Do You Know The Muffin Man, The Muffin Man

Cara Membuat Muffin
Bahan-Bahan Membuat Muffin

Weekend Ngidam Muffin

"Ibu! Aku bosen!" Pagi-pagi Azka sudah ngomel-ngomel. "Ngga ada kegiatan nih!"

"Hmmm...main Barbie? membaca buku? menulis cerita?" Azka menggeleng-gelengkan kepalanya. Adiknya, Aisya ikut nimbrung, "aku juga bosan, Bu, di rumah terus...." Walah aku dikeroyok anak berdua. Padahal masih pengen leyeh-leyeh, mumpung libur. Mereka berdua sungguh kompak deh, saling mendukung.
Sebetulnya aku tahu, mereka ingin segera membuat kue muffin yang aku janjikan sebelumnya. 
Cara Membuat Muffin
Campur Semua Bahan
"Kapan kita bikin muffin? Ibu kan janji bikin muffin," rengek Azka menagih janji. "Iya, muffin-nya nanti keburu expired," tambah Aisya. Lho kok expired  De? Dibuat aja belum. Haha.
Hmmm...bagaimana yak cara membuat muffin? Duh ribet sekali lihat resep-resep di mbah Google. "Bagaimana kalau Azka sama Ayah belanja dulu bahan-bahannya? Beli Pondan bubuk instan muffin, telur dan untuk taburan atasnya toblerone, mesis, coklat caca," aku mengusulkan, "Duh, Ibu belum bisa nih bikin muffin."
"Okeh deh! Kita meluncur!" Beuh, semangat sekali, kalau ada maunya.
***
Cara Membuat Muffin
Kocok Pelan Dengan Mixer
Berhubung ribet, pakai muffin instan Pondan deh akhirnya. Yang penting kan nilai kebersamaannya..., iih excuse deh. Bilang saja ngga bisa bikin kue!
Ini dia membuat muffin dengan menggunakan tepung Pondan

Bahan-Bahan Membuat Muffin Toblerone & Chacha

1. Tepung muffin Pondan, 1 bungkus
2. Telur 3 butir
3. Air 50 mL
4. Minyak sayur 200 mL (jangan jelantah yak!)
5. Potongan toblerone, coklat, atau sesuai selera



Cara Membuat Muffin
Masukan Adonan ke Cetakan

Peralatan Untuk Membuat Muffin Toblerone & Chacha

1. Mixer, untuk membuat adonan. Iyalah, masa untuk mengkukus
2. Loyang untuk menaruh muffin
3. Cetakan muffin kertas, banyak dijual di toko kue. Untuk yang area Cilegon bisa dicari di Sarinande ya. Lengkap!
4. Sendok, untuk memasukan adonan ke dalam cetakan kertas
5. Pisau, untuk memotong toblerone 
6. Wadah, untuk membuat adonan
7. Takaran? Aku pakai perkiraan :), 1 gelas 200 mL, berarti 1/4 gelas 50 mL. Iih, gaya ngoboy-nya ngga habis-habis deh.

Setelah semua bahan dan peralatan siap, kita nyalain dulu Hp. Buat apa? Foto dulu dooonk. Eh, salah! Mari bikin muffin sambil mendengarkan lagu anak-anak The Muffin Man!
Panggang Dalam Oven

Kerenkan idenya? Diiy, muji diri sendiri! Pamali :)
Eh, tapi bener lho...., sambil membuat kue, dua tiga terlampaui: bikin kue, seru-seruan dengan anak-anak juga sambil belajar bahasa Inggris.
"Do you know the muffin man, the muffin man"

Cara Membuat Muffin Toblerone & Chacha

1. Masukan semua bahan: tepung Pondan, air 50 mL, minyak sayur 200 mL (Azka keukeuh bilang vegetable oil. Diih!) dan telur ke dalam wadah.
2. Kocok bahan-bahan tersebut selama kurang lebih 3 menit menggunakan mixer. Jangan kencang-kencang ya. Pakai low speed saja, di posisi satu. Kalau kekencangan nanti susah bergerak!
Cara Membuat Muffin
Muffin Keluar Dari Oven
3. Setelah tercampur semua, matikan mixer. Kalau ngga dimatikan nanti mixer-nya pusing muter terus, 
soalnya Azka dan Aisya rebutan terus ingin pegang mixer...hihi.
4. Siapkan cetakan muffin kertas, perlahan masukan sendok demi sendok, hati-hati supaya rapih ngga belepotan di kertasnya. Tapiii..., berhubung bareng anak-anak yang pada antusias ikut memasukan adonan ke mangkuk muffin, yaaah, hasilnya bervariasi...haha.
5. Isi setengah mangkuk kertas, mungkin harusnya 3/4 kali yak. Berhubung adonan sedikit dan ternyata mangkuk muffin-nya kebesaran, jadi hanya diisi 1/2 nya. Dan jadinya hanya 11 mangkuk, dari seharusnya 17 mangkuk.
6. Bagian seterusnya adalah memberi topping di atas adonan. Sebetulnya bisa sesuai selera, mau pakai serpihan kacang almond, kismis, coklat, dan lainnya. Kita pakai potongan toblerone, coklat chacha berwarna warni dan mesis coklat.
7. Setelah selesai, waktunya memanggang adonan muffin di dalam oven. Tunggu sampai adonan matang.
8. Keluarkan, hidangkan dan jangan ketinggalan photo session! Harus langsung photo session, kalau tidak, alamat ngga tersisa deh. Orang baru mau keluar oven saja sudah di tongkrongin.

Cara Membuat Muffin
Muffin Siap Makan
"Ibu! Jangan lama-lama dong fotonya..., udah ngga sabar nih," teriak Azka dan adiknya dengan tangan memegang sendok, siap mencolek muffin yang masih panas. Mukanya langsung terlihat gembira begitu aku mengisyaratkan bahwa sesi foto telah selesai, dan waktunya menyantap muffin hasil kerja bersama.


"Gimana? Enak tidak?"
"Uenak banget, Bu!" Aisya mengacungkan jempolnya dengan mulut belepotan muffin coklat. "Buatan kita ini! Enak banget yak?"
The Muffin Man kembali terdengar sayup-sayup.
Cara Membuat Muffin
Muffin Toblerone & Chacha
Do you know the muffin man,
The muffin man, the muffin man?
Do you know the muffin man,

Who lives in Drury Lane?
Yes, I know the muffin man,
The muffin man, the muffin man.
Yes, I know the muffin man,
Who lives in Drury Lane.
Two of us know the muffin man
The muffin man, the muffin man
Two of us know the muffin man
Who lives in Drury Lane
Oh now we know the muffin man,
The muffin man, the muffin man
Now we know the muffin man, 
Who lives in Drury Lane.


6 comments:

  1. Lagi-lagi Mbak berhasil membuat saya kelaparan....
    pengen coba ah, entar kalo hari libur....

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak lho beneran. apalagi yang ditambah toblerone...xixixi.

      Delete
  2. Aduh jadi pingin coba bikin buat mama sama adek adekku di rumah. Btw, aku jadi semangat belajar bikin kue nih, biar jadi calon istri idaman.

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat mencoba yak. kalau belajar masak or bikin kue, aku jgn di jadiin contoh, masih byk instannya...haha. pengen sih belajar masak and bikin kue beneran, yang pake nimbang2 terigu, gula, dll.

      Delete
  3. harus banget di oven ya mak? kalo dikukus bisa gak?*bandel*
    soalnya gak punya oven dirumah iks..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ide bagus tuh. kyk nya aku juga mesti coba. jd modelnya muffin kukus gitu yak..mirip brownies kukus.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan