Ciwa Cafe, Tempat Nongkrong Kekinian di Cilegon Bertema Halloween

ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian












Hai semua!
Tidak kerasa ya, sekarang sudah dipenghujung bulan Oktober. Rasanya dekorasi Halloween sudah mulai terlihat nih. Satu hal yang terpatri di benak saya adalah Halloween itu identik dengan hantu, permen dan permainan “trick or treat”. Ehmm, lihat di adegan film sih, berhubung saya tidak pernah merayakan Halloween. Hahaha.
Bagi yang merayakan Halloween, sedikit mengenai sejarah Halloween. Jadi Hallowen ini merupakan tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober di beberapa negara di luar sana, terutama di Amerika Serikat. Nah, Halloween ini diidentikkan dengan setan, sihir, hantu, dan segala sesuatu yang menyeramkan.
Oleh karena itu tidak heran jika di malam Halloween, orang menggunakan kostum yang aneh dan menyeramkan. Salah satu ciri khas Halloween yang paling ikonik adalah labu kuning yang dihias atau diukur menyeramkan, sering disebut Jack O’Lantern.
Biasanya, Halloween dirayakan dengan pesta kostum dan topeng. Anak-anak berkeliling mengenakan kostum menyeramkan, mengetuk dari pintu ke pintu di lingkungan sekitar mereka sambil meminta permen atau cokelat seraya berkata, “Trick or Treat!”. Jadi semacam ancaman jika tidak memberikan permen/coklat akan dijahili.
Halloween merupakan kependekan dari All Hallow’s Evening, yang berarti Malam Para Orang Suci. Halloween juga diyakini sebagian orang berasal dari Festival Samhain yang dirayakan oleh orang Kelt kuno sebagai perayaan akhir musim panen dan awal musim dingin pada kebudayaan bangsa Gael (Irlandia, Skotlandia). Bangsa ini percaya bahwa pada tanggal 31 Oktober, batas antara dunia orang mati dan orang hidup terbuka.
Secara tradisi diyakini bahwa pada malam itu merupakan kesempatan terakhir bagi para roh yang telah meninggal untuk melakukan pembalasan bagi musuh-musuhnya sebelum melewati batas dunia berikutnya. Untuk mencegah tidak dikenali oleh para roh yang mungkin melakukan pembalasan tersebut, maka orang mengenakan kostum dan topeng supaya tidak dikenali. Menyamar kali yak.
Itulah sekilas mengenai Halloween.
Dan ngomong-ngomong mengenai Halloween, saya ingin berbagi informasi mengenai cafe kekinian di Cilegon yang bertema unik. Kenapa unik? Yuk simak terus ceritanya di sini,
Sebetulnya sudah cukup lama sih saya lihat Coffee Shop ini, secara saya sering juga berbelanja di Giant atau hangout di kompleks ruko Giant PCI ini. Tapi saya pikir: ah, cuma kopi doang, apa kenyangnya?
Beberapa waktu lalu, bersama teman-teman, rencananya ingin hangout sore sepulang kerja, ngobrol sambil makan ramen. Kebetulan salah seorang teman baru balik melancong dari Korea dan membawakan oleh-oleh. Hmmm, enak kali ya makan yang hangat-hangat di musim penghujan seperti ini sambil mendengar keseruan cerita jalan-jalan di Korea.
Saat kami berjalan di komplek pertokoan Giant Pondok Cilegon Indah, mata kami tertumbuk pada tulisan Ciwa Cafe.
“Apa ke Ciwa aja yak?” Celetuk salah seorang teman.
“Ada apa saja emang di situ?”
“Tuh, menunya sih keliatannya banyak. Ada kopi dan nasi goreng juga.”
“Boleh juga. Bener nih ke Ciwa?” Tanya saya meyakinkan.
“Ya, udah ke Ciwa saja. Hmm, tapi kopinya sih ngga terlalu enak,” imbuh teman yang lain.
“Ngga apa-apa lah, sekali-kali nongkrong di cafe.”
Akhirnya kami pun memutuskan untuk memasuki Ciwa Cafe.
Di depan pintu kaca, kami disambut dengan dua boneka menyeramkan. Mirip dengan kostum Halloween, lengkap dengan labu, lentera juga pancungan. Iiiih, cafe kok dekorasinya seram?  
Saat membuka pintu kaca, terlihat deretan bangku cantik di sebelah kanan, ayunan rotan, dan dekorasi cantik lainnya. Di sebelah kiri adalah open kitchen, atau meja bar tempat membuat masakan. Oh, bagus juga dekorasinya, instagrammable banget. Begitu suara yang terdengar di batin saya. Sebelum saya menengok tepat ke sebelah kanan setelah pintu masuk!
Arrgh! Ada kerangka tengkorak di situ!!!
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Kaget juga. Ternyata setelah saya perhatikan, dekorasinya juga terdapat tengkorak-tengkorak kecil berwarna-warni yang ditaro di papan-papan hiasan kecil yang melekat pada dinding.
Cafe ini terdiri dari 2 lantai.
“Di atas saja yuk,” ajak teman yang baru pulang dari Korea.
Kami pun beranjak ke lantai 2 setelah memesan Nasi Goreng Keju, Mie Rebus, Pisang Keju dan 3 gelas teh manis. Di atas tangga tergantung kelelawar yang menyeramkan, di beberapa tempat terlihat dekorasi jaring laba-laba.
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Di lantai 2 ini, temanya lebih girly ternyata. Banyak dihiasi dengan boneka-boneka cantik, dan ayunan. Kami duduk di kursi yang mirip dengan kereta kencana Cinderala. Lucu deh. Anak-anak pasti pada suka.
Di lantai atas ini, sepertinya bisa digunakan untuk pesta ulang tahun atau reuni. Pada saat kami datang di sana sedang berlangsung reuni sepertinya. Orang-orang terlihat sibuk berfoto-foto di sana-sini.
Makanan yang kami pesan akhirnya datang. Mie Rebusnya ditempatkan di panci kecil berbentuk karakter hewan. Menarik juga. Rasanya sih standar lah ya. Pisang Goreng Keju pesanan teman saya pun sudah datang. Pisangnya enak, kriuk-kriuk garing. Sedangkan pesanan saya, Nasi Goreng Keju, tidak kunjung datang. Haduuuh, lama deh pokoknya, sampai saya sebel. Nah, setelah menunggu lama, nasi gorengnya ternyata biasa saja sih. Standar lah, masih masuk di mulut.
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian

ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Untuk dekorasi, saya akui deh, TE-O-PE! Membuat saya ingin mengajak Azka dan Aisya berkunjung ke cafe ini.
Pada hari Minggu berikutnya, saya ajak Azka dan Aisya ke sini. Seperti tebakan saya, mereka kesenangan berada di Ciwa Cafe.
Kapok dengan pesanan sebelumnya, akhirnya saya memesan Mie Rebus Telor plus Es Coffee Ciwa, Azka memesan Nasi Chicken Teriyaki dan Es Coklat, Aisya memesan Pancake Coklat, sedangkan ayahnya memesan Nasi Goreng Green Tea dan Coffee Strawberry. Diih, emang enak ya Nasi Goreng Green Tea?
“Lama lho, Yah, kalau pesan nasi goreng,” saya mengingatkan. Dia bilang ngga apa-apa.
Eh, ternyata sekarang pelayanannya lebih cepat. Es Coklat Ciwanya lumayan enak, tampilannya pun bagus. Wkwkwk. Nasi Goreng Green Tea-nya biasa. Es Coffee Strawberry-nya standar. Yang cocok di lidah saya hanya Mie Rebus Telur dan Pancake Coklat. Pancakenya enak banget menurut saya. Penyajiannya pun cukup bagus. Jika ke Ciwa lagi, pasti saya akan memilih menu pancake-nya.
Harganya bagaimana? Yah, affordable menurut saya. Harga standar cafe. Cek di masing-masing foto makanan untuk referensi harganya.
Jika sebelumnya tidak bisa eksplor, kali ini saya bersama anak-anak mengeksplor tiap jengkal ruangan. Ternyata di lantai atas lucu-lucu dekorasinya, bisa foto-foto untuk instagram. Sayangnya pencahayaan ruangan kurang mendukung untuk menghasilkan foto yang cakep eung. Atau memang saya yang ngga ahli memotret di tempat yang temaram begini yak. Hahaha.
Ada nuansa Korea di lantai 2, berdekatan dengan jendela. Tersedia bantal-bantal yang mengenakan kostum Korea sebagai properti untuk foto-foto. Anak-anak langsung aja minta difoto. Ada juga boneka Teddy Bear besar dan kursi malas. Beneran deh, dekorasinya memanjakan anak-anak.
Ruangan atas ini, kalau menurut teman bisa juga dijadikan tempat karaoke. Yah, tapi ngga ada peredam suaranya. Jadi karokeannya terbuka begitu. Yang tahan malu sih mungkin ngga masalah yak. Xixixi.
Okay, berakhir sudah perjalanan di Ciwa Cafe kali ini. Jika kalian tertarik mampir, tempatnya gampang dicari kok. Ada di kompleks pertokoan Giant Cilegon, dan tempatnya percis sebelah Giant Toserba, belakang-belakangan dengan apotek.
Hmmm, sambil menulis ini, saya jadi terbayang pancake coklatnya. Kapan ya ke Ciwa Cafe lagi.
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Korea's corner! Hmmm, ada juga dekorasi ala-ala Korea. Lucu yak, bantalnya pakai Hanbok.
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Santai dulu yuk, sambil nunggu pesanan makanan dan minumannya datang!

ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
The Red, Chinese atmosphere in the air


ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Lantai 2, lebih girly, cocok untuk anak-anak.
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Ayunan rotan mempercantik dekorasi interior.
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Betah berlama-lama di Ciwa Cafe, sambil nongkrong dan ngobrol.

ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Dekorasi yang unik. Lengkap dengan spider's web. Wkwkwk.
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Ciwa Coffee Ice Cream, Rp 30.000/porsi
ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Nasi Goreng Green Tea, pesanan Ayah, Rp 20.000/porsi

ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Pancake Coklat Ice Cream, Rp 25.000/porsi

ciwa cafe cilegon tempat nongkrong kekinian
Dalam panci sapi ini ada indomie telor rebus, Rp. 15.000/porsi
 

18 comments:

  1. Sekarang di kota2 kecil juga banyak bermunculan cafe yang thematik gini yaaa
    Btw helloween bentar lagi, kmrn sempet liat di toko mainan anak2 juga dah banyak atribut helloween

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..lucu-lucu. Tapi kalau di kota kecil kayak Cilegon jarang yang bertahan lama, ngga kayak di Bandung misalnya. Mungkin karena daerah industri, biasanya pulang kerja dari pabrik capek pengen langsung tidur. Xixi. Beda kyk di Bandung byk muda mudi...

      Delete
  2. cafe tematiknya keren banget dekorasinya ya mbak..tinggal ditingkatkan lagi di menunya mungkin ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini yang recommended adalah menu pisang goreng sama pancake kalau menurut saya sih cocok banget di lidah. Pisgornya crispy, pancakenya coklatnya pas..

      Delete
  3. Keren ya caffenya. :D Nasi gorengnya bisa ijo gitu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nasi goreng green tea sih katanya ...
      Tapi saya kalau untuk nasi goreng prefer yang biasa aja Mbak..yg ngga neko-neko. Xixixi.

      Delete
  4. Dekor nya keren. Ala2 halloween enak2 menakitkan wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngga menakutkan juga sih lama-lama, haha. Unik malah. Ada juga dekorasi yang lebih hangat buat family...

      Delete
  5. ouw, itu anak-anak kliatannya ga takut ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awalnya takut takut.. agak lamaan malah penasaran..pengen foto sama kerangka ... xixi

      Delete
  6. Dekorasinya oke banget, yang perlu dibenerin menu-menu yang standar itu ya mbak kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menunya yang saya rekomen sih pisang goreng dan pancake. Sejauh ini. Yang lainnya seperti sushi belum coba.

      Delete
  7. hiii..aku liat2 tengkorak2 gitu.. jadi berasa serem deh.... parnok ama yg tema hantu n setan..

    ReplyDelete
  8. Nasi goreng green tea dan kopi stroberi. Unik juga ya. Pancinya juga cakep banget, haha...

    ReplyDelete
  9. wah, pas banget ya sama momen bulan ini. lagi momen hallowen..

    ReplyDelete
  10. Saya suka sama egg waffel kalo ke ciwa. Boleh banget buat dicoba. Cafe yang lucu juga ada di sebelah ramayana mba, hotspot cafe. Makanannya juga banyak, recommend rasanya. Kalo suka kopi rasanya juga enak, malah kadang suka dibikinin latte art lucu2 sama baristanya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan