Menjalani Kehidupan di Dunia Switchable bersama Acer Switch Alpha 12

switchable me acer switch alpha 12
Switchable? Maksudnya, kamu punya kepribadian ganda? Atau kamu punya kehidupan ganda? 
Wait! Wait! Sebelum kamu menghakimi, saya akan ceritakan sebuah rahasia.
Sebagai seorang perempuan yang telah berkeluarga, pernahkan kamu mengalami scene yang pernah saya alami, sebagai berikut:
"Bu, aku ada tugas sekolah membuat barang kerajinan dari stik es krim. Bikin apa ya, Bu? Ibu kan biasanya suka kreatif," rayu Azka
Saya menghentikan tarian jemari di atas laptop, besok deadline lomba menulis. "Ide Caca apa?" Tanya saya mendorongnya untuk mengemukakan idenya terlebih dahulu.
Sebelum mendengar jawaban Azka, kalimat berikut terdengar:
"Ibu, besok aku disuruh bawa bunga mawar," rengek Aisya. Ha? Hari sudah malam, mau mencari bunga mawar di mana?
"Ibu, aku ada PR Bahasa Arab, ngga ngerti maksud soalnya." Begitu saya lihat, langsung saya bercucuran air mata. Jangankan mengerti soalnya, bacanya saja ngga mampu. Isinya tulisan Arab tanpa harokat.
Lain waktu, giliran Emaknya anak-anak yang ribut.
"Bule, sabun cuci, sabun mandi, kecap, minyak, gula, sudah pada habis. Kalau besok ke luar, jangan lupa beli ya." Laporan barang-barang keperluan rumah tangga sudah habis.
"Hmmm," saya mengiyakan, tanpa mengalihkan jemari dari laptop saya yang mulai sering nge-hang.
Ditambah kicauan-kicauan berikut ini:
"Ku, jangan lupa bayar telepon, listrik, kartu kredit." Heboh, padahal tanggal tagihan juga masih lama.
"Ku, anak-anak sudah pada sholat dan mengaji?"
"Ku, anak-anak sudah periksa ke dokter gigi belum? Ini sudah 6 bulan lho."
"Ku, siapin itinerary buat jelajah Lombok dong, lewat jalur darat."
"Ku, gunting kuku naro-nya di mana?" Astagfirullah, padahal itu gunting kuku ada di hadapannya. Entah yang dicari gunting kuku apa tukang gunting. 
switchable me acer switch alpha 12
Jadi ibu rumah tangga memang dituntut multifungsi. Jika diibaratkan negara, ibu rumah tangga mempunyai jabatan rangkap sebagai menteri keuangan, menteri dalam negeri, menteri agama, menteri pendidikan, bahkan sebagai menteri pariwisata.
Itu rahasianya, Sis? 
Bukaaan! 
Selain menikmati kehidupan ibu rumah tangga yang switchable (iya dong, bisa berperan sebagai istri, ibu, anak, pendidik, sosialiter), saya pun mempunyai profesi lain. Hmmm, mirip-miriplah dengan Kara Zor El, sepupunya Superman yang punya profesi lain selain sebagai Supergirl, atau Barry Allen "The Flash" yang punya profesi sebagai ahli forensik.
Apa? Alien?
Hey, I'm an Auditor!
Saya adalah auditor sistem manajemen di tempat saya bekerja saat ini. Desember ini adalah tahun ke-15 saya. Betah? Hmmm, bisa dibilang begitu sih, terlebih bos saya pun orangnya juga ternyata pengertian sekali.
Ina-san, boleh kirim saya email mengenai summary meeting kemarin? Pesan Pak Bos Besar terlihat di layar smartphone.
Maaf, Pak. Saya lagi cuti, tidak punya akses ke komputer kantor.
Oh, maaf mengganggu cuti kamu. Have nice leave ya. Wah, Pak Bos yang satu ini memang pengertian sekali, padahal saya juga ngga masalah sih kalau diganggu kerjaan saat cuti. 
Pekerjaan sebagai auditor dan Management System Controller, mengharuskan saya melakukan koordinasi dengan berbagai bagian. Membuat laporan hasil audit, meringkas hasil audit ke top management, melakukan presentasi, rapat, semua adalah hal rutin yang saya lakukan di pekerjaan. 
Terkadang saya harus ke luar kota untuk urusan audit supplier dan audit transporter. Selain ke luar kota, pekerjaan saya pun terkadang mengharuskan traveling ke luar negeri, seperti mengikuti technical exchange meeting. Mencatat hasil observasi di lapangan, mengetik ide-ide atau opini yang muncul dalam meeting menjadi satu hal wajib. Dan, sepulangnya dari bisnis trip, bukannya bisa berleha-leha, saya pun masih harus merangkumnya dalam bentuk laporan.
Selain sebagai auditor, saya juga tergabung dalam tim redaksi majalah perusahaan. Ya, sifatnya memang sukarela, tetapi tetap saja namanya tim redaksi pasti punya deadline penerbitan.
Dari ceritanya di atas sudah bisa ketebak, apa senjata andalan saya. Yup, saya tergantung sekali dengan peralatan digital, seperti laptop, kamera, smartphone.
Mempunyai peralatan digital yang ringkas, ringan, dengan performance yang baik sangat membantu saya dalam mendukung pekerjaan saya. Apalagi saat harus bisnis trip ke luar kota atau luar negeri.
Hey, I'm an Auditor, but I Do Enjoy My Hobbies.
Punya kehidupan yang hectic sebagai menteri rumah tangga pun sebagai karyawan, tidak menghalangi saya untuk menikmati hobi. Jangan dikira seorang auditor tidak memiliki hobi. Auditor juga manusia. 
Ngomong-ngomong masalah hobi dan pekerjaan, idealnya sih memang punya hobi yang menjadi pekerjaan, plus dibayar. Jika seperti ini, rasanya ngga pernah ada yang namanya I hate Monday. Everyday is likes Saturday or Sunday.
Dulu, saya melakukan pekerjaan sebatas kewajiban yang harus dipenuhi, tanpa pernah berpikir untuk perkembangan diri sendiri. Sampai saya berjumpa seorang bos besar yang ditakuti semua orang pada waktu itu. Saking strict-nya memegang aturan, bayangkan saja, seorang karyawan yang naik motor tapi ngga pakai helm, beliau kejar ke jalanan, demi mengingatkan pentingnya menggunakan alat pelindung diri.
Dan saya pun tidak lepas dari "sentilan"-nya. Tapi, dari beliau pula saya memahami bahwa kerja bukan hanya sekedar mencari uang atau menggugurkan kewajiban, bahwa kita juga harus memperhatikan life balance dan terus meng-upgrade kita sendiri. Kita memerlukan penyeimbang rutinitas, memerlukan chicken soup for the soul. Dan, saya menemukannya melalui hobi, yaitu traveling, fotografi dan menulis yang kebetulan juga sejalan dengan pekerjaan. 
switchable me acer switch alpha 12
Kenapa saya suka traveling? Well, karena traveling mengajarkan saya mengenai kehidupan. Karena traveling adalah belajar untuk bersyukur dan menerima berbagai perbedaan. Dan menuliskan kisah perjalanan yang saya lakukan, seolah merupakan perjalanan kedua bagi saya.
Dengan seabrek aktivitas saya, Alhamdulillah, anak-anak tidak pernah protes. Mereka mendukung kegiatan saya baik sebagai pekerja maupun penulis, pun suami apalagi. Malah terkadang mereka yang ngomporin. "Bu, ada tempat kuliner baru, ke sana yuk. Kan lumayan, Bu, bisa update blog."
Pinter kan merayunya? Padahal mereka memang pengen keluar jalan-jalan dan makan. Hahaha.
Blog? Are you a blogger?
Ya, sekitar hampir 2 tahun yang lalu, aktivitas saya pun bertambah dengan kegiatan nge-blog. Berawal dari sekedar ingin menuliskan pengalaman traveling dan kuliner. Tapi malah menemukan serunya dunia blogging. 
Nah, paling seru jika di kantor di kejar deadline pekerjaan, audit dan meeting; di rumah pun anak-anak sedang ujian harian atau semesteran, ditambah deadline tulisan lomba dan sponsored. Belum lagi harus pergi untuk bisnis trip atau traveling gratisan seperti minggu lalu. Hectic sekali!
switchable me acer switch alpha 12

Tapi, entah kenapa saya menyukai saat-saat seperti ini. Rasanya seperti berpacu dengan waktu. Adrenalin meningkat dan semangat rasanya bertambah berkali lipat.
Di saat seperti ini, saya berharap bisa membawa laptop untuk mencuri-curi mengerjakan deadline pekerjaan. Lumayan kan kalau bisa mengerjakan saat menunggu di ruang boarding, atau malam hari sebelum berangkat tidur, atau dalam perjalanan.
Sayangnya seringkali saya harus mengurungkan niat untuk membawa laptop dikarenakan ukurannya yang bontot, juga beratnya yang merepotkan.
Acer Switch Alpha 12 untuk Dunia Switchable Me
"Bu, sepertinya ini cocok buat Ibu," kata Azka, memperlihatkan sebuah iklan gadget, "Ibu kan sukanya yang simple tapi canggih."
switchable me acer switch alpha 12
Acer Switch Alpha 12, notebook intel core pertama tanpa kipas. Begitu melihat tampilannya, saya langsung jatuh hati. Designnya yang mewah dengan sentuhan warna silver metalik itu lho, bikin hati berdebar-debar, percis kayak orang lagi kasmaran.
“Fungsi yang switchable antara notebook, tablet dan PC”
Notebook 2 in 1 besutan terbaru Acer ini bisa berfungsi sebagai tablet, bisa juga sebagai notebook. Tinggal disesuaikan dengan kebutuhan saya. Jika sedang dalam bus jemputan, saya bisa mengunakan mode tablet. Jika menemukan meja, saya bisa memfungsikan notebook mode-nya.
Jadi ceritanya, pulang-pergi kerja saya menggunakan bus jemputan. Namanya daerah Anyer, selalu langganan macet, apalagi musim penghujan. Jarak pabrik dan rumah yang biasa ditempuh dalam waktu 40 menit, terkadang bisa memakan waktu 2 jam. Tuh, lumayan kan waktu yang bisa digunakan untuk membuat draft tulisan.
Kerennya lagi keyboard docking-nya dilengkapi engsel magnet yang memungkinkan untuk merubah fungsi notebook dan tablet dengan cepat. Cocok buat orang yang punya mobilitas tinggi dan switchable
switchable me acer switch alpha 12
Acer Swicth Alpha 12, saat dilepas keyboard-nya, bisa saya gunakan untuk browsing masalah isu-isu seputar lingkungan, kesehatan dan keselamatan kerja, termasuk legal terbaru yang berkaitan. Karena sebagai seorang auditor, apalagi auditor safety dan environment, saya harus selalu up to date mengenai hal-hal tersebut. Juga sebagai blogger, berperan saat saya harus mencari inspirasi atau studi literasi.
By the way untuk para profesional pun, Acer Switch Alpha bisa ditransformasi menjadi sebuah PC dengan kinerja level desktop melalui tambahan USB type-CTM Dock2.
“Dilengkapi kamera depan dan belakang untuk mendukung aktivitas pekerjaan dan hobi.”
switchable me acer switch alpha 12
Notebook ini juga ternyata dilengkapi dengan kamera depan dan belakang dengan resolusi yang lumayan dapat mendukung pekerjaan saya. Switch Alpha dilengkapi dengan resolusi 5MP pada kamera utamanya dan 2MP pada kamera depan. Fitur kameranya juga telah dilengkapi pengaturan ISO, HDR, dan lainnya.
Saat saya memerlukan bahan untuk menulis di blog, ataupun sebagai bukti laporan audit, saya bisa gunakan kamera belakangnya untuk langsung melampirkannya dalam microsoft note saya. Jadi ketika sampai di kantor atau kembali ke rumah, saya tinggal melihat ringkasan atau pun foto-foto yang terdapat pada catatan digital tersebut. Hidup jadi lebih mudah kelihatannya.  
“Resolusi layar sudah 2K, lho! Hmmm, bisa jernih dong?”
switchable me acer switch alpha 12
Ukuran layarnya 12 inchi, menurut saya sih mencukupi, tidak terlalu kecil dan tidak pula terlalu besar. Layarnya dilengkapi teknologi IPS, dengan resolusi 2160 x 1440 pixel. Pastinya layarnya bisa menghasilkan gambar yang tajam dan baik. Asyiknya lagi, notebook hybrid ini memanfaatkan teknologi BlueLight Shield, yang membuat mata kita nyaman memandangi layar dalam waktu yang cukup lama. Tapi, walaupun begitu, tetap ya, harus memperhatikan posisi ergonomis, dan setiap beberapa saat kita harus mengalihkan pandangan dari layar. Kalau yang ini sih rekomendasinya dari orang Safety & Health.
Keyboardnya pun sudah dilengkapi dengan backlit yang pastinya akan sangat membantu mengurangi kesalahan mengetik saat minim cahaya.
“Bisa di bawa kemana pun. Selipkan di dalam tas, tadaaa . . . menghilang! Hanya akan terlihat saat diperlukan.”
switchable me acer switch alpha 12
Dari segi berat, sebagai notebook beratnya sekitar 1,2 kg. Jika keyboardnya dilepaskan, maka fungsinya beralih menjadi tablet dengan berat 900 gram dengan ketebalan 9,5 mm. Tipis, ya. Bisa dibayangkan dong, ini notebook bisa diringkas masuk ke dalam backpack saya. Ga usah galau memutuskan antara bawa notebook atau tidak, seperti saat kemarin mau traveling ke Papua Barat. Profesi dan hobi jadi berjalan berdampingan. 
“Tidak berisik dan powerful”
Acer Switch Alpha 12 ini juga merupakan notebook hybrid pertama yang menggunakan sistem pendingin tanpa kipas. Lho? Terus pakai apa? 
switchable me acer switch alpha 12
Jadi notebook kece ini menggunakan teknologi Acer terbaru yaitu LiquidLoopTM. Mirip kayak di pabrik, sistem pendinginnya menggunakan closed-system. Panas yang dihasilkan akan disalurkan dan diserap oleh cairan pendinginnya. Jadi, karena sistemnya tertutup, debu pun tidak akan masuk ke dalam, notebook pun menjadi tahan lama. Tapi yang terpenting dari semua itu adalah dengan tanpa kipas, kerja CPU jadi optimal dan saat dioperasikan tidak akan ada tuh suara berisik, aman kalau dinyalakan saat meeting atau di tempat-tempat yang memerlukan keheningan tingkat tinggi.
“Transfer data super cepat dengan dukungan port USB type-CTM
Bagi saya yang paling menyebalkan berikutnya adalah saat harus transfer data, tapi kecepatan transfernya sangat lambat. Aduh, pengen ngegeplak itu laptop deh rasanya. Apalagi kalau sudah bel waktunya pulang berbunyi, atau harus mengejar waktu boarding pesawat. Wah, kacau deh dunia.
switchable me acer switch alpha 12
Nah, saya baru tahu bahwa ternyata kecepatan transfer itu dipengaruhi oleh tipe port USB. Di Acer Switch Alpha 12, port USB nya telah menggunakan teknologi terdepan seperti port USB type-CTM dengan USB 3.1 gen 1. Dengan fitur ini kecepatan transfer data bisa sampai 5 Gbps, which is 10x lebih kencang dibanding USB 2.0. Cocok banget nih buat yang fast moving.
Kinerja mesinnya bagaimana? Design keren kalau performa ngga mumpuni juga percuma kali ...
“Performa mumpuni dengan intel core-i series generasi ke-6, plus Window 10 sebagai operating system.”
Ah, tenang. Acer telah membenamkan prosesor Intel Core i series generasi ke-6 untuk Switch Alpha 12-nya, yang diklaim memiliki kinerja kencang dan hemat energi dibanding produk sejenis. Jadi SpAcer, begitu panggilan untuk para Acer mania, tidak perlu khawatir dengan kinerjanya.
Acer Switch Alpha 12 juga telah dibekali sistem operasi Window 10 Home 64 bit, yang bisa memberikan kita pengalaman seru. Dengan kecepatan RAM 8GB dan media penyimpanan 265GB – 512GB, akan cukup memuaskan saya untuk menginstal aplikasi-aplikasi yang saya perlukan untuk kegiatan audit juga blogging, seperti aplikasi untuk edit foto, video, dan lainnya.
“Dilengkapi Digital Active Pen & Kickstand yang adjustable.”
switchable me acer switch alpha 12
Hmmm, ada lagi yang belum saya informasikan? Ah, ya! Switch Alpha 12 dilengkapi dengan Digital Active Pen dan kickstand. Fungsi kickstand ini bisa mempermudah pandangan, karena bisa diputar hingga 165o. Active pen yang disediakan Acer pun, bukan sekedar stylus biasa, tapi bisa memberikan kita pengalaman menulis digital yang rapi karena sensitivitasnya bisa sampai 256 tingkat tekanan. Jadi, bisa digunakan untuk membuat sketsa digital yang presisi. Wah, kalau terus bahas ini, saya jadi pengen beralih jadi designer kayaknya. Hahaha.
acer switch alpha 12 switchable me
Ready for Switchable Me?
Walaupun saya menikmati dunia switchable saya, Ibu Rumah Tangga – Auditor – Editor –Traveler – Blogger, tetap saja saya harus menjaga batasan-batasan supaya Pekerjaan & Hobi Berjalan Harmonis.
1. Jaga Profesionalisme
Bagaimana pun saya menikmati kesenangan melakukan hobi, tetap sebagai ibu rumah tangga dan karyawan adalah yang utama bagi saya. Menjaga profesionalisme itu wajib hukumnya buat saya. Pekerjaan rumah dan kantor harus saya selesaikan terlebih dahulu. Pantang bagi saya mencuri-curi melakukan hobi di sela-sela pekerjaan kantor, terkecuali saat istirahat atau saat dalam bus jemputan perjalanan pulang pergi.
Begitu pula saat menghadiri event blogger. Jika memang saya tidak bisa datang, walaupun ibaratnya masih ada sistem seleksi blogger yang akan diundang, ya saya tidak akan mendaftar. Jika sudah mendaftar dan terpilih, ya harus diusahakan untuk datang. 
2. Skala Prioritas
Walaupun punya beragam profesi dan juga hobi, kita harus menentukan skala prioritas. Waktu 24 jam wajib dibagi secara efektif dan efisien. Jangan lupa juga untuk me time.
3. Jaga Kualitas & Terus Berinovasi
Menjaga kualitas pekerjaan tetap harus menjadi perhatian. Tidak serta merta dengan alasan sibuk kita menurunkan kualitas tulisan kita misalnya. Sebisa mungkin tetap konsisten, bahkan terus berusaha meningkatkan kualitas konten. Menggali inovasi-inovasi baru yang bisa mempermudah pekerjaan kita. Seperti Acer dong, yang terus berinovasi!
4. Izin Suami & Keluarga
Sehebat apapun kita punya talenta, izin suami dan keluarga adalah yang utama. Bukankan surga istri terletak pada ridha suami? Dunia boleh berubah digital, tapi tetap harus pegang nilai-nilai dasar.
Siap menjalani dunia Switchable Me? Siap doong, apalagi dengan tambahan gadget canggih. Lempar satu dong sini!
switchable me acer switch alpha 12
Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba #SwitchableMe Switch Alpha 12 Story Competition yang diadakan oleh Acer

40 comments:

  1. Emang nggak diragukan lagi si Acer ini. Fiturnya, keawetannya, jaminan yo Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak..coba ada yang lempar satu ke sini. Wkwkwk. Fiturnya bikin gigit jari .. designnya juga suka sih. Cocok buat di bawa traveling.

      Delete
  2. Hwaaaa aku pengen punya ituuu >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbaaak...
      Lagi memandangi fotonya niih. Siapa tahu kesampaian yaaak...

      Delete
  3. Replies
    1. Setuju yang mana nih...hehehe.
      Setuju semua yaaak... :)

      Delete
  4. Replies
    1. Iya kece. Bikin hati blingsatan. Masalahnya designnya aja udah bikin mupeng ... plus dalemannya juga yak..

      Delete
  5. Apa aku move on ke acer aja ya? :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha...yuug muvon bareng-bareng...emang dikata bedol desa... :)

      Delete
  6. pengen beli..tapi kayaknya tahun depan dech :)

    eh, BTW... super sibuk nih kayaknya emak yg satu ini... hehheee...
    sukses bu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mas...pengen beli. Nabung..nabung (ke diri sendiri..hehe).

      Terima kasiiih...

      Delete
  7. kegiatan ibu rumah tangga yg begitu itu tuh yg bikin hectic hihihi apa aja ditanyain ke ibu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mbak San, apa-apa: Ibuuuu..., ngga dari mulai anak pertama (bapaknya anak-anak), anak kedua dan ketiga...wkwkwk.

      Delete
  8. Uo auditor, kece euy sama kaya laptop ini ketce berat yaa. Sukses lombanya mbak :) mampir jg yuu k blogku, ikutan switchable jg ni hehe

    ReplyDelete
  9. Uo auditor, kece euy sama kaya laptop ini ketce berat yaa. Sukses lombanya mbak :) mampir jg yuu k blogku, ikutan switchable jg ni hehe

    ReplyDelete
  10. Eh.. kameranya udah depan belakang kayak smartphone gitu ya? Wawww :o

    ReplyDelete
  11. Sepakat sehabat apapun kita tetap mesti dapat tiket support dari suami dan keluarga :)
    gudluck y mba ^^

    ReplyDelete
  12. Pengen punya itu. Bagus banget. Kayanya juga ringan. Jadinya praktis.

    ReplyDelete
  13. Ini baca banyak review ttg ACER switchable ini, aku sumpah ngiler banget pengen beli :D.. kayaknya memang kuat, dan awet ya produk2 acer... aku nyesel setahun lalu beli laptop lain, yg ga setangguh ini ternyata :(

    ReplyDelete
  14. Iya nih, lagi femes Switch Able. Cucok banget buat kita-kita ya. Praktis dan bisa.... menghilang. Hahaha... sukak banget gaya mbak menuliskan ini, taddaaaa.... dan menghilang :)).

    ReplyDelete
  15. Aku selalu suka kalo lihat ada ibu rumah tangga yang punya kegiatan lain. Itu bagus untuk pengembangan dirinya. Dan nantinya bagus saat ngajarin percaya diri ke anak mereka. Baru kali ini main ke sini. Template blognya unyu :)

    ReplyDelete
  16. Pengen banget deh punya Acer yang ini.

    ReplyDelete
  17. Saya juga pengennya semua bisa dikerjakan mbak, tapi kadang terbatasi oleh kemampuan jadi harus milih-milih mana yang harus diprioritaskan :)

    Semoga Acer dengan segala kemampuan dan kelebihannya bisa membantu pekerjaan kita ya mbak Levi. Mupeng juga saya melihat speknya :)

    Good luck!

    ReplyDelete
  18. Ada harga, ada upa hehehehe.
    Semakin gahar saja produk yang terbaru seperti ini.
    Kalau yang suka ngedit foto atau banyak kerjaan yang membutuhkan laptop mumpuni, emang cocok :-)

    ReplyDelete
  19. infografis yang pertama itu cakep banget mbak..
    good luck buat lombanya

    ReplyDelete
  20. semakin mudah ngeswitch, semakin banyak yang dapat tercapai, duhhh enaknya jadi traveler

    ReplyDelete
  21. Keren ya Si Alpha 12 ini. Cocok banget untuk gantiin laptopku yang udah uzur. Sering ngehang gara-gara kepanasan. Nah si Alpha 12 tahan panas dengan tanpa kipas. Huhuhu mupeeeeeng. :D

    ReplyDelete
  22. mantaps juga ni alpha 12 (y) mauuuuuuu >o<)

    ReplyDelete
  23. As always present good writing.. Goodluck ya, mba!

    ReplyDelete
  24. Tipis banget ya pas udah jadi tab, jadi cuma nambahin berat beban dikit lah kalau masuk ransel 😀

    ReplyDelete
  25. ibu rumah tangga sekaligus pekerja memang butuh partner yang tepat.
    Saya juga kepikiran punya ini :)

    ReplyDelete
  26. keren mbak tulisannya
    semoga menang yaa ^^

    http://www.fujichan.net

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan