My Extra Ordinary Wishes For Year 2016


apa keinginanmu di tahun 2016 bilna flipitMerupakan suatu kebiasaan, setiap awal tahun baru, kebanyakan orang mencanangkan resolusi awal tahun. Walaupun tidak secara spesifik menetapkan resolusi, tahun 2015 ini saya ingin menurunkan berat badan. Beberapa cara saya lakukan, dari mulai olah raga, mengkonsumsi makanan herbal, puasa, tidak sarapan atau tidak makan malam, dan lainnya. Tapi karena tekad kurang kuat, alih-alih berhasil, nafsu makan malah bertambah banyak, dan akhirnya dapat ditebak, resolusi gagal total.
Ternyata bukan hanya saya yang mempunyai resolusi seperti ini. Menurunkan berat badan menurut survey yang dilakukan Nielsen merupakan salah satu resolusi favorit di Amerika, selain hidup sehat, berhenti merokok, dan mempelajari sesuatu hal yang baru. Tuh khan, saya tidak sendirian, yang mati-matian pengen nurunin berat badan...:)
Tapi, tahun ini, setelah melalui perenungan mendalam dan menyeluruh (jiiaah), daripada mempunyai resolusi menurunkan berat badan, saya ingin melakukan hal-hal yang lebih sederhana yang bisa memberikan nilai-nilai positif. Apa sajakah itu?

1. Mensyukuri sekecil apapun yang saya punya

Pernah merasa bahwa setiap kali penghasilan bertambah, kita merasa kurang atau tidak puas? Atau selalu ingin berganti gadget tiap kali ada yang baru? Hmmm...rasanya saya seperti itu.
Baru 2 bulan ganti gadget, ada yang lebih lucu, saya ingin beli, padahal gadget lama ngga bermasalah. Ini kebalikannya dari suamiku yang tahan bertahun-tahun lamanya, setia menggunakan gadget bututnya. Kalau gadget belum ngadat banget, ngga ada cerita dia ganti. Dan biasanya, saya yang mencari-cari alasan gadget saya lempar ke dia, saya beli baru. Jargonnya dia, "nunggu limpahan dari Yangku."
Saya pikir, mungkin saya kurang mensyukuri apa yang saya punya selama ini. Dan tahun 2016 ini, saya ingin lebih berusaha bersyukur, dan tidak wasting money untuk sesuatu hal yang tidak terlalu perlu.

2. Tersenyum dan mencoba mengenal orang lebih dekat

Suami saya ada beberapa kali bilang bahwa salah satu kelebihan saya adalah cuek, cenderung tidak peduli. Lha, kok jadi kelebihan? Haha, mungkin karena cuek, saya jadi ngga baper, walaupun dinilai jelek misalnya. Saking cueknya, kata suami saya, saat acara keluarga pun sibuk dengan Handphone dan rasanya tiada detik tanpa Handphone. Ups!
Saya pikir, ada benarnya juga apa yang dibilang si akang. Terkadang saya malu, karena saya tidak hapal sama orang. Duh, entah kena penyakit apa saya ini, rasanya saya ngga pernah hapal muka orang yang pernah saya temui, kecuali saya sering sekali bertemu dengan orang itu. Jangan kan teman-teman, terkadang saudara-saudara jauh pun yang jarang bertemu, saya tidak ingat.
Oleh karena itu, saya ingin di tahun 2016, bisa lebih perhatian pada orang lain dan tersenyum setiap hari. Asal jangan keterusan senyum-senyum sendiri aja, kalau ngga mau disamain dengan orang sakit jika. Uhuk!

3. Traveling dengan tujuan

Saya senang traveling, dan tahun depan saya pun tetap ingin melakukan kegiatan yang satu ini. Terinspirasi oleh para travel writer seperti Agustinus Wibowo, saya pikir, kita harus dapat mengoptimalkan ke-5 panca indra kita, atau bahkan indra ke-6 saat traveling. Jika punya six senses tentunya, xixixi. Sehingga traveling tidak hanya melulu shopping, mengunjungi tempat yang menarik, atau kuliner enak. Tapi bagaimana membuat perjalanan yang bermakna, mempelajari kearifan hidup. Hmmm...tapi bagaimana ya caranya? Dipikirkan kemudian, mari menyepi dulu.

4. Menuliskan rencana kerja dan pencapaian setiap hari, sekecil apapun itu dan merubah mindset untuk tidak menunda pekerjaan

Menuliskan apa yang akan kita lakukan setiap hari di pagi hari dan mereview pencapaiannya di sore hari, terkadang membuat kita semakin percaya diri, bahwa kita mampu melakukan banyak hal. Di tahun 2016 ini, saya ingin lebih konsisten membuat mind mapping untuk mencapai tujuan saya. Cie, terinspirasi Pak Wali nih ceritanya.
Oya, saya juga ingin merubah cara berpikir saya, untuk "do it now!" Terkadang saya suka menunda pekerjaan dengan pikiran besok masih ada waktu, yang kemudian sering membuat saya menyesal karena pekerjaan semakin menumpuk. Juga mindset untuk selalu melakukan yang terbaik dalam setiap aktivitas pekerjaan, hasil akan mengikuti kemudian.

5. Melakukan hal-hal yang belum pernah saya lakukan sebelumnya atau yang belum saya lakukan saat kecil.

Sejak dahulu saya termasuk tipe penurut dan konservatif. Tidak pernah saya melakukan hal-hal yang ekstrim, walaupun bintang saya Gemini yang kata horoskop punya gaya hidup lebih bebas dan ceria. Hari gini percaya horoskop? Haha.
Hal kecil apa ya yang belum pernah saya lakukan? mewarnai rambut? berdandan? belajar bagaimana bersepeda? rambut pendek? aktif bertanya? atau mencoba memakai style pakaian yang berbeda?
Sumpah, saat ini saya belum bisa mengendarai sepeda, padahal suami sampai bela-belain beli sepeda buat saya, saking pengennya sepedaan bersama di pagi hari. Hiks. Ada yang bisa ngajarin bersepeda tanpa jatuh nggak?

6. Membacakan cerita sebelum tidur

Dulu, waktu anak-anak masih bayi, rasanya saya rajin membaca cerita sebelum tidur. Tapi anak-anak bertambah besar, saya tidak lagi melakukannya. Padahal mereka masih sangat kesenangan kalau saya mau membacakan cerita sebelum tidur.
Saya pikir, mumpung anak-anak masih pada usia yang sesuai untuk mendengarkan dongeng sebelum tidur, tahun 2016 ini saya ingin membacakan dongeng kembali. Sebelum mereka beranjak dewasa, saat mereka tidak mau lagi mendengar ibunya mendongeng. Manfaatkan waktu sebanyak mungkin.

7. Try different things, mencoba sesuatu yang berbeda

Pada dasarnya saya senang sesuatu yang berbeda. Setiap hal yang berbeda membuat kita belajar sesuatu. Mencoba makanan baru yang berbeda setiap minggu, mencoba mengambil rute pulang yang berbeda, mencoba naik gojek, traveling dengan komuter, belajar html, belajar infografis, dan lain-lain.
Saya juga ingin belajar fotografi, saya juga ingin belajar bahasa lain. Duh, banyak banget sih ternyata kalau di-list.

8. Menikmati proses, tidak terburu-buru, spontanitas

Saya selalu terburu-buru, sehingga tak jarang saya tidak menikmati perjalanan prosesnya. Saya tidak terlalu suka hal yang bersifat spontanitas. Setiap bepergian, saya selalu persiapkan rute sedetail mungkin, supaya tidak keluar dari jalur perjalanan. Saya stress jika hal yang terjadi tidak sesuai dengan rencana yang telah disusun.
Di tahun 2016 ini saya ingin lebih santai menikmati perjalanan. Dan kalaupun tidak sesuai dengan rencana, saya ingin mencoba untuk menikmati dan menjalaninya dengan santai

9. Mencoba Lebih untuk Berbagi

Hidup akan lebih bermakna dengan berbagi. Hidup bukan hanya sekedar mencari sebongkah berlian atau sekarung uang emas.
Hidup hanya sekali, menjalani hidup yang bermakna lebih penting dari sekedar kekayaan. Saya ingin berbagi ilmu pengetahuan, mengikuti kegiatan-kegiatan sosial, kegiatan amal, dapat berkontribusi untuk orang banyak, walaupun mungkin itu hanya sekedar melalui coretan-coretan kecil di blog.
Katanya ada 3 pilihan dalam kehidupan. Contoh jika ada tiga orang diberikan bonus tahunan yang sama. Orang pertama menyimpannya untuk ditabung. Orang kedua menghabiskan bonus saat itu juga, perkara nanti adalah urusan belakangan. Orang ketiga membagi bonus tersebut dengan orang yang membutuhkan. Ketiga pilihan tersebut tidak ada yang salah, tinggal kita mau memilih yang mana. Tetapi kebanyakan orang yang diingat atau orang-orang terkenal, walaupun fisiknya sudah tiada di dunia ini, adalah mereka selalu berbagi.

10. Puasa Minimal 1x dalam Sebulan

Hmmm, mudah-mudahan ini bukan hanya sekedar keinginan. Saya pikir setiap agama mempunyai aktifitas puasa. Saya pikir puasa bukan hanya diatur dalam Islam saja kan ya, rasanya beberapa agama juga mengenal yang namanya puasa. Selain penting mengontrol kesehatan badan, tentunya dengan puasa, jiwa dan pikiran akan lebih terkontrol, lebih terkendali. Plus bonusnya, mudah-mudahan turun berat badan. Hahaha, ujungnya kok tetap menurunkan berat badan ya?
Nah, itulah 10 keinginan saya di tahun 2016 mendatang. Apa keinginanmu di tahun 2016? Sambil inget-inget kembali keinginan yang belum sempat terlaksana, ikutan kuis berhadiah yang sedang berlangsung di shop page Bilna di Flipit yuk.

Flipit & Bilna

Siapa itu? Dua sekawan?

apa keinginanmu di tahun 2016 bilna flipit
Ah, masa ngga tahu Flipit! Itu loh situs kupon online global terbesar di Indonesia dan dunia. Di Flipit kita bisa menemukan deal terbaik di toko online favorit kita. Siapa yang suka berbelanja online? Saya!Saya! Saya suka banget belanja online. Selain ngga ribet mesti keluar rumah, bisa bebas memilih-milih sebelum akhirnya kita menjatuhkan pilihan ke produk yang kita mau.
Daftar gerai Flipit ternyata banyak juga, mulai dari travel hingga perlengkapan bayi. Baru tahu juga ternyata kupon voucher Flipit berlaku juga di Pegipegi. Dengan kode voucher eklusif ini kita bisa mendapat extra diskon 10% untuk pengguna Flipit. Bisa dibayangkan dong hematnya libur idaman kita. 
apa keinginanmu di tahun 2016 bilna flipit
Flipit juga bekerja sama dengan Bilna.com, situs belanja online dimana kita bisa berbelanja produk-produk berkualitas dari berbagai kategori seperti perlengkapan bayi dan anak, perlengkapan rumah tangga, produk elektronik, beauty & kosmetik, dan banyak lainnya. Belanja di Bilna bisa lebih hemat dengan menggunakan voucher Bilna. Kisaran diskonnya antara 10-30% lho! Di Flipit, kita bisa langsung mengambil kode voucher Bilna dan langsung berbelanja seperti biasa. Untuk mendapat kode voucher Bilna yang paling baru, kita bisa follow Bilna di Flipit, dengan otomatis fitur code alert yang teraktifkan, dan kode voucher akan langsung dikirim langsung lewat email kita. Tinggal ikuti link-nya, dan sebelum check out salin kode vouchernya. Secara otomatis, total belanja kita akan dikurangi dengan diskon.
apa keinginanmu di tahun 2016 bilna flipit

Mau voucher Bilna senilai Rp. 300.000 untuk 2 orang pemenang? Yuk beritahu shopping wishlist kamu di Bilna. Caranya mudah kok, tinggal klik tanda panah pada banner kuis, tinggal ikuti isian kuisiner Bilna. Saat ada pertanyaan “dari mana anda mengetahui kuis Bilna Wishlist?”, ada 4 pilihan: Flifit.com, Twitter, Facebook dan Other. Bebas kok pilih yang mana saja. Ya, kalau tidak keberatan sih boleh pilih Other, trus tuliskan www.nichealeia.com, tapi ngga maksa kok.   
apa keinginanmu di tahun 2016 bilna flipit

Setelah itu klik tombol submit. Gampang bukan? Pengumuman kuis akan dilakukan pada tanggal 14 Januari 2016. Ayo ikutan, siapa tahu anda adalah 2 orang pemenang yang beruntung.
apa keinginanmu di tahun 2016 bilna flipit
Ikuti Kuis Berhadiah di Shop Blilna Flipit
Ups, gara-gara Bilna & Flipit, sepertinya saya harus merevisi salah satu keinginan di tahun 2016 ini. Kayaknya bagus juga untuk mulai mempercantik rumah. Bukankan ada pepatah, Baiti Jannati, Rumahku Surgaku? Kalau rumah cantik kan jadi betah di rumah. Nah, kalau betah di rumah, otomatis jatah uang keluar semakin mengecil. Hemat donk! Hmmm, boleh juga nih idenya.
Ayo ah, saya mau meluncur ikutan kuisnya di Shop Page Bilna di Flipit dulu! Kuis apa keinginanmu di 2016! Hmmm...kalau dapat vouchernya, mau beli apa ya di Bilna? Aduuuuh, binguuuung, jadi banyak keinginan ini teh!

Sumber foto & gambar:
1. Website flipit & bilna
2. Feeimage.com
3. Clipart.com



9 comments:

  1. sampe kapan kuisnya Mbak?? rasa-rasanya tertarik pengen ikutan :)

    ReplyDelete
  2. Wih semoga tulisannya terpilih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixixi, makasih..., saya sih yg penting sudah berusaha. kalau ga terpilih, mudah2an tetap jd pemacu untuk selalu tetap nulis..
      btw, salam kenal...

      Delete
  3. amiin. aminn. semoga kedepannya lebih baik.
    Sudah pernah kesini belum ya(?)
    ah, sudahlah salam kenal ya mba :)

    ReplyDelete
  4. semoga tetap semangat jalanin resolusinya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan