Ketika Emak Akan Pulang Kampung

"Bule, sebentar lagi udah mau Lebaran," Emak, orang yang jagain anak-anak jika saya kerja, nyeletuk kencang bahwa lebaran sudah dekat, sambil tetap fokus memotong-motong sayuran untuk membuat pecel. Terdengar suara pisau menyentuh talenan kayu.
"Oya?" Saya menjawab dari dalam kamar mandi. Hmmm, kalau Emak sudah bilang begini, itu kode bahwa saya harus mulai mencari informasi tiket untuk pulang kampungnya Emak.
Emak, begitulah anak-anak memanggilnya. Emak sudah ikut Mama sejak saya masih kecil. Emak ini masih ada tali persaudaraan dengan Mama karena pernikahan kakek saya atau ayahnya Mama dengan bibinya Emak. Saat Emak menikah, dia pulang kampung ke Ciamis, Jawa Barat.
Ketika saya mau melahirkan Azka, Mama meminta bantuan Emak untuk tinggal di rumah saya dan menjaga anak-anak ketika saya kerja nanti. Emak pun akhirnya tinggal bersama kami hingga saat ini, kurang lebih 12 tahun lamanya. Karena masih ada ikatan persaudaraan, saya lebih merasa tenang ketika meninggalkan anak-anak kerja ataupun ketika saya harus bisnis trip ke luar daerah ataupun ke luar negeri.
Saking dekatnya, anak-anak memanggilnya dengan sebutan "Emak". Guru-guru di sekolah bahkan tetangga pun akhirnya memanggilnya seperti itu. Malah, saking setiap hari Emak yang antar jemput ke sekolah, guru-guru, orang tua murid lainnya atau teman anak-anak menyangka awalnya Emak adalah ibunya anak-anak. Duh, saya jadi malu, memang jarang banget ke sekolahnya anak-anak. Hiks.
Menjelang Lebaran, biasanya Emak akan kelimpungan mencari tiket bus yang akan membawanya mudik ke Ciamis. Bagaimana tidak, menjelang Lebaran biasanya harga tiket bus akan melonjak melebihi apa yang ditetapkan pemerintah. Bukan hanya masalah harga, terkadang bus dari Cilegon ke Ciamis biasanya terbatas dan terkadang Emak suka kehabisan tiket. Emak harus pagi-pagi buta menuju ke Terminal Bus Merak terlebih dahulu untuk booking tiket.
“Ma, kalau ngga salah sekarang Alfamart jual tiket Bus juga lho,” Saya tiba-tiba teringat dengan toko waralaba yang satu ini. Sebelumnya saya sudah tahu bahwa di Alfamart bisa melakukan pembelian tiket kereta api dan juga pesawat. Tapi, belakangan saya tahu ternyata di Alfamart juga kita bisa melayani penjualan tiket Bus antar kota dan provinsi. Sekarang semua bisa di Alfamart.
Alfamart jual tiket Bus
Semua bisa di Alfamart sekarang (sumber gambar website Alfamart)
“Masa? Emang bisa?” Tanya Emak setengah tidak percaya. “Lamun bisa lewat Alfa mah, sok atuh pangmeulikeun,” lanjutnya lagi dalam Bahasa Sunda, yang artinya kalau bisa lewat Alfamart, ya udah beliin dong.
“Iya, ngga usah ribet antri beli tiket ke Merak lagi, Mak,” jawab saya, “tinggal buka aplikasi online di website yang jual tiket bus, terus pergi ke Alfamart yang depan kompleks aja.”
“Oh, gitu? Geuning gampang nya (kok mudah ya)?” Jawabnya.
Ya, iya atuh, Mak. Zaman kiwari mah atuh serba canggih jeung garagarampang (Iya dong, Mak. Zaman sekarang sudah serba canggih dan pada mudah).”
Tapi eta kumaha meulina (tapi itu bagaimana belinya)?”
“Ya, nantilah dibeliin. Tinggal sebutin Emak mau pulang tanggal berapa. Gampang, tinggal beli tiket online dulu di website yang jual tiket bus. Pilih pembayarannya lewat Alfamart. Nanti konfirmasi booking tiketnya dibawa ke Alfamart, bayar deh.”
Nya sok atuh pangmeulikeun nya (ya sudah, beliin ya). Ih, hebat geuning Alfamart ngajual tiket beus oge (hebat juga Alfamart jual tiket bus juga).”
Engke tinggal bayarna di Alfa nyah (nanti tinggal bayarnya di Alfa)? Ari engke tiketna kumaha (terus nanti tiketnya bagaimana)?”
“Ya nanti dituker di Terminal Bus, Mak. Sama tiket asli.”
Oh kitu. Nya atuh, ke urang nempo kalender heula iraha balik ka lemburna (oh, begitu. Ya udah, nanti mau lihat kalender dulu, kapan pulang ke kampungnya).”
“Ya udah, nanti bilang aja, kapan-kapannya,” jawab saya.

2 comments:

  1. wah bisa beli tiket bus mudik jg dong yaaaa :)

    ReplyDelete
  2. Kalo aku sering ke sekolah antar jemput ponakan. Mama dan ayahnya malah jarang. Sampe dikira itu anakku 😂😂

    Baru tau kalo di alfamart melayani tiket bus juga..

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan