika pintar memadukannya. Kalau suka, langsung beli saja. Soalnya suka susah kalau balik lagi, kadang malah ngga ketemu lagi. Hahaha. Susah inget-inget bloknya. Tapi yang pasti sih, cukup banyak kios atau toko yang menjual baju-baju korea.

wisata belanja traveling tanah abang
Aneka Macam Bros
Jika suka baju-baju berbau India, di sini juga ada kios yang khusus menjual sari India beserta aksesorisnya. Tapi lumayan agak mahal sih untuk ukuran dompetku. 1 baju sari bisa berharga 1 juta keatas. Ssst...ini nguping orang yang sedang negosiasi harga sama orang Indianya langsung. Begitu denger harganya, langsung kabur deh. Haha.

Tanah Abang juga pusatnya untuk segala keperluan anak, mulai dari baju, sepatu sampai tas sekolah dengan berbagai macam model juga ada. Lumayan terjangkau harga tas sekolah anak di sini. Oya, penggemar bola pun terpuaskan di sini, karena banyak yang menjual kaos-kaos kesebelasan bola terkenal.

Untuk ibu-ibu yang ingin mendekorasi rumahnya dengan gorden-gorden lucu, di sini harganya agak miring. selain bisa pesan, juga sudah ada gorden jadi yang dapat langsung kita beli. Tentunya kita harus tahu terlebih dahulu ukuran jendela rumah, jangan sampai kalap beli gorden, eh tahunya nyampe rumah ngga cukup.

wisata belanja traveling tanah abang
Toko Manik-Manik & Kerajinan
Yang paling aku senang di sini adalah aksesoris wanita seperti gelang, kalung, cincing, bros, peniti jilbab. Pokoknya barang-barang ini bikin kalap! Saking murah-murah. Bros seperti ini dijual Rp10.000/3 buah. Lucu-lucu kan? 

Punya hobi merangkai-rangkai beads, mutiara, atau menjahit? 

Di sini ada toko yang menjual perlengkapannya. Tokonya lumayan lengkap, termasuk untuk keperluan jahit menjahit, seperti aneka macam renda, benang obras, aneka macam pita dan lainnya. Selain itu juga terdapat aneka macam pernak-pernik yang bisa dipakai untuk mendekorasi rumah.

Lapar Sehabis Muter Seharian? 

wisata belanja traveling tanah abang Jangan khawatir. Di Tanah Abang ada food courtnya. Lumayan luas dengan berbagai jenis makanan dan minuman yang dijajakan. 

Jika waktunya makan siang, food court ini sangat penuh, jadi malas karena harus antri dan cari tempat makan. 

Berhubung waktu itu lagi puasa, cuma bisa menatap deretan makanan dan air minum di gelas plastik yang berwarna-warni. Duh, menggoda sekali. 

Sholat Bagaimana? 

Di lantai paling atas, ada mesjid. Untuk mencapai lantai paling atas jika menggunakan lift harus 2 kali. Pertama ke lantai 10, kemudian lanjut ke lantai 12. Di sini agak sedikit berputar-putar, karena harus keluar area parkiran terlebih dahulu. Kalau dari food court ada tangga berjalan yang langsung menuju ke mesjid. 

wisata belanja traveling tanah abang
Mesjid di Lantai Atas
Mesjidnya lumayan besar. Tiang-tiang yang tinggi dengan corak belang-belang, mengingatkan pada suasana mesjid Madinah. Angin sepoi-sepoi, sehingga walaupun ada di tingkat paling atas, dekat dengan sinar matahari, tetapi tidak terasa panas. 

Tempat sholat perempuan di lantai 2 mesjid. Tempat wudhu dan mesjid terawat dengan baik. Meluruskan kaki sehabis lelah berjalan dari pagi, setelah selesai sholat di mesjid, terasa nikmat. Sambil beresin barang-barang belanjaan biar sedikit lebih rapih dan gampang dibawa. 

Saatnya pulang!
Pulang ke Cilegon or Serang bagaimana? Sama seperti berangkatnya, bisa naik kereta, naik Samudra Perkasa, atau naik travel Xtrans dari Kartika Chandra. 

Nah, kali ini kita pilih yang terakhir. Kartika Chandra. Dari Tanah Abang naik taxi, kira-kira Rp35.000, berhenti depan Kartika Chandra. Pool Xtrans ada di sini. Letak kantornya dekat dengam atm centre. Jadwal keberangkatan dari Kartika Chandra ke Cilegon atau Serang adalah jam 15.30, dengan biaya sekitar Rp90.000/orang. 

Walaupun kaki jemper, sepertinya ngga kapok buat datang lagi ke Brother Land. 

Tips Berbelanja di Tanah Abang ala Saya 

1. Bareng Teman, Minimal Bertiga. 

Biasanya di Tanah Abang, beli seri bisa dapat harga grosir. Jadi kalau pengen lebih murah, bisa beli seri, kongsi dengan Teman 

2. Pakai Sendal Teplek dan Empuk 

Jangan coba-coba pakai heels ke sini. Duh, bisa kram tuh betis. Memang ada lift, tetapi biasanya selalu penuh, bikin ngga sabar menunggu. 

3. Buat List Barang Yang Mau Dibeli 

Fokus beli barang-barang yang ada di list. Ngga nanggung deh kalau sampai besar pasak daripada tiang. 

4. Bawa Duit Secukupnya 

Nah, ini juga tips supaya tidak over budget. Biasanya kalau datang ke sini, awalnya mau beli apa, eh jadinya beli yang lain. Lapar mata deh, dijamin. Sampai ngga sadar duit dompet menyusut dengan cepat. 

16 comments:

  1. saya pengen ke tanah abang pakai kereta blm kesampaian aja mba hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik kereta seru Mbak, walau agak lama kalau kereta ekonomi. Kalau dari Serang mungkin jam 6 pagi kali yak.

      Delete
  2. Replies
    1. Iya..suka gaya mesjid ini. Walau ada di bagian paling atas, cuacanya teteo adem

      Delete
  3. ke Tanah Abang ini emang kudu bawa duit secukupnya ya, kalo enggak mah bablas udah -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mbak. Harus disiplin dibatasi. Di batasi aja suka menyimpang dari tujuan utama..hahaha.

      Delete
  4. iya jangan pas mau lebaran puyeng dah pasti gak kira kira penuhnya, jangan bawa kendaraan juga kalo bisa macetnya mantep

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebaran sama musim haji penuh tumplek. Hehe.

      Delete
  5. Tanah abang seru banget, apalagi musim haji..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau musim hajian, mending beli jauh-jauh hari. Penuh sesak deh kayaknya bagian perlengkapan haji dan umrah.

      Delete
  6. Jadi ingin ke Tanah Abang nih...he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tanah Abang selalu ngangenin, soalnya saya cewek. Kalau cowo, saya lebih senang Tanah Mbak. Hehe.

      Delete
  7. Ke Tanah Abang harus banyak bawa uang nih..he .he..Pasti ingin belanja banyak nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Justru jangan bawa banyak-banyak. Malah ludes ntar. Dibatasi kalau saya mah. Kalau udah lebih dari budget, mau ngga mau harus stop. Apalagi kalau mau deket lebaran begini, pasti banyak model-model baru.

      Delete
  8. Dimana letak toko manik²nya mbak...?? Tolong infonya... Trims...

    ReplyDelete
    Replies
    1. seinget saya sih di atas di pojok sebelah toko2 sepatu, sebelum lantai makanan. Maaf saya lupa tepatnya.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan