#BeraniLebih Bertindak & Mencintai Diri Sendiri

The most difficult thing is the decision to act, the rest is merely tenacity ~ (Amelia Earhart)
Amelia Earhart adalah wanita pertama yang berhasil terbang solo melintasi Samudra Atlantik, dan Amelia hilang secara misterius di tengah Samudra Pasifik, dalam usahanya terbang mengelilingi dunia pada tahun 1937.
Selain terkenal dengan beberapa rekor penerbangan, Amelia juga dikenal sebagai penulis, juru bicara, guru dan pejuang hak asasi wanita.

berani lebihSalah satu perkataan Emilia yang menginspirasi adalah mengenai melakukan suatu tindakan. Emilia bilang, "hal yang tersulit adalah membuat keputusan untuk bertindak, sisanya adalah kegigihan."

Indeed, membuat keputusan melakukan tindakan adalah yang tersulit. Penuh pertimbangan, bagaimana jika begini, bagaimana jika begitu, bagaimana jika aku tidak mampu, waswas, dan terkadang berujung tidak melakukan sesuatu apapun.

Menyesal? Ya, aku sering! Duh, coba aku #beranilebih menjawab, atau duh coba tadi #beranilebih tanpa banyak pertimbangan, coba tadi #beranilebih bertanya, coba tadi #beranilebih unjuk jari tangan, coba tadi #beranilebih memutuskan aktif, coba tadi #beranilebih memutuskan naik gunung, coba tadi #beranilebih ...

Ketika pertama kali ingin menggunakan jilbab di tahun 1995, sebelumnya aku penuh keraguan untuk meminta ijin kepada orang tua. Aku berpikir, mereka mungkin akan tidak setuju, karena waktu itu perempuan memakai jilbab tidaklah semudah sekarang. Aku takut mereka akan melarang. Ketika aku berhasil membuat rangkaian kata-kata yang akan kusampaikan, justru kata-kata itu tidak bisa keluar dengan mudah. Melalui pergelutan panjang, akhirnya aku beranikan diri mengatakan keinginanku secara terbuka, dengan segala resiko yang ada.

Waktu itu Mamah hanya bertanya, "yakin sudah siap? Gimana nanti kalau susah kerja?"

Besoknya, Mamah & Bapak memanggil. Duh, sempat dag dig dug der juga, tumben pakai acara resmi panggil memanggil.

"Hari ini hari apa?", tanya Bapak. Aku lupa waktu itu tanggal ulang tahunku.

"Sebagai hadiah ulang tahun, Mamah & Bapak, mengizinkanmu memakai jilbab, " sambung Mamah, "tapi ingat! Jangan tutup buka yak."

Aku terperangah, andai saja aku #beranilebih memutuskan bertindak lebih awal, tak perlu galau berbulan-bulan. Tapi, aku bersyukur, pada akhirnya berani mengambil keputusan menyatakan keinginanku.

Setelahnya, bukan berarti jalanan mulus lancar. Setiap pilihan pasti ada tantangannya. Di situlah keteguhan diuji. Tapi terkadang, untuk mengambil keputusan untuk melangkah itu yang memerlukan keberanian lebih. Pernah dong merasa malas beres-beres di rumah atau malas menulis, tapi kemudian jika kita paksakan mulai bergerak, maka rasa malas itu berangsur hilang. Setelahnya malah kita merasa lebih nyaman. Rumah ngga berantakan, berhasil menuliskan sesuatu.

Saat berat badan naikku naik ngga karuan, begitu malas rasanya berolah raga ataupun mencoba mengontrol pola makan. Sampai akhirnya aku berpikir, siapa yang bisa bertindak untuk merubah atau mengendalikan hidupku selain diriku sendiri? Moves your body gal! It’s you, who can act to change your world!

Meskipun kelihatannya sederhana, terkadang dalam keputusan-keputusan kecil yang kita ambil, terletak kebahagian kita. Bahagia itu tidak mesti mahal. Menghargai dan mencintai diri sendiri adalah awal bahagia.  

Jadi, #beranilebih memutuskan untuk bertindak! Selangkah demi selangkah menggapai impian. Senri no michi ippo kara, perjalanan 1000 mil pun memerlukan satu langkah pendahuluan. Dan, seperti kata Christoper Columbus, “you can never cross the ocean until you have the courage to lose sight of the shore.” 

--

Facebook : Levina Mandalagiri
Twitter     : @azkaaqeela1517

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan