Cara Memilih & Merawat Pakaian Untuk Wanita Bekerja

Pernah ngga sih merasakan pas mau ada suatu kegiatan tertentu kita merasa tidak ada baju yang cocok di lemari untuk kegiatan tersebut?
Misalnya hari Senin besok harus bisnis trip ke customer atau ke supplier, pas dilihat stok baju di lemari isinya pakaian kerja formal semua, padahal yang dimau adalah pakaian semi formal. Atau malah kebalikannya, kita malah tidak ada stok baju formal sama sekali untuk menghadari event resmi.
Atau besok mau ada acara syukuran kelahiran bayinya keponakan, eh, pas dilihat baju di lemari pada tidak muat akibat badan melar atau malah menyusut.
Kalau saya sering kelimpungan, terutama untuk keperluan pekerjaan. Pada waktu kerja sehari-hari, saya tidak begitu pusing karena ada seragam. Ada plus minusnya sih jika pakaian kerja seragam atau dibebaskan. Jika pakai seragam, otomatis budget untuk membeli baju berkurang kan, bisa dialihkan untuk yang lain. Tapi ngga enaknya, saat harus bisnis trip ke luar kota atau ke luar negeri, saya tidak punya stok baju semi formal ataupun formal. Jadi setiap kali bisnis trip selalu berasa darurat militer.
Biasanya saya langsung menyempatkan diri mampir di mall untuk mecari pakaian kerja wanita. Tapi biasanya sih kurang up to date dibandingkan kalau kita mencari online. Pengalaman saya sih, kalau surfing mencari pakaian wanita terbaru online lebih memuaskan karena banyak model pakaian yang lucu-lucu. Kebetulan selera pakaian saya pun agak susah. Saya suka pakaian yang banyak kerutannya, entah itu kerutan di lengan, di dada ataupun di pinggang. Jarang saya bisa menemukannya di mall.
Tapi tentunya kalau membeli online harus ekstra hati-hati. Harus dipastikan kredibilitas websitenya, plus harus direncanakan jauh-jauh hari, secara harus memperhitungkan waktu pengiriman. Nah, ini contoh pakaian wanita terbaru online yang saya incar dari Mapemall:
Lucu kaaan? Lucu dong ... maksa! Haha. 
Kesulitan berikutnya adalah cara perawatannya.
Berhubung baju kerja yang non seragam ini jarang dipakai, perlu perawatan ekstra. Ya, namanya bisnis trip tidak akan setiap hari kan? Cara cuci yang salah atau cara penyimpanan yang salah bisa membuat pakaian luntur dan lusuh.
Yang biasanya saya lakukan adalah:
1.      Memisahkan pakaian berwarna tua dan muda
Saat mencuci, biasanya saya pisahkan pakaian berwarna tua dengan pakaian putih. Jika baju berbentuk gaun yang terdiri dari kombinasi warna tua dan muda, saya cuci langsung.
Hmmm, sebetulnya sih pakaian berkualitas biasanya ada label instruksi perawatan, misalkan harus dry cleaning only. Jika ada label perawatan seperti itu, ya kita harus mengikuti instruksinya supaya pakaian tetap awet.
2.      Mengunakan deterjen berkualitas
Supaya tidak lekas kusam, gunakan deterjen yang berkualitas. Biasanya ada sih yang bisa melindungi warna pakaian kesayangan kita.
3.      Kain dibalik saat menjemur
Nah, kalau ini ajaran ibu saya dahulu, katanya menjemur itu harus dibalik. Ternyata tujuannya supaya warna baju tidak lekas memudar, kalaupun memudar ya bagian dalamnya, hahah.
4.      Mensetrika dengan suhu yang sesuai
Bahan yang tipis tentunya tidak sama ketahannya terhadap panas. Sesuaikan tingkat kepanasan setrika dengan jenis kain baju kita. Jangan sampai pakaian kesayangan kita bolong kena setrika panas.
5.      Lindungi jika lama tidak digunakan
Jika pakaian kerja kita jarang-jarang dipakai seperti saya, cara perlindungannya adalah menutupinya dengan menggunaan plastik atau bahan lainnya.
Mencari pakaian wanita terbaru online sudah, tips seputar merawat pakaian kerja pun telah dipaparkan. Saatnya praktek untuk merawat pakaian kita.

2 comments:

  1. pemakaian deterjen yg salah ini yg bikin baju favorit jadi lusuh... etapi mungkin krn saking favoritnya, dipakai lagi, cuci lagi, pakai dan cuci lagi, lama2 bajunya nyerah :)

    ReplyDelete
  2. aku juga kadang gitu isi lemari dah penuh bingung ga punya baju mau make yg mana wkwkwk..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan