Rugi Pergi Ke Jepang Tanpa Mengunjungi Hiroshima

"Ina san, sekarang di Jepang, Sakura sudah mekar. Di tempat saya pun pohon sakura sudah berbunga. Indah sekali. Kapan kamu jadi ke Jepang?"


wisata menarik jepang hiroshimaBegitu bunyi email yang dikirimkan oleh seorang teman di Jepang. Tertulis dalam bahasa Inggris, bercampur kanji, katakana dan romaji. Teman ini sudah seperti bapak buat saya. Beliau datang ke Indonesia beberapa tahun lalu untuk bekerja di bagian saya dan bisa dibilang beliau ini atasan saya. Usianya sudah sepuh tetapi masih energik dan kuat berjalan kaki keliling pabrik. Beliau tahu bahwa saya tertarik dengan kebudayaan Jepang dan tertarik belajar bahasa Jepang di sela-sela kesibukan saya di pabrik. Nah, beliau ini mendukung saya untuk terus bersemangat belajar bahasa Jepang dan berharap suatu saat saya dapat pergi ke Jepang. Setelah beliau kembali ke Jepang, kami tetap menjalin komunikasi melalui email, dan sering beliau bercerita mengenai pergantian musim ke musim, saat gempa melanda Jepang, atau keadaan perpolitikan di Jepang.

Di setiap emailnya, Nari san selalu bertanya kapan saya akan pergi ke Jepang. Dengan senang hati beliau akan membantu selama saya di Jepang, dan selalu bertanya, ingin ke mana jika di Jepang, begitu selalu isi emailnya. Tapi, kali ini pun saya terpaksa membalas dengan sedih, karena saya belum bisa pergi ke sana. Selain karena kondisi keuangan yang belum memungkinkan, juga waktu keberangkatan serta point utama adalah saya belum berani pergi sendirian serta galau menentukan ingin ke mana. Kata beberapa orang yang pernah pergi ke sana, masalah komunikasi menjadi kendala, karena orang Jepang jarang yang bisa berbahasa Inggris.
wisata menarik jepang hiroshima

Setahun yang lalu, sempat saya merencanakan pergi ke Jepang bersama sahabat-sahabat saya di pabrik. Sayangnya rencana tinggal rencana. Itinerary sudah disusun dengan cermat, bahkan saudara sepupu yang ada di Jepang pun sudah bersedia membantu. Eee, saat mau menentukan tanggal keberangkatan kami tidak mencapai titik temu. Karena berbeda departemen, maka kesibukan pun berbeda-beda. Yang di bagian purchasing tidak bisa jika akhir bulan, karena ada closing. Di waktu yang lain, teman di bagian produksi, berhalangan karena sudah mulai shut down maintenance. Nah, di saat mereka luang, saya yang tidak bisa karena ada audit external. Akhirnya bubar semua rencana sampai hari ini.

Namun, keinginan pergi ke Jepang tetap menggebu dan bertahan di hati, sambil mencari-cari tempat yang asyik di Jepang untuk dikunjungi. Awalnya saya hanya tahu Jepang itu adalah Tokyo, Osaka, Nara dan Fujiyama. Sampai seorang teman yang pernah tinggal setahun di Jepang memperlihatkan foto-foto suatu tempat di Jepang yang membuat mata dan pikiran saya terbuka. Hey! Jepang is not only Tokyo, Osaka, Nara dan Fujiyama.

HIROSHIMA. Kota Itu Bernama.

Hiroshima? Ada apa di Hiroshima? Bukannya kota itu sudah hancur saat Perang Dunia II? Memang masih ada yang bisa dilihat di sana? Tetapi foto-foto teman tersebut meyakinkan saya bahwa Hiroshima layak untuk dikunjungi dengan berbagai pilihan wisata yang menarik. Dia juga bilang, “perempuan Hiroshima adalah perempuan Jepang paling cantik.”

Nah, seandainya punya kesempatan pergi ke Jepang, saya pikir alangkah ruginya saya jika tidak mengunjungi Hiroshima. Kenapa rugi? Simak alasan saya berikut:

1. Mengenang Tragedi Kemanusian Terbesar dan Belajar Perdamaian di Kota Hiroshima

Semua orang yang pernah belajar sejarah tentunya tahu tentang bom atom yang dijatuhkan Amerika di kota Hiroshima dan Nagasaki pada Perang Dunia II, yang juga berdampak terhadap sejarah kemerdekaan Indonesia. Tetapi, tidak semua orang bisa membayangkan akibat yang ditimbulkan oleh benda kecil berukuran 3 meter, diameter 71 cm dan berat 4.000 ton ini. Seluruh kota rata dengan tanah, struktur bangunan pun meleleh.
wisata menarik jepang hiroshima

Hiroshima adalah kota yang pertama dijatuhi bom atom. Dan ini adalah sejarah pertama bom atom yang pernah ada di muka bumi. Di Kota Perdamaian ini, kita bisa mengenang sejarah sekaligus berdamai dengan masa lalu. Kebencian dan rekonsiliasi terlukiskan di sini.

Sekarang, di tempat ini berdiri Hiroshima Peace Memorial Museum. So, tempat ini wajib untuk dikunjungi saat berkunjung ke Hiroshima. Hmmm, apa saja yang bisa kamu lihat di Memorial Park ini? Disini ada beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi sebagai daerah tujuan wisata.

a) Monumen Perdamaian Hiroshima (A Bomb Dome)
Monumen perdamaian Hiroshima ini merupakan salah satu Warisan Dunia di Hiroshima, yang telah ditetapkan UNESCO sejak tahun 1996. Bangunan ini merupakan sisa-sisa gedung Promosi Industri Prefektur Hiroshima yang tersisa dari ledakan bom atom. Bangunan ini dibiarkan seperti apa adanya setelah terkena dampak ledakan, sebagai simbol Kota Perdamaian Hiroshima.
wisata menarik jepang hiroshima

b) Patung Anak Korban Bom Atom
Di area ini juga terdapat patung anak perempuan yang merentangkan kedua tangannya memegang burung kertas. Dia adalah Sasaki Sadako, anak yang selamat dari ledakan bom atom Hiroshima, hanya saja dikemudian hari menderita sakit akibat radiasi yang ditimbulkan bom atom tersebut. Dia percaya bahwa jika dia membuat 1.000 burung kertas, dirinya akan sembuh. Selain monumen anak korban bom atom, ada juga monumen orang Korea korban bom atom, genta perdamaian, monumen api perdamaian, gerbang perdamaian dan plakat peringatan.
wisata menarik jepang hiroshima

c) Lentera Sepanjang Sungai Motoyasu
Peristiwa jatuhnya bom atom di Hiroshima, selalu diperingati setiap tanggal 6 Agustus. Biasanya Perdana Menteri Jepang, Walikota Hiroshima berpidato diikuti mengheningkan cipta selama 1 menit pada pukul 8.15, tepat pada waktu dijatuhkannya bom atom pada tahun 1945. Di malam harinya, lentera-lentera kecil dinyalakan dan dihanyutkan sepanjang Sungai Motoyasu, yang mengalir di sepanjang Hiroshima Memorial Park. Pada lentara-lentera tersebut tertulis pesan-pesan perdamaian dan doa untuk para korban Hiroshima. Kebayang dong ya, menyaksikan ribuan lentera yang mengalir sepanjang sungai Motoyasu itu. Uiih, membayangkannya saja merinding plus penasaran dengan keindahannya.
wisata menarik jepang hiroshima
sumber : visithiroshima.com

d) Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima
Museum ini didirikan untuk mengenang para korban bom atom Hiroshima. “Ada Hall Remembrance yang menggambarkan Hiroshima sebelum dan setelah dijatuhkannya bom atom,” teman saya bercerita, “ngeri banget dampaknya. Semuanya rata dengan tanah. Yang tersisa hanya gedung tinggi berkubah ini,” lanjutnya sambil menunjuk pada foto yang diambilnya. “Bangunan ini sampai sekarang pun dibiarkan seperti itu, sebagai peringatan atas kengerian dampak bom atom.” Uuuh, kebayang deh, waktu belajar kimia dulu, bom atom itu kan reaksinya berantai.
wisata menarik jepang hiroshima

wisata menarik jepang hiroshima

2. Miyajima, Tempat Tinggal Para Dewa

Tidak bisa dibilang pergi ke Hiroshima, jika belum pergi ke Miyajima. Pulau ini dipercaya sebagai tempat tinggal para dewa dan disucikan. Zaman dahulu karena dianggap suci, tidak sembarang orang boleh masuk ke pulau tersebut. Ada apa sih di pulau satu ini? Hmmm, pernah lihat foto gerbang merah yang mengambang di atas air ngga seperti ini tidak?
wisata menarik jepang hiroshima

Nah, itu namanya torii, atau gerbang menuju kuil Itsukushima di Pulau Miyajima. Awalnya saya pikir ini adanya di Nara, ternyata saya salah. Torii yang menarik ini adanya di Hiroshima. Urrgh, saya jadi harus memasukkan Hiroshima dalam daftar keinginan saya jika punya kesempatan ke Jepang.

Kuil Itsukushima dibangun sejak 1.400 tahun yang lalu, dan masuk dalam jajaran Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 1996. Pemandangan di sini dikatakan masuk dalam 3 pemandangan terbaik dan terindah se-Jepang. Torri dengan latar belakan Gunung Misen, jalur pasir pantai Amanohashidate, dan pemandangan teluk Matsushima, akan menjadi pandangan yang tidak terlupakan. Hmmm, apalagi di malam hari saat kuil Itsukushima bermandikan cahaya lampu. Uhuk! Jadi pengen segera ke Jepang deh.
wisata menarik jepang hiroshima
sumber: visithiroshima.net

3. Mengenal Budaya Lokal di Hiroshima Down Town
Kawasan down town Hiroshima merupakan pusat kota Hiroshima yang telah berkembang maju. Hondori Street adalah tujuan utama yang sering didatangi wisatawan yang datang ke Jepang. Jalan Hondori ini dikhususkan untuk tempat pejalan kaki. Di kawasan sepanjang 1,5 kilometer ini kita bisa cuci mata dengan deretan pertokoan dan restoran. Jika ingin membeli oleh-oleh souvernir khas Hiroshima, di sini tempat yang cocok.

4. Shukkeien Garden, Taman Dinasti Edo yang Indah
Taman ini terletak tidak jauh dari Hiroshima Memorial Park, hanya sekitar 1,5 kilometer jauhnya. Shukkeien ini merupakan sebuah taman yang dibangun tahun 1620 pada zaman dinasti Edo atas suruhan Asano Nagaakira, seorang tuan tanah yang saat itu memerintah di Hiroshima. Asano sendiri sampai mendatangkan ahli taman dari Kyoto untuk membangun taman yang kemudian terkenal keindahannya ini.
wisata menarik jepang hiroshima

Katanya sih taman ini bagus buat yang mau berbulan madu. Dikelilingi pepohonan rindang, dengan latar belakang pegunungan berbukit-bukit, kolam besar dengan jembatan melintang khas Jepang, serta rumah-rumah kecil untuk minum teh.

Di dalam Taman Shukkeien ini juga terdapat Hiroshima Art Museum, yang menyimpan karya seni para pelukis dunia seperti Monet, Renoir, Van Gogh, Picasso. Jadi buat kamu peminat seni, tempat ini rasanya wajib masuk daftar tujuan liburan kamu di Jepang.

5. Tomonoura, Hiruk Pikuk Kota Nelayan Jepang
Tomonoura terletak di sebelah Selatan Hiroshima, yaitu di Fukuyama. Tomonoura ini merupakan desa nelayan yang indah. Hmmm, jadi ingin tahu seperti apa desa nelayan di Jepang yak. Saya selalu suka dengan kehidupan desa nelayan. Pagi dan sore hari menikmati sinar matahari serta kesibukan para nelayan di tepi pantai.

Desa nelayan Tomonoura ini konon katanya masih mempertahankan budaya mereka di tengah gempuran globalisasi. Masih banyak rumah-rumah kayu khas Jepang mewarnai daerah ini.

6. Iwakuni
Iwakuni sebetulnya terletak di Prefektur Yamaguci. Hanya saja jika kita sudah sampai Hiroshima tidak ada salahnya langsung ke Iwakuni, karena jaraknya pun tidak jauh, sekitar 30 menit dari Miyajima.
wisata menarik jepang hiroshima

wisata menarik jepang hiroshima

Daya tarik Iwakuni adalah jembatan kayu lengkung berusia ratusan tahun di atas Sungai Nishiki yang jernih, dan kastil Iwakuni di atas Gunung Shiroyama. Pemandangannya pasti asyik banget yak, perbukitan dan sungai yang jernih dalam satu frame dengan kastil dan jembatan. Serasa kembali membetot kita ke Jepang zaman dahulu.
wisata menarik jepang hiroshima

Musim Panas di Hiroshima? Ngapain Aja Yak?

Di Jepang ada beberapa musim. Di bulan Agustus, Jepang memasuki musim panas. Nah, pada musim panas biasanya orang Jepang long weekend, dan keluar untuk melakukan banyak festival. Yang paling populer di musim panas ini adalah Hanabi, alias festival kembang api. Ih, keren kayaknya. Whooo! Pengeen banget lihat Hanabi ini.

Trus kalau di Hiroshima saat musim panas, bagaimana?

Eits, tenang. Di Hiroshima, bulan Agustus merupakan bulan yang asyik untuk dikunjungi, karena ada beberapa kegiatan di bulan ini. Salah satunya seperti yang disebut di atas, adanya peringatan jatuhnya bom atom di Hiroshima pada tangga 6 Agustus. Yang lainnya adalah:

1. Festival Kembang Api (Miyajima Water Fireworks Festival)
Miyajima Water Firework Festival terkenal karena keindahannya. Festival ini dilaksanakan di lepas pantai Miyajima, sekitar 5.000 kembang api menerangi langit Miyajima. Kebayang deh, kembang api dengan latar belakang kuil Itsukushima kerennya kayak apa. Langit bercahaya penuh kembang api, dan antusiasme warga serta wisatawan yang datang merayakan musim panas di Miyajima.
wisata menarik jepang hiroshima
sumber: visithiroshima.

2. Mihara Yassa Festival
Mihara Yassa Festival ini semacam festival tarian masyarakat Jepang. Diadakan selama tiga hari setiap musim panas. Warga melakukan tarian Yassa. Tarian ini memiliki sejarah panjang, dimulai dari sekitar abad ke-16, ketika Takakage Kobayakawa membangung sebuah istana di Mihara. Warga merayakan pembangunan benteng dengan bernyanyi dan menari sepanjang malam. Nah, festival ini terus berlangsung hingga kini, di depan Mihara Station. Seru juga ya kayaknya.
wisata menarik jepang hiroshima

wisata menarik jepang hiroshima
sumber: visithiroshima.net

Menikmati Kuliner Lokal

Pergi wisata tentunya tidak lengkap dong tanpa menikmati kuliner khas lokal. Tapi di Hiroshima apa yak makanan khasnya? Hmmm, setelah tanya-tanya sama yang pernah ke Jepang juga orang Jepang aslinya, ini dia kuliner khas Hiroshima yang wajib kamu coba.

1) Okonomiyaki
“Okonomiyaki Hiroshima itu terkenal seantero Jepun,” kata teman, “rugi deh kalau ke ngga ke Hiroshima terus ngga coba okonomiyaki-nya.”
wisata menarik jepang hiroshima
sumber: visithiroshima.com

Okonomiyaki di Jepang yang terkenal ada 2 sebetulnya, satu di Osaka dan satu lagi di Hiroshima. Okonomiyaki ala Hiroshima unik dengan topping yang berbeda dengan kebanyakan okonomiyaki yang kita kenal, yaitu yakisoba (mie goreng) dan udon. Selain itu irisan kol tidak dicampur dalam adonan, melainkan diletakkan diatas adonannya. Ditambah dengan sausnya yang khas, sluurp!!

Untuk menikmati Okonomiyaki ala Hiroshima ini, katanya tinggal datang ke kawasan pedagang kaki lima yang dijuluki dengan Okonomiyakimura. Sepanjang kawasan yang telah ada sejak tahun 1950 ini, banyak yang berjualan okonomiyaki.

2) Oyster (Tiram)
Salah seorang teman di dunia maya yang berasal dari Nagasaki, Jepang mengatakan bahwa kuliner lainnya yang wajib dicoba adalah oyster atau tiram. Kawasan Hiroshima dikelilingi oleh sungai dan laut, sehingga tidak heran jika kota ini kaya akan seafood segar. Hiroshima merupakan penghasil tiram terbesar di Jepang, dan 70% tiram yang berada di Jepang berasala dari Hiroshima lho. Tiram Hiroshima ini terkenal besar-besar, gurih dan dagingnya tebal.
wisata menarik jepang hiroshima

wisata menarik jepang hiroshima
sumber: visithiroshima.com

Sebetulnya ada lagi sih, khasnya Hiroshima, yaitu sake. Hiroshima terkenal juga dengan sake-nya. Salah satu distrik penghasil sake terbesar dan populer adalah daerah Saijo, sehingga karena inilah Hiroshima juga dikenal sebagai Kota Sake. Di daerah Saijo ini, wisatawan dapat berkunjung ke pabrik pembuatan sake untuk mengetahui cara pembuatan dan pengolahannya. Bahkan di bulan Oktober suka ada festival sake. Menarik yak.

Bagaimana Akses ke Hiroshima?

Untuk mencapai Hiroshima ada beberapa alternatif sesuai dengan jenis transportasi yang akan kita gunakan yaitu:

1) Shinkansen
Tokyo dan Hiroshima terhubung oleh jalur JR Tokaido/Sanyo Shinkansesn. Dengan kereta cepat (Shinkansen) Nozomi, dari Shin-Osaka menuju Hiroshima, dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam, atau sekitar 4 jam dari Tokyo. Sedangkan jika menggunakan Hikari dan Sakura train akan memerlukan waktu sekitar 5 jam dengan transfer kereta di Shin-Osaka jika dari Tokyo.

2) Bus Malam
Jarak dari Tokyo ke Hiroshima dengan menggunakan bus malam, langsung menuju Hiroshima, memakan waktu sekitar 12 jam. Bisa menggunakan Willer Express, atau bisa menggunakan Japan Bus Pass untuk tarif lebih murah.

3) Pesawat
JAL dan ANA mempunyai beberapa kali penerbangan ke Hiroshima dalam sehari dari Haneda Airport dengan beberapa kali transfer pesawat (2-3 transfer). Memakan waktu sekitar 4 jam perjalanan.

4) Kereta Lokal
Memakai kereta lokal atau kereta biasa juga bisa. Dari Tokyo ke Hiroshima sekitar 15 jam, dengan 6 kali transfer.

Ribet dan pusing ngga sih? Terutama buat saya yang belum pernah sama sekali ke Jepang, apalagi jika harus beberapa kali transfer. Bisa sakit perut dan mencret, sebelum pergi ke Jepang beneran nih.

Nah, buat kamu yang ngga pengen rempong urusan beginian, serahkan saja pada ahlinya H.I.S Travel yang menyediakan layanan individu juga group dengan tujuan perjalanan domestik maupun internasional serta berbagai produk guna memudahkan wisata kamu ke Jepang.

Kenapa harus H.I.S? Karena dengan H.I.S kenyamanan servis kamu terjamin, dari mulai reservasi sampai kembali ke rumah, ada staff yang akan melayani untuk kamu berkonsultasi. H.I.S juga punya global network yang bakal mendukung perjalanan kamu. Terus H.I.S mempunya cabang-cabang di luar negeri yang dapat memberikan harga terbaik untuk hotel dimanapun dan kapanpun. H.I.S juga menyediakan berbagai macam tour dan menangani tour sesuai dengan keinginan kita, mulai dari tiket pesawat, hotel, kereta api, penyewaan mobil, pun membantu mengurus visa. H.I.S memiliki 273 cabang di Jepang, sehingga kita bisa reservasi perjalanan ke Jepang di kantor cabang lain di luar negeri, dari mulai cara penggunaan JR PASS hingga penerbangan domestik.

H.I.S juga sekarang telah menghadirkan Hanavi yang merupakan kolaborasi antara H.I.S dengan ANA (All Nippon Airways) yang dirancang khusus untuk wisatawan asing yang datang ke Jepang. Hanavi menyediakan paket Tiket Penerbangan Domestik plus Hotel dengan harga yang MURAH MERIAH berangkat dari Tokyo atau dari Osaka.

Keuntungannya apa menggunakan HAnavi ini?

1. Hemat waktu
Iya dong, dengan naik pesawat, waktu perjalanan lebih singkat, dan jadwal penerbangan pun bisa kita pilih.

Contohnya jika kita mau ke Hokkaido, dengan kereta dari Tokyo memakan waktu sekitar 11 jam, sedangkan dari Osaka sekitar 16 jam. Nah, jika dengan menggunakan pesawat Hanavi hanya memakan waktu sekitar 1,5 jam. Jauh lebih hemat waktu kan?


HIS travel HAnavi

2. Paket tiket + hotel super murah
Melalui Hanavi, kita bisa memperoleh paket tiket penerbangan domestik  + hotel dengan diskon besar. Contohnya jika ingin pergi trip ke Sapporo, Hokkaido, 2 hari 1 malam, hanya dibandrol mulai Rp 2.600.000, murah kan? Sekarang lagi opening cabang MTA lho, bisa dapet diskon Rp 300.000, lumayan kan?

3. Beragam pilihan tiket & hotel
Di Hanavi pun tersedia beragam pilihan kombinasi jaringan domestik dan hotel sesuai dengan rencana anda. Ada 800 penerbangan per harinya, serta terhubung dengan 3.500 hotel dan ryokan.
HIS travel HAnavi

Yang masih penasaran dengan HAnavi itu seperti apa, atau mau langsung searching, check saja di websitenya H.I.S Travel yak. Lengkap kok di situ termasuk contact numbernya jika kamu ingin berkonsultasi mengenai perjalanan kamu ke Jepang. Oya, bisa juga dipantengi account facebooknya H.I.S di http://www.facebook.com/HISTravelIndonesia 

Oya, saat ini H.I.S Travel bersama Kawaii Beauty Japan sedang mengadakan blog competition berhadiah liburan gratis untuk 2 orang pemenang. Yep gratis . . . tis . . . tis. Cukup hanya menulis mengenai 5 tempat wisata di kota-kota di Jepang plus 2 tempat kulinernya (minimal). Tuh, cuma modal nulis bisa jadi turis kan. Hayuk, ikutan. Mudah kok, klik banner di bawah untuk ketentuan Lomba detailnya yak. Kota-kotanya sudah ditentukan di website lombanya. Masih ada waktu kok sampai tanggal 2 Juni 2016. Don’t miss it guys! Siapa tahu kita berjodoh bisa dapat summer trip gretong dari H.I.S dan Kawaii Beauty. 

Ikuti Present Campaign HIS Summer Trip Blogging Competition

51 comments:

  1. Saya juga kepingin menikmati keindahan bunga sakura di tempat asalnya.
    Semoga sukses Mak Levina.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ety, penasaran lihat sakuranya di tempat aslinya. Sekaligus juga penasaran dengan festival2 musim panasnya. Katanya sih yang paling banyak festivalnya itu di musim panas.

      Delete
  2. Mbaeee samaaa.. Aku juga pengen banget deh le hiroshima..
    Banyak tempat2 yang wajib dikunjungi ya..
    Semoga kesampean ya mba.. :):)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Iya banyak tempat di Jepang. Yang umumnya terkenal sih Tokyo, Osaka. Tapi sebetulnya masih banyak tempat-tempat lain yang asyik. Sering sih lihat torii gate yang warna merah itu. Soalnya itu ikonnya Jepang banget. Tapi baru tahu bahwa itu di Hiroshima. Xixixi.

      Delete
  3. Jepang memang sangat indah ya mbak Levi. Yang saya tahu negara tersebut sangat terkenal akan kedisiplinan dan budaya antri yang luar biasa. Saling menghormati dan menghargai sesama :)

    Saya juga pengen kesana :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Katanya sih begitu Mbak, tempatnya cakep2. Kalau masalah kedisiplinan wah itu mah jangan ditanya lagi Mbak e, saya pernah punya factory manager yang super disiplin. Saking concern masalah kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya, sampe ada karyawan pulang kerja ngga pakai helm naik motor, dikejar Mbak. Hahaha, dinasihatin supaya pakai helm. Padahal udah jauh tuh Mbak.

      Delete
  4. Jepang masih jadi mimpiku, tapi belum terpikir mau kemana aja. Semoga terlaksana ya Mbak mimpi ke Hiroshima ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Sama, masih mimpi saya juga. xixi. Nihon ni ikitai. Totemo. Banget pengennya. Haha.

      Semoga bisa kesampaian yak mimpi kita menginjakkan kaki di Jepang.

      Delete
  5. Kalau yang saya suka dari jepang itu rumahnya yang unik jadi pengen deh punya rumah bergaya ala jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-betul Mbak. Saya juga pengennya kalau ke Jepang, bisa merasakan tinggal di rumah tradisional Jepangnya. Pengen tahu dan nyoba tatami juga.

      Delete
  6. Wow lengkap banget nih ulasan Hiroshimanya, dan kebayang syahdunya acara sewaktu lentera2 berisikan doa tsb dialirkan.
    Tfs ya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lenteranya bikin merinding yak. Katanya sih sampai ribuan gitu, memenuhi sungai di hadapan atau yang dekat bomb dome itu. Trus sekarang katanya sih banyak juga wisatawan yang ikut berpartisipasi.

      Delete
  7. Mbaaaa ayo pergi bareng aku 2 feb thn dpn ;) aku mw ke jepang juga. Hiroshima ini udh lama aku masukin ke itin yg dibuat. Pgn bgt liat hiroshima dome itu. Org2 yg udh pernh ksana pada bilang dijamin nangis ngeliat museumnya :(

    Miyajima mah aku udh incer krn kulinernya ituuu :D . Hayuuk yuk ama aku .. msh lama, msh bisa arrange cuti jdnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah dapat tiket untuk 2 Feb tahun depan yak? Pengen juga tuh Mbak. Tapi awal tahun (Jan-Feb-Mar), malah biasanya lagi full di bagianku.

      Kata teman yang pernah pertukaran karyawan ke Jepang, dan sempat mengunjungi Hiroshima, dia bilang mengerikan sekali melihat diorama yang ditimbulkan pasca ledakan bom atom.

      Miyajima terkenal kulinernya ya Mbak? Saya malah ngecengin Itsukushima-nya. Hihihi.

      Delete
  8. Wah kalau ke Jepang aku tertarik ama patung Haciko mbak,,,, secara kemarin habis nampil di layar TV,,, ceritanya ituloh mengharukan,,,,
    Keren dah Jepang, keren,,,, :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pernah baca juga tuh tentang patung Hachiko. Yang patung anjing penjaga itu setia menunggu pemiliknya itu yak? Di Tokyo kalau ngga salah.

      Delete
  9. Bunda levii, ulasannya lengkapp bngt, benerann!!
    ada seputar pengetahuan dan sejarahnya aku suka.
    belum lg kuliner dan gambar objek wisatanyaaa. top bun ^.^
    keinginan bunda ke jepang bakal terealisasi, semangat menang buat bunda ya.
    bun, besok klo jd ke jepang aku cuma mau minta tuliskan wishlist aja bun. email aku ya bun wishlist request nya gimana. hehe
    bundaaaaa... semoga doaku terkabul ya :) :* :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga terlaksana apa yang dicita-citakan.
      Insya Allah. Kalau jadi ke Jepang yak, ntar email-in, xixixi. Eh, ini jurusan Jepang apa Arab ya?

      Hayuk atuh ikutan lomba nulisnya, siapa tahu Wian bisa dapetin tiket Summer Trip Competitionnya.

      Delete
  10. Salah satu kota yang pernah jadi korban keganasan nuklir AS,,, yang sekarang sudah menjelma bagaikan surga,,, sungguh indah kota hiroshima,, tahun depan mudah - mudahan bisa pergi kesana bareng Nikita willy,, Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Bareng Nikita Willy ya? Asyiik banget tuh. Titip salam ya Mas. Mudah-mudahan lancar yak perjalanannya.

      Betul, Hiroshima pernah hancur rata dengan tanah. Di maketnya itu terlihat sebelum dan sesudah bom atom. Yang tersisa hanya sisa-sisa bangunan kubah itu. Btw, di museum Hiroshima ini ada juga buku PSPB (Pendidikan Sejarah Perjuangan Bangsa), buku waktu sekolah zaman dahulu. Dipajang lho, jadi salah satu koleksi museum. Ya, peristiwa pengeboman ini memang tidak lepas dari sejarah Indonesia merdeka yak.

      Delete
  11. Mungkin ruginya sama ketika kita pergi ke mekah tetapi tidak melaksanakan ibadah hji ya mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduuh perumpamaannya beraaat eung kalau dibandingkan dengan ini mah. Xixixi.

      Delete
  12. JEPANG .. wish me be there !

    tertarik banget dg aneka ragam kuliner yang bentuknya unik cantik dg warna2 yg ceriaaa ... snack, permen-nya lucu2 banget :)

    kereennn foto2nya ... asyiiiknya kalo bisa kesana,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salah satu keunggulan mereka adalah masalah packaging yang lucu-lucu dan imut ya Mbak. Kadang suka lucu, makanannya sebetulnya mirip-mirip Indonesia, misal kayak opak. Tapi cara mereka mengemas betul-betul patut di acungi jempol. Omiyage nya lucu-lucu. Iih gemes.

      Delete
  13. wuihhhh sukses mbak lombanya, lengkap banget penjabaranya, kalo ke jepang perlu banget ke hiroshima, saya juga paling suka wisata sejarah kaya gitu apalagi ini tragedi kemanusiaan yang terkenal, ngeri banget dampak bom atomnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos dong Mbak, hihi. Salah satu yang saya suka memang unsur sejarah. Kayaknya serasa kita dilempar ke masa lalu mengunjungi tempat-tempat yang penuh dengan aroma sejarah. Salah duanya, saya senang mengenal local culture di suatu daerah. Jadi kita lebih banyak berinteraksi dengan manusia.

      Delete
  14. sik asik ke tempat sakura berasal, ada naruto juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..iya mau nya nih, menjelajah Jepang. Hayuk, ikutan lomba nulisnya. Siapa tahu bisa ketemu naruto.

      Delete
  15. ahhh, jepang memang selalu menjadi tempat yang diimpikan banyak orang untuk berwisata :)

    saya juga pertama kali dengar nama kota hiroshima itu dari pelajaran sejarah Mba Levina :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang terkenal yak Hiroshima dan Nagasaki. Masalahnya kedua kota ini juga melekat dengan sejarah kemerdekaan Indonesia. Oya Mbak, kalau ke museum Hiroshima, ada juga lho buku PSPB kita dipajang di sana. Buku PSPB nya kok merah putih yak? Saya kok ngga inget yak punya buku PSPB model gitu. Hihihi.

      Delete
  16. Dari dulu pengin mbolang ke jepang mbk,tapi belum jodoh kaleešŸ˜semoga suatu saat bisa lihat Hiroshima juga yang melegenda.Sukses untuk kontesnya ya mbk.Cina☺☺☺

    (@cputriarty)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong. Impian dari dulu mbolang ke Jepang. Haha. Apa daya belum berjodoh. Seperti pepatah bilang. When one door of happiness is closed the others are opened. Semoga berjodoh dari jalan yang lain. Yang penting tetap berusaha dan ngga melupakan mimpi...

      Delete
  17. Dari dulu pengin mbolang ke jepang mbk,tapi belum jodoh kaleešŸ˜semoga suatu saat bisa lihat Hiroshima juga yang melegenda.Sukses untuk kontesnya ya mbk.Cina☺☺☺

    (@cputriarty)

    ReplyDelete
  18. Aku juga ingin sekali ke Jepang. Selama ini hanya membayangkan dan melihatnya dari televisi saja. Sukses lombanya ya. Tulisanna lengkap mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, saya juga pengen banget niy ke Jepang. Selama ini sih hanya liat di TV kayak NHK atau liat drama-drama Jepang. Saya juga suka tuh. Lucu2..., cuma kalau JDorama lebih banyak yang sad ending eung...heran saya. wkwkwk. Tapi tetep tidak menggugurkan keinginan pergi ke Jepang.

      Delete
  19. Aaaah ampun :' lengkap banget cerita tentang jepangnya :' aku jadi pengen ke Jepang :' pengen ketemu Shincan :'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sinchan? Duh, udah lama ngga denger Sinchan. Jd inget masa lalu. Wkwkwk. Sering sembunyi2 niy nonton Sinchan dulu. Kalau ngga salah komiknya juga ada kan yak?

      Delete
  20. Wah amazing banget gan :-O
    aku kemarin dapat sms suruh ke Jepang, dimintain tolong suruh bantu Naruto melawan mungsuh2nya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha. Dibalesin ngga tuh sms nya? Bilang aja...Naruto udah dibantuin ma Dragon Ball sama Rancha. Wkwkwk.

      Delete
  21. Si Nawra mau gak ya sekolah samoai ke jepang, biar maknya bisa ikutan, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naura putrinya Mbak Milda? Wah iya tuh Mbak, salah satu cara biar bisa nebeng ikut ke Jepang. Hihi.

      Delete
  22. Replies
    1. Iya niy..gimana kabarnya yak? Belum kasih kabar atau nanya eung. Katanya baby-nya udah dapat tempat yang lebih indah yak? Hiks. Jadi sedih denger ceritanya.

      Delete
  23. Komplit banget, ulasan tentang herosimanya mbak, foto-fotonya juga keren-keren, dan ada bunga sakuranya juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...manasin nih, foto sakuranya. belum kalau masuk agustus cerita masalah hanabi dan festival2. waaaak..tambah mupeng deh.

      Delete
  24. 2 Juni wahhhh dua hari lagi :D
    ulasanmu lengkap sekali :D jadi pengen ke sana ih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diperpanjang Mbak..sampai 16 Juni. Hehe.
      Thank you Mbak.

      Delete
  25. Waaa. Amin semoga mba levina nyampe ke hiroshima.. btway prrgi pas musim semi jauh lebih seru ya kayaknya dibanding winter..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya sih masing-masing musim punya kekhasan sendiri yak. Kalau winter saya pengen banget lihat salju. Kalau musim semi, saya pengen lihat sakura, kalau musim panas saya pengen berbaur dengan masyarakat lokal untuk merayakan festival musim panas.Hehe. Kayaknya seru seru yak.

      Delete
  26. lengkap banget penjelasannya... wah... Jepang aku juga pengen kesana... Ternyata banyak tempat menarik di hiroshima ya... jadi pengen kesana pake pintu kemana saja doraemon hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..betul Mbak..pengen punya pintu doraemon. tiap musim bisa pergi ke sana. xixi. bisa ke setiap kota. Saya juga baru tahu, ternyata hiroshima itu keren juga. Banyak tempat wisata. Lengkap. Dari sejarah, kuliner, edukasi, alam, juga entertain.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan