Tersesat di Antara Beauty Blogger dalam Acara Pixy Blogger & Media Gathering

Panggung dibuka ...
Seorang perempuan cantik, mengenakan pakaian bernuansa biru tampak serasi dengan dekorasi panggung dan ruangan, dan dia pun menyapa para peserta yang hadir dengan suara indah dan renyah di siang hari itu.
Panggung didominasi warna biru dan pink. Dekorasi bunga tersebar dimana-mana. Bahkan meja peserta pun dihias dengan dekorasi yang memukau. Girly dan wanita banget deh. Semua orang sibuk memoto setiap inch dekorasi yang terpasang.
Setiap meja ditata dengan cantik, penuh dekorasi
"Wah, ternyata beda yah antara blogger dan media," sapanya dengan riang, "Saya amati, kalau blogger, begitu datang sibuk foto sana sini, bunga pun di foto juga. Tapi kalau media, yang dicari pertama kali adalah narasumber." Sambungnya lagi dengan nada penuh canda.
Itu sepenggal kisah yang tertinggal di acara pembukaan Lauching Product PIXY Two Way Cake Cover smooth yang berlangsung di Mall Ciputra Jakarta Barat. Sebetulnya sudah basi sih ya menceritakan acara lauchingnya yang dilaksanakan 6 Agustus 2016, minggu lalu. Tapi, saya pikir ada beberapa yang bisa disharing mengenai tips nge-blog dari Mas Nurulloh yang sudah lama berkecimpung di dunia penulisan, juga sharing keseruan acara blogger & media gathering.
Apa yang disampaikan pembawa acara mengenai blogger dan media memang ga salah juga sih. Tapi yang begitulah, kalau sama semua dan ga bervariatif, hidup jadi ngga berwarna kan? Itulah sebabnya ada blogger dan ada media, hihi.
By the way, gathering kali ini bukanlah sembarang gathering bagi saya, karena kali ini saya bergabung dengan para beauty blogger. Duuuh, minder banget sebenernya. Tapi untunglah ada Mbak Lidya, Mbak Titis dan Mbak Dewi, jadi saya ngga canggung tersesat di antara para blogger-blogger cantik dan keceh.
Sarapan pagi, kue-kue ringan sebelum acara dimulai, kuenya enak lho.
Balik lagi ke masalah blogger, keberadaan blogger saat ini semakin diakui, selain karena bahasanya yang lebih ringan, juga karena blogger biasanya membahas dari opini dan pengalaman yang dirasakan. Kalau menurut saya, blogger saling melengkapi dengan media. Dan kini blogger juga banyak dicari dan bisa dimonetized
Tapiii, bagamana supaya blog kita bisa dimonetized? Nah, pada acara launching produk PIXY Two Way Cake Cover Smooth kemarin, PIXY Cosmetics mengundang Mas Nurulloh dari Kompasiana untuk berbagi seputar masalah blogging: “Blogging & Its Strategy”. Uuuuh, ngga sabar pengen dengerin materinya.

Blogging & Its Strategy
Jadi menurut Mas Nurullah ada 3 hal saat kita memulai blogging, yaitu latar belakang kita ngeblog, identifikasi masalah dan strategy blogging. Jadi katanya sebagian orang pada saat mulai ngeblog awalnya buat aspirasi diri (narsis). Hehe, ngga salah sih. Setelah melewati tahapan narsis, selanjutnya akan menuju ke tahap aktualisasi diri, kemudian self promotion dan tahapan tertinggi dari blogging adalah personal branding.
Nah ini motivasi orang kenapa ngeblog: sharing, publikasi, eksistensi, menolong, dokumentasi, pengetahuan, bisnis
Ngeblog itu gampang mulainya. Istilah kerennya, blog is easy to start but hardly to maintain. Hayoo, ngaku. Saya sih ngaku, memang susah untuk maintain. Alasannya banyak, lagi sibuk di kantor, anak-anak belum tidur, ngga ada waktu, ga ada ide, ga percaya diri, keseringan redesign template, dan berjuta alasan lain. Menurut data yang ada, 60% blog ga di update dalam waktu 1 bulan. Euuuuh, bulukan atuh yak. Alhamdulillah, saya belum termasuk yang kategori 60% ini. Ada minimum 1 artikel baru lah tiap bulannya.
Saat kita menulis untuk sebuat blog, kita juga harus memperhatikan pembaca kita, menganalisis, artikel seperti apa sih yang akan menarik atau dicari? Menurut Mas Nurullah, alasan orang membaca blog pada umumnya mencari pilihan, mencari informasi produk, atau mencari inspirasi. Kalau menurut statistiknya sih 30% orang membaca blog untuk mengkonfirmasi pilihan, 33% untuk mempersempit pilihan, 43% mencari inspirasi, 46% investigasi awal sebelum membeli sebuah produk.
Intinya sih, kita harus mengenal audience kita dengan baik. Tentukan end-user kita siapa (target pembaca), kebutuhannya seperti apa, prilakunya, juga keinginannya.
Asyik menyimak materi yang disampaikan, plus live tweet.
Nah, kemudian seperti yang pernah dipelajari dari FUN BLOGGING, Content is a King! Bagaimana cara membuat konten yang bagus yang dicari orang? Berikut ini tips dari Mas Nurullah:
Original Idea. Iya dong, idenya harus orisinil atau asli. Jangan yang copy paste.
Strong Headline. Untuk strong headline ini, Mas Nurullah bilang, ada kalanya artikel-artikel lama yang menarik bisa tetap dijadikan headline blog. Biasanya blog yang selfhosting bisa menampilkan headline, jadi semacam editor choice.
Attractive Tittle. Tentu saja judul harus menarik, supaya orang mau membaca artikel kita. Judul itu semacam daya tarik pertama. Nah, tips judul yang selalu dicari orang adalah yang memakai angka. Contoh: 9 Kuliner Kota Kuningan Yang Bikin Kangen, 5 Kuliner Anyer Enak & Murah Yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan. Katanya sih terbukti dengan menggunakan angka pada judul bisa meningkatkan pencarian di search engine.  
Novelty. Ada yang tau apa itu novelty? Haha, jangan khawatir, saya juga baru tahu kok. Jadi novelty itu adalah hal yang baru. Tulislah sesuatu hal yang baru, sehingga akan mengurangi persaingan dalam pencarian di search engine. Juga jika hal baru akan menjadi topik yang dicari orang.
Show The Experience. Blog itu beda dengan media. Biasanya blog itu menceritakan tentang pengalaman seseorang, misal dalam mencoba sebuah produk. Nah, biasanya orang juga mencari artikel seperti ini.
Present The Data & Fact. Berikan data dan fakta yang mendukung biar lebih aktual.
Give Solution. Selain itu, berikanlah solusi, karena orang pasti mencari sesuatu memerlukan solusi.
Use Own Language Style. Gunakan gaya bahasa sendiri. Jangan salah, gaya bahasa bisa dijadikan personal branding. Mas Nurullah memberikan contoh Cumi Lebay, yang mempunyai gaya bahasa yang tiada duanya. Jadi ketika orang membaca artikelnya, pasti langsung terpikir Cumi Lebay.
Completed With Related Image or Video. Ini penting juga. Sekarang, bukan hanya tulisan, tetapi juga foto dan video yang menarik akan memberikan nilai tambah pada sebuah tulisan.
Supaya blog kita banyak didatangi pengunjung, jangan lupa, kita harus responsive: menjawab komen dari pengunjung blog, menjalin percakapan, menerima kritik. Dengan demikian engagement juga akan terjalin.
Oya, untuk mendapatkan traffic yang bagus ke blog kita, konten kita harus lebih dari sekedar viewable, konten kita haruslah memorable. Maksudnya, ada kalanya sebuah artikel memberikan traffic tinggi, tapi hanya sekejap, itu yang dinamakan viewable but not memorable.
Itulah tips ngeblog dari Mas Nurullah yang telah berkecimpung lama di Kompasiana. Alhamdulillah, dapat ilmu tambahan datang ke PIXY Beauty Blogger & Media Gathering ini.

Belajar Make-up dari Tsukasa Yamaguchi, Make-up Artist & Beauty Director Jepang
Acara selanjutnya, PIXY menampilkan demo make-up Tokyo Latest Style oleh Tsukasa Yamaguchi. Beliau adalah professional hair & make-up artist, juga beauty director. Yamaguchi san lulus dari sekolah fashion design, dan mempelajari desain grafis secara otodidak. Setelah itu, Yamaguchi san bekerja sebagai Make-up Trainer dan menjadi Make-up Director di sebuah salon ternama di Tokyo.
Karirnya bertambah luas sebagai Make-up Trainer, shooting untuk iklan majalah, dan kemudian menjadi pengelola hair salon dalam lingkup industri kecantikan.
Tsukasa Yamaguchi berbalut jaket pink, fashionable, ternyata pink cocok juga buat pria
Tahun 2010, Yamaguchi san bergabung dengan Beaumax Inc sebagai Beauty Director. Aktif secara luas di bidang industry kecantikan seperti shooting untuk perusahaan kosmetik, Product Planning & Development, Make-up Trainer, mendesain Web Content, dan pengisi acara make-up show & event dalam lingkup dunia kecantikan. Juga mempunyai banyak pengalaman aktivitas make-up di luar negeri.
Berbalut baju putih dengan jaket pink dan celana kain di atas lutut, Yamaguchi san menyapa para peserta PIXY Gathering.
Yamaguchi san ini ternyata pintar loh berbahasa Jepang. Haissh! Ya, iyalah, orang Jepang jeh. Masa pintar bahasa Jawa. Ya, berhubung pernah sedikit-sedikit belajar bahasa Jepang, jadi ada beberapa kata yang saya familiar. Indonesia no jyosei kirei desu, katanya. Yang artinya, cewek Indonesia cantik-cantik. Sepanjang acara, Yamaguchi san ngomong Bahasa Jepang terus. Hebat ya saya, bisa mengerti pembicaraannya. Uhuk! Ngga lah, ada penterjemah kok. Hihi.
Kedatangan Yamaguchi san kali ini  adalah untuk demo make-up latest Tokyo Style yang elegan & cute menggunakan produk kecantikan PIXY Cosmetics, juga menggunakan produk unggulan terbaru PIXY Two Way Cake Cover Smooth.
Mulai melakukan demo make-up, latest Tokyo style.
Kelar deh make-up nya, dan model pun diserbu jepretan kamera, xixixi
Baca juga: Demo Make-up Tsukasa Yamaguchi, Tokyo Look yang Elegan, Cute & Natural
Saking tersepona, eh terpesonanya saya dengan demo make-up Yamaguchi san, saya jadi lupa live tweet, hanya sempat beberapa tweet. Duh, kalau melihat demonya, kayaknya ga susah ya berdandan cakep mirip cewek-cewek Tokyo.
Setelah selesai demo make-up, Tsukasa Yamaguchi bersama brand ambassadornya PIXY, Mika Tambayong, menjawab pertanyaan-pertanyaan antusias dari para beauty blogger. Mika Tambayong juga berbagi cerita keseharian dan kenapa dia memilih PIXY. Mika juga mengatakan bahwa tata rias PIXY itu natural banget. Hmmm, cateeet!! Saya suka yang natural. Beliii aaah.
Mika Tambayong hadir dalam acara peluncuran PIXY Two Way Cake Cover Smooth
Akhirnya acara ditutup dengan pembagian door prize dan foto-foto. Seperti sudah ditebak, saya tidak menggondol satu pun doorprize dari PIXY. Hiks. Ya, iyalah, mau menang gimana, ngetweet aja sampai lupa, gara-gara terpesona Yamaguchi san.  
Oya, selain melakukan blogger & media gathering untuk peluncuran PIXY Two Way Cake Cover Smooth, di tempat yang sama PIXY Cosmetics juga melakukan berbagai kegiatan di Mall Ciputra. Selain menghadirkan Tsukasa Yamaguchi, PIXY Cosmetics juga menghadirkan Yura di acara ini. Nah, para pelanggan PIXY Cosmetics, bisa dimake-up oleh Yamaguchi san. Seru yak, acaranya. 
Berpose dulu di depan my morning saviours


Peluncuran PIXY Two Way Cake Cover Smooth, Beauty Capture Lock di Mall Ciputra


12 comments:

  1. Wah seru banget ya, Mba. Langsung dapet dua ilmu. Tentang blogging dan juga kecantikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..betul Mbak...sekali dayung dua tiga pulau terlampau....

      Delete
  2. Terkesan sama materi yang disampaikan..pertama ngeblog itu inspirasi sampai pada tingkatan personal bandingannya..tetap semangat untuk ngeblog hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...ternyata ada tahapan-tahapan ngeblog. Dari mulai awal hanya sekedar curhat-curhat, narsis, belajar, ingin menginspirasi, aktualisasi diri sampai ke personal branding. Jadi ngeblog tidak selamanya demi uang..

      Delete
  3. Wah seru sekali mbak acaranya ditempat saya kapan ya akan diadakan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru Kang, kalau buat saya jadi bisa dapat ilmu blog plus kecantikan. Kecantikan ini baru nih buat saya, jadi berasa banget manfaatnya.

      Delete
  4. asyik bgt sih bun, bisa ngadirin acara beginian. jd nambah semangat ngblognya ya bun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..tambah semangat, charge energy...xixixi.

      Delete
  5. Blogging: easy to start, hardly to maintain. Iya bangeeeet XD. Ada aja alesannya mah *kalo saya* hihi. Makasih ilmunya ya Mba, moga2 bisa melewati tahapan sampai bisa buat branding diri. Amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Rotun...apalagi kalo udah dateng penyakit M...Males!!! Hahaha.

      Delete
  6. Kayaknya unik kalau ada cowok jadi beauty blogger. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya unik deh Mas. Tapi bukan ngga mungkin sih...hehe..

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan