Weekend di Waterworld Cilegon

Ada yang baru di Krakatau Coutry Club Cilegon.

KCC Waterworld Cilegon Kolam Renang
Kolam renang yang berada di Jalan Yasin Beji ini, dulu bernama KCC, dan sekarang telah berubah berkonsep wahana permainan air yang bisa dinikmati di akhir pekan bersama keluarga. Dan aku baru tahu ada yang baru di sini. Jajaran mesin-mesin mirip gardu masuk MRT terlihat di pintu masuk kolam renang. "Wah, sekarang cara masuknya baru?" Seruku.
KCC Waterworld Cilegon Kolam Renang
"Ah, udah lama kali, Bu," jawab Aisya, "kan aku udah cerita sama Ibu," lanjutnya lagi. Aduh kapan yak? Lupa.
"Ibu sih, kalau diajak berenang ngga mau melulu," komentar Azka membuatku tersenyum nyengir. Ya, aku malas berenang, paling kalau ikut ke kolam renang hanya ikut masuk dan duduk-duduk di dalam, berkeliling mencari makanan. Carving for food! Haha.
14 tahun lalu, pertama kali menginjakan kaki di bumi Cilegon, rasanya kolam renang KCC adalah satu satunya kolam renang yang berada di sini. Kolam renang yang ada pun hanya berjenis kolam renang berbentuk empat persegi panjang, dengan garis-garis lintasan yang terlihat jelas dari atas permukaan air yang jernih.
KCC Waterworld Cilegon Kolam RenangSeiring dengan berkembangnya penduduk, kebutuhan akan wisata air atau wahana permainan air untuk anak dan keluarga pun semakin meningkat. Kemudian di Cilegon mulai bermunculan kolam renang yang berkonsep waterpark, waterboom. Sebut saja kolam renang Metro yang terletak di perumahan Metro Cilegon, kolam renang Cilegon Green Waterpark yang terletak di kawasan pertokoan Green Mega Block.

Kolam-Kolam di Krakatau Country Club

1. Kolam Renang Olympic

KCC Waterworld Cilegon Kolam RenangKolam renang berbentuk persegi panjang dengan jalur-jalur lintasan itu bernama kolam renang Olympic.
Menebak dari namanya, Krakatau Country Club, Kolam renang ini dulu mungkin hanya diperuntukan bagi orang-orang yang tergabung dalam club berenang. Tetapi yang pasti kolam renang olympic ini berstandar internasional, sehingga sering digunakan untuk perlombaan kejuaraan renang Provinsi Banten.
Selain sebagai tempat perlombaan berenang, kolam renang ini juga digunakan sebagai tempat berlatih para atlet renang di area Cilegon Serang. Hmmm...jadi di sini tempat mencetak bibit-bibit atlet renang sepertinya.

2. Kolam Renang Anak

KCC Waterworld Cilegon Kolam RenangKolam renang KCC (Krakatau Country Club) yang berada di area perkantoran Wisma Krakatau pun semakin berbenah diri. Tidak hanya puas dengan kolam renang olympic, KCC pun menambah kolam yang dilengkapi dengan berbagai wahana seperti seluncuran air, ember tumpah, dan kolam air pancar. Kolam yang dikhususkan untuk anak-anak ini terletak di area bagian bawah. Kita menuruni anak tangga untuk mencapai area ini.
Dipastikan anak-anak akan menyukai kolam-kolam yang ada di daerah ini. Selain karena kedalamannya yang dangkal, di sini juga ada mini slidding dan mini ember tumpah.

3. Kolam Renang Arus Selat Krakatau

KCC Waterworld Cilegon Kolam RenangKolam renang arus ini relatif lebih muda umurnya dibandingkan kedua kolam yang disebutkan di atas. Letaknya di sebelah atas kolam olympic atau ke arah kiri dari pintu masuk ke kolam renang.
Di area ini ada seluncuran besar dan tinggi dengan jenis luncuran lurus dan yang berliuk-liuk seperti ular. Seru sepertinya meluncur dari atas sana. Azka yang berani meluncur dari sana. Adiknya belum berani mencoba seluncuran ini. Naik tangga ke atas, ragu-ragu untuk meluncur dan akhirnya putas balik. Ayahnya pun demikian, alasannya Aisya ngga mau. Haha.
KCC Waterworld Cilegon Kolam Renang
Selain seluncuran, ada juga ember tumpah. Ember ini perlahan berisi air, kemudian setelah penuh, ember akan miring dan menumpahkan isinya ke bawah. Tek! Tek! Tek! Tek! Bunyi roda putaran di sebelah ember akan berbunyi menandakan air di ember sudah penuh dan siap ditumpahkan. Anak-anak pun berlarian mendekati ember tumpah begitu mendengar suara khas ini, dan BYUUUUR!!
Serunya melihat anak-anak tertawa senang menikmati tumpahan air. Gelak dan tawa memenuhi atmofir.
Bosan menikmati tumpahan air, pertualangan berlanjut di kolam arus yang mengelilingi kolam kecil. Kolam panjang berbentuk seperti aliran sungai ini, panjang berliku dan di beberapa tempat ada putaran air, sehingga kita secara perlahan terbawa arus yang mengalir. Jangan takut, kolam arus ini tingginya hanya sebatas dada. Kita tinggal berjalan atau mengapung di atas ban besar yang akan bergerak mengikuti arah arus.
KCC Waterworld Cilegon Kolam RenangDi sepanjang kolam arus berbagai macam ornamen lucu seperti kuda laut. Ngomong-ngomong patung kuda laut ini, jadi ingat saat berdua Azka keliling Singapura. Adiknya ngga mau kalah, saat itu dia Whatsup kakaknya, katanya dia juga lagi di Singapura. Ketika diminta bukti, dia nunjukin foto di bawah patung kuda laut, yang menurutnya itu Merlion! Haha.
Di sekeliling kolam renang penuh dengan gambar - gambar karakter yang pasti disukai anak - anak, seperti gambar spongebob dan kawan - kawan. Dijamin anak - anak betah berenang di sini. Oya, selain kolam renang, tentu saja KCC dilengkapi dengan fasilitas lainnya yang akan membuat liburan keluarga tambah asyik. Hmmm...apa saja itu?

Fasilitas Lain di KCC

1. Mushola KCC

KCC Waterworld Cilegon Kolam Renang Hihi. Fasilitas yang satu ini selalu menjadi pilihan utama aku untuk menyebutkan asyik tidaknya suatu tempat. Maaf ya, subjektif. Dengan adanya mushola, aku ngga mesti repot-repot mikirin dimana akan sholat kalau ternyata kita bermain di situ sampai waktu sholat tiba.
Nah, KCC mempunyai fasilitas mushola di sisi sebelah Selatan. Bentuknya cukup unik, mempunyai banyak bukaan jendela. Setidaknya kalau berenang di sini, bisa mudah menemukan area sholat.

2. Kamar Ganti dan Bilas KCC

Selayaknya kolam renang, sudah tentu ada kamar ganti dan bilas dong yak. Di KCC, selain ada kamar ganti dan bilas di bagian atas di depan kolam olympic, ada satu lagi kamar ganti dan bilas di bagian kolam renang anak di bawah. Cukup representative.

KCC Waterworld Cilegon Kolam Renang3. Locker di KCC

Untuk yang berenang tidak membawa "penjaga", bisa menggunakan locker di sebelah mushola untuk tempat penyimpanan barang-barang berharga. Kalau yang bawa "penjaga" sih ngga mesti rempong, titipin saja semua biar dijagain di pinggir kolam selama asyik berenang.

4. Cafetaria KCC

Sehabis berenang lapar? Tenaaang! Ada cafetaria di dalam area KCC.
Ada 2 kantin/cafetaria, yaitu di bagian bawah di kolam renang anak dan satu lagi bersebelahan dengan locker dan mushola.
Yang dijual ada nasi goreng, mie rebus, bakso, gorengan, indomie cup juga minuman. Harga tidak terlalu mahal.

5. Taman Keluarga

KCC Waterworld Cilegon Kolam Renang Bukan taman keluarga yang besar sih maksudnya. Hanya saja di KCC masih terdapat ruang terbuka yang bisa digunakan untuk menggelar tikar untuk berkumpul bersama. Selain itu juga terdapat payung-payung yang bisa digunakan untuk berteduh dari sengatan terik matahari, yang tentunya sangat berguna sekali untuk aku yang selalu kebagian menjadi penjaga barang bawaan.

6. Ruang Gawat Darurat

KCC juga dilengkapi dengan ruang tindakan jika terjadi gawat darurat. Ruangannya sih sederhana, dilengkapi dengan peralatan-peralatan medis untuk pertolongan pertama.

7. Tube atau Ban Renang

Tube atau ban renang yang besar tersedia di dekat kolam arus. Ada tube single ada juga tube double. Tube ini bisa dipakai untuk berseluncur dari atas atau bisa dipakai untuk mengarungi kolam arus.


Nah, cukup lengkap kan fasilitas di KCC ini...

Apa Yang Baru di KCC?

Saat kemarin ngintil ke KCC, biasaaa...jadi "penjaga", terlihat ada sesuatu yang baru di pintu masuk. Yang baru ini tak lain dan tak bukan adalah BRIZZI!
Hmmm...rupanya KCC bekerjasama dengan Bank BRI menggunakan Brizzi sebagai alat pembayaran. Orang yang mau masuk menuju kolam renang harus melewati pintu masuk yang berupa jalur-jalur seperti di mesin masuk MRT. Untuk masuk dan membuka palang besi, diperlukan sebuah kartu. Kartu tersebut di tap di mesin, dan pintu pun terbuka.

Apa itu Brizzi?


KCC Waterworld Cilegon Kolam Renang
Brizzi adalah uang elektronik yang dikeluarkan Bank BRI sebagai sarana pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan BRI. Mirip-mirip dengan EZ link di Singapura yang bisa digunakan untuk pembayaran MRT. Kita mendeposit sejumlah uang tertentu dalam kartu elektronik tersebut. Lebih praktis daripada uang tunai, karena tidak mesti memikirkan ada kembalian atau tidak.
Brizzi serupa dengan e-money dari bank lain, seperti tapcash BNI, flazz BCA, JakCard Bank DKI, atau e-money nya Bank Mandiri, kartu Brizzi dapat digunakan untuk pembayaran commuter line, transjakarta, toll, dan lainnya. Nah, di KCC waterworld, kartu Brizzi digunakan untuk, e-ticketing. Nah, dengan e-money ini kita tidak mesti direpotkan mencari uang recehan untuk pembayaran. Transaksi dengan sistem e-money ini biasanya dibatasi, untuk Brizzi sendiri dibatasi hanya sampai Rp. 1.000.000.
BRI mengklaim kelebihan Brizzi dibanding e-money lainnya adalah:
1.     Dapat dimiliki oleh siapapun (tanpa harus memiliki rekening BRI).
2.     Nilai uang di dalam kartu dapat diisi ulang/Top Up (via EDC maupun ATM), dapat dilakukan melalui rekening BNI maupun bank lainnya.
3.     Dapat digunakan di merchant yang sudah bekerjasama dengan BRI, dan promo-promo lain yang bervariatif dari kartu Brizzi.

4 comments:

  1. Seruuu yahh, dah lamaa bgt gak renang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...saya juga lama ga berenang. jd pengamat aja selama ini.

      Delete
  2. terimakasih atas informasinya
    menambah wawasan dan bermanfaat buat yang baca

    ReplyDelete
  3. Lengkap neh... skrg udah ada voucher juga bun,, jadi lebih hemat. Heee

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan