Eksotisme Flores – Pesona Indonesia yang Mendunia

Flores Pesona Indonesia
FLORES . . .
Mendengar namanya, saya langsung membayangkan berbagai macam bunga-bunga cantik yang wanginya membuai panca indera penciuman. Flores pula yang mengingatkan saya tentang sebuah tempat yang masuk dalam  situs warisan dunia UNESCO, Pulau Komodo, yang masuk dalam The 7 Wonders of Nature bersama dengan Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Puerto Princesa dan Table Mountain.
Flores juga membuat saya berkaca-kaca saat membaca mengenai kisah pengasingan Soekarno di Ende. Bagaimana beliau yang tadinya terasing, kemudian akhirnya menjadi dekat dan dicintai masyarakat Flores. Adalah Riwu Ga, penduduk Flores yang kemudian mengikuti Bung Karno, mengibarkan bendera keliling Jakarta dan berteriak lantang: Indonesia telah Merdeka!
Flores, bukan hanya menyimpan potensi wisata alam yang menakjubkan, tetapi juga menyimpan pesona budaya dan sejarah panjang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Juga sejarah panjang perjalanan manusia, karena konon katanya, di Flores diduga pernah tinggal bangsa Hobbit, yang sebelumnya hanya kita dengar melalui buku trilogi The Lord of The Ring.
Orang bilang, jika kita berkunjung ke Flores, “bersiaplah untuk perjalanan yang istilah kerennya beyond you can imagine, beyond your expectation atau extraordinary journey.
Nama Pulau Flores sendiri diambil dari Bahasa Portugis “Copa de Flores” yang mengandung arti “Tanjung Bunga”. Nama aslinya sendiri adalah Nusa Nipa atau Pulau Ular. Kalau diperhatikan di peta, bentuk Pulau Flores dari ujung Barat hingga Timur, mirip dengan ular. Mungkin itu sebabnya dinamakan Pulau Ular.
Di Flores, banyak daerah tujuan wisata yang terkenal keindahannya. Tidak salah jika Flores disebut-sebut sebagai tempat eksotik di Timur.  Hmmm, jika saya mempunyai kesempatan mengunjungi Flores, saya pasti bingung menetapkan destinasi wisata yang akan dituju, karena semuanya menjanjikan keindahan dan keunikan yang khas yang tidak akan ditemukan di tempat lain.
1. Mengintip Tempat Peristirahatan Hewan Purba Terakhir yang Ada di Muka Bumi
Taman Nasional Pulau Komodo, di mana kita bisa melihat hewan purba yang oleh masyarakat lokal disebut “Ora”, spesies yang diakui sebagai mahluk langka yang masuk dalam jajaran 7 keajaiban dunia. Orang awam menyebutnya sebagai Komodo. Di pulau ini ada sekitar 1.300 ekor Komodo yang hidup berkembang biak.
Spesies yang konon katanya sudah ada sejak zaman dinosaurus ini, membuat penasaran para wisatawan untuk mengunjungi Pulau Flores. Tetapi, perempuan yang datang bulan tidak disarankan untuk mengunjungi pulau yang dihuni Komodo, karena indera penciumannya sangat peka.
Menariknya, di sini kita bisa mengunjungi Desa Komodo, tempat kita bisa bertemu dengan masyarakat asli Pulau Komodo, yaitu suku Ato Modo. Suku ini percaya bahwa mereka berasal dari satu rahim yang sama dengan Komodo.
Flores Pesona Indonesia
2. Kampung Adat Wae Rebo, Negeri di Atas Awan
Untuk menuju Kampung adat Wae Rebo diperlukan perjuangan yang ekstra keras. Lokasinya sangat tinggi, sehingga berasa berada di atas awan. Tidak ada kendaraan yang bisa bisa membawa kita ke sana, selain berjalan kaki menyusuri hutan dan bukit melintasi jalan setapak.
Tapi, walaupun sulit, banyak wisatawan, terutama wisatawan mancanegara yang ingin mengunjungi daerah wisata yang satu ini. Keindahan Kampung adat Wae Rebo bisa serta-merta menghapus letih lelah perjalanan. Surga yang tersembunyi, itulah julukan Wae Rebo.
7 rumah adat yang disebut Niang akan menyambut kedatangan kita. Bentuknya yang unik serta sejarahnya yang panjang membuat kita terpana, karena ternyata Kampung Wae Rebo yang telah dihuni oleh 20 generasi dan berusia ratusan tahun ini, didirikan oleh nenek moyang mereka yang berasal dari Minangkabau.
Kopi asli Flores yang dikenal kenikmatannya ke seluruh dunia, berasal dari Wae Rebo. Menyusuri perkebunan kopi, mengolah biji kopi sehingga menghasilkan kopi yang lezat bisa menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan. Di Wae Rebo, kita juga bisa menyaksikan para wanita membuat kain tradisional tenun songket.
Mengunjungi Wei Rebo, tidak hanya menikmati keindahan alamnya saja, tetapi kita bisa berbaur dengan masyarakat, terlibat dalam keseharian masyarakat Wae Rebo, mengenal kearifan lokal warganya yang saling membantu juga memahami filosofi-filosofi kehidupannya.
Flores Pesona Indonesia
3. Danau Tiga Warna Kelimutu
Salah satu keajaiban alam yang dimiliki Indonesia ada di Pulau Flores, yaitu Danau Tiga Warna Kelimutu. Warna air di ketiga danau ini selalu berubah tidak bisa diprediksi. Warnanya bisa hijau lumut, hijau, biru, coklat, kehitaman, putih, merah, tergantung keadaan cuaca, kandungan mineral serta pengaruh lumut dan bebatuan kawah.
Masyarakat setempat percaya bahwa di ketiga danau ini para leluruh mereka bersemayam. Jika beruntung, wisatawan dapat menyaksikan upacara adat yang biasa dilakukan di Danau Kelimutu, yaitu upacara adat Patika Du’a Bapu Ata Mata, yang merupakan penghormatan terhadap arwah leluhur.
Pada upacara ini kita akan menyaksikan pembawaan sesajian ke Danau Kelimutu oleh para pemuka adat dengan pakaian kebesarannya, diiringi musik tradisional dan lagu daerah Ende, kemudian diakhiri dengan tarian adat (Gawi) sebagai tanda bahwa masyarakat Ende bergandengan tangan menjaga alam serta menghormati leluhur.
Hmmm, Indonesia memang kaya akan khasanah budaya dan kearifan lokalnya yak.
Flores Pesona Indonesia
4. Wisata Pantai Flores yang Breath Taking
Flores terkenal dengan keindahan pantai dan juga keindahan taman bawah laut. Sebut saja Pantai Wolotopo dengan pasir putih dan sekerumunan kura-kura yang sedang bertelur; Pantai Panggajawa yang unik dengan hamparan pasir putih yang ditutupi kerikil hijau kebiruan; Pantai Koka dengan air lautnya yang berwarna biru toska serta batu karang besar yang konon katanya merupakan penjelmaan kuda suci; Pantai Pink yang unik romantis dengan hamparan pasir berwarna merah muda juga keindahan pemandangan bawah lautnya; Taman Laut 17 Pulau Riung yang merupakan kumpulan pulau-pulau kecil dengan keindahan biota bawah lautnya atau Pantai Waiara Sikka yang khas dengan hamparan hitamnya.
Ah, wisata bahari yang tidak pernah membosankan. Selalu mengingatkan akan indahnya tanah air beta.  
Flores Pesona Indonesia
5. Napak Tilas Jejak Bung Karno di Rumah Pengasingan Ende
Jangan sekali-kali melupakan sejarah. Bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak pernah melupakan sejarah bangsanya sendiri. Kalimat seperti ini pernah diucapkan oleh Soekarno, Bapak Proklamator RI.
Pulau Flores adalah salah satu tempat dimana Bung Karno pernah diasingkan oleh Belanda. Tinggal di pulau terpencil dan diasingkan, tidak membuat Soekarno patah semangat. Justru disinilah, Soekarno merenungkan Pancasila yang menjadi dasar kehidupan bernegara di Indonesia. Soekarno bergaul dengan siapa saja dari berbagai suku dan agama selama pembuangannya di Ende, Flores. Soekarno banyak membaca, juga berdialog dengan para pemuka agama. Kisah perenungannya ini sekarang diabadikan di Taman Renungan Ende, dimana terlihat patung Soekarno sedang duduk merenung di bawah pohon sukun bercabang lima, sambil menatap ke arah laut.
Satu hal yang membuat mata saya berkaca adalah saat membaca kisah penolakan Soekarno untuk melarikan diri dari pengasingan dengan bantuan temannya. Bung Karno adalah simbol pengorbanan rakyat untuk merdeka. Dan walaupun beliau sering mendapat kiriman makanan, pakaian dan uang, sebagian besar beliau berikan kepada kawan-kawannya yang lebih menderita di pengasingan Digul, Papua. Suatu sifat setia kawan yang patut dicontoh.
Flores telah menjadi rumah pergerakan Soekarno untuk Indonesia merdeka. Flores adalah tempat kelahiran Pancasila. Suatu saat nanti, saya ingin merasakan atmosfer Flores di tempat pengasingan Bung Karno ini.
Flores Pesona Indonesia
6. Menelusuri Jejak Kerajaan di Flores
Siapa yang menyangka jika di bumi Timur Indonesia ini juga terdapat jejak-jejak kerajaan, bahkan di Flores lah, pernah berdiri kerajaan Kristen terbesar di Indonesia, yang jejaknya masih terlihat hingga kini. Kerajaan Larantuka namanya. Jika mempunyai kesempatan ke Flores Timur, sempatkanlah berkunjung ke Istana Raja Larantuka. Di Larantuka banyak peninggalan yang berhubungan dengan kerajaan Katolik Larantuka, seperti gereja kuno, patung Bunda Maria, dan lainnya.
Selain itu, di bumi Flores ada sisa-sisa peninggalan kerajaan lainnya seperti kerajaan Todo, Sikka, juga kerajaan Islam Adonara. Masih terdapat sisa-sisa benteng dan meriam yang merupakan bukti bahwa kerajaan Adonara dan masyarakatnya mengangkat senjata untuk melawan kolonial. Selain bukti mengenai keberadaan kerajaan-kerajaan di Flores, sebenarnya ada juga penemuan situs-situs prasejarah. 
Flores Pesona Indonesia
7. Tour de Flores
Jika Perancis memiliki Tour de Franch, maka NTT punya Tour de Flores. Pemerintah menggelar Tour de Flores, dalam 5 etape sejak tanggal 19 Mei 2016 hingga 23 Mei 2016. Ratusan pembalap sepeda dari 16 negara ikut ambil bagian dalam event internasional ini.  
Para pembalap menyusuri kabupaten-kabupaten di Flores, dari mulai Larantuka hingga finish di Labuan Bajo, gateway Flores di ujung Barat. Tidak hanya kegiatan balap sepeda internasional, tetapi juga kunjungan wisata alam dan budaya. Wow, menikmati keindahan seluruh alam Flores di atas kayuhan sepeda dan tiupan angin Flores. Sayangnya saya tidak bisa bersepeda. Tetapi, menonton perlombaannya pun tidaklah mengapa. Tour de Flores akan menjadi ikon wisata Flores selanjutnya.
Flores Pesona Indonesia
***
Daftar di atas, hanya beberapa keindahan dan keunikan pesona Flores. Masih banyak tempat-tempat menarik lainnya yang harus dikunjungi. Betul orang bilang bahwa Flores adalah extraordinary. Semua jenis wisata lengkap ada di sini. Mulai dari wisata alam, rohani, budaya, pantai, kampung tradisional, wisata bahari (diving, snorkeling), air terjun, gua-gua prasejarah, kuliner, festival budaya, belanja, sejarah dan juga wisata buatan. 
Flores terus berbenah dan akan menjadi favorit tujuan wisata baru dengan banyaknya pilihan tempat wisata dari ujung Barat Flores hingga ujung Timur. Labuan Bajo sebagai gateway menuju Pulau Komodo dan sekitarnya terus berkembang untuk menjadi kota satelit dengan dibangunnya berbagai infrastruktur untuk mendukung pariwisata Indonesia di Timur. 
Hmmm, kelihatannya semakin mudah ya menuju Flores. Semoga pariwisata Indonesia semakin maju dan berkembang. Welcome friends, to wonderful Flores!!!

Bolelebo ita nusa lelebo
Bolelebo ita nusa lelebo
Malole simalole ita nusa lemalole
Malole simalole ita nusa lemalole

Bolelebo baradimu lelebo
Bolelebo baradimu lelebo
Ie ta'do ie baradimu rihi ie
Ie ta'do ie baradimu rihi ie

Bolelebo tanah Timor lelebo
Bolelebo tanah Timor lelebo
Baik tidak baik, tanah Timor lebih baik
Baik tidak baik, tanah Timor lebih baik

53 comments:

  1. Iya betul, awal mulanya saya tau bahwa manusia Hobbit itu sebenarnya ada di Flores sempat membuat saya kaget. Jadi tambah penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kaget juga ternyata the hobbit itu ada di Flores. Jadi penasaran. Gara-gara Lord of The Ring nih, saya jadi nge-fans the hobbit. Haha.

      Delete
  2. wih arti flores keren jg ya bun 'tanjung bunga', nama asli sebutan flores jg unik 'pulau ular'. ^.^ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata namanya Nusa Nipa di zaman dahulu. Katanya kawasan ini dulu banget disebut Sunda Kecil. Bentang alam flores bervariasi antara pegunungan, bukit-bukit juga pantai. Kebayang deh cakepnya.

      Delete
  3. Makin kesini nama Flores makin kinclong saja. Semakin banyak ditulis dan semakin terbuka. Tambah ingin kembali ke Flores

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak Ev. Saya malah belum tahu nih Flores itu banyak tempat wisatanya. Hiks. Tahunya Danau Kelimutu doang Mbak. Kayaknya keren ya Mbak Ev naik ke Kampung Wisata Wae Rebo. Negeri di atas awan.

      Delete
  4. Omg. Saya jatuh cinta dengan Ende setelah baca novel Negara Kelima. Walau belum liat langsung, tapi saya ngebayangin kayaknya buagus banget mba. Pengen banget ke sana. Sukses ya lombanya.
    Udah pengen ikut tapi da aku mah apa atuh ga bisa bikin artikel travelling macem gini wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum baca eung Negara ke Lima. Jadi pengen baca. Setting lokasinya di Ende yak. Duh, ini nih salah satu yg pengen didatengi. Indonesia emang bener2 cakep yak. Sayang belum terexplore dan terpromosikan luas. Mudah-mudahan dgn seperti ini, adanya program-program dari kementerian pariwisata Indonesia semakin terkenal.

      Delete
  5. Amazing banget, ya? Inilah Indonesia. Makin bangga tinggal di sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak bener. Di tengah segala kekurangannya...(kdg sering baca komen, Indonesia begini begitu), keindahan Indonesia ini bagaikan oase deh buat saya Mbak. Baik atau buruk, Indonesia tetep my country deh. Saya selalu kangen nasi pulennya kalau berada di luar. Ah, pokoknya Indonesia ngangenin deh. Sampai kadang suka melow saya mah Mbak.

      Delete
    2. Sayangnya banyak yg gak bangga ya?

      Delete
  6. wahhh, indah banget pulau flores yah Mba Levina :)
    ingat flores, ingat beberapa teman saya saat kuliah dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...ternyata cakep. Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi selain Danau Kelimutu dan Pulau Komodo. Bikin ngiler. Saking banyaknya saya bingung pilih mau kemana. Air terjunnya juga banyak Mbak yang cakep2. Wah senengnya punya kenalan dari Flores Mbak. Kalau explore Flores jadi asyik yak punya guide lokal yang tahu semuanya.

      Delete
  7. Flores memang keren banget! Semua tempatnya eksotis dan wajib dikunjungi. Aku baru beberapa kali singgah di sana dan pengen balik lagi karena ngangenin banget sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyiiik Mbak 😍. Saya malah belum. Hiks. Jadi pengen setelah baca-baca tentang Flores. Ngebayangin bentang alamnya yang berbukit-bukit sepanjang perjalanan dari ujung Barat Flores sampai ujung Timurnya. Uuuh, cakep banget kayaknya. Apalagi kalau pas lagi hijau royo royo...

      Delete
  8. Mbakkk kalau ke Flores ajak aku ya hehe, kemarin baru mentok sampai Lombok, Indonesia Timur memang indahhhh, termasuk Flores, sukses ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lombok dengan Rinjaninya cakep juga yak. Padahal tinggal nyeberang dikit lagi nyampe Flores deh. Hayuk kapan jalan bareng? Seru kali yak. Di planning yuk...

      Delete
  9. Keindahan timur itu khas ya mb lev, serasa masi ijoooo semua hihi
    Aku jadi penasaran dengan liriknlgu bolelebo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, lagunya semacam kerinduan terhadap kampung halaman jika merantau ke negeri orang. Maknanya sih katanya lebih ke arah bahwa baik buruk tanah air lebih baik tanah air kita. Jadi menekankan persatuan gitu yak. Untuk selalu cinta tanah air. Kayak kata pahlawan kita zaman dulu, bad or wrong is my country.

      Whuua..jadi nangis deh. Keren banget yak orang2 dahulu ngarang lagu. penuh makna yang berarti.

      Delete
  10. beneran Flores salah satu tujuan wisata impian euy...
    pingin bangeeet...smoga kesampean bisa ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...semoga Allah meringankan langkah kita menjelajahi bumi-Nya ya. Bener-bener destinasi wisatanya lengkap nih Flores. Saya saja sampai bingung, lho kok banyak banget tujuan wisata yang indah-indah di sini, ada wisata sejarahnya juga lengkap. Kemana aja saya selama ini, ngga tahu tentang Flores.

      Semoga pariwisata Indonesia semakin terkenal ya ke mancanegara.

      Delete
  11. Baru tahu aku mbak kalau nama Pulau Flores di ambil dari bahasa Portugis... Iya ya mbak ya Flores memang bagus,,, aku bolak - balik baca tentang keindahan alamnya,,, sekarang cuman bermimpi aja siapa tahu suatu saat nanti bisa mengunjunginya,,, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa tahu dari mimpi bisa jadi kenyataan Nis. Ngga ada yang tahu rahasia Tuhan. Siapa tahu malah Anis duluan yang menginjak tanah Flores.
      Tapi memang Flores cakep. Kaya akan keaneka ragaman budaya juga sejarah bangsa. Top markotop deh Timur Indonesia. Bangga saya lahir di Bumi Pertiwi ini.

      Delete
  12. Kapan bisa sampai kesini :-O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bisa ya suatu hari nanti. Saya juga.

      Delete
  13. semoga kekayaan indonesia tetap terjaga supaya anak anak kita kelak bisa tau dan melihat kekayaan indonesia yang luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas, semoga tetap lestari ya keindahannya. Walaupun kita hobby traveling, tapi tetap mesti jadi Green Traveler...hehe. Traveler yang peduli lingkungan.

      Delete
  14. Flores luar biasa indahnya ya, Jadi pengen kesana dech..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cakep banget. Saya juga pengen ke sana jadinya. Hiks. Semoga tercapai impian kita yak. Indonesia memang indah. Semoga pariwisatanya maju tapi tetap memperhatikan lingkungan.

      Delete
  15. Saya pengen banget mbak ke danau 3 warna itu danau yang membuat saya penasaran banget sampai sekarang dan saya lagi berusaha kerasa nih mbak supaya bisa berkunjung kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin penasaran memang nih danau tiga warna ini. Malah katanya warnanya selalu berubah-ubah. Misterius yak. Semoga apa yang dicita-citakan kesampaian ya Kang Iman. Saya ikut doakan semoga Kang Iman bisa ke sana suatu hari nanti.

      Delete
  16. Indahnya Indahnya Aduhai.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indah banget ya Mbak. Sampe Speechless. Flores bener-bener wonderful land.

      Delete
  17. Flores mengingatkanku pada Labuan Bajo. Pengen suatu saat bisa menjejak. Penasaran Kampung Adat Wae Rebo. Pernah baca ulasannya di National Geographic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...penasaran banget dengat Kampung Adat Wae Rebo. Kt y nenek moyang mereka berasal dari Minangkabau. Udah gitu, rumah kerucut khas Wae Rebo ini juga jumlahnya dipertahankan 7 buah. Mirip-mirip Baduy kali yak. Atau kampung2 adat lainnya. Tp yg menarik di Wae Rebo ini letaknya di ketinggian. Jadi serasa di negeri di atas awan.

      Delete
  18. Saya ini orang Indonesia tapi kalah sama bule. Mereka sudah menjelajah Indonesia sedangkan saya belum rata mengunjungi tanah air, termasuk Flores.
    Terima kasih infonya, semoga saya bisa ke mari.
    Salam hangat dari Surabaya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya Pak De. Orang luar malah lebih dahulu menjelajah Indonesia. Saya juga belum Pak De, apalagi ke arah Timur. Semoga bisa kelak. Salam juga dari Banten...:)

      Delete
  19. Belum ke Waerebo dan masih penasaran banget. Kmarin baru ke Komodo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asyiik tuh. Minimal udah pernah menginjak wilayah flores yak. Saya malah belum pernah. Iya Wae Rebo mbikin penasaran nih.

      Delete
  20. saya baru tahu lho Riwu Ga penduduk flores ini yang mengibarkan bendera bersama Ir.Soekarno mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru tahu. Pas baca tentang Ir. Soekarno pas dibuang ke Ende itu kayaknya gimana gitu, keren juga pernah punya pemimpin bangsa seperti beliau yang memang betul-betul merakyat.

      Delete
  21. ternyata lagunya Katon negeri diatas awan itu nyata, indah sekali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pas lihat tentang wae rebo jadi teringat lagunya katon Mbak...haha, tos dong kita.

      Delete
  22. pemandangannya hem... saya pengen coba semaunya. sayangnya, kalau ke daerah timur, ongkosnya mahal hehe. jadi harus nabung dahulu.

    o ya salam kenal mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul itu dia, saya juga bingung kenapa ongkos ke daerah timur lebih mahal dibanding ke luar negeri. Apa karena penerbangan yang ke sana jarang yak?

      Delete
  23. semoga suatu saat bisa kesana...karena mendengar saja enggak bakal puas...

    salam kenal mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banget. Better to see it once than hear a thousand times yak....
      Salam kenal juga.

      Delete
  24. Replies
    1. Aamiin. Semoga yak kita bisa dapat kesempatan mengunjungi Indonesia Timur.

      Delete
  25. Apa boleh wisatawan menginap di rumah adat desa wae rebo nya itu mbak ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya boleh. Malah beberapa wisatawan bisa ikut berbaur dalam kehidupan sehari-hari mereka. Tapi saya juga belum ke sana sih.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan