Hadirnya i-Angel, The Next-Generation of Baby Carrier

i-angel gendongan nyaman dan aman untuk bayi
Pernah ngga sih merasakan terpaksa menahan hasrat traveling gara-gara punya balita? Kebayang harus gendong baby keliling, dari tempat wisata yang satu ke tempat wisata yang lain. Belum lagi kalau traveling yang mau tidak mau banyak berjalan kaki seperti jalan-jalan di Singapura? Aduh Rempong! Mending semedi di dalam gua (baca: rumah) deh, nunggu sampai si kecil agak besar dan sudah bisa berjalan kaki sendiri.

Gendong baby saat traveling saja sudah bikin lelah hayati. Belum lagi kalau ditambah dicemberutin mertua dan ipar gara-gara salah sangka melihat kita manyun plus muka berlipat-lipat kayak kain yang kagak disetrika. Disangkanya kita ngga suka, mereka ikut serta. Duh, ibaratnya, udah jatuh ketimpa tangga, kejedot kening pula. Yang ada pening tujuh belas keliling.

Sekaliber Nurul Noe, yang sering bawa baby Ranu traveling dari umur Ranu 40 hari, pun pernah sampai ingin nangis berguling-guling dan terpaksa menghentikan perjalanan saat treking di Batu Lawang Cilegon. "Pegel banget. Aku berhenti di tengah jalan, ngga sampai finish. Sementara yang lain melanjutkan sampai puncak," katanya. "Begitu juga saat ke Surabaya, yang mengharuskan aku berjalan kaki keliling kota," sambungnya lagi, "capek sekali. Maklum pakai gendongan bayi samping, bukan baby carrier yang model ransel gitu."
i-angel gendongan bayi yang nyaman
Nurul Noe, a traveler mom & blogger: "Salah satu tantangan kalo traveling sama bayi itu saat harus menggendong. Pundak pegel, punggung dan pinggang apa lagi. Bawa stroller repot. Terlebih kalo gaya traveling-nya ala backpacker kere kayak aku (istighfar ngatain diri sendiri kere) yang lebih banyak jalan kaki ke mana-mana." (foto: by NurulNoe)

Bukan hanya Nurul Noe yang merasakan beratnya menggendong baby saat berjalan-jalan. Sebut saja Nina yang terpaksa harus mengurangi kegiatan shopping-nya, gara-gara baby-nya makin bertambah berat. "Dedenya sekarang berat banget," jelasnya, "pundak rasanya mau patah. Mana ngga mau digendong selain sama aku." Begitu pula dengan Heni, yang putrinya menginjak usia 1 tahun lebih. "Berat Mbak. Capek menggendongnya."

Nah, saya pun tak luput dari pengalaman seperti ini. Dulu, saat Azka dan Aisya masih batita, sempet dibikin frustasi dan kapok untuk bepergian jauh. Kedua anak saya itu hanya berbeda 18 bulan. Rempong ngga sih saat si kakak yang beratnya sudah lebih dari 10 kilogram, ngiri ingin digendong juga saat lihat adiknya digendong? Somplak deh rasanya pundak, punggung dan pundak tercinta ini. Tapi apa daya, demi si buah hati tercinta dan hasrat ingin berjalan-jalan menggebu, terpaksa dijalani walaupun rasanya campur sari.

Kriteria Gendongan Bayi Idaman

Memiliki perlengkapan bayi yang nyaman dan memiliki fitur-fitur safety tentunya akan sangat membantu saat para ibu ingin mengajak si kecil jalan-jalan, sekaligus tidak menyusahkan penggendongnya. Di saat frustasi dulu, saya sempat berkhayal, punya gendongan yang mempunyai fitur-fitur seperti ini:

1. Mudah dan nyaman digunakan
2. Design kuat, tidak ringkih dan aman
3. Tidak membuat sakit pundak
4. Emaknya ngga berasa berat saat menggendong
5. Punya banyak bagian multi fungsi, mirip kantung Doraemon

Duh, ada ngga sih gendongan bayi yang mempunyai kriteria seperti di atas? Mimpi kali yak? Mana ada gendongan bayi yang bikin emaknya bisa ngga berasa berat saat menggendong baby-nya atau yang bisa bikin pundak ngga sakit? Di mana-mana yang namanya membawa beban ya berat dan capek lah yak. Impossible banget deh.

Eh, ternyata perkiraan saya salah teman-teman! Minggu kemarin saya baru tahu ada gendongan bayi yang keren, mendekati kriteria idaman. Namanya i-Angel. Eh, maksudnya saya malaikat?

Gendongan bayi yang satu ini, berbeda dengan kain gendongan atau gendongan bayi lainnya yang pernah saya lihat sebelumnya. I-Angel memiliki dudukan yang disebut dengan hipseat, yang berfungsi untuk membantu menompang berat badan si bayi, sehingga beban terbagi secara merata di tubuh si ibu. Karena beban yang merata inilah si ibu tidak berasa sedang menggendong beban berat, bahkan dengan berat 20 kilogram sekalipun. Ah, coba saya mengenal gendongan seperti ini sejak dahulu yak. Mungkin saya akan lebih banyak traveling membawa si kecil. By the way, apa sih kehebatan gendongan bayi yang satu ini sampai diberi nama i-Angel? Saya sempat mencoba mengenakan i-Angel, saat acara Fun Blogging bersama Blibli, walaupun hanya boneka yang mirip bayi beneran. Hahaha, ngomong-ngomong masalah boneka bayi ini, duh kok itu mirip banget yak. Ah, forget it. Balik lagi ke i-Angel, hmmm, setelah mencobanya, menurut saya perbedaan yang nyata adalah:

1. Hipseat Design – Pertama di Dunia 
Ban pinggang dan tali bahu yang lebar, serta adanya hip seat. Saat dipakai, itu gendongan firm banget di tubuh alias ngga meleyot atau ringkih. Punggung kita pun dibuat tegak, ngga bongkok, jadi kayak ketarik gitu. Istilahnya kalau di safety & health itu ergonomis yang akan mengurangi resiko back pain. Si bayi pun bisa duduk dengan nyaman di hipseat-nya, serta tidak menggantung di selangkangannya yang bisa menimbulkan sakit. Hipseat melindungi sendi pinggul dan punggung bayi.

Oya, disebut hipseat, mungkin karena letak dudukannya di pinggul kita. Tapi jangan khawatir, dengan gendongan ini kita tetap bisa menggendong bayi dengan 3 posisi: hadap dalam, hadap luar atau di punggung orang tua.
posisi menggendong nyaman i-angel

2. Gendongan bayi yang tersertifikasi internasional
Pernah dengar ngga sih gendongan yang disertifikasi? Hihi, sumpah, ini baru pertama kalinya saya mendengar jika gendongan pun disertifikasi. Ngga tanggung-tanggung, i-Angel memenuhi regulasi safety di Eropa dan lulus tes safety standard National Customer League di Amerika. Selain itu juga tersertifikasi oleh International Hip Joint Association. Sudah banyak digunakan diberbagai negara Amerika dan Eropa. Nah, sekarang i-angel the next generation of baby carrier ini telah hadir di Indonesia. 

3. Bahan katun berkualitas dan design fashionable
Saat saya memegang bahan i-Angel, saya langsung tahu, it is high quality product! Sebagai seorang wanita dan emak-emak, pastinya punya feeling dong untuk mengetahui mana produk bagus. Yang pasti sih, bahannya tebal tapi lembut. Dan yang tidak kalah kerennya adalah i-Angel ini mengikuti fashion. Cocok deh buat para ibu yang juga sadar fashion dalam aktivitas kesehariannya. Bahkan Carlin Kawidjaya dari BalitaKita.Com mengatakan bahwa saat ini para orang tua juga menggunakan i-Angel ke resepsi pernikahan, dan cocok dengan pakaian yang kita gunakan. Oya, banyak artis juga yang ternyata telah menggunakan i-Angel, contohnya: Dian Sastro, Titi Kamal, Ashanty, Indra Bekti.
fitur i-angel the next generation baby carrier

Sebetulnya i-Angel ini dikembangkan dan didesign di Korea Selatan ini, terinspirasi dari gendongan bayi Korea yang bernama podaegi. Penggemar drama Korea pasti tahu deh, soalnya sering ada adegan orang tua yang menggendong anaknya di punggung saat sibuk melayani para pelanggan. Nah, terinspirasi dari itu, i-Angel didesign supaya membuat ayah dan bunda ngga ribet, tetap nyaman beraktivitas walaupun sedang menggendong si buah hati, dan tentu saja tanpa mengabaikan kesehatan dan keselamatan. Oleh karena aspek inilah, i-Angel telah mengalami serangkaian tes dan uji coba di Jepang terkait regulasi safety dan kualitas untuk memenuhi standar Amerika, Eropa dan Asia. Kabar baiknya, i-Angel lulus dari serangkaian tes ketat ini. Tahu sendiri dong standarnya Jepang, Amerika dan Eropa seperti apa untuk aspek yang satu ini. 

Manfaat i-Angel Bagi Bayi

Menggunakan gendongan bayi i-Angel juga ternyata banyak manfaatnya lho buat bayi. Apa saja itu? Baca terus yuk!
1. Bayi sedikit menangis atau rewel. Mereka akan lebih tenang karena kebutuhan mereka untuk berdekatan dan bersentuhan dengan orang tuanya terpenuhi.
2. Bayi lebih cerdas karena mereka terlibat lebih intim dengan lingkungan kedua orang tuanya. Tahap perkembangan mereka pun menjadi lebih cepat, seperti belajar berjalan juga berbicara.
3. Mengembangkan kepercayaan diri bayi, mereka merasa lebih aman dan nyaman.
4. Mengurangi resiko flat head syndrome (kepala bayi peyang) karena kebanyakan berbaring.
5. Baby lebih interaktif. Mereka melihat dan mendengar segalanya dan bisa mempelajari ekspresi wajah, belajar bahasa lebih cepat dan mudah memahami bahasa tubuh.
6. Baby mempunyai postur tubuh yang postur tubuh lebih baik, bisa duduk lebih cepat dan lebih stabil, karena hipseat i-Angel ini didesign sehingga kaki bayi tidak menggantung di selangkangannya sekaligus melindungi sendi pinggul dan tulang belakangnya. 

Manfaat i-Angel Bagi Orang Tua

Tuh kaaan, menggunakan i-Angel bisa memberikan berbagai manfaat buat si bayi. Eh, tapi bagaimana manfaat bagi para orang tua? Nih ya, saya kasih tahu:
1.  Nyaman Bagi Orang Tua
Bye bye sakit pundak!! Siap-siap ketagihan menggendong si kecil ya dengan i-Angel ini. Carlin Kawidjaya, Direktur PT. Jabarti Garuda Makmur saja bilang, bahwa sejak menggunakan i-Angel, dia bersama suaminya sering rebutan buat gendong baby-nya. Orang tua pun bisa tetap beraktivitas dengan nyaman walaupun menggendong si kecil.

2.  Investasi yang Bijaksana
Nah, di sini saya mau bilang, bahwa yang namanya kualitas selalu berbanding lurus dengan harga. Pengen kualitas bagus ya harus berani harga. Eits! Tapiii, berdasarkan beberapa pengalaman nih, sebetulnya dengan mengeluarkan sedikit lebih banyak untuk memperoleh kualitas yang baik, kita lebih hemat lho daripada membeli barang berkualitas rendah dengan harga murah. Beberapa waktu lalu, saya membeli setrika dengan harga miring. Eh, begitu sampai rumah, itu setrika ngga panas-panas! Duh, sampai tahun kuda pake sepatu emas pun, rasanya pakaian saya ngga bisa licin. Padahal kalau dipikir-pikir, beda harganya itu ngga terlalu significant.

Begitu pula untuk gendongan bayi. Hipseat carrier i-Angel, merupakan gendongan bayi yang nyaman, aman serta bisa dipakai dalam jangka waktu cukup lama. Jadi, i-Angel sebetulnya merupakan investasi bijaksana untuk kenyamanan, keamanan dan tumbuh kembang si kecil, sekaligus membuat para ibu tidak harus manyun kelelahan atau ingin menangis berguling-guling saat membawa batitanya traveling. Anak Riang, hati ibu pun Senang. I-Angel hanya didistribusi secara resmi oleh BalitaKita sebagai distributor tunggal i-Angel Baby Carrier, dan sekarang BalitaKita telah bekerjasama dengan Blibli. Jadi i-Angel bisa didapatkan di Blibli di bagian perlengkapan bayi. Ada program cicilan 0% pula dengan provider tertentu lho.
i-angel gendongan bayi aman dan nyaman

Umrah atau Haji Bawa Bayi? Siapa Takut?

Yuk ah, siapa tahu ada yang bercita-cita membawa baby-nya umrah, i-Angel bisa meringankan beban saat harus membawa si kecil tawaf keliling ka’bah atau sa’i antara Safa dan Marwah. Atau ada yang dalam waktu dekat mau mengajak si kecil berjalan-jalan ke agak sedikit jauh? Mau shopping keliling-keliling seharian? Atau mau ajak baby-nya treking seperti Nurul Noe? Jangan ragu buat beli perlengkapan bayi nya yak, mumpung lagi ada promo Blibli

42 comments:

  1. Mbaa, aku jadi pingiin punya i-Angel. Aduuh! *brb buka blibli*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo beli ... beli ...!! Buat gendong bebe Ranu traveling. Sekalian bisa nampang. Soalnya ni baby carrier y fashionable banget. Cocok lah pokokna mah

      Delete
  2. besok punya ponakan kasih i-Angel baby carrier bagus nih..
    keren juga designnya nih.. ringan dan fleksibel ya bun ^.^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Designnya keren sih. Belt di pinggangnya lebar, kuar dan empuk. Begitu pula cangkolan pundaknya. lebar. Jadi beratnya terdistribusi.

      Delete
  3. Dengan produk i-Angel ini saya yakin para ibu yang punya balita tidak akan kerepotan lagi disaat traveling, karena keunggulan produk ini mampu mengatasi semua masalah ibu diperjalanan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saat coba sih tali pundaknya lembar, empuk, tebal jadi ngga bikin sakit pundak gitu. Trus ada tali belakang sebagai penyangga punggung, jadi si tulang punggung ngga ikutan belok2. Haha ini istilah saya aja sih belok2. maksudnya tulang punggung penggendongnya turus. Jadi punggung pun nyaman. Trus tempat duduk bayinya juga bikin kaki bayi ngga gelantung di selangkangannya.

      Dipakai traveling asyik juga tuh untuk yg punya balita berat 0-20 Kg.

      Delete
  4. i-angel kelihatannya memang nyaman buat bayi, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nyoba kemarin sih enak Mbak. Cuma kemarin saya coba pakai bonekanya. Kalau menurut Mbak Carlin dari BalitaKita sih tersirat lebih enak kalau ada baby nya.
      Keren juga sih pake i-Angel ini kayaknya. Si kaki bayi nya bebas bergerak. Kebayang lucunya. Biasanya kan bayi kalau nemu yang bikin dirinya seneng suka tertawa trus gerak seluruh badannya. Kakinya goyang2 gituh. Trus katanya Mbak Carlin sih, kaki bali bisa kita gerak2 sayang, jadi ada bonding gitu antara si anak dan ayah bundanya.

      Delete
  5. Asik deh para mama muda masa kini. Untuk menggendong bayi pun sudah ada alat yang bisa meringankan beban mereka. Waktu anak-anak saya kecil dulu kain gendong nya ya kain batik saja yang di selempang di bahu. Kalau habis gendong lehernya sakit ����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Sama Mbak kitah. Pakai kain batik. Belum ada ini kayaknya. Beuh, kalau anak lagi rewel bisa semaleman kagak tidur. Stok lagu kayaknya udah abis diulang-ulang. Pundak, punggung dan pinggang rasanya sakit banget. Saya kapok jalan2 jauh saat anak2 masih bayi. Paling yg deket2 saya bawa dorongan. Tapi kan rempong juga ya kalau bawa dorongan bayi. hihi.

      Delete
  6. Adanya i-angel semakin membantu mamah muda utk eksis..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamah tua juga bisa Mbak...xixixi. Siapa tahu neneknya pengen gendong juga. 😍
      Itu gendongan juga bisa dilepas, bisa dipakai hipseatnya saja, saat menyusui juga enak. Biasanya kan kalau posisi menyusui satu lengan di pundak dan menyangga lehernya, lengan yang satu menyangga bokongnya. Nah kalau ini si baby-nya pantatnya disangga oleh hipseat, jadi lengan yang satu bebas, bisa sambil membelai-belai baby-nya atau gelitik pipi sama hidungnya. Hihi. Duh, jadi pengen punya baby lagi. Gubraaak!!

      Delete
  7. anakku masih digendong pake kain, kayaknya masukan yg bagus juga nie produknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, waktu anak saya kecil, pakainya kain gendongan yang batik itu. Pernah sih pakai gendongan yang bisa hadap depan itu. Cuma si gendongannya meleyot gitu ya. Badan juga agak condong ke depan ketarik beban dari bayi. Yang ini sih kelihatannya kuat, ada penyangga tali di punggung juga supaya posisi punggung tetap lurus. Trus tali dipinggang juga tebal dan aman. Bucklenya itu sama velcronya kuat.

      Delete
  8. berhubung ya belum ada baby yaa... noted dulu lah kak :D hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali mau gendong ponakan atau anak siapa nyak. Hahahaha.
      Atau dihadiahin buat saya 😍...wkwkwk.

      Delete
  9. Mungkin kalau nanti saya punya istri dan anak... bakalan butuh produk ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Calon suami teladan. Acung jempol. Duh, sweet banget. Istrinya pasti ntar seneng banget punya suami pengertian begini.

      Delete
  10. Aku malah belum pernah pakai gendongan itu, mba. Biasanya suamiku yang gendong anak pakai kain atau sejenisnya, mba. HIhiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wadaw enaknya. Suami teladan xixixi. Btw ini i-Angel juga bisa dipakai cowok. Biar mirip-mirip di reality show y korea ituh. Keren juga yak Bapak2 gendong bayi pake i-Angel. xixixi.

      Delete
  11. Sekarang udah mulai banyak ya bertebaran gendongan bayi sejenis ini. Dulu waktu krucils masih pada bayi, masih jarang banget gendongan kaya gini. Cuma ada 2 merk luar yang harganya luar biasa mahal.
    Tapi emang bener deh, wajib banget punya gendongan model gini. Gak akan berasa cape sama sekali. Dulupun akhirnya aku beli yang merk luar itu, dan kepake sampe krucils bisa jalan sendiri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mbak, waktu anak-anak masih kecil aku malah ngga ngeh ada gendongan model gini. Akhirnya ya paling gantian gendong karena capek bawanya. Atau bawa pasukan banyak biar ada sukarelawan yang mau gendong anak-anak. Haha. Modus ngajak2, padahaaal...

      Delete
  12. Kayaknya aku harus beli nih.. sebenernya anakku udh dilatih dari bayi supaya kuat traveling mbak.. Kita ga pernah bawa stroller saat traveling, lbh seneng babycarrier memang.. tapi baby carrier yg pernah aku pake trakhir, walo merknya asli MO*therC*re, ttp aja si abby ga nyaman tuh, karena kakinya menggantung.. jd sakit di paha.. untungnya stlh itu, traveling2 selanjutnya dia udh mau jalan kaki sendiri, walopun kita ga bisa terlalu jauh kalo mw jalan.

    feb ntr aku mw ajakin anak ke negara yg sdg winter.. nah udh mikirin bgt apa si kecil udh kuat jalan blm ya dgn cuaca minus bgitu.. Baca postingan ini aku jd tertarik mba.. kalo bener ga bikin capek, kayaknya cocok utk ortu yg gendong plus anak yg digendong ya.. Sampe 20 kg bisa ya? anakku masih dibawah 15 beratnya, jd kyknya pas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sih memang dijelasin sama Mbak Carlin bahwa baby carrier yang biasanya kaki si anak menggantung di bagian paha atau selangkangannya, membuatnya ngga nyaman atau sakit. Iya sih, dengan adanya hipseatnya, baby jadinya duduk bukan menggelantung. Saya sendiri sih terus terang ngga nyobain pakai beban berat trus berjalan-jalan Mbak, hanya nyobain si baby carriernya pakai boneka, memang sih kerasa gimana yah, kalau orang Sunda bilang mah "ampeg", alias kokoh di tubuh. Di punggung juga ada pengikat sebagai penyangga punggung. Kalau berdasarkan manualnya sih, baby carrier ini bisa digunakan dari usia 0-3 bulan atau 0-20Kg.

      Delete
  13. wahh keren banget gendongan i-Angel ini yah, coba dulu pas anak2 masih kecil2 aku udah tau benda ini yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, iya ya Mbak, dulu mah mana tahu ada model kayak ginian. Semakin kesini banyak innovasi baru yak.

      Delete
  14. sekarang makin canggih saja, jama aku masih pakai gendongan kain, baru muncul gendongan biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya masih ngerasain gendong bayi pakai kain gendongan batik itu Mbak Tika. Duh, suka was-was, sampe dibelit-belit beberapa kali, karena takut kainnya kurang kuat. Xixixi.

      Delete
  15. Bagus juga nih i-Angel.. mengatasi keluhan punggung dan leher sakit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Rani, lucu-lucu lagi motifnya.

      Delete
  16. Gendongan bayi nya kokoh dan lucu motifnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ani. Lucu-lucu motifnya. Mudah-mudahan motifnya makin bertambah banyak yak, biar tambah banyak pilihan. Cowok pun keren pakai gendongan ini. Kayak di reality show Korea itu Mbaak.

      Delete
  17. kalo punya baby lagi, pokoknya saya harus beli alat ini..!! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, sama niy kepikiran juga, jadi pengen py baby lagi. Hahaha. Hmmm..., bisa juga sih buat hadiah para keponakan atau cucu. Saya udah punya cucu niy Mbak...

      Delete
  18. Huaaaa. Ini nih yang wajib masuk list belanja. Aku punya rencana ngajak Baby AE buat traveling bertiga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyiik Baby AE mau traveling. Ajak baby traveling memang perlu extra persiapan. Hehe, jangan sampai kayak saya dulu yang sempet kapok bawa baby traveling. Dipikir-pikir nyesel juga. Karena saat anak-anak udah masuk sekolah dasar udah mulai agak susah diajak. Nanti malah SMP, SMA dan kuliah, anak-anak udah punya dunianya sendiri. Hiks. Masa-masa itu akan datang.

      Delete
  19. Gendongan bayi jaman s3karang makin lucu2 ya mb desainnya
    Klo dulu jaman aku bayi cuma pake jarik hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gendongan bayi sekarang mah malah jadi semacam fashion gitu yak. Para lelaki pun ngga malu jadinya gendong anak or baby di depan umum. Designnya juga lucu-lucu, banyak pilihan. Sama Mbak, dulu juga saya pakainya kain samping batik itu. punggung rasanya doyong ke depan, nahan beban baby. Xixixi. Perjuangan ibu yak. Mudah-mudahan sekarang semakin memperingan aktivitas para ibu yak.

      Delete
  20. Sungguh kabar menyenangkan nih khususnya para emak2 yang suka halan2 mbolang pastinya pake gendongan model ini malah support acara travellingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak. Jadi support jalan2nya nya yak. Bikin seneng emak yang suka ngebolang yak. Hehe.

      Delete
  21. lebih praktis ya gan :D
    pengen beli tapi buat ngegendong siapa ya :-/

    ReplyDelete
  22. Kaum ibu sekarang dimanjakan dengan hadirnya perlengkapan bayi ya.
    Dulu masih menggendong baby dengan kain biasa.
    Terima kasih ulasannya
    Salam hangat dari Jombang

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan