Sleeper Train, Perjalanan Menembus Batas Negeri

cara naik sleeper train singapura malaysia
sleeper train, upper bed
Perjalanan menembus batas negara tidak mesti dilalui melalui pesawat terbang, tetapi bisa juga melalui kapal laut, ferry, bus antar negara, juga kereta api. Tapi bagaimana rasanya menikmati perjalanan menembus batas negara menggunakan kereta yang tidak biasanya, yaitu sleeper train?
Suasana dalam sleeper train ini, entah kenapa membawa alam imajinasiku seolah berada di dalam Hogwart Express. Itu lho, kereta Harry Potter di platform 9 3/4 yang membawa para murid sihir dari Kingcross Station menuju Kastil Hogwart. Atau mungkin seharusnya imajinasiku mengembara pada Orient Express, kereta overnight mewah yang membawa Hercules Poirot dari Istambul ke London pada kasus Murder on The Orient Express.
cara naik sleeper train singapura malaysia
Rombongan Gong Traveling
Berbeda dengan Hogwart Express atau pun Orient Express, Sleeper train Senandung Sutra melayani jalur KL Setral di Kuala Lumpur menuju Check Point Woodlands di Singapura. Ya, kereta api milik jawatan kereta api Malaysia, KTM, memiliki jalur layanan antarabandar atau lintas negara. Bahkan jalur lintas negara terpanjang dari KTM ini adalah Singapura - Malaysia - Thailand.
Perjalanan kami menggunakan sleeper train bermula di KL Sentral. Oh, My! Bengong di tengah hall besar dan luas adalah hal pertama yang terjadi. Orang berlalu lalang ke sana ke mari, dan di ruangan besar ini seolah kita freezing di tengah hiruk pikuk aktivitas yang tinggi di KL Sentral. Bagaimana tidak, KL Sentral adalah terminal terpadu Kuala Lumpur, dimana semua transportasi ke seluruh penjuru berpusat dalam Klang Valley Integrated System yang terdiri dari 2 jalur komuter, 2 jalur LRT, 1 jalur monorel, 1 jalur bis rapid transit dan jalur layanan kereta ke Kuala Lumpur International Airport (KLIA). Sebagian orang berbondong-bondong menuju vending machine untuk membeli tiket, sebagian menggunakan kartu elektronik. Berhubung kita tidak akan membeli tiket dan tujuan kita adalah jalur komuter antarabandar (intercity), setelah mengisi perut, makan malam, kita menuju lantai atasnya lagi.
cara naik sleeper train singapura malaysia
Kondisi Tempat Tidur
Ada beberapa kereta yang melayani jalur antarabandar ini, yaitu Ekspres Rakyat, melayani jalur Woodlands-Butterworth-Woodlands, Ekspres Sinaran Selatan Woodlands-KL Sentral-Woodlands; Ekspres Senandung Timuran, Woodlands-Tumpat; Expres Senandung Langkawi KL Sentral- Hat Yai; Ekspres Senandung Sutera Woodlands-KL Sentral-Woodlands.
Petualangan kita bersama Gong Traveling kali ini adalah bermalam di sleeper train Senandung Sutra. Jangan ditanya perjuangan untuk mendapatkan tiket sleeper train ini susahnya seperti apa, karena yang repot mungkin Mas Gong dan Mbak Tias, hahaha. Sampai menjelang keberangkatan pun belum dapat kabar apakah kita bisa menikmati sleeper train ini atau tidak. Jalur ini memang favorit, sehingga selalu full booked. Entahlah, apa mas Gong yang sengaja membuat kita berharap-harap cemas atau memang belum dapat tiket...haha. Akhirnya penantian pun berujung, yeay! Dapat juga tiketnya melalui relasinya mas Gong, mbak Asyi Mukiya yang tinggal di Malaysia.
cara naik sleeper train singapura malaysia
Tiket Senandung Sutera
Tiket kita gerbong S8 tujuan KL Sentral – JB Sentral. Lho, Kok tidak ke Woodlands? Sejak 1 Juli 2015, ternyata kereta Senandung Sutera hanya sampai JB Sentral Johor Bahru. Untuk sampai ke Woodlands, dari JB Sentral ada layanan shuttle kereta 7 kali sehari, yaitu pukul 5.30, 07.00, 08.30, 16.00, 17.30, 19.00 dan pukul 22.00 shuttle terakhir dari JB Sentral ke Woodlands. Johor Bahru ini adalah check point imigrasi Malaysia, sedangkan Woodlands adalah check point  untuk keluar masuk Singapura. Jadi kita melewati imigrasi 2 negara untuk sampai ke Singapura. Perjalanan JB Sentral ke Woodlands kurang lebih 5 menit, dengan 5 MYR, sedangkan dari Woodlands ke JB Sentral 5 SGD.
Detik-detik berlalu, menunggu kereta Senandung Sutera dari Ipoh. Jam 22.15 mendekati jadwal kedatangan kereta, pintu keberangkatan dibuka. Semua mengantri menunjukan tiketnya pada petugas. Kita menuruni tangga menuju bawah tanah. Kereta sudah berdiam ditempatnya, dan kita pun mencari gerbong sesuai dengan yang tertulis di tiket.

cara naik sleeper train singapura malaysia
Gerbong S8 Senandung Sutera
"Tuh, Ibu, gerbongnya!" Tunjuk Azka.
Memasuki gerbong, rasa antusias semakin meningkat. Wow! jejeran tempat tidur bertingkat atas bawah terpampang di hadapan. Keren! Setiap orang sibuk mencari tempat tidurnya masing-masing. Tempat tidur saya dan Azka kebagian atas bawah. Azka memilih di atas, mau tidak mau aku di bagian bawah.
Azka antusias menaiki tangga, mencoba tempat tidur, menyalakan lampu di pinggir tempat tidur, menarik gorden, dan sibuk meminta bekal makanannya untuk disimpan di atas nampan kecil dipinggir jendela tempat tidurnya. Melihat besi dan belt pengaman, membuatku tidak khawatir membiarkan Azka memilih tempat tidur atas.
Kereta malam dari Kuala Lumpur ke Johor Bahru yang kami naiki memiliki dua kelas sleeper bed, yaitu kelas 1 dan kelas 2. Kemudian tempat posisi sleeper bed pun menentukan harga. Posisi bawah karena dianggap lebih nyaman, harganya sedikit berbeda dengan tempat tidur posisi atas. Selain sleeper berth, kereta Senandung Sutra juga menyediakan gerbong dengan tempat duduk, dimana harganya lebih murah dibanding yang sleeper bed.
Untuk yang ingin mengetahui kisaran harganya, berikut ya:
Tiket
1st Class Seat
2nd Class Seat
1st Class Sleeper Berth
2nd Class Sleeper Berth
Atas
Bawah
Atas
Bawah
Dewasa
64 MYR
33 MYR
114 MYR
135 MYR
39 MYR
45 MYR
Anak-Anak
36 MYR
21 MYR
86 MYR
107 MYR
27 MYR
33 MYR

Lengkapnya, bisa dilihat di website KTM Commuter. Tiket bisa dipesan online, tapi jika kesulitan booking online, bisa langsung menghubungi customer service KTM melalui email. Jika tidak berhasil juga, hmmm...tinggal banyak-banyak berdoa dan beramal :)
cara naik sleeper train singapura malaysia
Kondisi Toilet Kereta
Bagi orang yang ngga tahan, suka kebelet ke toilet, kereta Senandung Sutera menyediakan toilet di setiap gerbongnya. Kondisinya lumayan bersih. Untuk urusan cuci mencuci bagian tubuh, kalau aku selalu membawa tisu basah setiap kali bepergian ke luar kota atau ke luar daerah. Jadi urusan yang satu ini ngga pernah rempong harus mencari air bersih.
Nah, aku pikir tadinya tidak akan tertidur nyenyak selama perjalanan dalam kereta malam. Kebayang kan, suara berisik mesin kereta, ditambah goncangan kereta yang melewati rel? Well, ternyata begitu badan menempel di tempat tidur, rasa kantuk menyerang. Goncangan kereta laksana ayunan yang meninabobokan. Ditambah suara roda besi kereta yang bersentuhan dengan rel, seolah menjadi musik yang menyihir mata supaya terpejam.
Jug gijag gijug gijag gijug. Kereta berjalan. Jug gijag gijug gijag gijug. Aku terlelap. Azka, di atas entah sudah sampai mana mimpinya. Bunyi kereta api yang berjalan di atas rel seolah terus menerus berada di alam bawah sadarku, tapi mataku tetap terpejam. Entah berapa lama aku tertidur. Bunyi kereta samar-samar semakin keras berbunyi, kereta bergoncang-goncang keras, dan mataku pun perlahan terbuka. Dimana ini? Jam berapa ini? Dari balik jendela kaca kereta, terlihat stasiun kereta terlewati. Tiada seorangpun di sana. Langitpun masih gelap, serabut jingga yang terlihat samar berasal dari lampu-lampu malam. Hmmm...ternyata masih jam 4.00 pagi. Kurang lebih 2 jam lagi kereta akan sampai di JB Sentral.
cara naik sleeper train singapura malaysia
Terlelap dalam mimpi
Semua orang masih terlena dalam tidurnya. Kusibak tirai penutup tempat tidurku, lorong kereta sangat sunyi dan kosong. Tirai mendominasi lorong kereta. Aku menutup kembali tirai dan pandanganku tak lepas dari jendela bening kereta api di sampingku. Pohon-pohon berlarian, bangunan berkejaran, seiring dengan laju kereta. Guj gijag gijug gijag gijud, kereta terus melaju membelah malam. Guj gijag gijug gijag gijug, kereta melambat. Guj gijag gijug gijag gijud, kereta melaju kembali. Sungguh menyenangkan berada di dalam sini, dalam sleeper train menembus batas negeri Malaysia dan Singapura. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan. Bunyi deritan roda kereta Senandung Sutera akan terus terpatri dalam kepala. Dalam kesenyapan suara manusia, dan hanya ditemani irama dan goncangan kereta, hati dan pikiran pun saling berkomunikasi.
Hidup seperti halnya sebuah kereta. Satu persatu orang yang tadinya bersama kita akan turun di stasiun-stasiun di sepanjang lintasan kereta, meninggalkan kita, mengambil jurusan yang berbeda. Entah kapan giliran kita tiba di stasiun. Akan kah kita sampai di stasiun tujuan semula, atau kita merubah arah perjalanan kita. Tiada seorang pun tahu misteri kehidupan. Yang bisa kita lakukan hanyalah berusaha sebaik mungkin, mencintai sesama, membangun hubungan yang baik, bergembira, dan tidak lupa untuk senantiasa mengumpulkan bekal untuk kehidupan yang lebih kekal. 

9 comments:

  1. Whoaaaaa keren bangeeeeet!! Di Indonesia nggak ada ya yang begini.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, Indonesia belum tahu mbak ada atau tidak. klo ga salah waktu itu ada gerbong yg eklusif yg diisi artis...cuma mahal bgt kyk y.

      Pengen backpackeran ke Jawa pakai kereta, tp skrg harga kereta ekonomi pun dah naik y lumayan yak.

      Delete
  2. asyiikk..
    cara boking online nya gmana ya mba.
    rcn 11/11/16 saya dari s'pore ke JBsentral mau ke KLsentral.
    bagi info nya cara dpt tiket nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. saya juga mas mau ke KL sentral tanggal 15 desember 16 rencana nya mau naik pesawat eh ga tau nya mahal banget...alhamdulilah akhirnya ketemu solusi nya ne naik slepeer train...mudah mudahan bisa dapat ne tiket nya

      Delete
    3. saya juga mas mau ke KL sentral tanggal 15 desember 16 rencana nya mau naik pesawat eh ga tau nya mahal banget...alhamdulilah akhirnya ketemu solusi nya ne naik slepeer train...mudah mudahan bisa dapat ne tiket nya

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan