9 Camping Ground Asyik Untuk Merayakan Liburan Akhir Tahun

Masa-masa liburan akhir tahun seperti ini, selalu terbayang Tasya kecil yang menggemaskan bernyanyi riang, "libur tlah tiba. libur tlah tiba. hatiii...ku gembiraaa..."
Tapi hati saya tidak gembira ketika ayahnya anak-anak mengajukan usulan yang diaamiinkan sama anak-anak: CAMPING!
Harus cari tahu tempat camping atau berkemah yang nyaman nih.
Anak-anak memang selalu gembira jika musim liburan tiba. Ngga peduli emaknya bingung setengah hidup menentukan mau liburan kemana kali ini. Emaknya harus pinter-pinter muter otak supaya kegiatan liburan meninggalkan kesan yang manis, walaupun sederhana, tapi pastinya kreatif dong ya.
Nah, kalau urusannya camping, saya sudah menuliskan daftar 9 tempat camping yang sekiranya bisa dijadikan referensi. Dari camping yang glamour hingga camping yang harus berjibaku mendirikan tenda sendiri.

1. Trizara Resorts, Lembang Bandung - Glamour Camping

Buat saya, kamu yang mau bercamping tapi ngga pakai ribet, nyaman, mewah tapi tetap merasakan menyatu dengan alam, pilihan pertama saya Trizara Resorts yang terletak di ketinggian Bandung Utara ini.
Suasananya yang asri dan alami bakal membuat kita betah berlama-lama, ngga mau pulang. Setidaknya itu yang saya rasakan saat camping di sana.
Memandang Bandung dari ketinggian, dengan pemandangan tiga gunung di sekeliling, betul-betul breath-taking, apalagi saat di malam hari. Langit malam begitu bersih, jauh dari polusi.
Beneran lost from your busy work and routine activities, deh. 
Saya berencana camping di sini lagi saat bulan baru atau bulan mati, biar bisa lihat langit yang bertaburan bintang. Pasti keren banget.
Trizara Resorts Lembang
Jalan Pasirwangi Wetan, Lembang, Bandung, Indonesia
Telp.: +62 22 82780085
Website : www.trizara.com






2. Bumi Perkemahan Mandalawangi, Cibodas Bogor

Tempat camping yang satu ini terletak di kaki Gunung Gede Pangrango.
Buper Mandalawangi ini adalah salah satu tempat favorit anak-anak berkemah. Kenapa? Karena tempat kemah yang satu ini punya pemandangan lengkap. Mau river view ada. Mau lake view juga ada. Hmmm, ada air terjun kecil juga sih.
Fasilitasnya menurut saya lumayan lengkap. Ada beberapa warung makan juga yang menjual kopi dan mie rebus. Di warung ini jika handphone run out of battery, bisa ikut ngecharge.  Tempat MCK, terakhir saya berkemah di situ bersih, hanya saja airnya sedingin es. Ya, iyalah, kan di kaki gunung.
Pagi hari kita bisa mendayung sampan keliling danau. Siang hari, kita bisa tracking di hutan sekitar situ menuju air terjun, atau mengunjungi Kebun Raya Cibodas yang terletak berdekatan. Di malam hari, kita bisa bikin api unggun, bakar jagung, atau jika beruntung bisa menyaksikan adegan shooting film karena lokasi ini pernah juga dijadikan lokasi shooting.
Ngga punya kayu bakar, ngga ada lampu senter, dan perlengkapan tambahan kemah lainnya? Tenang, di parkiran mobil banyak kok yang berjualan.
Tarif berkemah di Mandalawangi tidak terlalu mahal. Kita pun bisa bawa tenda sendiri. Oya, kalau bawa mobil, untuk parkirnya sehari Rp. 50K.
Overall tempat ini rekomen untuk dijadikan tempat camping keluarga yang murah meriah.
Bumi Perkemahan Mandalawangi
Jalan Raya Cibodas, Lapang Mandalawangi, Cibodas
Cipanas, Cianjur 43253
Telp.: +62 263 2533161
Email : info@mandalawangicibodas@gmail.com
Website : mandalawangicibodas.com



3. Terminal Wisata Grafika Cikole

Mencoba kemah di Grafika Cikole ini adalah dulu saat ada training di Bandung. Pulangnya berkemah di Lembang.
Berhubung saat itu bukan musim liburan, dan area buper juga agak masuk ke dalam, pengurusnya berbaik hati menawarkan kami untuk berkemah di area depan. Buat saya yang penakut tawaran ini membuat hati senang. Tapi lucu juga sih jadinya, berkemah ditemani iringan musik suara kendaraan yang melewati Jalan Raya Tangkuban Perahu.
Menurut saya tempatnya asyik dan sering dijadikan rujukan sebagai tempat berkemah untuk keluarga, komunitas juga perusahaan. Beberapa waktu lalu group pencinta alamnya Kimia Unpad juga melakukan family gathering berkemah di Grafika Cikole Lembang ini. Sayangnya saya ngga bisa ikut gabung karena ada kepentingan lain. Padahal ingin sekali ke sini lagi.
Kesan yang saya dapat ketika berada di sini, suasananya mirip-mirip latar tempat The Hobbit Lord of The Ring. Rumah-rumah kayu di tengah kerumunan pohon tinggi, ditambah halimun yang menyelimutinya.
Terminal Wisata Grafika Cikole Lembang
Jalan Tangkuban Perahu KM 8 Cikole, Lembang
Jawa Barat 40931
Telp.: +62 22 82782441 / +62 81322500284 / +62 817426244
Fax. : +62 22 82780505
Email : info@grafikacikole.com
Website : grafikacikole.com


4. Perkebunan Agrowisata Gunung Mas, Bogor

Gunung Mas yang terletak di Bogor ini adalah perkebunan teh. Tetapi selain perkebunan teh, di sini juga terdapat aneka mainan anak, tempat pengolahan teh, juga villa-villa yang disewakan.
Saya pernah sekali waktu ke tempat ini, waktu anak-anak masih kecil dalam perjalanan menuju Cianjur. Sebetulnya karena penasaran , ada apa sih di Gunung Mas ini? Ternyata tempatnya asyik, dan yang terpenting juga ada camping ground-nya selain fasilitas-fasilitas yang disebutkan di atas.
Sayangnya kami belum pernah mencoba berkemah di sini. Tapi, tempat ini bagus kok buat kamu yang suka dengan alam. Hijaunya daun-daun teh memenuhi seluruh pandangan kita disertai dinginnya udara Gunung Mas, memberikan kesejukan dan kedamaian yang tiada tara.
Gunung Mas
Jalan Raya Puncak KM 87 Cisarua Bogor 16750
Telp.: +62 251 8252501 / 8250356 atau +62 22 2534517
Fax. : +62 251 8254803
Website : awn8.co.id

4. Kampung Cai Ranca Upas, Ciwidey

Di Ciwidey ada juga bumi perkemahan yang cukup terkenal, namanya Ranca Upas.
Saya mengetahui tempat ini pada saat traveling ke Kawah Putih. Ayahnya anak-anak seperti biasanya, suka penasaran jika dengan tempat yang ditemui di sepanjang perjalanan. Demikian juga saat itu. Walaupun saya ingin secepatnya kembali ke Bandung setelah dari Kawah Putih karena kepikiran macet, dia insist untuk mampir sebentar di Ranca Upas.
Dengan berat hati saya pun mengikuti kemauannya. Dan seperti biasa, akhirnya saya harus mengakui feeling dia cukup bagus, karena setelah masuk ke dalamnya, saya pun suka.
Areanya sangat luas. Pada saat kami datang di sana, banyak juga yang berkemah. Banyak tenda-tenda army juga di sana. Selain tempat berkemah, ada juga semacam rumah-rumah kayu yang disewakan. Di situ juga ada penangkaran rusa. Anak-anak exciting melihat rusa-rusa berkeliaran.
Ranca Upas
Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11
Rancabali, Ciwidey Bandung
Jawa Barat 40973
Telp.: +62 81223456991
Website : rancaupas.com

5. The Lodge Maribaya, Lembang Bandung - Glamour Camping

Nah, kalau yang ini saya belum pernah. Tapi kalau lihat dari status share-nya orang yang sudah pernah ke sini, kayaknya mengasyikkan juga jika bisa berkemah di sini.
The Lodge Maribaya ini bisa dikategorikan juga sebagai glamping. Tenda-tendanya lucu, berbentuk seperti bawang berjejer berwarna orange.
Oya, salah satu yang ingin saya coba di sini adalah sky tree-nya. Iih, sebel 7 turunan kalau lihat foto-foto bertebaran di instagram yang menggambarkan lagi berdiri di atas papan sky tree di bawahnya hamparan pohon-pohon pinus yang tinggi, plus kabut putih yang mempercantik area Lembah Maribaya tersebut.
Ah, ini masuk the wanted list saya jika berkunjung lagi ke Bandung.
The Lodge Maribaya
Jalan Maribaya No 149/252 RT 03/RW 15
Babakan Gentong, Cibodas, Lembang
Kabupaten Bandung Barat West Jave 4039`
Telp. : +62 22 20454830 / +62 8112264808
Email: info@thelodgemaribaya.com
Website: thelodgemaribaya.com


6. Highland Park, Bogor - Glamour Camping

Tempat kemah yang satu ini termasuk dalam jajaran glamping, karena sebetulnya merupakan sebuah resort.
Uniknya kamar-kamarnya berbentuk tenda-tenda Mongolia, tenda-tenda Suku Apache India, dan juga tersedia rumah pohon. Lucu juga yak, di sini kita bisa merasakan suasana layaknya di Mongolia pas zaman Jengish Khan, atau suasana tempat tinggal Pocahontas.
Selain tenda-tenda mewah tersebut tersedia juga tipe barak yang bisa digunakan sampai 20 - 25 orang, tergantung dari tipe baraknya. Hmmm, kapan yak kami bisa merasakan berkemah di sini? Dengar-dengar fasilitasnya juga cukup lengkap. Ada waterboom, horse riding, flying fox, high ropes, dan lainnya.
Highland Park Resort Hotel
Jalan Curug Nangka, Kp. Sinarwangi, Desa Sukajadi
Kecamatan Tamansari, Sukajadi,
Tamansari, Bogor, West Java 16610
Telp.: +62 251 8485777
Website: thehighlandparkresortbogor.com


7. Eagle Camp Dusun Bambu

Dari Bogor, kita kembali ke Bandung. Yuhuu! Berkemah di Dusun Bambu!
Dusun Bambu merupakan tempat yang saat ini banyak dibicarakan dan didatangi wisatawan. Ternyata selain bisa menikmati pemandangan alami, beragam permainan, Dusun Bambu juga menyediakan Camping Ground.
Tendanya sudah disediakan, termasuk dengan sleeping bagnya. Di sini juga ada sarana untuk BBQ yang bakal bikin malam kita bersama keluarga tambah meriah.
Dusun Bambu, Bandung
Jalan Kolonel Masturi KM. 11, Kertawangi
Cisarua, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
40551
Telp.: +62 22 82782020
Faks.: +62 22 82782014
Website: dusunbambu.com

8. Pondok Rasamala

Pondok Rasamala terletak di kawasan Taman Gunung Halimun Salak. Saya tahu mengenai tempat glamping yang satu ini dari websitenya Cumi Lebay. Kelihatannya tempatnya asyik, menggabungkan konsep kemah tradisional dengan kenyamanan fasilitas hotel.
Pondok Rasamala
Jalan Raya Gunung Bunder
Kawasan Wisata Gunung Salak Endah, Desa Pamijahan
Bogor Barat – Jawa Barat – Indonesia
Telp. : +62 22 7250730 / 72795447
Email: rsvn@pondokrasamala.com
Website: pondokrasamala.com

9. Tempat Kemah Family

Nah, kalau yang satu ini, tempatnya ngga jauh dari rumah kita, dan tidak memerlukan banyak biaya untuk mencapai tempat ini. Lumayan kan, hemat waktu dan uang. Plus tidak perlu bermacet ria.
Dimana alamatnya Mbak?
Di rumah kita masing-masing. Hehe.
Yup, daripada pusing tahun baru di mana-mana macet, lebih baik berkemah di halaman rumah saja. Sediakan saja peralatan untuk membuat sate juga kembang api. Undang kakak, adik, sepupu, keponakan untuk ikut bergabung. 

21 comments:

  1. The lodge maribaya nya keren. :o Pengen deh ke sana sama anak2. Tapi jauh, ya? :'D

    ReplyDelete
  2. Banyak banget pilihannya, yang nomor 3 aku pingin. Tapi macet nggak ya kalo tahun baru?

    ReplyDelete
  3. Grafika Cikole-nya bikin mupeng. :D Anak2 kelihatan enjoy ya, Mbak? ^_^

    ReplyDelete
  4. Tempatnya keren semua. :D Pengen berlibur ke sana sama keluarga. :)

    ReplyDelete
  5. Mba udah ngubek2 Bandung aku yang deket ke Bandung aja belum pernah ngunjungin smeuanya bahahaha...*tutup muka* maluu

    ReplyDelete
  6. aku pernah camping syantik bareng anak2 di batu tapak sukabumi mba...harganya relatif lbh nyaman di kantong

    ReplyDelete
  7. Saya suka debgan yang nomer tigs mba. Sebagai temapt keakraban mahasiswa kayaknya pas itu

    ReplyDelete
  8. Camping mewah lagi ngehitsss sekarang ini, gw pengen ke cikole hehehe

    ReplyDelete
  9. Terminal wisata grafika cikolee menariikk banget kayanyaa. . Wkwkwk jd pengen kesanaa ihh. . Saya pernah camping di rakata tanakitaa mbak. . Heheh baguss jugaa disanaa 😁

    ReplyDelete
  10. wow semuanya bagus ya, jadi harus dicatat apa dulu yang mau dicoba, yang garfika sering lewat kalau pulang ke cirebon dari subang

    ReplyDelete
  11. Wih, enak banget bisa camping bareng keluarga ya mbak. Aku jadi kepengen camping tapi dimana coba? jauh banget itu dari Madura, hahaha.

    ReplyDelete
  12. Yang saya pernah hanya Kampung Cai Ranca Upas aja. Camping ground ini camping beneran Mba, dengan tenda beneran.....lumayan berasa benar2 camping kalo di sini

    ReplyDelete
  13. Jadi bingung.. Pingin semua, soalnya.. :)

    ReplyDelete
  14. Keren-keren tempatnya mbak,
    Untuk liburan bareng keluarga pun cocok banget.

    ReplyDelete
  15. Aku pernahnya cuma ke mandalawangi mba hihii... Yg aku pingin nomor 1 sama cikole ^^

    ReplyDelete
  16. Kemarin sempat mau ke Maribaya tapi fully booked jadinya ke Trizara. Cakeeep ya tempatnya.

    ReplyDelete
  17. aku pernah glamping sekali di ciwidey dan itu seru banget. nomer 2 kayaknya juga ok yah mbak. nabung dulu ahhh

    ReplyDelete
  18. 3, 6, sama 9 aja yang pernah saya cobain. Memang seru sih kalau kemping :D

    ReplyDelete
  19. Ranca upas gak kuat dinginnya aku mbak hahahahha, wah gunung mas.....pengen....

    ReplyDelete
  20. Saya masih penasaran dengan Trizara resort. Kayaknya tempatnya enakeun ya...

    ReplyDelete
  21. coba aja, didaerah sumatera ada yang kayak gini :(

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan