Pilihan Hemat Makan Minum Selama Traveling

hemat traveling

Hayo siapa yang ngga suka traveling? 

Ah, rasanya ngga mungkin deh kalau sampai ngga suka. Selain bisa menikmati keindahan alam, adat istiadat, traveling juga sebetulnya bisa membuat kita memahami mengenai diri kita sendiri. Orang yang sering bepergian, konon katanya lebih sedikit mengalami stress.

Zaman sekarang, mau pergi traveling kemana pun lebih mudah. Banyak tips bagaimana cemat berhemat saat traveling. Mulai dari transportasi, penginapan sampai dengan bagaimana mengatur budget untuk memasuki tempat-tempat wisata dengan menggunakan voucher diskon, misalnya. 

Tapi, selain hal di atas, ada pengeluaran lain yang sering kali luput dari perhatian kita saat merencanakan traveling. 

Apa itu? Budget untuk makan dan minum selama kita traveling!

Jangan salah, makanan dan minuman bisa juga menghabiskan sebagian besar bugdet jalan-jalan kita. Terutama buat orang yang gemar makan seperti saya, ataupun orang yang hobi mentraktir teman-teman seperjalanan. Duuuh, teman perjalanan impian. 

Jadi bagaimana tips cermat berhemat makan dan minum selama traveling? 

1. Membawa Tempat Minum Sendiri
Kalau kita traveling ke negara seperti Singapura, membawa tempat minum sendiri is a must! Bisa menghemat banyak pengeluaran beli minuman.
Di Singapura banyak tap water yang bisa langsung dikonsumsi. Daripada keluar uang banyak untuk beli sebotol air minum, lebih baik memanfaatkan fasilitas seperti ini. Asaaal, jangan lupa, di bandara pas mau check in dikosongin yak, daripada perut kembung disuruh menghabiskan sebotol air minum langsung. 
2. Membeli Porsi Besar Untuk Berdua
Jika traveling ke negara seperti Arab Saudi, membeli makanan satu porsi untuk berdua cukup mengenyangkan dua perut. Ya, terkecuali kalau porsi makan kamu memang besar sekali. 
Kamu bisa membeli 1 paket ayam kentucky ataupun membeli 1 porsi nasi biryani dan 1 potong ayam dengan harga sekitar 10 riyal. Untuk minumnya, ga perlu khawatir. Di Mekkah, Arab Saudi, banyak dijual jus buah atau susu botolan yang harganya sekitar 5 riyal per 3 botol.
hemat traveling

3. Membawa Makanan Sendiri
Jika kamu tipe yang susah cocok dengan makanan setempat saat traveling, ada baiknya kamu pertimbangkan membawa makanan sendiri dari rumah. Banyak kok sekarang yang bisa dikemas selain mie instan. Hehe. 
Apa sih yang bisa dibawa? Biasanya jika takut ngga cocok dengan makanan di tempat yang akan dikunjungi, saya membawa rendang suwir kering, kering kentang, mie instan, hot chocolate sachet, dan lainnya. 
Believe me, mie instan disantap di Arab Saudi, berasa makan di restoran kelas dunia. Enaknya ngga ketulungan deh. 
4. Mencari Halalan
Kalau musim Haji di Mekkah, penduduk setempat biasanya banyak yang bersedekah. Bentuknya bermacam-macam, ada snack ringan, makanan berat, Al-Qur'an, buku-buku, roti, minuman jus kotak, misalnya.
Nah, kalau kalian saat jalan di daerah sana ada yang teriak, "Halal! Halal!" Itu tandanya mereka memberikan dengan free of charge
Selain itu juga di Masjid Nabawi ataupun Haram, setiap hari puasa (bisa Senin Kamis atau puasa Ramadhan) ada tajil gratis yang digelar bebas. 
5. Food Court atau Kantin Karyawan
Tips lain yang bisa dipakai untuk menghemat budget makanan adalah Food Court atau Kantin Karyawan. Tapi tentunya kita harus tahu dulu dimana letak food court atau kantin karyawan yang mudah kita akses. 
6. Sharing dengan Teman Seperjalanan
Terkadang jika pergi ke suatu tempat yang mempunyai ciri khas makanan beragam dan enak-enak, untuk membeli semua makanan rasanya mubajir. Selain perut bakal kekenyangan, budget yang keluar pun tentunya akan lepas kendali. 
Nah, tipsnya adalah setiap orang membeli makanan yang berbeda. Kita bisa saling icip satu sama lain. Dengan begitu kita bisa mencicipi beraneka ragam jenis makanan. Jangan lupa, foto dulu. Penting itu!
7. Voucher Diskon
hemat traveling
Sumber foto: Bambi Deal
Dan yang terakhir yang bisa dilakukan adalah menggunakan voucher diskon. Hari gini rasanya ngga bakal kesulitan deh mencari voucher diskon makanan, contohnya Voucher Makan Dimsum Jakarta



9 comments:

  1. Surga dunia banget kalau kuliner pakai voucher diskon. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..iya Mbak. Lumayan lebih murah daripada beli di langsung biasanya.

      Delete
  2. Lebih milih bawa makanan sendiri. :'D Selain irit, kehigienisan juga terjamin, :p wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...sama dengan saya juga ternyata..emak2 irit. Xixixi.

      Delete
  3. betul mba pengeluaran makan minum kadang suka luput dari anggaran hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau-tau berasa pengeluaran gede banget. Padahal cuma makan doang yak. Nasssiiib penggemar makanan enak. Hiks...ngga kaop ngeliat makanan..langsung ngiler.

      Delete
  4. Wah..klo berkaitan dengan diskon... Pasti langsung sumringah mba..��

    ReplyDelete
  5. Pas traveling punya voucher diskon itu mantap bangetttt. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Jadi kalau ke Arab Saudi itu, kita enggak usah takut kelaparan ya Kak. Aku juga pingin deh di Indonesia ada tap water gitu, yang terawat tapinya, hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan