Ada Apa di Launching XL 4G LTE, Banten Press Cenference

4G merata seluruh Banten?
Ah, yang bener?
Masa? Ngga percaya, ah! Mana buktinya?
Ketika mendengar acara peluncuran XL 4G LTE yang akan dilaksanakan di Hotel Ratu, Serang Banten, terus terang saya penasaran. Emang coverage area 4G XL ini akan sejauh mana, begitu pikir saya.
Bukan apa-apa. Beberapa bulan yang lalu, saya sempat kecewa gara-gara membeli paket XL plus bonus 19 Gigabyte di jaringan 4G dengan harga yang relatif murah. Eh, tahunya, itu kuota sebesar itu tidak bisa dipakai sama sekali di 4G gara-gara sinyalnya ngga lewat di area kediaman saya di daerah Cigodag City, alias Serdang Keramatwatu tercinta.

"Ah, mubazir deh punya kuota banyak tapi ngga kepakai," saya ngomel seharian.
Tapi untungnya sih gara-gara dalam kurun waktu itu sering dinas luar ke Jakarta, kuota 4G bisa termanfaatkan sedikit. Yah, ngga rugi-rugi amat deh.
Nah, karena penampakan sinyal 4G di area saya masih sangat samar-samar, jadilah saya penasaran datang ke acara Launching XL 4G LTE, hari Minggu lalu, tanggal 15 October 2016 di Hotel Ratu.
Sebenarnya kaget juga sih, tumbeeen ada acara blogger di Serang! Wuiih, ini mah ngga perlu pertimbangan lagi, begitu diajak langsung bilang: hayuk!
Jam 11.25 saya tiba di Hotel Ratu, setelah sedikit terjebak macet di daerah Kopassus dan alun-alun Serang. Hmmm, ternyata belum banyak yang datang. Menarik nafas lega.
Lauching XL 4G LTE dengan teknologi 4,5G di Banten dihadiri oleh Vice President XL Region Jabotabek, Bambang Parikesit; Vice President LTE XL, Rahmadi Mulyohartono; Vice President Ericsson Indonesia for XL Account, Stephan Stureborg; KaBid Kominfo Provinsi Banten, Dwi Yudo S.Ikom dan GM Sales Operation XL Jabotabek, Moh. Sopyan Rambe.
Acara dibuka dengan Tari Selamat Datang, tradisional Banten. Hmmm, baru tahu sebetulnya bahwa Banten juga mempunyai tarian tradisional.
Tarian Selamat Datang,  Stephan VP Ericsson Indonesia pun tertarik mengabadikannya.
Bambang Parikesit, Vice President Region XL Jabotabek mengharapkan masyarakat Banten yang belum menggunakan 4G dapat segera beralih dan memanfaatkan kesempatan yang telah diberikan XL secara maksimal untuk menggunakan layanan XL 4G LTE.
Sedangkan Rahmadi Mulyahartono, Vice President LTE XL, mengatakan, "Selain terus memperluas jangkauan jaringan XL 4G LTE hingga ke Provinsi Banten, XL telah menerapkan teknologi terbaru 4,5G-4T4R 4x4 MIMO."
Euh, namanya sulit banget yak disebut. Yang pasti teknologi terbaru ini bisa memaksimalkan kinerja layanan 4G LTE, kecepatan akses internet bisa ditingkatkan menjadi 2x lipat, koneksi pun lebih kuat dan stabil.
Hadir juga pada acara ini Stephan Stureborg, Vice President Ericsson Indonesia. Lho? Ericsson apa hubungannya dengan XL? Kerjasama mau bundling handphone Ericsson sama XL? Eits, ternyata salah pemirsa dan pembaca setia. Jadi menurut Mbak Dini, Ericsson ini bekerja sama dengan XL dalam menyiapkan infrastruktur jaringan. Di jelaskan juga sih sama Stephan saat memberikan kata sambutan, dimana Stephan juga berharap dengan adanya jaringan 4G LTE ini orang akan semakin mudah mengakses video, music, dan lainnya. 

Apa bedanya sih 3G dan 4G?
Beda generasi! 4G itu teknologi terkini hasil pengembangan 3G.
Pernah memperhatikan tanda sinyal yang tertera di handphone tidak? Sebelum ada 4G, saya sering memperhatikan jika di area yang sinyalnya lemah, tanda yang tertera EDGE dan GPRS. Sedangkan pada saat tanda sinyal menunjukan 3G, internet bisa dipakai lebih lancar. Tapi setelah ganti handphone, sinyal 3G berganti menjadi H atau H+. Nah, kalau tandanya model begini, dijamin akses website lancar. Saya paling suka kalau sinyal menunjukkan H+, dulu tapi. Sekarang? Maunya 4G dong!
Ah, saya mah tahunya semakin kesini generasinya semakin cepat saja kecepatan akses internetnya. Bahkan katanya di Jepang malah sudah teknologi ke-5, alias 5G. Eeeuh, ngga kebayang cepatnya kayak apa.
Tes jaringan XL 4G LTE, pada acara Press Conference di Hotel Ratu, Serang Banten

Balik ke acara peluncuran XL 4G LTE, untuk memberikan kepuasan kepada masyarakat Banten, XL berencana membangun 1.000 BTS dalam kurun waktu 2016 ini, sehingga jaringan XL 4G LTE dapat dinikmati sampai ke pelosok-pelosok Banten. Dan sampai saat ini, telah 600 BTS dibangun (60%), yang rencananya akan tuntas 100% pada akhir tahun ini.
Terus Bagaimana Untuk Memperoleh Layangan 4G?
Tertarik dengan layanan 4G LTE? Sebelum kamu beralih ke 4G, setidaknya kamu harus memastikan hal-hal berikut:
1. Handphone kamu sudah 4G?
2. SIM Card kamu sudah 4G?
3. Langganan paket data 4G?
4. Area tercover 4G?
Nah, yang nomor 4 penting banget! Handphone udah canggih, SIM Card udah dukung 4G, beli paket data pun sudah 19Giga 4G, ealaaaah ... area tempat tinggal kamu ngga tercover 4G. Ehm, buang tuh Hp! Xixixi.
Terus gimana kita tahu handphone kita sudah 4G atau belum? Pas beli sebetulnya sih ada di spesifikasinya. Tapiii, ya kalau ngga mau repot baca data manualnya, buka situs 4gxl.co.id, ketik nama handphone kamu di kolom perangkat 4G.
Handphone kamu sudah 4G? Langkah berikutnya, cek SIM Card kamu sudah 4G belum? Bagi yang baru beli SIM Card XL, jangan khawatir, biasanya sih sudah mendukung 4G. Bagi yang belum 4G, kamu bisa mendatangi XL center atau melakukan upgrade sendiri.
Upgrade kartu lama ke 4G sendiri? Emang gampang?
Gampang kok. Kamu cuma tinggal ngikutin 2 langkah berikut:
1.   Dengan kartu XL lama, kamu tekan *123*46#. Setelah itu, copot kartu lama kamu.
2.   Masukan SIM 4G baru, tekan *123*46#, kemudian restart handphone. Tadaaa! Nomor XL lama kamu, pulsa sama paket yang ada akan pindah otomatis ke SIM 4G ini. Oya, jangan lupa handphonenya disetting di jaringan 4G yak.
Keuntungan upgrade nomor lama kamu ke 4G apa?
Jika kamu sudah berlangganan 3 bulan, saat upgrade, kamu otomatis akan otomatis mendapatkan kuota 12GB! Terus nomor lama kamu ngga berubah, pulsa dan kuota dari SIM Card lama akan terakumulasi.
Paket Yang Ditawarkan XL 4G LTE
Untuk menikmati layanan 4G LTE, XL menawarkan paket-paket yang dapat dinikmati oleh pelanggannya.
1.      Paket Combo Xtra
Dengan Paket Combo Xtra, kamu bisa 24 jam internetan & nelpon, plus extra 4G kuota. Ini paket-paket yang bisa kamu pilih:
Khusus yang paket 2 terakhir ada tambahan bonus unlimited menelepon ke sama nomor XL.
2.      XL Mobile Broadband
Pada kesempatan launching ini, XL juga menginformasikan mengenai produk andalan baru, XL Mobile Broadband.
Saya tertarik banget nih dengan paket XL Go yang ditawarkan XL. Kita akan mendapatkan MIFi gratis dengan membeli pakel XL Go Rp 250 ribu/30 hari untuk 90 hari, selanjutnya Rp 125 ribu/30 hari. Kita akan mendapatkan kuota 90GB/90 hari atau 30GB/30 hari (6GB di jaringan 3G/4G, plus bonus 24 GB 4G).
Dengan MIFi ini kita bisa sharing hingga ke 10 perangkat. Jadi cocok kan buat rumahan. Cocok juga sih untuk perusahaan kecil yang ingin menyediakan akses internet. Kapasitas baterai MiFi sendiri adalah 1500mAh, untuk 6 jam pemakaian nonstop & 300 jam standby. MiFi Huwei E5577 ini juga mendukung koneksi dengan kecepatan hingga 150Mbps.
Udah ngincer MiFi-nya nih dari awal. Sampai nanya-nanya sama si Mbak XL yang cantik ini. Harganya Rp 750.000, sudah termasuk kuota 90GB/90 hari. Sayang dompet lagi tipis banget. Akhirnya cuma beli paket datanya, Rp 60.000 dapat 4GB + 15GB 4G + 75 menit telpon gratis.

MiFi Huawei yang menarik perhatian saya. Hmmm, semakin mobile aja kayaknya kalau punya.
Mbak XL nya cantik nih, kayak gula dikerubuti pada pengen selfie, xixixi

Oya, pada saat sesi diskusi, ada juga tuh yang khawatir bahwa dengan sinyal 4G ini, kuota cepat habis. Hmmm, iya sih, saya juga merasakannya. Nah, menurut keterangan dari XL sendiri, sebetulnya kuotanya sih sama, yang bikin cepat habis mungkin karena banyak aplikasi yang terbuka atau aplikasi auto update. Juga koneksi yang cepat membuat kuota terasa cepat habis. Sarannya untuk aplikasi auto updatenya jika ada jaringan WiFi saja, atau jangan banyak aplikasi yang terbuka saat standby.
Dengan adanya jaringan XL 4G LTE ini, banyak yang berharap akses internet ke daerah-daerah yang sukar terjangkau bisa semakin lancar. Ada juga yang berharap kuotanya jangan sampai hangus, tapi terakumulasi, dan lain-lain.
Acara terakhir yang ditunggu-tunggu pun sudah di depan mata. Pengumuman pemenang doorprize selfie kontes bareng XL. Duh, menang ngga yak? Tapi, saya mah kalau ikutan kayak begini suka pesimis, ngga pernah menang kalau namanya diundi, arisan saja keluarnya terakhir melulu. Daaan, pemenangnya adalaaah ...
Pemenang Lomba Selfie dengan atribut 
Tidak ada nama saya di layar. Pemenangnya adalah 1 dari media dan 1 dari blogger. Di atas adalah foto selfie yang memenangkan MiFi Huawei dari XL. Yeay, selamat ya buat para pemenangnya.
Hmmm, acara launching berakhir sudah. Saatnya mengecheck jaringan 4G di Serdang nih! Yuk mariii! 

1 comments:

  1. Hallo mbak. Awalnya di Pekanbaru, akunya juga nggak percaya XL 4G-nya bisa kenceng. Tapi, setelah beli paket yg 2GB, rupanya bisa kenceng banget. Sejak itulah, sampe sekarang udah pindah ke XL kalo soal internetan.

    Udah cepet, kuota dapet banyak. Harganya itu lho... Menggiurkan. :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan