Mau Traveling Hemat? Baca Dulu Ini ...


"Bule! Buat budget hotel selama di Bangkok nanti mau berapa?" Tanya Agus, satu-satunya laki-laki yang ada di group pelesiran kami. Rencananya beberapa bulan lagi kami bakal melancong ke Bangkok.
"Yang lain berapa?" Tanya saya.
"Bumil budgetnya 1 juta Bule, permalam."
Busyet dah, 1 juta permalam? Dikali 3 malam, total pengeluaran buat hotel di Bangkok saja sudah 3 juta. Ngga salah?
"Diy! Jangan yang mewah-mewah hotelnya. Percuma, numpang tidur doang kok!" Jawab saya, agak sedikit sewot. Dih, ngapain buang duit buat hotel yang ngga bakal kita nikmati fasilitasnya sepenuhnya, kecuali kalau kita niat staycation.
"Cari aja hostel, biar murah. Banyak kok yang bagus-bagus sekarang," usul saya kemudian.
"Iiih, aku sih mau aja Bule! Tapi yang lain ngga mau kalau kamar mandinya barengan."
Hmmm, gimana dong? Harga hotel dan transportasi ternyata lumayan menguras isi dompet juga. Terus, ingin traveling dengan budget affordable? Saya ingat beberapa tips yang pernah saya terapkan adalah:

Pada waktu-waktu tertentu suka ada travel fair atau promo dari maskapai penerbangan. Nah, itu tandanya waktu berburu tiket penerbangan murah dengan fasilitas layak.
Rajin-rajin mantengin situs-situs traveling yak untuk tahu informasi promo. Bank pun biasanya menawarkan paket travel murah.

Paling enak jika kita punya saudara di tempat yang akan kita tuju. Bisa hemat budget untuk penginapan. Tapi, itu kan seribu satu kasus yak.
Atau, tidur di emperan masjid, di bandara, ambil perjalanan malam menggunakan bis (tidur di bis), hangout di internet cafe yang buka 24 jam, you name it. Banyak jalan menuju ke Roma, banyak cara untuk menekan budget penginapan.
Tapi, ya kalau sudah paruh baya kayak saya dan teman-teman sih, di mana faktor "U" sudah tidak bisa dibohongi, mendapatkan tempat menginap yang nyaman hampir dipastikan merupakan keharusan. Apalagi jika dapat harga affordable.
Sekarang banyak jaringan hotel yang menawarkan kamar dengan fasilitas terjamin untuk para traveler kelas menangah ke bawah. Oya, tipsnya, pilih hotel yang dekat ke lokasi wisata tujuan kita yak, walk minutes distances, supaya bisa menghemat biaya transportasi.

Pergi rombongan juga bisa menghemat pengeluaran selama traveling. 


Misalnya saat kita mau menyewa mobil untuk transportasi keliling-keliling tempat wisata, beban biaya bisa berkurang banyak. 

Ada gitu? Banyak kok tempat wisata yang ngga pakai entrance fee. Tinggal pintar mencarinya saja. Misalkan taman taman kota atau atraksi lainnya.
Kalaupun misalnya uang masuknya mahal, and we couldn't afford it, ya sudah foto dari luar saja sebagai background. Banyak tuh yang pakai trik kayak begini. Coba deh lihat foto-foto di Universal Studio Singapura. Belum tentu juga kita masuk ke dalamnya, yang penting foto depan bola dunia. Hahaha.

Puasa gitu maksudnya?
Eh, bukaaan!!!
Maksudnya kalau kita ingin menekan pengeluaran kita selama traveling. Kita juga bisa menghemat untuk makanan dan minuman.
Misal nih, kalau ke Singapura atau tempat-tempat yang air keran pun bisa diminum saking hiegenisnya, ya kita cuma butuh modal botol minum doang. Manfaatkan fasilitas tap drinking water tersebut, daripada beli air minum kemasan yang harganya mahal.
Buat makanan bagaimana? Ini kan masalah selera ya, belum tentu makanan di suatu daerah cocok dengan lidah, terutama bagi si picky eater. Daripada kelaparan, pingsan di negeri antah berantah, mending bawa dari rumah deh. Bawa rendang kering misalnya, bisa juga beli porsi besar dimakan bareng. Eh, paling aman sih kalau ke negeri orang, bawa mie instan. Bwakakak. Jauh-jauh makan mie!
Atau ada yang mau tips hemat ala teman saya pas ke Korea kemarin? Lihat harga makanan merinding, segelas jus buah di kaki lima bisa Rp. 60.000-an. Akhirnya dia sharing beli makanan yang berbeda biar bisa saling mencicipi. Asal jangan inginnya mencicipi ke semua orang, tapi ngga mau beli. Boleh sih, asal muka tembok.

Ini dia yang suka bikin budget amburadul karena serba salah. O2! Bukan oksigen yak, tapi oleh-oleh. Mau beli oleh-oleh budget terbatas, ngga beli juga ngga enak sama teman-teman.
Ada yang punya tips jangan bilang-bilang ataupun update status jika sedang pelesiran, biar ngga dititipin beli oleh-oleh. Ada yang tegas, ngga ada oleh-oleh.
Memang sih namanya dititipin beli oleh-oleh suka jadi beban tersendiri. Bukan masalah uang sih. Ya, kalau pas ketemu sekalian jalan sih ngga masalah, tapi kalau kita harus puter-puter demi memenuhi pesanannya? Iih, ngga banget.
Terus caranya bagaimana? Kalau saya biasanya beli gantungan kunci atau tempelan kulkas yang satu renteng. Lumayan, isinya banyak dan murah meriah. Sebagai contoh, waktu ke Ho Chi Minh kemarin, saya beli satu renteng magnet kulkas lucu seharga 100.000 Dong (Rp 60.000), isinya 10 pasang couple Vietnam. Muraaah kaaan?
Balik lagi ke acara pelesiran ke Bangkok nanti, kami belum menemukan kata sepakat untuk hal lain selain return-ticket Jakarta – Kuala Lumpur – Bangkok.
Rencana pergi melancong ini sebetulnya masih beberapa bulan ke depan. Kami bertujuh, emak-emak plus satu orang perjaka muda ceritanya tergoda membeli tiket pulang pergi Jakarta - Bangkok. Kebetulan bulan lalu ada promo tiket pesawat murah. Langsung deh kami sambar kesempatan ini, walaupun jadwal terbang masih tahu depan. Kapan lagi harga tiket pesawat bisa murah kecuali di acara Travel Fair. Budget Limited, bo! Harus cantik berhemat.
Tiket sudah ditangan. Itinerary perjalanan sudah disusun secara garis besar. Tinggal  mencari hotel untuk menginap dan transportasi selama di sana. Tapi, karena kita genrenya berbeda-beda, jadi sulit juga untuk mengakomodasi keinginan semua orang.
Eh, tunggu! Tiba-tiba saya teringat acara staycation beberapa bulan lalu di Zen Rooms Dago. Eh, kalau tidak salah waktu itu Claudia bilang, Zen Rooms punya jaringan juga di beberapa negara, termasuk Thailand. Bingo!!!
"Coba kita cari di Zen Rooms, Gus!"
Tunggu! Biasanya yang muda dan trendy pengennya di hotel-hotel murah, yang penting bersih, nyaman.
Hmmm, Zen Rooms, sepengetahuan saya kamarnya sudah distandarisasi untuk memenuhi kriteria tertentu dan diaudit secara regular. Kamar nyaman dan bersih. Owh! Si Trendy ok banget nih, terpenuhi keinginannya.
Terus ada juga yang menolak jika kamar mandinya sharing. Nah, ini tipe yang kamu tahu kaaan. Itu lho yang suka luaaama kalau di kamar mandi, sampai antrian mengular di balik pintu, dianya ngga sadar malah tambah nyanyi. Hihihi. So, pilihan hostel dengan sistem kamar mandi sharing, terpaksa dicoret dari daftar.
Zen Rooms? Yes! Setiap kamarnya punya kamar mandi di dalam. Thanks ya, Allah. Berarti ini pun terselesaikan permasalahannya.
"Harganya jangan yang mahal-mahal yak. Sayang, cuma dipakai tidur doang." Begitu permintaan peserta yang suka low budget dan backpack.
"Cari yang nyaman lah. Kalau murah tapi kita ngga nyaman, bagaimana kita menikmati liburan?" Ini komentar emak-emak yang lebih sadar kenyamanan, alias money doesn't matter, tipe mapan. Hahaha ...
Si Low Budget menatap dengan muka keki. Iiih, ini mau traveling apa pelesiran. Kalau mau tidur nyaman mah di rumah aja kali ...
Si Pencari Kenyamanan pun ngga mau kalah. Udah capai keliling-keliling, masa tidur pun harus gelar tikar, apalagi dapat kasur yang super duper keras.
Yang pusing panitia. Helooow, melow!! Kalian jangan bikin kami kena migren 7 hari 7 malam yak! Udah nih, saya tawarin Zen Rooms, fasilitasnya memadai, murah, tapi ngga murahan lho. Bagaimana?
Dipilih saja ya kawan-kawan, saya kirim link websitenya Zen Rooms ke WhatsApp masing-masing, pilih tujuannya Bangkok yak, jangan cari yang di Singapura. Iya kali, kan mau pelesir ke Bangkok.
Selamat memilih kamar di Zen Rooms yang nyaman, bersih, fasilitas lengkap dengan harga terjamin affordable. Kalau udah dapat, informasi secepatnya ya ... Oya, ini beberapa pilihan saya, dengan budget mulai Rp. 400.000/malam.







59 comments:

  1. Ini tips yang bagus bagi yang suka keliling. Ingat mba, lombok tujuan berikutnya ya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yooo...Lombok! Perjalanan darat seru kali yak. Perlu arrange waktu agak lamaan nih, pas anak-anak liburan. Nginepnya Zen Rooms aja yak, yang pasti-pasti di tiap kota yang disinggahi. Hmmm, sound perfect trip. Tinggal nunggu approval dari misua nih. Xixixi.

      Delete
  2. Ah, sharing cost mbak yang cukup crusial. Semakin banyak rombongan kita, akan semakin murah ongkosnya,,,, :-)
    Cuocok,,, Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lumayan kalau berombongan. Bisa sharing cost. Paling ketara sih di biaya transportasi selama keliling-keliling tempat wisata yak. Apalagi kalau harus nyeberang pulau pakai perahu yak. Sama makan sih sebenernya, bisa beli porsi besar trus dimakan bareng.

      Delete
  3. Sekarang lagi marak nyari penginapan murah tapi nyaman, lebih banyak orang-orang seperti temen mbak itu. Dan kalo saya lihat di web yang mbak kasih itu, emang terjangkau harga yang ditampilkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, karena kalau saya sih ibaratnya pasti seharian keliling, explore tempat-tempat wisata. Nah, jadinya otomatis cuma sebentar doang ada di hotel. Tapi kalau tidur ngemper gitu juga ngga enak. Ya, akhirnya pasti cari budget hotel. Murah tapi nyaman. Fasilitas terjamin. Zen Rooms ini setahu saya ada fasilitas yang wajib dipunyai sebuah kamar sebelum terdaftar di jaringan Zen Rooms. 5 Essentials: Free Wifi, Comfortable Bed, Clean Rooms, In-room Shower dan Air Conditioner

      Delete
  4. Alhamdulillah dapat tips lagi biar traveling hemat dan gak bikin dompet nangis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yak..pengen traveling tapi suka sedih lihat isi dompet. Wkwkwkwk. Ikutan lomba ini yuuuk...siapa tahu rejeki dapat traveling ke Bali bareng Zen Rooms. Aamiin.

      Delete
  5. Eh ini bagus amat kamar zen rooms nya yang di Bangkok mba. Mupeng deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cakep-cakep yak. Ini yang saya kecengin sih. Tinggal lihat jaraknya ke tempat wisata yang mau kita tuju. Belum ditentukan nih mau ke mana aja. Wkwkwk. Katanya masih lama lah, awal tahun depan ini.

      Delete
  6. Wkwkwkk, foto di gerbang, oke banget dan pernah saya lakukan. Gara2nya males antri beli tiket masuk, xixixii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk...iya pejalan hemat kayak saya mah, cukup di gerbang saja, wkwkwk. Eh, ngga sih sebetulnya. Cuma kalau waktunya mepet buat explore, trus masih banyak tempat yang dituju, suka sayang. Mending kalau ke tempat seperti ini, e.g. wahana mainan, spend 1 hari penuh khusus untuk satu tempat ini. Perlu dipertimbangkan juga sih season peaknya..kalau antreannya banyak juga bikin kesel ya Mbak...xixixi.

      Delete
  7. belakangan jalan-jalan banyak yang ngasi tips jalan-jalan murah pake zenrooms. jadi penasaran deh, mau cari kamar lewat zenrooms juga dehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zen Rooms ini mirip semacam jaringan yang menghubungkan yang punya kamar/hotel dengan user. Tapi sebelum masuk jaringannya Zen Rooms, mereka melakukan audit dan diaudit regular untuk memenuhi standarnya mereka.

      Pernah nyoba yang Zen Rooms Teuku Angkasa Bandung. Memadai untuk kelas budget hotel yak. Udah gitu letaknya deket ke Gasibu dan Dago.

      Delete
  8. Replies
    1. Hayu teh Ina Inong, ikuut. Tapi tiketnya udah beli sebulan yang lalu teh, biasa manfaatin tiket promo. Xixixi. Ngga jauh-jauh emang emak-emak ini, promo yang dikejar.

      Delete
  9. Itu kamarnya dibawah 400.000 semalem? Bagus ya untuk ukuran harga segitu, di Bangkok pula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sih searching-searching di websitenya Zen Rooms sekitar 397.000, 370.000 ribuan Mbak Indah. Harga promo. Biasanya memang suka ada promo pada waktu-waktu tertentu. Mudah-mudahan promonya masih berlangsung saat pergi ke sana. Yang saya tahu cuma Jl. Rama doang, Mbak. Jadi belum tahu nih letak-letaknya. Ada sih di websitenya Zen Rooms dilengkapi google maps...tapi ngga hafal eung, namanya aneh-aneh. Enaknya mungkin di setiap kamar yang ditawarkan dilengkapi jarak ke tempat-tempat wisata atau ke MRT/stasiun bus terdekat yak.

      Delete
    2. Suka ada diskon dengan memasukan kode voucher tertentu juga Mbak. Beda-beda tiap bulannya. Atau pas daftar kita suka dapat potongan RP 50.000

      Delete
  10. Aku yang suka wisata murmer dan gratisan mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak, suka. Biasa atuh da, saya mah budget traveler. Xixi. Perlu berhemat biar ga meringis lihat dompet sepulang jalan-jalan.

      Delete
  11. Tips ya harus dicoba nih, biar irit kalau lagi jalan2,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk Mbak, irit jalan-jalan. Ada lagi sih tips irit jalan-jalan versi teman saya. Liburan di rumah aja katanya. Wkwkwkwk. Irit banget kalau itu yak.

      Delete
  12. Kalo travelling rame2 lagi boleh nih liat2 ke ZenRoom. Baca postingan ini jadi kepengen jalan-jalan Mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sama nih pengen jalan-jalan. Sepertinya sudah darurat, wkwkwk. Cuma waktunya belum pas nih. Anak yang gede sudah kelas 6, jadi ngga bisa diajak bolos. Wkwkwk. Akhir tahun, mudah-mudahan bisa keluyuran lintas provinsi, pas liburan anak-anak sekolah.

      Delete
  13. Tips hematnya patut dicoba nih. Beberapa hari yang lalu sempat tercetus pengen ke Thailand, sih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thailand yang sebelah atas kayaknya keren-keren. Sempet googling. Chiang Mai, Chiang Rai ... arrgh, pengen banget ke sana. Tapi yang ini terlanjur dan waktunya terbatas pula, ngga sempat kalau sampai ke ujung Thailand yang berbatasan dengan Laos dan Kamboja.

      Delete
  14. Zen Rooms ini kasih harga selalu bikin pengen booking deh, apalagi kalo dibandingin sama fasilitas dan kenyamanan yang diberikan. Hotel budget tapi kenyamanan dan fasilitasnya gak kalah sama hotel yang lebih mahal. Kalo butuh hotel di luar kota atau luar negeri bakalan nyoba nyari dulu di Zen Rooms, ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas Eko, saya juga kepikiran begitu. Lihat Zen Rooms di setiap kota yang ingin disinggahi. Disesuaikan dengan rencana kota yang akan didatangi.

      Delete
  15. Wah.. seruu ya.., smg lancar, sehat2 dan menjadi liburan yg terkenang indah.., have a lovely holiday mba.. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Mbak. Terima kasih. Ya, Allah saya memohon kelancaran, sehat dan liburan yang menyenangkan...

      Delete
  16. Kalo gw ngak pernah ada budget buat oleh2, malesin aja bagi2 ngak jelas hehehe #Pelit
    Dari pada buat beli oleh2, mending duit nya buat beli tiket jalan2 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..iya yak. Tapiii...gmn dong, saya mah suka ngga enakan orangnya. Hiks.

      Delete
  17. Itu keren amat kamar yg di Sukhumvit, ya ampuun, ikut dongGke Bangkoknyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barengan sama tuh emak-emak sama ini cowok yg kt y pernah bareng melancong bareng noe traveler ke Bangkok. Kmrn lagi tiket promo MH. Tapi transit KL eung..

      Delete
  18. tetep manfaatkan tiket promo ya mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyo...promo as always. Fardu ain. Xixi.
      Tapi tetep promo juga mesti perhatiin sih..jgn sampe kejeblos banyak transit sana sini..eh, malah buat jalan2 y sedikit waktu.

      Delete
  19. Tipsnya oke banget mba, seru ya bisa plesiran Dan tetep bisa control budget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu salah satu tips dari Om Cumi Lebay, biar tambah irit, ngga ada budget buat oleh-oleh, mending buat beli tiket promo lagi buat jalan-jalan. Iya juga sih...

      Delete
  20. Tipsnya oke banget mba, seru ya bisa plesiran Dan tetep bisa control budget..

    ReplyDelete
  21. Wah Zen jg bisa di luar yah mba, aku baru tau :D makasih tips nyaa yaa, moga aku bisa ngemat nih klo mau halan2 pake tips inihhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada di beberapa kota di luar negeri sana. Bangkok, Singapura, Manila, Hongkong, Kuala Lumpur, Penang, Chiang Mai, Pattaya, Rio de Janeiro, Malaka, Colombo, dan banyak lagi...

      Ayo kita kemon, halan-halan...

      Delete
  22. Beli oleh2 yang emang bikin kantong bolong mba ahhahaa klo beli 1 dikit ada yang ga kebagianpasti nanti ada yang sirikers :p
    btw itu fotonya yg dikeraton yogya mengingatkan ku foto juga disana tp ga tau fotonya dimana hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, itu dilemanya kasih oleh-oleh. Yang ini dikasih, yang lain masa engga? Ujung-ujungnya beli bejibun walaupun niat diawal cuma beli beberapa biji. Pas dihitung di rumah ternyata masiiih aja ada yang kurang. Wkwkwk.

      Ya Mbak itu di Keraton Jogja.

      Delete
  23. air minum gratis cuma di luar negeri sepertinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada juga kayaknya di Soekarno Hatta. Pernah lihat, tapi entah sekarang masih bisa tersedia atau ngga. Blm update lagi...

      Delete
  24. oleh oleh itu wajib banget ya tante...
    buat bagi bagi sama keluarga di rumah yang gak ikut pergi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, minimal buat keluarga terdekat yak. Tapi kadang kalau budget limited banget, ya terpaksa tebel muka tiap ditanyain oleh-olehnya mana? Xixixi.

      Delete
  25. Enaknya ada OTA memang jadi bisa ceki2 yg paling cocok ya. Apalagi hotelnya udah diaudit dulu, jadi aman deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak. Lebih mudah ya sekarang. Beberapa waktu lalu saya suka ngegampangin. Pesen di tempat. Lah, kalau lagi ga peak session mungkin masih tersedia yak. Sampe pernah tuh ngga dapet hotel akhirnya gara-gara slebor ga booking di awal. Xixixi. Padahal hotelnya murah, strategia banget lokasinya. Pengen guling-guling rasanya...

      Delete
  26. Aduuuuh dari kemaren pengen banget travelling murah karena lagi on budget, tapi malah belum kesampaian terus. Semoga deket-deket ini nggak jadi wacana lagi deh. Artikelnya aku bookmark, mbak. Bermanfaat bangets ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalau lagi budget mepet dan hasrat hati pengen liburan..solusi traveling hemat bisa jadi pilihan. Banyak merem aja, xixixi. Aku seringnya gitu, banyak merem saat tergoda beli souvenir2 cantik...untung ngga kejeduk.

      Delete
  27. Paling mudah memang sharing cost brsama teman jd uang makan atau uang penginapan bisa jauh lebih murah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sharing cost kerasa banget ya Mbak. Terutama transportasi juga hotel sebetulnya. Jika pergi bareng teman, misalkan berdua sekamar udah bisa share cost. Lumayan banget daripada sendiri.

      Delete
  28. Wah cocok nih..
    ane demen banget sama yang hemat2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama dong. Saya pun suka yang hemat dan modis bahkan motris ... wkwkwk.

      Delete
  29. Kirain Zenrooms tuh cuma di Indonesia hehe belom pernah nyobain

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan