Surga Itu Bernama Pahawang

Masih ingat saat terakhir kali kita berbincang-bincang di Masjid Raya Malaysia, awal tahun lalu. Kamu bilang tertarik untuk mengunjungi Indonesia suatu hari kelak. Kemarin Aku lihat di status media sosial, kamu kembali melanjutkan perjalanan keliling negara-negara di Asia termasuk Australia. Tetapi kamu melewatkan Indonesia.
Aku sedih, kenapa Kamu tidak mampir ke Indonesia.
Tawaranku masih berlaku. Seperti janjiku semula, jika Kamu datang ke Indonesia, please call me, I'll be your guide. Kan ku tunjukkan tempat-tempat terbaik di mana surga bersembunyi.
Jika kamu tidak punya waktu mengunjungi semua tempat indah di Indonesia, tak usah pergi terlalu jauh. Dari tempatku tinggal, sekitar 6 jam perjalanan, ada satu hidden paradise yang wajib kamu datangi. Namanya Pahawang.
hidden paradise Pulau Pahawang
Surga bernama Pahawang
Aku tidak tahu kenapa diberi nama Pahawang. Ada yang bilang dulu pada abad ke-17, orang yang pertama kali tinggal di sini adalah seorang perempuan Cina Betawi yang dikenal sebagai Mpok Awang. Dipercaya sebuah makam keramat yang terdapat di pulau ini adalah makannya Mpok Awang. Ada juga yang bilang, nama Pahawang berasal dari seorang nahkoda Cina bernama Hawang. Ah, entahlah mana yang benar. Tapi yang pasti gugusan pulau-pulau yang terletak di Kecamatan Pasawaran ini merupakan surga yang tersembunyi bagi para pencinta pantai dan underwater
Pulau Pahawang sendiri ada dua, yaitu: Pulau Pahawang Besar dan Pulau Pahawang Kecil. Di sekitarnya masih terdapat pulau-pulau kecil lainnya seperti Pulau Kelagian, Pulau Lalangga Lunik, Pulau Tanjung Putus, Pulau Balak, dan lainnya. Kesemua pulau di gugusan Pahawang ini terkenal masih asli dan asri, dengan pantai pasir putihnya yang bersih, juga terumbu karangnya yang indah.
Hmmm, terus terang aku ingin sekali menjelajah pulau-pulau Pahawang dan sekitarnya, bahasa kerennya hoping island. Sejak mengikuti websitenya salah satu blogger di Lampung, hasratku semakin menggebu. Namanya Yopie Pangkey. Foto-fotonya mengenai tempat-tempat wisata Lampung sangat memanjakan mata, termasuk video underwaternya yang terkagum-kagum.
Jika kamu punya kesempatan datang ke Indonesia, mari kita menjelajah Pahawang!
Dari Cilegon, kita akan menyeberang Selat Sunda menggunakan kapal ferry menuju Lampung dan kita akan terus berkendara menuju Dermaga Ketapang. Tujuan pertama kita adalah Pulau Kelagian Kecil untuk snorkeling.  
Aku lihat di status-status media sosial kamu, sepertinya kamu sangat suka dengan wisata alam dan wisata yang menantang adrenalin. Snorkeling pasti akan menjadi aktivitas menyenangkan bagi kamu. Katanya sih di sekitar gugusan Pahawang ini, kamu bakal bisa bertemu dengan Finding Nemo yang asli, bukan hanya sekedar Nemo di televisi.
hidden paradise Pulau Pahawang
Menemukan banyak Nemo di antara terumbu karang
Kata seorang teman, Kelagian Kecil mempunyai jenis pasir putih yang halus dan bersih. Asyik juga kali yak, berjalan sepanjang pantai tanpa alas kaki. Merasakan butir-butir halus pasir putih menyentuh kulit kita.
Tak jauh dari Kelagian Kecil, ada Pulau Kelagian Besar. Ada satu fakta yang mungkin kamu akan tertarik. Kamu tahu? Pulau Kelagian Besar sering dijadikan tempat latihan militer TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu pulau ini dikenal juga oleh masyarakat sekitar sebagai Pulau Marinir. Jadi, jangan heran jika di sini, kamu tidak menemukan pemukiman penduduk.
Setelah puas dengan snorkeling, kita akan menuju Pulau Pahawang Besar. Kita akan menginap di sini. Oya, ada satu tempat peristirahatan di sini yang aku suka, di mana bangunannya penuh dengan unsur kayu dan terampung di atas air. Saat sore hari, duduk-duduk di terasnya, kaki tercelup ke dalam air, sambil menatap matahari tenggelam ke dalam laut, akan menjadi kenangan yang menakjubkan.
hidden paradise Pulau Pahawang
Menikmati sunset dari rumah terapung
hidden paradise Pulau Pahawang
Keindahan alam yang menakjubkan di Pahawang

Di malam harinya, kita habiskan malam dengan barbeque hasil tangkapan laut. Berbagi cerita mengenai perjalanan traveling kita. Aku ingin mendengar kisah petualanganmu di beberapa negeri yang telah kamu kunjungi. Hmmm, what a perfect life! Duh, tak sabar rasanya untuk segera ke Pahawang.
Ah, tapi kita tidak boleh kemalaman tidur, karena esok kita akan melihat Pahawang Kecil, yang letaknya sekitar 10 menit berperahu tradisional. Letaknya berdekatan ya? Tapi kita tidak bisa sembarangan turun di pulau yang ternyata sudah ada pemiliknya. Yah, minimal kita tahu keunikan Pulau Pahawang kecil. Apa uniknya? Jadi, ketika air laut sedang surut, akan terlihat Pasir Timbul yang menghubungkan Pulau Pahawang Kecil dan Pulau Pahawang Besar. Seru juga sepertinya berjalan meniti Pasir Timbul ini, seolah-olah kita sedang berjalan di atas jembatan.
Selain Kelagian dan Pahawang, ada juga Pulau Tanjung Putus. Konon katanya, dahulu pulau ini menyatu dengan daratan Sumatera, tetapi akibat letusan dasyat Gunung Krakatau pada tahun 1883, pulau ini terpisah dari daratan Sumatera. Itulah kenapa pulau ini dinamakan Tanjung Putus. Di tempat ini kamu bisa memuaskan hasrat snorkeling kamu yang menggebu.
hidden paradise Pulau Pahawang
Nemo dan aneka terumbu karang juga tanaman laut.
hidden paradise Pulau Pahawang
Mengejar Nemo tiada bosan, karena lucunya.
hidden paradise Pulau Pahawang
Terumbu-terumbu karang berwarna-warni

Jadi, kapan kamu akan berkunjung ke Indonesia? Aku berjanji akan sebisa mungkin untuk membuat kamu menikmati perjalanan di sini, terutama ke Pahawang. Oya, Desember ini kelihatannya Pahawang bakal ramai dengan orang yang akan merayakan tahun baru. Ada acara festival warna segala. Hmmm, kayak di India yak. Kelihatannya bakal seru. 
Sampai ketemu ya, please always keep in touch.

Mari Kita Ke Pahawang. The Hidden Paradise!!

***


8 comments:

  1. Subhanallah, Indonesia ini memang surga.. Dimana2 indah sekali

    ReplyDelete
  2. Indah banget islandnya, wajib masuk travel bucket list buat yang suka snorkeling:)

    ReplyDelete
  3. Pahawaang cantikk banget mbaaak. Semogaa bisa kesampean kesanaa. Aamiin. .😁 Tfs ceritanyaa mbaak. Salam kenaal 😊🙏

    ReplyDelete
  4. Pengen banget ke Pahawang tapi belum kesampaian. Indah banget

    ReplyDelete
  5. Nemonya kayak lagi reality show. Cantikkk bangettt... Harus ini datang ke pahawang. :D

    ReplyDelete
  6. cantik banget ya terumbu karangnya..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan