Menyusuri Goa Gong Pacitan - Goa Terindah Di Asia Tenggara

goa gong pacitan, goa terindah di asia tenggara
Jika sebelumnya saya terpesona dengan kecantikan Indonesia Timur, kali ini saya kembali dibuat terpesona oleh sebuah kecantikan alami yang terdapat di Kabupaten Pacitan. Ada yang orang Pacitan atau mengaku orang Pacitan di sini?
Kabupaten Pacitan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berada di bagian barat dan menjadi pintu gerbang dengan ibukotanya Pacitan. Bentang alam Pacitan terdiri dari pegunungan kapur yang kurang subur sehingga tidak cocok dijadikan lahan pertanian. Kontur ketinggian tanah dan gersangnya tanah kota ini menjadikan Pacitan mempunyai potensi wisata alam berupa goa.
Julukan kota seribu goa yang melekat pada Pacitan, didasarkan atas banyaknya temuan goa di kota yang sebagian wilayahnya merupakan daerah karst atau tanah kapur. Kota ini juga menjadi terkenal setelah salah satu putra daerahnya menjadi Presiden RI selama 2 periode. Tahu dong siapa namanya…, keterlaluan deh kalau ngga sampai mengetahuinya.
Nah, dari sekian banyak goa yang dimiliki Kabupaten Pacitan, yang akan saya bahas adalah goa yang mendapat gelar terindah dan terbesar se Asia Tenggara yaitu Goa Gong. What? Asia Tenggara? Ntaaar…, lihat peta dulu. #kenatabok Azka. “Hellow to the low, Ibuuu! Ngga tahu Asia Tenggara? Ibu sekolah di mana sih?” Hahaha. Udah ya Nak, jangan bikin malu Ibu, deh. #langsungngebekapmulutmungilnyayangtajam.
Tempat ini dapat ditempuh melalui dua jalur. Jalur pertama melalui Pracimantoro, Wonosari Gunung Kidul dan yang kedua, yang paling mudah adalah melalui kota Solo di mana terdapat angkutan umum dengan jalan yang lebar dan beraspal mulus. Catet! Lewat Solo lebih mudah ternyata.
Secara administratif, goa ini terletak di Dusun Pule, Desa Bomo, Kecamatan Punung, sekitar 37 km dari pusat kota. Obyek wisata ini dikelilingi oleh pegunungan yaitu di sebelah utara Gunung Manyar, sebelah selatan Gunung Karang Pulut, sebelah timur Gunung Gede dan di sebelah barat Gunung Grugah dengan kondisi gunung non aktif. Aman dong yak, ngga degdegan, takut sewaktu-waktu gunung-gunung ini meletus. Ahay, lebay banget sih saya.
Baca juga: Sail to Krakatau
Goa ini pertama kali ditemukan oleh 2 orang kakek yang merupakan penduduk setempat yang mencoba mencari sumber mata air karena pada saat itu Dusun Pule dilanda kemarau panjang. Dengan menggunakan obor sebagai penerangan, mereka menyusuri lorong-lorong goa, sampai akhirnya mereka menemukan sumber air. Saat kembali ke desanya dan menceritakan penemuannya, tiada seorang pun yang mau mengikuti jejak mereka, karena penduduk setempat menganggap tempat tersebut angker dan dihuni mahluk gaib. Barulah beberapa puluh tahun kemudian, cucu si kakek memberanikan diri untuk mencari goa dengan petunjuk minim dari ayahnya, bahwa goa tersebut terletak di dekat pohon kwulih. Akhirnya, Wakino cucu si kakek pemberani, menemukan goa tersebut bersama ayah dan beberapa rekannya. Oalaah, kayak cerita 5 Sekawan yang sedang mencari harta karun terpendam ya.
goa gong pacitan, goa terindah di asia tenggara
Photoright: initempatwisata.com
Kedalaman goa yang berbentuk horizontal ini mencapai 256 meter dengan usia stalaktit dan stalakmit ratusan tahun. Diperkirakan goa ini muncul akibat aktivitas vulkanik dan gerakan termik selama ratusan bahkan ribuan tahun lamanya.
Tahu tidak kenapa goa ini dinamakan Goa Gong? Ngga tahu kan? Nah, jadi ceritanya, menurut penduduk setempat penamaan goa ini berdasarkan suara gema tabuhan yang kerap terdengar seperti suara gong dari dalam goa. Gong adalah salah satu alat tabuh dalam gamelan. Sound mysterious? Hmmm, mungkin ngga juga. Suara gong ini berasal dari pantulan tetesan air dalam goa yang menimpa stalakmit. Bunyi yang dihasilkan terasa harmonis dan sudah terdengar saat di pintu masuk goa. Masuk ke dalam goa kayak mau masuk hall pertunjukan musik yak. Seru deh sepertinya.
Saat memasuki goa, kamu akan menyusuri tangga dan menyaksikan keindahan stalaktit dan stalakmit yang terus mengalami pertumbuhan memanjang melalui proses oksidasi dengan rata-rata pertumbuhan 0,1 hingga 0,13 mm per tahun.
goa gong pacitan, goa terindah di asia tenggara
Photoright: beritadaerah.co.id
Di sini kamu juga akan menemukan sendang, atau kolam air yang bersumber dari mata air pegunungan. Terdapat lima sendang yang dipercaya memiliki nilai magis bagi penduduk setempat, yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, Sendang Kamulyan dan Sendang Relung Nisto. Dipercaya bahwa air sendang ini mampu menyembuhkan penyakit.
Goa ini memiliki beberapa ruangan yang terbentuk secara alami yaitu ruang Sendang Bidadari yang memiliki sendang kecil dengan air bersih dan dingin. Di ruang ini menurut warga setempat kadang melintas bayangan bidadari. Waaah, menarik nih. Ayo, kita ke sini, siapa tahu bisa memeluk bidadari. Ngareeep!
goa gong pacitan, goa terindah di asia tenggara
Photoright: wisataindonesia77.blogspot.com
Ruang selanjutnya adalah ruang kristal dan marmer, di mana kamu bisa melihat keindahan batu kristal dan marmer yang berkualitas dan tersimpan dengan baik. Tapi kalau ke sini, mohon jangan punya pikiran mau bawa batu kristal dan marmernya ya, apalagi sampe niat bawa kampak buat atau gada buat mecahin batunya. Hehe.
Berikutnya adalah ruang yang lebih lapang di mana ruangan ini pernah digunakan untuk konser musik empat negara yaitu Indonesia, Swiss, Inggris dan Perancis dalam rangka mempromosikan Goa Gong ke mancanegara. Wuih, kebayang deh konser musik di dalam goa. Gaungnya pasti nyaring ke seluruh penjuru goa. Ngebayanginnya aja udah klepek-klepek.  Katanya sih suara yang dihasilkan fantastis dan spektakuler.
Ruang selanjutnya adalah ruang pertapaan, di mana di ruangan ini terdapat Sendang Relung Nisto. Fungsi ruang pertapaan apa yak? Yee, sudah pasti untuk bertapa brata lah ya. Hmmm, zaman sekarang masih ada gitu ahli tapa kayak tokoh-tokoh pewayangan yang sering saya baca dulu, yang tahan ngga makan, ngga minum dan ngga ngomong itu? Eh, tapi keren juga kali, jika seandainya kita pergi ke Goa Goong, trus berpapasan dengan satria ganteng dari zaman dahulu kala yang lagi bertapa, macam Lee Min Ho di drama Korea yang berjudul Faith itu. Aiish, kebanyakan nonton drama! Lanjuut!!
Dan ruang yang terakhir adalah ruang batu gong di mana di dalam ruangan ini terdapat batu-batu yang akan menghasilkan suara gong jika ditabuh. Di ruang inilah Sendang Panguripan dan Sendang Jampi Rogo berada. Konon, kedua sendang ini dulunya tempat masyarakat desa setempat mengambil air ketika musim kemarau panjang tiba.  
Dibutuhkan waktu kurang lebih satu jam untuk menelusuri semua ruang di dalam goa ini. Untuk mengabadikan kunjungan anda di goa yang indah, fotografer bayaran siap memberikan jepretan terbaik mereka dengan hasil foto yang indah.
Kamu juga akan melihat shawl drappery (stalaktit yang meneteskan air) yang mirip-mirip gorden berbintik dan rekahan endapan kalsium. Goa ini telah dilengkapi dengan lampu warna warni yang menambah keindahan goa. Dijamin kamu akan dibuat terkagum-kagum oleh keindahan ciptaan alam ini. Namun, selalu hati-hati ya, selama berada di dalam kawasan goa karena banyaknya tetesan air yang mudah menyebabkan pengunjung tergelincir.
Oya, mahal ngga masuk ke tempat wisata ini? Tenaaang, keindahan goa ini dapat kamu nikmati dengan membayar tiket masuk hanya Rp.5.000,00. Juga jika kamu ingin membeli oleh-oleh, di ujung lain pintu goa terdapat toko suvenir yang menawarkan aneka asesoris khas Goa Gong yang dibanderol dengan harga mulai dari Rp.50.000,00 hingga Rp.150.000,00.
Jangan khawatir dengan fasilitas di sekitar obyek wisata ini. Cukup lengkap kok, mulai dari penyewaan senter, pemandu lokal, rumah makan, musholla, toilet dan tempat parkir. Sedangkan hotel atau penginapan bisa menginap di pusat kota Pacitan. Kamu bisa pesan di situs booking hotel murah Traveloka.com.
Selamat berkunjung!

30 comments:

  1. Aku pernah kesini mbakyu, emang menarik si, meski waktu itu agak pengap karena lagi rame-ramenya pengunjung. Suatu saat pgn balik lagi kesana, pengen backpackeran bareng Hana. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau saya ngebayanginnya kayak trio detective atau lima sekawan atau hercules poirot, menyusuri lorong-lorong goa dengan bantuan flashlight untuk memecahkan misteri tersembunyi. Hahaha. Saya juga suka backpacker, melatih anak-anak kuat jalan.

      Delete
  2. Saya walau agak takut takut tapi suka wisata Gua. Gua Gong Ini cakep sekali. Mudah-mudahan suatu saat saya bisa juga ke sini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya deg-deg flash gitu yak saat masuk mulut goa. Apalagi kalau goa masih perawan. Seru sekaligus memacu adrenalin kayaknya.

      Delete
  3. wah...padahal deket rumahku lo....aku kalo mudik ke madiun mbak
    boleh deh nanti mampir ke sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh, Mbak Avy dari Madiun yak. Lumayan deket dong ya. Eh, mudiknya yak. Lebaran mudik ngga Mbak? Wah asyik nih bisa mampir Goa Gong

      Delete
  4. pacitan jauh mbak, tapi bisa dimasukan ke agenda traveling taun depan nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jauh juga dari tempat saya di Banten. Tapi mungkin pas mudik masih bisa kekejar sih. Setengah perjalanan. Aamiin, semoga terlaksana ya traveling ke Pacitan.

      Delete
  5. asiiiik, ntar kapan2 main ah ke Pacitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dekat ya Mbak ke Pacitan? Saya malah dari Cilegon, jauh deh kayaknya. Pengen sih suatu saat bisa mengunjungi goa yang mendapat julukan terindah se-Asia Tenggara ini.

      Delete
  6. Berdasarkan dari gambaran yang mbak tulis, ditambah dengan foto yang keren, kayanya bakalan worth-it banget nih kalo main ke goa Gong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Mas. Sekalian biar nanti bisa update kondisi aktual, hehe, barangkali ada tambahan-tambahan fasilitas atau apa. #ngarep. Biasanya sih menjelang lebaran, beberapa wisata mempunyai gebyar wisata

      Delete
  7. Ya ampun, Goanyaaa BA GUS BA NGET. Sendang bidadarinya keren bangeeeeetttt. Aku yang nggak bisa berenang aja rasanya pengen berenang disitu. Woaaaahhh, superb. Makasi infonya ya Maaaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun penasaran Mbak. Ada 5 Sendang (kolam mata air) di sini. Wuih betul-betul keindahan ciptaan Allah yang tidak ada bandingannya, ya.

      Delete
  8. Goa gong memang keren ya mbk, bisa buat tabuhan juga...selain goa gong pantai di pacitan juga keren-keren, salah satunya pantai banyu tibo, yang bikin saya selalu kangen dan pengen balik lagi ke pacitan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata Pacitan keren yak. Saya pikir tadinya gersang. Ngga nyangka ada wisata goa model begini. Pantai Banyu Tibo...namanya aja bikin penasaran.

      Delete
  9. Goa Gong emang cantik ya. Stalaktit sama stalaktit berpadu warna-warni lampu menambah goa ini semakin mempesona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagum dengan kekuatan alam sampai bisa membentuk stalaktit dan stalagmit seperti itu. Benar-benar superb. Ya, lampu-lampu itu tambah mempercantik keadaan dalam goa.

      Delete
  10. Pengen deh kapan2 ngerasain caving gini. Belum pernah masuk ke goa2 sampai ke dalam. Next destination nih kudu dicatet.

    Thanks for share mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mirip-mirip dengan batu cave sih, cuma ini kayaknya memang lebih keren. Stalagmit dan stalaktitnya memukau mata. Belum ditambah adanya 5 sendang dengan mata air pegunungan yang masih asri...keren.

      Delete
  11. Warna-warni seperti itu goanya. Karena efek lampu atau memang begitu, Mbak? Cantik, ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini efek lampu. Cakep yak. Tanpa lampu juga sebetulnya cantik sih. Itu batuannya keren abis. Sampai bisa membentuk gitu, kalau diperhatikan baik-baik kayak mirip arca atau patung gitu ya.

      Delete
  12. ih keren banget ya , dindingnya bisa seperti itu dengan warna warninya yang indah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, dinding goanya keren. Warna-warninya adalah efek lampu Mbak, menambah cantik pemandangan di dalam goa.

      Delete
  13. Hahaha,,,, Aku pernah kesini mbak Levina,,,
    Goanya memang benar - benar cantik,,, Aku dkk pun rasanya enggan beranjak dari Goa Gong ini, habis adem dan ayem sieh, hehehe...
    Mantabe' dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener ya keren banget? Enaknya emang rombongan nih datang ke sini. Hihi. Kalau sendirian serem juga kali ya ngelewatin lorong-lorong goa trus mendengar gema suara sendiri. Hihi.

      Delete
  14. MasyaAlloh bagus banget y mba baru tau ada yang seindah itu hehehe keren abiz..
    Serem ga si mba?kan namanya juga goa takutnya ada yang colek2 hehehe

    ReplyDelete
  15. aku ke Pacitan main ke Klayar aja mbak. tadinya suami ngajakin ke sini, cuma parnoan akunya. Kuatir ada gempa trus kayak di film2 gitu yang goanya ketutup jalan masuknya etc etc hahahaha efek kebanyakan nonton film kali ya. Oiya mbak, mbak ke sana atau cuma mereview aja ini? Soalnya aku liat tulisan ini fotonya copywright web lain semua.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan