Tips Memilih Lipstik Yang Sesuai Dengan Warna Kulit Wajah

tips memilih lipstik sesuai warna kulit wajah
Pernah ngga kamu kesulitan memilih warna lipstik yang sesuai untuk bibir kamu? Saya sering, malah sampai sekarang masih kebingungan untuk memilih warna yang sesuai dan ngga mencolok.
Terkadang kalau melihat orang lain memakai lipstik bagus, pasti deh kita ingin mencobanya.
“Itu lipstik apa? Nomor berapa? Bagus banget yak,” begitu orang bilang jika mengagumi lipstik yang dikenakan orang.
Tetapi ternyata lipstik yang bagus diaplikasikan di bibir orang, belum tentu hasilnya akan bagus diaplikasikan di bibir kita. Frustasi ngga sih? Banget!
Nah, ini ada kiat-kiat memilih lipstik yang sesuai dengan warna kulit kita yang saya baca. Hmmm, untuk sharing dan juga sebagai pengingat untuk saya sendiri.
1.        Pilih warna lipstik satu atau dua tingkat warna alami bibir.
Pakailah lipstik tersebut di bibir bawah, bandingkan warna tersebut dengan bibir atas. Jika warnanya jauh berbeda itu tandanya kita harus memilih warna lipstik yang lain.
2.        Pilih matte atau glossy?
Menjatuhkan pilihan pada lipstik matte atau glossy menentukan hasil akhir penampilan bibir. Lipstik matte akan membuat bibir tampak lebih tipis, tapi glossy atau mengkilap akan membuat bibir tampak penuh atau besar.
3.        Banyak bereksperimen menggunakan berbagai warna lipstik
Kulit putih akan cocok menggunakan warna merah muda, warna-warna nude ataupun krem. Sedangkan jika warna kulit kita sawo matang, hindari warna coklat dan ungu, pilihlah lipstik dengan warna-warna oranye. Untuk warna kulit gelap, katanya coklat atau ungu akan terlihat cocok di bibir kita.
Terus terang saat membeli lipstik di mall – mall, saya sering bingung bagaimana caranya. Terkadang saya tertarik membeli satu warna yang saya anggap cocok, eh, pas di rumah nyeselnya minta ampun. Terus akhirnya saya pun suka bertanya sama Mbak SPG-nya, “Mbak, kira-kira warna lipstik yang cocok buat saya yang mana yak?”
Si Mbaknya menatap, terus mengambil sebuah lipstik berwarna merah. Walaaah, langsung saya tolak mentah – mentah. “Wah, ngga mau Mbak, kalau merah. Ngejreng banget deh! Saya ngga pede makenya.”
Jadi katanya kalau membeli lipstik, kiat – kiatnya adalah:
1.        Harus dicoba
Saat beli lipstik harus dicoba untuk melihat kecocokannya. Nah, kalau kayak saya yang pemalu dan ngga ingin coba di tempat, lebih baik mengujinya pada bagian dalam jari kita, daripada di bagian pergelangan atau permukaan sisi tangan. Ujung jari kita katanya mendekati warna alami bibir. Jadi, cobanya di ujung dalam jari yak.
2.        Hapus yang bersih saat akan mencoba warna lain.
Jika ingin bereksperimen dengan warna lain, bersihkan bibir dengan sempurna sebelum mencoba warna lain. Jika tercampur, hasilnya tentu akan tidak sama
3.        Cobanya di area yang terang, yak.
Jika mencoba, pastikan menggunakannya di area yang terang. Nah, kalau di mall ini sih masalah. Terkadang karena efek pencahayaan, bisa salah mengenali warna nih.
4.        Jangan coba lipstik di toko langsung pada bibir kita
Bisa jadi mengandung bakteri, sehingga tidak disarankan untuk mencoba langsung lipstik di toko pada bibir kita. Lebih baik dicoba pada ujung jari tangan
5.        Cek apakah lipstik mengandung zat berbahaya
Caranya? Oleskan lipstik pada pergelangan lengan. Terus gosok dengan cincin emas atau perhiasan emas lainnya. Jika berubah menjadi hitam, berarti lipstik tersebut mengandung zat berbahaya.
6.        Uji warna lipstik saat tanpa riasan wajah
Nah, ini juga patut dicoba. Menggunakan lipstik tanpa riasan wajah, untuk melihat sejauh mana efek lipstik tersebut membawa dampak cerah ke kulit wajah kita.
tips memilih lipstik sesuai warna kulit wajah
Warna lipstik pilihan saya, Wardah No. 02 dan No. 03
Akhirnya setelah sekian lama, dan penuh perjuangan panjang, saya menemukan lipstik yang menurut saya sih cocok di bibir saya. Yaitu lipstik Wardah No. 02 dan No. 03, matte. Saya sering mencampur kedua warna tersebut di bibir saya. Warnanya menurut saya sih natural, ngga menor. Terus tidak membuat bibir saya tampak lebih tebal.
Selanjutnya, jika sudah menemukan warna yang cocok, saya tidak harus membeli di toko. Sekarang zaman serba digital, bisa beli make up online. Lebih efisien waktu, juga terkadang ada promo – promo produk kecantikan. Tuh kan, double manfaat? 

10 comments:

  1. Saya kira,,, warna apa aja bagus,,,, ternyata harus dicocokan sama warna kulit wajah...

    ReplyDelete
  2. Warna favo sy pink peach, tp cocok ga yah. Boleh dcoba nih tipsnya. Makasi mba ^^

    ReplyDelete
  3. Waahhh saya awam banget sama yang namanya lipstick, karena ngga hobby make up dan sukanya polos. Hmmmm tapi infonya berguna banget ini, karna sewaktu-waktu saya juga harus pake. hehehehe Makasih mba. :)

    ReplyDelete
  4. belakangan aku lg suka lipstick yang mate nih mbak..kmrn hbs borong 3 warna beda. klo belanja online suka ga berasa sih klik2 tahu2 dah 3 macem hahaha

    ReplyDelete
  5. Beda ama laki-laki, yang (biasanya) gak terlalu mempersoalkan kecocokan barang yang dipake. Ehh tapi kalo soal warna sih, Laki-laki juga suka milih-milih. Punya favorit-nya tersendiri.

    BTW, wanita adalah makhluk ciptaan Tuhan paling indah. Cukup dengan mengeluarkan satu senyuman, mereka tidak perlu lagi memikirkan soal make-up. (Mudah-mudahan ada cewek jomblo yang baca, lalu tertarik). Hehehe.

    ReplyDelete
  6. Aku suka lipstik warna pink, kalo merah nggak pede pake nya hahaha. Point 5 itu aku baru tau lho. Makasih infonya :)

    ReplyDelete
  7. kulit saya gelap, cobain ih yg warna ungu

    ReplyDelete
  8. Kalo aku di larang ama mama ku milih lipstik hua hua hua #Kaburrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku suka merah tua karena bibriku hitam , suka glossy biar lembab

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan