Avilla Residence & Rasane Seafood Gading Serpong, Konsep Bisnis Yang Terintegrasi

“Maaf Bu, tadi ibu pesan sup jagung kepiting ya?” seseorang berpakaian seragam hitam-hitam menghampiri meja kami. Saya mengangguk mengiyakan. “Maaf, jagung kami sudah tidak segar. Bisa diganti dengan menu lain?” Saya pun bengong. Hah? Baru kali ini saya menemukan resto yang memberitahukan pelanggannya bahwa bahan yang mereka punya sudah tidak segar. Masuk akal sih, hari memang sudah malam, kemungkinan sayuran yang tersisa tadi pagi sudah layu.
Saya jadi teringat event tadi siang, #TraktirBlogger bersama Rasane Seafood dan Avilla Residence yang menghadirkan AnakJajan. Pak John, owner dari Rasane Seafood dan Avilla Residence bilang bahwa restoran seafoodnya menggaransi menu yang dihidangkan fresh, sehat dan berkualitas. Owh, ternyata bukan hanya lip service! Saat makan di Rasane Seafood Gading Serpong, malam harinya, saya membuktikan sendiri bahwa memang mereka anti menghidangkan makanan yang berasal dari bahan yang sudah tidak fresh.
Bersama ke 15 travel & food blogger, kami mendapat kesempatan untuk sharing tentang visi dan misi Rasane Seafood, tips food photography dari Julia & Marius yang terkenal sebagai the artist and the actor behind website AnakJajan.com, juga untuk staycation di Avilla Residence Gading Serpong.
Saat datang, saya merasa tersanjung banget dengan persiapan Rasane Seafood & Avilla Residence. Sebuah meja panjang, yang telah ditata dengan rapih, layaknya untuk table manner, menyambut kedatangan saya. Nama saya pun terpajang di situ. Mbak Nuniek yang menjadi host acara ini pun ramah banget. Klepek-klepek ngga sih, lihat namamu terpampang di meja perjamuan model gini?

Lokal Yang Bercita Rasa Dunia
Pak John, pada sesi pertama berbagi cerita mengenai Rasane Seafood & Ikan Bakar yang didirikannya. Terus terang saya terpaku mendengar penjelasan beliau, mulai dari kekayaan laut Indonesia, cita-citanya untuk mengembangkan kuliner lokal yang tak kalah dengan luar negeri, pemberdayaan masyarakat sekitar dan pengembangan sumber daya manusia. Bahan-bahan yang dipakai di Rasane Seafood merupakan bahan lokal yang berkualitas yang didatangkan dari daerah-daerah seperti Kalimantan dan Papua. Rempah atau bumbu yang digunakan pun merupakan lokal punya. Racikan 17 bumbu rahasia Rasane, membuat Kepiting Asapnya menjadi legenda.
Selain menggunakan bahan lokal, Pak John juga bilang  bahwa karyawan yang dipekerjakan pun 100% dari dalam negeri, dan Rasane tidak hanya sekedar mempekerjakan karyawan tetapi juga membantu mereka untuk berkembang. Pak John menginginkan bahwa Rasane terus berkembang dan mempunyai nilai-nilai yang sendiri, yaitu mengikuti trend keinginan pelanggan, selalu menyediakan makanan segar (fresh), sehat, tanpa bahan pengawet.
Avilla Residence, Konsep Bisnis Yang Terintegrasi
Gedung Avilla hadir untuk memenuhi kebutuhan akan hunian dan juga bisnis yang terintegrasi. Ada beberapa unit yang tergabung dalam gedung ini, yaitu: penginapan (Avilla Residence); gedung serba guna (Grand Avilla Ballroom) yang bisa digunakan untuk acara pernikahan, pesta atau acara-acara khusus lainnya; restoran Rasane Seafood, Cafe serta ruang meeting.
Hmmm, saat saya datang pagi hari, suasana ramai sekali di Avilla, tempat parkiran pun penuh. Rupanya sedang ada acara wisuda anak-anak TK di lantai-2.
Avilla Residence sendiri terletak di area hijau, karena tidak jauh dari sini terdapat padang golf yang besar dan hijau. Dirancang sekelas hotel budget, diperuntukan untuk kalangan eksekutif, karyawan, mahasiswa maupun profesional. Pak John sendiri bilang “Kostel”, tempat kost fasilitas hotel! Hehe, bisa aja bikin istilah nih. Eh, tapi betul juga apa yang dibilang Pak John. Karena ada 2 lantai (setelah hunian hotel) di atas yang diperuntukkan sebagai tempat kost, tapi ya tetap fasilitasnya layaknya hotel.
Di lantai selanjutnya (lantai 7 & 8), diperuntukkan sebagai tempat perkantoran kedepannya. Dan lantai paling atas (rooftop), bisa dipakai untuk barbeque di malam hari untuk event-event special. Pemandangan dari rooftop, keren juga lho. Areanya masih hijau.
Follow Your Passion & Have Fun
Yang menarik juga dari event #TraktirBlogger ini, adalah adanya sharing dari AnakJajan.com, pasangan yang menyukai kuliner dan traveling. Berawal dari doyan makan dan senang mencoba sesuatu yang baru, akhirnya pasangan muda ini menuliskan pengalaman mereka di dalam website yang akhirnya dipilih oleh TechInAsia sebagai The Most Popular Indonesian Food Blogger. Keren yak!


Banyak masukan juga dari sesi sharing ini. Saya jadi tahu bahwa tidak semua benda cocok di foto dengan teknik Flatlay misalnya. Keren deh pokoknya Rasane Seafood, Avilla dan Mbak Nuniek yang telah mendatangkan mereka. Postingan mengenai tips food foto, Insya Allah saya tulis terpisah ya.
#TraktirBlogger, Makan Siang Sampai Kekenyangan
Dan bagian yang ditunggu adalaaah? Makan siaaang!!!
Terus terang saya penasaran sekali dengan kepiting asap yang merupakan menu andalan Rasane Seafood. Seperti apa sih aslinya? Tapi sebelum main course tiba, kita menikmati appetizernya dulu yak, yaitu: Jamur Enoki Goreng dan Salad Mangga Cumi Cabai Garam.
Enoki Goreng-nya enak, kriuk-kriuk. Salad Mangga Cumi Cabai Garamnya pun juara. Sungguh kreatif menyajikan salad mangga dengan cumi cabai garam. Top deh!
Setelah itu, main course tiba, yaitu Kepiting Asam dan Kepiting Gemes yang ditunggu. Nah ini dia penampakan Kepiting Asap dan Kepiting Gemes:


Yang dihidangkan ini adalah ukuran jumbo. Wah, besar sekali kepitingnya. Rasanya? Bumbu racikannya enak, bikin kita menjilati jari jemari kita. Daging kepitingnya juga banyak, tebal dan lembut. Ini dia nih, kepiting yang katanya didatangkan dari daerah Kalimantan atau Papua. Ternyata memang ukurannya jumbo.
Eh, ternyata main course-nya bukan hanya hidangan kepiting, tetapi juga Aji-Aji Goreng Terasi, Bawal Bintang Bakar 3 Rasa, Udang Galah ala King, Kerang Bambu Tauco Pedas, Ayam Cabe Pandang, Kangkung Lombok Terasi, Pucuk Labu Bawang Putih dan ditutup dengan segelas segar Es Timun Serut. Kata Pak John, udang galah itu menangkapnya harus dipancing satu-satu.


Semua masakannya enak-enak, tetapi yang paling saya suka adalah Kerang Bambu Tauco Pedas. Ih, ini makanan enak banget. Saya seumur-umur belum pernah namanya makan kerang. Tapi berhubung dalam rangka #TraktirBlogger, bagaimana mau review jika tidak merasakan? Akhirnya dengan terpaksa saya makan satu buah kerang bambu. Saya colek bagian daging putihnya, dengan ragu saya masukkan mulut. Aiih, kenyal-kenyol lembut gitu, dan rasanya enak gila! Dan, saya pun nambah.
Tour The Avilla
Setelah makan sampai puas dan kekenyangan. Kita pun lanjut untuk tour the Avilla yang dipandu oleh Pak Ari.
Pertama kita diajak ke area yang dinamakan Display. Di sini adalah area bahan-bahan segar dan hidup ditempatkan. Setiap pengunjung bisa memilih dan meminta. Oya, ada ahlinya juga lho di situ. Katanya kalau ingin kepiting yang empuk, pilih kepiting yang warna tubuhnya agak kehijauan.
Kata Bapaknya, kita juga bisa membedakan asal daerah kepiting dari warna tubuhnya. Kalau yang berwarna hijau, itu berasal dari Tarakan, Kalimantan. Sedangkan yang berwarna agak orange atau merah, itu berasal dari Papua. Eh, ada juga yang warnanya agak keunguan gitu. Bagus lho. Dan kepiting-kepiting ini masih dalam keadaan hidup, dan direndam dalam air.
Ada juga berbagai macam kerang di area display. Ada kerang tahu, ada kerang macan, ada kerang darah (hijau), ada kerang bambu dan ada juga kerang kampak. Itu yang tadi saya bilang enak banget yang dikasih bumbu tauco pedas. Aih, ternyata bentuk aslinya mirip bambu. Kerang macam, bentuknya loreng-loreng mirip macan, sedangkan kerang kampak mirip dengan kampak, adan yang bilang sih mirip martabak atau crepes. Haha.
Bapaknya juga menjelaskan, bahwa untuk mendapatkan kepiting, sekarang ini sangat susah, seperti barang langka. Orang lebih senang menjual ke luar, seperti ke Malaysia, Singapura dan lainnya, karena harganya yang relatif lebih mahal.
Area selanjutnya yang kami datangi adalah Avilla Residence. Bagian front office-nya atmosfirnya ramah dan bersahabat, bersih dan cozy. Ada sudut untuk pengambilan foto yang instagramable banget. Pasti yang suka selfi, akan jatuh cinta melihat ini.
Di sebelah front office, ada Avilla Cafe. Jadi yang mau kongkow-kongkow cantik bisa nih di sini. Suasananya juga asyik. Di lantai 2, ada Grand Avilla Ballroom, ruang serba guna yang bisa dipakai untuk acara wedding, pesta ataupun acara lainnya. Ballroom ini bisa menampung 300 orang, jika digabung dengan teras bisa mencapai kapasitas 800 orang.
Selanjutnya kami diajak menuju lantai 7 & 8, serta Rooftop. Cakep juga pemandangan dari lantai paling atas ini. Oya, sebelahnya Avilla sekarang sedang dibangun Rumah Sakit Khusus Gigi terbesar. Tuh, semakin strategis saja kan letak Avilla ini. Sebelahnya akan dibangun rumah sakit gigi, sebelahnya juga dekat dengan Rumah Sakit Carolus.
Staycation With Family di Avilla Residence & Saturday Night Fever
Puas keliling-keliling area Avilla, waktunya untuk staycation dengan keluarga di Avilla. Kamar saya terletak di lantai 3. Kamar dengan ukuran kurang lebih 15,5m2 ini, dilengkapi dengan AC, air panas, ranjang ukuran queen, wifi, televisi 32 inch. Ukurannya sih lumayan kalau untuk satu keluarga. Air panasnya tidak mengecewakan, panas beneran, bukan hangat-hangat kuku. Terus, yang saya suka, di lorong ada dispenser air minum. Jika kita kehausan malam-malam, bisa ambil di sini. Atau jika kelaparan, bisa seduh mie. Haha. Anak kost banget deh jadinya.
Yang saya suka lagi (lah, kok banyak sukanya?), Avilla Residence dekat banget dengan Summarecon Mall! Ngga nyampe 5 menit. Asyik ngga tuh? Malam mingguan ngelayap ke Summarecon. Kesampaian juga nih menjelajah Summarecon dan nonton Ninja Mutant Turtle di Cinemax. What a perfect Saturday night yak! Walaupun sempat diwarnai aksi ngambeknya Azka, gara-gara ngga jadi beli Squishy.
Oya, di sepanjang Jalan Raya Serpong, jika ingin mencoba kuliner, banyak berjejeran warung-warung atau resto-resto siap saji. Dijamin ngga bakal kelaparan deh kalau kamu ada di daerah sini. Tapi, kali ini saya lebih memilih makan malam di Rasane Seafood & Ikan Bakar. Masih penasaran ingin mencoba menu lainnya. Late Dinner Actually. Dan ini dia menu makan malam saya, yang semuanya enak. Saya rekomendasikan untuk buncisnya, masih kres-kres dan rasanya manis asli dari buncisnya.
Rasane juga menyediakan paket makan siang murah lengkap, dengan menu seafood mulai Rp 35.000 – Rp 45.000/paket. Paket makan untuk 10 orang, dengan pilihan menu yang asyik, plus menyambut special bulan Ramadhan, Rasane juga menyediakan Paket Beduk dan Paket Buka. Ayo, diserbu sebelum ketinggalan. Haha.





Yang mau mampir makan di Rasane Seafood Gading Serpong atau mau menginap di Avilla Residence, berikut alamat beserta kontaknya:
Avilla Residence
Jl. Gading Golf Boulevard Kav. G-001 Summarecon Gading Serpong, Tangerang – Banten
Phone: +62-21-5422-0608
Fax: +62-21-5422-0615
Email: avilla.residence@gmail.com

36 comments:

  1. Replies
    1. Iya asyiik banget. Itu menu keluar kayak ga ada habisnya. Super2 lagi. Belum staycationnya. Belum lombanya yg deadline y amazing...before sunset and before sunrise. Haha. Seru banget Mbak...

      Delete
  2. Wah keren banget ini restonya sampai ngasih info kalau bahannya udah nggak fresh lagi, semoga semua resto akan seperti ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya...saya aja sampai bengong. Hanya karena jagung y ngga segar, dia info in. Tapi kalau untuk ikan, kepiting, kerangnya sih pasti masih fresh karena langsung ambil dari display mereka. Jadi ada satu tempat di depan terbuka, isinya akuarium yg berisi ikan, kepiting, kerang, dll.

      Delete
  3. Replies
    1. Saya sampai netes air liur lagi nih Mbak, ... ngebayangin salad mangga cumi cabai garamnya, belum lagi kerang dan kepitingnya. Hehe.

      Delete
  4. Enak ya kalau semua restoran memberi garansi bahan yang dimasak tetap fresh. Jadi ga akan ada kejadian ada benda2 asing nangkring di piring sajian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pernah punya pengalaman yang tidak enak kah? Iya juga sih, sebel yak kalau nemu benda asing di makanan kita.

      Delete
    2. Wah pernah punya pengalaman yang tidak enak kah? Iya juga sih, sebel yak kalau nemu benda asing di makanan kita.

      Delete
  5. hari pertama puasa dan saya langsung disuguhkan posting ini, jadi gak kuat nih pengin buru-buru buka puasa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha...aduh jangan buka dong. Nanti malah saya yang dusa...menggoda orang berpuasa.

      Delete
  6. HEheheh keren juga konsep bisnisnya. Eaaa di bulan Puasa masih banyak yang posting urusan kuliner hieieiee. Sedaaaaaaaaaap eee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, ini munggahan sebelum Ramadhan, Mas, xixixi. Blog pun ada acara munggahannya yak. Ngga mau kalah...

      Delete
  7. Replies
    1. Seafoodnya mantap yak...super super. Hasil laut Indonesia lho. Dari Kalimantan dan Papua.

      Delete
  8. seafoodnya nda nguatin
    minta dicaplok atu atu hihi
    kepitingnya keliatan menggugah banget ada item itemnya
    itu karamelisasi ya mb lev?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi..asal jangan dicaplok semua barengan. Takut jontor bibir cantiknya tuh. Yang item itu bumbunya Mbak Nita. Jadi ini kepiting asap pake 17 jenis bumbu yang diracik spesial. Bumbunya jadi mirip serundeng gitu. Enak banget bumbunya, eh plus kepitingnya juga dong yak! Masa mau makan bumbu doang. Ini mau makan kepiting apa bumbunya sih ... xixixi.

      Delete
  9. foto terongnya kok indah banget ya mb ahihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya, terongnya warnanya ungu. Halaaah, ya iya ungu yak, orang fotonya ungu, saya minta dikeplak nih kayaknya. Hahaha. Cakep yak, seger soalnya. Sayang yang ambil foto ngga bisaeun. Siapa emang yang ambil. Sayaa!! Gedubrak

      Delete
  10. Replies
    1. Hihi..Ayuk atuh ke sini. Menikmati kepiting Rasane yang fenomenal.

      Delete
  11. beda kepiting asam dan kepiting gemes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa ya bedanya. Hmmm, kalau Kepiting Asap, dia dimasak dengan cara diasapin dengan 17 bumbu tadi itu Mbak, trus dibungkus menggunakan daun pisang. Jadi pas disajiin, lengkap tertutup daun pisang. Kepiting Gemes juga dialasi daun pisang yak? Hmmm, bedanya salah satunya di bumbunya. Kepiting Gemes ada rawitnya tuh Mbak, yang orange-orange, plus dimasak menggunakan bawang putih yang masih bijian. Katanya, itu bawang putih kayak kentang. Tapi saya ngga nyoba makan bawang putihnya sih Mbak...jadi ngga bisa testi bahwa rasanya kayak kentang.

      Delete
  12. makasih ya levina sudah dataaangg... dan selamat menang kompetisi instagram, lumayan kaaan buat nraktir keluarga lagiii hehehe... sampai ketemu di event2 mendatang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget Mbak Nuniek. Makasih undangannya, unforgettable moment banget nih. Iya Mbak, lumayan banget. Thank you ya Mbaaak...

      Delete
  13. Ampun :( kepiting sama udangnya menggoda iman, Mbak :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya menggoda iman, padahal iman tidak menggoda. Yang enak lainnya itu kerang bambunya, terus es kacang merahnya pakai duren lagi, terus ikan bakar tiga rasa...aiih semua enak jadinya.

      Delete
  14. eeeh ada akuuh difoto ituuu :p *pake baju biru, shall kuning* (sumpah penting banget :p)

    pan kapan ke rasane lagi yoook mbak hahaha.

    ReplyDelete
  15. menu seafood di rasane keliatan enak banget dilihat dari layar leptop... Kapan aku bisa makan cantik disana ya? terlalu jauh dari tempatku.

    ReplyDelete
  16. reviewnya lengkap sekali, Kakak Levina :3
    jadi kepengen makan kepiting Rasane lagi nih baca postingan kak Levina :3

    ReplyDelete
  17. waaah sempat jalan2 ya mbak pas malemnya.. aku ga kemana-mana euy.. ditinggal tidur bocah dan bapaknya.. jadilah pas malem ngeblog doang hahahaha.. nice to meet you mba Levina.. :)

    ReplyDelete
  18. Asik banget ya mba ada acara traktiran blogger gitu, baru tauuu.. Seru... Aduh, kepiting gemesnya bikin gemmeesss

    ReplyDelete
  19. Aku nggak kebagian udang nya hihi langsung ludes :D

    ReplyDelete
  20. saya suka seafood mbak, tapi selama ini jakarta aja cukup hehe
    kalo sampek serpong situ kejauhan

    ReplyDelete
  21. aduuuh kepitingnya menggoda iman mbaa...
    wah seru bgt ituh acaranya

    ReplyDelete
  22. itu kepitingnya endes banget sepertinya, pas baca daging kepitingnya tebal langsung ngiler. *buka puasa kapan nih*
    Pelayanannya top banget ya, saya catat untuk referensi tujuan jalan keluarga deh :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan