Meningkatkan Trafik Sponsored Post dengan Facebook Ads

“Ibu, ke Jakarta lagi? Kok sering amat ke Jakarta bulan ini?” Aisya dan Azka protes keras ketika saya minta izin untuk pergi ke Jakarta hari Sabtu kemarin. Akhir-akhir ini, ada beberapa tugas kantor yang mengharuskan saya pergi ke Jakarta, bahkan ke Surabaya selama 2 hari. Tak ayal mereka protes saat saya bilang hari Sabtu bakal ada acara, yang mana saya tidak bisa mengajak mereka, karena itu berarti si cantik harus bolos les Inggris. Akhirnya setelah dijelaskan, lampu hijau pun keluar, dengan syarat saya harus membawa “squishy”.

Apa sih yang membuat saya ngebet datang ke Jakarta, tanggal 28 Mei kemarin?

meningkatkan trafik dengan facebook adsNgobrol Cantik Blogger Perempuan, dengan tema "Meningkatkan Trafik ke Sponsored Post dengan Facebook Ads", itu yang membuat hati saya tertambat. Selain penasaran juga sih ngobrol cantik itu seperti apa. #Modus.

Ngomong-ngomong masalah trafik website, mungkin teman-teman blogger pernah mengalami hal seperti ini: duh, sponsored post saya belum belum sampai KPI-nya nih;  kok page view sponsored post masih sedikit ya, padahal biasanya kalau isi curhatan page view-nya banyak. Apa yang salah nih? Tebar postingan di medsos sudah, di group sudah, di community sudah, apalagi yang kurang? Nah, kalau menurut Shintaries sih sebetulnya ngga ada yang salah, hanya saja mungkin postingan kita sebetulnya belum menjangkau lebih luas orang-orang yang memang membutuhkannya, jadi hanya berputar sekitar komunitas para blogger.

Kemarin, Blogger Perempuan kembali mengadakan Ngobrol Cantik membahas mengenai bagaimana sih meningkatkan trafik ke sponsored post. Kali ini Blogger Perempuan ngga tanggung-tanggung menghadirkan Iqbal Maulana yang expert dalam hal Facebook Ads. Katanya nih, Facebook Ads ini bisa mendongkrak trafik ke website kita. Iqbal Maulana, anak muda kelahiran Desember 1992 yang diundang Blogger Perempuan sebagai narsum, bisa dibilang praktisi dan trainer facebook marketing yang sedang nge-trend. Iqbal ini juga merupakan CEO PT. Optima Digital Advertisa. Duh, anjrit deh, CEO itu kalau di tempat saya adalah petinggi pabrik dari Jepang sana yang suka bikin kelabakan para manager untuk persiapan penyambutannya. Gedubrak ngga sih, 24 tahun udah jadi CEO?
meningkatkan trafik dengan facebook ads

Sebelum masuk ke materi mengenai Facebook Ads untuk membantu meningkatkan trafik pada sponsored post kita, Blogger Perempuan juga mengundang narasumber dari Involve Asia dan Dewaweb Hosting. Nah, dua ini penting juga diketahui para blogger. Harapan brand itu seperti apa sih terhadap blogger? Blog seperti apa sih yang dicari brand? Kok blog yang itu sering dapat sponsored post sih? Terus, kenapa kita harus pilih-pilih hosting? Pastinya kita bertanya-tanya yak. #kemal-mode-on 

Terus terang saya merasa beruntung juga bisa datang ke acara ini. Bisa dapat penjelasan langsung dari Involve Asia dan Dewaweb Hosting. Bagi yang belum tahu, Involve Asia ini menyediakan platform afiliasi yang bisa dimanfaatkan para blogger untuk mendatangkan pundi-pundi komisi. Sedangkan Dewaweb Hosting, dari namanya saja sudah bisa ditebak dong, bahwa Dewaweb ini bisa membantu para Blogger untuk memperoleh kinerja website yang aduhai. Klop kan dengan topik utama? 


DO &  DON'T DALAM AFFILIATE MARKETING

Teman-teman blogger profesional mungkin sudah pada tahu yak dengan Afiliasi atau Affiliate ini? Saya sendiri terus terang, sering mendengar kata Affiliate ini, tapi belum pernah mencobanya. Sponsored post yang saya dapat baru berasal dari placement post atau review product/service. Affiliate ini, menurut opini saya semacam program yang mempertemukan brand, publisher (blogger) dan customer di dunia internet. Brand yang mempunyai produk, kemudian di-endorse oleh blogger, ada calon customer yang tertarik baca postingan si blogger, kemudian membeli produknya, si blogger pun dapat komisi. Nah, Affiliate seperti Involve Asia ini menjembatani antara pemilik e-commerce dengan pemilik website dengan jumlah pengunjung yang banyak dengan platform yang mereka sediakan. Intinya sih pemilik brand, blogger dan customer sama-sama senang.
meningkatkan trafik dengan facebook ads

Apa kemudian setelah mengikuti Affiliate Marketing si blogger bisa menghasilkan uang? Ya atau tidak? Kalau, menurut Andre dari Involve Asia, bisa ya dan bisa tidak. Lho kok? Iya dong. Untuk sukses dalam affiliate marketing, semua kembali ke komitmen, pengalaman dan trafik blog kita. Affiliate marketing bukan program yang bisa membuat orang mendadak seketika kaya raya dalam satu malam. Emangnya Aladin tinggal gosok lampu rahasia? Tetap dibutuhkan komitmen dan strategi untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah dari situ.

Apa dong kiat-kiat supaya sukses dalam affiliate marketing? Ini dia tips dari Andre untuk sukses dalam affiliate marketing.

1. Selling Rather Than Helping
Please deh, jangan fokus ke pejualan banget. Brand lebih senang jika blogger menyampaikan opini atau pengalaman yang bisa membantu calon pembeli sehingga si calon tersebut memutuskan untuk membeli. Coba deh bayangin jika seseorang tiba-tiba menawarkan produk, “maaf Mbak, saya mau menawarkan produk bagus nih.” Kira-kira reaksi kita bagaimana yak? Ah ogah, jualan nih. Gitu pasti kan? Jadi dahulukan menolong calon pembeli ya guys & girls. Mereka membaca postingan kita, pasti karena mereka mencari info yang berguna.

2. Too Many
Nah, ini yang sering dilupakan oleh para blogger. Lupa bahwa konten itu penting! Saking semangatnya affiliate marketing, semua ads ditempel, kanan kiri depan belakang. Udah gitu ads nya ngga berhubungan banget dengan artikel postingan kita. Artikel kita membahas tentang gamis lebaran misalnya, eh yang muncul ads tentang beli mobil. Jaka Sembung dong yak. Kalau kebanyakan atau keramaian juga bisa menghilangkan fokus.

3. Not Testing
Hayoo, siapa yang suka test link sebelum publish artikel? Hmmm, sepertinya saya nih yang harus bikin pengakuan dosa. Saya jarang banget test link sebelum publish. Tak jarang setelah beberapa lama, lho kok ngga bisa dibuka? Rupanya saya kurang menuliskan satu karakter dalam link tersebut. Yaah, bubar deh!

Jadi, menurut Andre Involve Asia, biasakan deh untuk testing link-nya. Rugi dong, udah bikin artikel, ada customer tertarik untuk klik, eh tahunya linknya error, atau landingnya ke tempat lain. Kalau udah begitu, wassalam deh, komisi yang seharusnya kita dapat pun akhirnya melayang-layang di udara bebas.

4. Not Tracking
Jangan lupa, lakukan tracking, sebab tracking ini dapat memberikan kita informasi lengkap seputar data-data penjualan dari produk yang sedang kita promosikan.

5. Not Research
Luangkan waktu sebentar untuk melakukan research. Produk apa sih yang sedang trending, dan lainnya. Tapi inget, sesuaikan dengan niche blog kita yak. Contoh, menjelang bulan ramadhan nih, pasti banyak orang search yang berhubungan dengan Ramadhan. Berdasarkan research, peaknya akan meningkat 1 minggu menjelang Ramadhan.  

Nah, untuk para affiliater, bisa dimanfaatkan nih event Ramadhan untuk meningkatkan trafik. Mulailah bikin konten seputar ramadhan seminggu sebelum ramadhan. Bisa sharing tentang jadwal puasa, doa-doa di bulan Ramadhan, hal-hal yang membatalkan puasa, amalan di bulan ramadhan, atau lain-lain seperti hidangan berbuka, fashion dan lainnya. Oya, pencarian tentang traveling juga biasanya meningkat di bulan Ramadhan, mungkin berhubungan dengan mudik kali yak. Inget ya kawan-kawan, Ramadhan is Great Shopping Season.

6. Wrong Merchant
Saat pilih brand yang ingin kita marketnya, sesuaikan juga ya affiliate dengan niche blognya. Jangan sampai kita punya blog tentang makanan, affiliate kita tentang kosmetik. Ngga salah sih, mungkin tetap saja ada yang klik, tapi akan lebih besar peluangnya jika affiliate kita sejalan dengan merchant-nya.

meningkatkan trafik dengan facebook adsTertarik untuk melakukan affiliate marketing? Bagi yang tertarik berafiliasi dengan Involve Asia, bisa check di websitenya Blogger Perempuan ya untuk tata cara gabungnya yak. Banyak benefit yang ditawarkan Involve Asia untuk para publisher (blogger), seperti banyak promo mingguan dan bulanan, dashboard dan report yang transparan, cookies 30 hari, komisinya bisa sampai 15%.


ADA WEB HOSTING DIBALIK SUKSESNYA BISNIS ONLINE & AFFILIATE MARKETING

Salah satu kunci keberhasilan bisnis online dan affiliate marketing adalah server yang cepat dong yak. Itu juga mungkin salah satu sebab, Ngobrol Cantik Blogger Perempuan juga menghadirkan Dewaweb Hosting untuk sharing seputar web hosting yang bisa bebas berselancar tanpa batas.

Saya masih awam perihal yang satu ini, tapi setidaknya dengan mendapat penjelasan dari Dewaweb, saya mendapat tambahan ilmu dan sedikit banyak lebih mengerti dari sebelumnya. Jadi intinya sih, web hosting yang baik dapat mendukung performance website atau blog kita, terutama yang digunakan untuk bisnis online dan internet marketing yak. Ga lucu dong, saat banyak customer yang masuk website kita, tiba-tiba servernya down. Nangis bombay deh. Atau ada juga yang cerita bahwa setelah punya hosting sendiri ternyata malah tidak sebebas dulu untuk mengupload foto, karena terbatas kapasitasnya.

Nah, kuncinya adalah pemilihan provider web hosting yang terpercaya.

Saat Ngobrol Cantik kemarin, dewanya web ngasih penjelasan bahwa sekarang ada teknologi terbaru di dunia hosting, yaitu cloud hosting. Hosting berawan maksudnya? Yah, mirip gitulah. Jadi servernya kayak sekumpulan awan. Artinya banyak website dikelola dalam banyak server, kebalikan dari tradisional hosting yang mengandalkan satu server untuk banyak website. Keuntungannya apa? Hmmm, kalau banyak server, saat server yang satu down, server yang lain bisa langsung handle, jadi website ata blog kita akan terus running, ngga pernah down. Nah, Dewaweb sudah pakai teknologi terbaru ini, The Most Advance Cloud Hosting Technology. 
                                                                                                  
Hosting Dewaweb juga menggunakan Teknologi SSD storage untuk mempercepat loading time dari website. Selain itu juga ada teknologi LiteSpeed yang bisa mempercepat jalannya aplikasi web hingga 40x. Ini akan berasa banget buat yang trafik websitenya sudah besar yak, perlu banget didukung oleh webserver yang high performance.
meningkatkan trafik dengan facebook ads

Di Dewaweb, menurut Yohannes, data-data kita juga akan terback up. Mereka mempunyai fasilitas Time Machine Back Up, otomatis back up 2x/hari. Penting banget deh, masalah back up ini. Saya pernah punya pengalaman soft file dokumen hilang, dan saya ngga punya back up. Akhirnya kita mesti bergadang beberapa waktu untuk mengetik ulang semua dokumen tersebut. Ngga mau kan kayak gitu? 

Kemudian, yang ngga boleh dilupakan dalam dunia IT, adalah masalah SLA (Service Level Agreement). Kinerjanya IT memang diukur dari sini. Nah, si Dewa ini menjanjikan SLA-nya 100% uptime. Wow!! Ngga ada downtime berarti yak? Keren! Jika ngga sesuai SLA, Dewa bakal mengembalikan dana 5% dari yang kita kasihkan. Tenang, Dewaweb transparant kok dalam memberikan laporan kinerjanya. Oya, kalau pilih webhosting lihat juga grade servernya. Kalau Quality SSL nya udah Grade A+, itu menandakan servernya terpercaya atau reliable. Jangan khawatir juga jika kita merasa kudet, ada customer service 24 jam selama 7 hari yang akan melayani kita, namanya Ninja Support. Daaan, satu lagi yang saya suka, dewa yang satu ini ternyata punya CSR program memberikan pelatihan gratis untuk non profit organization. Eh, pelatihan onlinenya juga ada sih.

Barangkali ada yang tertarik dengan Dewaweb Hosting bisa check di websitenya Blogger Perempuan, ada diskon special 20%.


MENINGKATKAN TRAFIK WEBSITE MELALUI FACEBOOK ADS

Affiliate ada, konten pun sudah siap, web hosting sudah mendukung, tinggal apa lagi yak? Yep, bagaimana membawa trafik ke postingan kita. Percuma dong punya konten bagus, server web yang high performance, tapi ngga ada trafik masuk.

Bagaimana caranya? Salah satunya dengan Facebook Ads!

Ada yang pernah dengar Facebook Ads? Saya pernah. Tapiii, ngga tahu cara menggunakannya. Pas di klik untuk boost posting, minimal USD 5/klik. Jiaaah, bisa bangkrut saya kalau per klik USD 5. Nah, setelah mendengar penjelasan Iqbal, ternyata bukan seperti yang saya pikirkan semula. Ahay, ternyata ikutan Ngobrol Cantik ini banyak dapat ilmu.

Seperti tadi dibilang di atas, narsum untuk yang satu ini adalah Iqbal Maulana, ahlinya Facebook Ads. Di awal Iqbal menerangkan mindset Facebook Marketing, dimana saat ini trend FB terus meningkat, penggunanya pun semakin banyak. 43 juta online setiap hari dan 42 jutanya online melalui mobile. So, penting banget punya website atau blog yang mobile friendly. Kenapa FB masih digandrungi? Ini dikarenakan FB selalu melakukan perubahan dan ngga bikin bosen. Future trendnya, menguntungkan banget nih buat yang punya bisnis online atau yang ingin mendongkrak trafik melalui FB Ads.
meningkatkan trafik dengan facebook ads

FB Ads ini sebetulnya mirip-mirip dengan SEO, tapi bedanya adalah jika di google, kita berlomba menarik pengunjung website dengan cara berada di peringkat pertama mesin pencarian Google, sedangkan FB Ads ini menggerakkan orang untuk berkunjung ke website atau blog kita dengan cara lebih humanis. Jadi strateginya tentu sedikit beda. Jadi bedain ya antara spam dengan facebook marketing. FB marketing ini tidak sama dengan kita posting sponsor post atau produk, terus semua orang di-tag. Hati-hati loh dengan tag di FB ini, kita bisa dilaporin jika orang yang di-tag merasa bahwa itu annoying. Ujung-ujungnya FB account kita kena cekal. Hiks. Ngga mau kan. Cari aman aja deh pake FB Ads.

Oya, hebatnya FB Ads ini juga bisa disetting target market yang ingin kita sasar sedetail mungkin, jadi apa yang kita iklankan tepat sasaran. Ngga ngawur. Percuma kan kalau kita punya sponsored post tentang fashion muslimah yang cocok untuk kalangan ibu-ibu, tapi audience kita adalah anak-anak muda, laki-laki pula. Ada siih, yang klik, mungkin mau ngasih buat hadiah ibunya, tapi berapa %? Nah, FB Ads bisa setting gender, umur, bahasa, lokasi, interest, behaviour, dan lainnya untuk target market kita.

Pertanyaannya perlu ngga sih sponsored post diiklankan? Kan berbayar. Hmmm, buat yang websitenya sudah terkenal mungkin tidak susah mencari trafik ya, tapi bagi yang belum terkenal kemudian harus ada KPI page view per-post, rasanya ngga salah untuk berinvestasi di sini. Lagi pula, walaupun tidak ditarget, tetap saja ada semacam tanggung jawab moral karena kita juga mendapat bayaran dari brand. Kalau kata Iqbal sih idealnya 20% biaya sponsored post bisa disisihkan untuk biaya iklannya juga untuk Fan Page like-nya. Pembayaran fleksible, bisa melalui kartu kredit atau debet ATM Bersama.

Berapa sih harga perkliknya? Menurut Iqbal sih bervariasi, tetapi tidak sebesar yang saya perkirakan sebelumnya. Bisa rentang puluhan rupiah sampai ratusan rupiah, tergantung seberapa viral konten yang kita sharing dan placement iklan yang kita tempatkan. Semakin viral atau menarik konten, harga perkliknya juga semakin murah. Sedangkan untuk placement, untuk pemula disarankan tidak menempatkan di layout tengah, juga lebih baik pilih beriklan di mobile. Jangan khawatir bakal kebobolan, kita bisa setting sesuai dengan budget kita, misal maunya Rp 50.000/hari, dan setiap saat bisa dihentikan jika kita merasa hasilnya kurang bagus. Untuk mendapatkan harga yang murah, perlu trial dan juga split test. Sisihkan waktu dan investasi untuk split test ini, daripada kejebur, udah pasang ads, tapi landing kurang memuaskan.

Iqbal Maulana, sekali lagi mengingatkan bahwa kunci sukses dari Media Selling adalah sosialisasi, bukan selling. Social First, Selling Second! Iqbal juga menjelaskan bahwa website atau blog itu konten, tapi kalau bicara iklan di sosial media itu konten dan manusia. Jadi sebisa mungkin ada sentuhan manusianya, karena pembaca sosial media berdasarkan ketertarikan.

meningkatkan trafik dengan facebook ads
Sejalan dengan yang dijelaskan Involve Asia yak, bahwa brand lebih menginginkan artikel yang story telling, bukan yang penjual barang. Iya juga sih yak, kalau saya dalam posisi pembeli juga, yang saya cari dari internet adalah pengalaman atau voice dari orang-orang mengenai brand tersebut, bagaimana sih setelah menggunakan barang itu? Kecewa atau puas, misalnya. Kalau masalah spesifikasi barang kan banyak yak bisa dicari.  

Untuk lebih mengetahui mengenai FB Ads, bisa dichek di www.facebook.com/ads/manager

Terakhir, untuk bisa mengiklankan sponsored post atau bisnis online, kita harus punya Facebook Fan Page. Ayo yang belum punya Fan Page, dibuat yak. Bagi yang sudah punya, tinggal dioptimalkan. Dan berikut tips FB Ads yang boleh di-copy paste:

1. Perfect Audience
Harus dipastikan audience yang kita tuju memang sesuai dengan target market yang dituju.

2. Riding The Trend
Buatlah postingan mengikuti trend sehingga berpotensi untuk viral, namun jangan lupa disesuaikan dengan tema blog atau website kita.

3. Headline is Everything
Katanya sih menurut penelitian, 80% orang mengklik post karena judul. Istilah kerennya click baiting. Tapi tetap dong yak, setelah judul oke, konten pun harus menarik, jangan membuat kecewa pembaca dengan judul yang ngga nyambung dengan konten.

4. Thumbnail Must be Thumb Friendly
Thumbnail juga harus diperhatikan, harus menarik, jelas, kontras dan unik. Jangan terlalu rame, malah akan menghilangkan fokus. Kata Iqbal Maulana, biasanya sih yang oke adalah gambar orang.

5. Pixel & Custom Audience
Nah, yang ini lebih ke arah retargeting. Dengan kode pixel yang terpasang di site, trafik yang masuk ke site tidak akan sia-sia dan datanya terkumpul sehingga bisa dikumpulkan audience list untuk retargeting (mengajak kembali user untuk berkunjung ke website atau blog kita.

Upss! Ngga berasa, berakhir sudah Ngobrol Cantik Blogger Perempuan dengan Involve Asia, Dewaweb Hosting dan Iqbal Maulana (Facebook Ads). Seperti biasa ada doorprize dan pemenang live tweet. Selamat buat para pemenang yak, salah satunya Evrina Budi. You deserved, girl! Live tweet-nya lengkap banget. Two thumb up.

Acara pun ditutup dengan makan siang bersama dari Gokana Teppan. I like it! Habis, bis, bis, maklum persiapan buat perjalanan balik menuju Cilegon. Maaf ya, SMP, sudah makan pulang. Daaan, masih terikat satu janji, yaitu beli squishy. Thank you Blogger Perempuan, Iqbal Maulana, Involve Asia, dan Dewaweb atas sharingnya. 
meningkatkan trafik dengan facebook ads

meningkatkan trafik dengan facebook ads

Oya, jangan lupa dicoba utak-atik Facebook Ads-nya. Harus banyak praktek, kan practice make perfect yaaa . . . 

32 comments:

  1. betul juga ya pakai cara ini bisa digunakan. dulu sih aku pernah juga pasang Facebook ads

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah Mbak pakai facebook ads. Pas mau nyoba, lah kok mahal yak. Xixi. Eh, ternyata kita bisa setting mau perharinya budgetnya berapa, nanti akan ketahuan harga perkliknya. Harga perkliknya ini tergantung dari layout di mana iklan tersebut ditempatkan. Ada yang murah juga Mbak. Rp 16/klik, trus bisanya kalau viral, si FB ini nambahin bonus quota kliknya. Semakin viral semakin kecil biaya perkliknya.

      Delete
  2. Aku sering nih mba pakai FB ads untuk boost jualan online aku. Tapi kok ya ga terlalu ngefek ya. Entah di mana salahnya, tapi memang kata teman2, fb ads ini memang trial and error. Kudu dicoba terus sampai nemu target yg pas.

    Makasih yaa blogpostnya lengkaaap.. Jadi berasa datang ke sana.. Hihi..

    Mba le, btw squishy itu apose?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kemarin denger dari Iqbal Maulana, kayaknya targetnya harus sesuai dengan produk kita. Di situ ada dashboardnya untuk memilih target-target yg kita mau. Trus nanti disampingnya keliatan jangkauan iklan kita akan mencapai berapa dengan target2 yang sudah kita setting. Kata Iqbal sih mending split test dulu untuk melihat respond pasar. Ngga apa2 keluar dikit di awal untuk split test, tapi nantinya target yg disasar sesuai. Iklannya juga bisa langsung kita hentikan jika hasilnya tidak memuaskan.

      Hihi..squishy itu yang mainan kayak sponge gitu, bisa diremes-remes tapi balik ke posisi semula. Kalau kita mah bilang busa lah.

      Delete
  3. Wah lengkap sekali mbak Levi, kapan-kapan saya harus belajar nih mengenai FB ads. Selama ini saya belum begitu memaksimalkan sosmed :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener Mbak...saya juga jadi tertarik belajar FB ads ini. Katanya sih kemarin, coba saja kecil-kecilan dulu. Nanti kalau udah dapat feelnya baru diimprove.
      Ternyata si FB ini banyak juga fiturnya, selain untuk update status. Hihi. Perlu diulik lagi nih kayaknya Mbak. Selama ini saya tahunya cuma update status.

      Delete
  4. wow lengkap, lugas dan mudah di pahami. saya suka banget dengan tulisan mbak. Sukses selalu ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir di tulisan ini. Sukses juga yak buat Mas Cholil.

      Delete
  5. Wah bunda levi nih jago bgt review. lengkap bin detail bin komplit. saya bacanya berasa lg di acara tsb dan mmmbaca seolah" lg mendngar jd audience/peserta...
    btw, bunda kok psng ads di blognya? pnjelasannya udh dpt semua sm bunda diatas, enak ya klo udh faham bun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaff bun, balek komen maning. kata 'enggak' di prtnyaan ketinggalan. hihi.

      Delete
    2. Haha. Iya nih, malah terlalu detail ngga sih? Kadang suka ngga pedepede nulis banyak2 gini. Cuma kepikiran pengen berbagi ajah sih. Tapi takutnya orang bosen juga yak baca panjang2 gini. Haha. Semoga berguna informasinya. Oya, iklan belum. Kan baru dikasih tahu kemarin caranya. Lagi dipelajari niy.

      Delete
  6. levina, thanks ya..
    walau nggak datang tapi mulai kebuka deh apa itu FBads
    eh itu si IM keren banget sih, masih muda uda CEO aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...keren tuh. Masih muda udah CEO. Udah gitu dia kmrn punya produk bikinannya namanya Rediance. Jadi semacam software untuk retargeting. Pake platform blog apapun bisa pake ini. Laris manis lagi tuh barang. Kmrn masih ada diskon. Entah kalau sekarang Mbak.

      Delete
  7. Kalo yang iklannya buanyak rada ngeganggu sih buat pembaca hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebanyakan mah mungkin iya agak mengganggu. Cuma mungkin tergantung layout juga sih yak. Kadang saya baca artikel kanan kiri atas bawah iklan atau tengah sih masih bisa baca. Yang bikin sedikit jengkel adalah iklan pop up yang pas kita baca artikelnya malah kita jd ga bisa baca. Alias ketutup semua tulisannya. Pas di back malah hilang.

      Delete
  8. Waah paday bermanfaat banget yaa acara ngobcan
    Aku blom pernah ikutan nih..
    Selalu langsung full n closed pas mau daftar
    Makasih sharingnya mba meski gak dateng ttp kebagian ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Saya juga baru pertama ikut NgobCan nih. Alhamdulillah masih rejeki, jd masih ada seat available. Kebetulan tempatnya pun saya tau lah kalau jajaran Blok M - Kota mah. Jadi memberanikan diri datang ke Jakarta tanpa di antar. Datang sendiri pulang sendiri. Pengalaman yang seru. Selain dapat ilmu yang cakep di Ngobcan..
      plus puas jalan di jembatan penyeberangan Semanggi yang puanjang itu. Hihi. Norak ya Mbak, saya ini. Cuek lah. Habis setiap kali lewat di sini atau mau ke Sudirman, penasaran lihat jembatan penyeberangan Semanggi ini.

      Delete
  9. Makasih buat sharingnya ya, jadi tambah ilmu baru lagi.
    Aku belum pernah nih nyobain Facebook adsense, kapan-kapan mau nyobain ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak. Semoga bermanfaat yak Mbak.

      Facebook Ads sih lebih ke arah kita mengiklankan postingan kita atau bisnis online kita Mbak. Jadi supaya postingan kita terbaca oleh para pembaca yg jadi target market kita. Atau kalau bisnis online supaya iklan produknya tersebar dan mencapai orang yang memang membutuhkannya sehingga ada yang akan membeli produk kita. Fb Ads berbeda dengan adsense di mana kita dibayar perklik atau jika ada penjualan. Untuk FB Ads malah kita yang bayar untuk perkliknya. Tapi keuntungannya, jangkauan posting kita lebih luar.

      Delete
  10. Wah, penting banget ini materinya. Karena masih kesulitan membuat postingan sponsored post rame dikunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, bisa jadi salah satu alternatif untuk meningkatkan trafik ke sponsored post. Tapi harus banyak trial and error di awal-awal niy Mbak, biar feelnya dapet.

      Delete
  11. Saya sudah nyoba dong mbak setelah ikutan acara BP, lumayan lah trafficnya. Tapi selama nyoba keliyengan euy :( riweeeeh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udah langsung praktek yak. Saya juga kemarin mulai ngoprek-ngoprek, cuma masih baca-baca dulu. Ntar agak senggangan, saya otak-atik lagi.

      Delete
  12. saya termasuk yang sering mendapati link broken pada beberapa blog. pasalnya kadang mereka mengubah alamat url setelah dishare ke socmed. jadi seringnya saya tidak mendapati artikel yang dimaksud. penting banget memang, ngecek link sebelum go socmed

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya harus ngaku sih, jarang periksa linknya. Tapi pernah satu ketika ikut lomba, setelah beberapa lama baru sadar linknya salah. haha. Bubar deh.

      Delete
  13. Thank you reportasinya Mbaak ^_^ Komplit bangett hehehe... Dulu udah pernah sih pake FB ads untuk iklan jualan, tapi belum pake split testing seperti yg dianjurkan Iqbal. Nanti coba-coba lagi juga ah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebelum dapet ini pernah juga sih iseng2 pengen coba. Eh pas diklik boost, saay bingung...ini sistem pembayarannya gimana, terus nantinya tampilannya gimana, dll Mbak. Akhirnya urung deh.

      Delete
  14. Waaaah lengkap sekali nih mbak penjelasannya, aku baca dari awal sampe habis nih. Tapi tetep belom tergerak untuk pake facebook ads, aku rasa belom perlu untuk saat ini.. Hehehe. Makasi sharingnya ya Mbaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih...kalau yang mau memanfaatkan ini mungkin yg berhubungan dengan bisnis online...atau yang ingin ningkatin trafik ke artikel sponsored. Kadang trafik ke sponsored post agak seret..Apalagi kalau yang udah pro yang sudah punya rate card biasanya diminta kpi page viewnya. Mungkin saat ini kita akan perlu sesuatu untuk boost view ya.

      Delete
  15. cobain ah kapan2 biar traffictnya naik

    ReplyDelete
  16. Catet, ah. saya juga pengen nyoba facebook ads ini mbak. Secara blog baru 6 bulan berdiri hu hu hu

    ReplyDelete
  17. Aku pernah pakai Facebook Ads dan pengaruhnya memang nggak terlalu banyak mbak. Kalau nggak salah dulu aku sampai bayar 140 ribu untuk tujuh hari.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan