Suatu Siang di GraPARI Serang, Banten

“Yah, mampir GraPARI Serang, sebentar yak.”
“Ngapain?”
“Ganti kartu ke ukuran nano card? Kartu lama masih micro, sedangkan Hp baru semua SIM card-nya harus nano card.”
Sabtu siang itu sebelum mengantar Azka menemui teman-temannya di Mall of Serang, saya memaksa untuk mampir sebentar di GraPARI Serang. Sudah lama sebetulnya ingin mengganti SIM card, hanya saja waktunya sulit untuk datang langsung, karena saya kerja dan biasanya sepulang kerja GraPARI sudah tutup.
“Ada yang bisa saya bantu?” Sapa Ega, Customer Service yang melayani saya siang itu. Saya mengutarakan maksud untuk mengganti kartu Halo Cooporate saya menjadi nano card.
GraPARI Serang siang itu terlihat ramai sekali. Antrian masih cukup panjang walaupun tinggal 30 menit menuju jam operasional tutup. Ternyata sedang ada promo mengganti handphone lama dengan handphone Samsung J1 atau LG Stylus 2.
“Saya mau ganti kartu ke 4G, Mas,” terdengar suara lelaki di samping tempat duduk saya.
“Oh, bisa Mas. Mari saya bantu,” terdengar jawaban Customer Service di meja sebelah.
Oh, iya. Sekarang kan jaringan sudah 4G. 4G ini adalah standar generasi ke-4 dari jaringan telepon selular. Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi sebelumnya yaitu 3G dan 2G. Jaringan 4G ini menggunakan jaringan pita lebar ultra untuk mengakses internet yang lebih cepat.  
“Mbak, kartu saya sudah 4G belum?” Saya pun iseng menanyakan pada si Mbak yang sedang memigrasi data-data kontak yang ada pada kartu Halo lama saya.
“Ini kartunya dipakai untuk internet tidak, Bu?”
“Hmmm, ngga sih Mbak. Itu khusus untuk telepon dan sms saja.”
“Kalau 4G untuk internet, Bu.”
“Oh iya, ya. Percuma juga ya di 4G in, kalau ngga pakai internet.” Saya pun menggaruk-garuk kepala yang tidak gatal, mentertawakan sendiri kebodohan saya.
“Kalau Ibu mau, kita sedang ada promo paket internet 5 GB Rp 50.000/bulan. Berlaku selama 3 bulan, Bu. Setelah 3 bulan, kembali ke harga normal Rp 150.000/bulan. Berhubung sedang promo, ada potongan sebesar Rp 100.000/bulan.
“Wah, boleh juga tuh, Mbak,” jawab saya. Untuk jaringan sendiri, saya selalu standby satu kartu Telkomsel, karena jaringan terbaik saat ini memang Telkomsel. Saat saya berada di Papua, satu-satunya jaringan yang ada hanya si jagoan merah ini, makanya kartu Halo masih saya pertahankan.
“Iya Mbak, saya masih pertahankan nih kartu Halo. Soalnya saat di daerah terpencil pun, jaringannya bisa menjangkau. Pun saat saya berada di Papua,” jelas saya.
“Oh, iya Bu. Jaringan Telkomsel memang sudah nasional. Sekarang bisa dipakai dimana pun.”
“Eh, tapi pernah lho saya pakai paket data dari kartu yang saya beli di Serang, tapi saat saya ke Palembang, kartu tersebut ngga bisa saya gunakan.”
“Itu mungkin karena kuota lokal sepertinya, Bu. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Kuota data dapat dipakai secara nasional.”
“Sudah selesai, Bu, kartu untuk yang lama juga kartu yang baru untuk paket data. Dicoba ya, Bu, dipasang di handphonenya.
“Kalau yang paket data ini, berarti sudah 4G yak?”
“Betul, Bu. Sudah 4G.”
Saya pun mencoba mencoba jaringan 4G LTE Indonesia terbaik Telkomsel. Hmmm, langsung aktif, dan jaringannya kencang. Asyiiik.
“Mbak, kalau migrasi ke 4G, harus datang ke GraPARI? Kan kasihan Mbak, yang pekerja. Pulang kerja sudah tutup GraPARI-nya.”
“Hmmm, sebetulnya ada beberapa cara sih, Bu, untuk migrasi ke 4G LTE. Bisa ke GraPARI, bisa juga dilakukan sendiri. Untuk jam operasional, Senin-Jum’at untuk GraPARI Serang sampai jam 07.00 malam, Bu. Hari Sabtu kita sampai jam 12.00 siang. Tapi nanti setelah Lebaran kita akan pindah ke Mall of Serang, Bu,” jelas Ega.
“Waw, serius ke Mall of Serang? Asyik dong, waktu operasional ikutan jam operasionalnya mall. Itu lebih mengakomodasi para pekerja.”
Nah, ternyata untuk migrasi ke jaringan 4G LTE Indonesia terbaik Telkomsel ini bisa dilakukan sendiri ternyata. Lengkapnya bisa di check di website Telkomsel.
“Oya, Bu, untuk gimmick, Ibu mau pilih dompet atau headset?” Mbak Ega membawa dua buah benda di tangannya dan meminta saya memilih.
“Buat saya, Mbak?”
“Iya, Bu. Pilih salah satu.”
“Pilih headset saja deh,” putus saya. Hmmm, lumayan banget nih dapat souvenir headset dari Telkomsel. Lucu lagi headset-nya.

Hari ini saya betul-betul senang. Terima kasih juga buat seorang teman yang telah merekomendasikan GraPARI Serang untuk proses penggantian kartu Halo saya. 

1 comments:

  1. Aku pun bertahan sama telkomsel. Bukan masalah biaya, tapi karena jangkauan dan jaringan yang gak eroran. :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan