5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan

Tips blog kali ini saya ingin sharing mengenai cara mengetahui posisi artikel blog yang kita buat pada search engine seperti google, yahoo atau bing, atau yang sering kita sebut dengan SERP (Search Engine Result Page).
5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan
Pada sudah tahu dong yak, bahwa target awal keberhasilan suatu artikel di website atau blog adalah unggul dalam pencarian di search engine dengan menggunakan keyword tertentu. Jika artikel kita ada di posisi halaman pertama, selamat! Itu berarti tahap awal sudah terlampau untuk menarik pembaca menuju ke website atau blog kita.
Tapi, seperti yang sudah disebutkan di awal, saya hanya ingin sharing mengenai cara mudah mengetahui posisi artikel kita di search engine, bukan untuk bagaimana supaya artikel kita masuk page one Google.
Awalnya sih gara-gara saya penasaran mengenai lomba SEO. Bagaimana sih kita tahu artikel kita masuk dalam 10 artikel yang terpampang di page one Google misalnya. Eh, ternyata caranya cukup mudah. Saya telah rangkumkan beberapa aplikasi gratis untuk mengecek posisi keyword pada beberapa search engine. Check it out, yak!

1. Melihat ranking artikel di search engine dengan cara "Tradisional"

Saya sebut cara tradisional yak, karena hanya tinggal memasukkan kata kunci di halaman Google pada browser kita.
Tapi cara ini ada kelemahannya. Jika kita pernah punya history mengunjungi website yang kita ingin tahu posisinya itu akan berpengaruh. Jadi kita harus mengclearkan dulu historical browsing dan cookies kita.
Tapi terkadang kurang akurat juga. Paling kita minta teman buat membantu melihat posisi artikel kita pada search engine.

2. Melihat ranking artikel di search engine dengan menggunakan Small SEO Tools

Nah kalau yang ini, kita memanfaatkan SEO Tools yang tersedia online, seperti pada website smallseotools. Kita bisa mengecek di sini untuk mengetahui posisi keyword dari website atau blog kita pada search engine.
Saya sudah mencoba mengecek blog nichealeia.com dengan berbagai macam keyword melalui Small Eeo Tools ini. Haha, saya jadi tertarik mengecek beberapa keyword yang kira-kira sesuai dengan branding saya.
Cara mengeceknya mudah, hanya tinggal memasukkan url website atau url blog kita pada kolom yang tersedia, kemudian isikan keyword yang dibidik. Gampang kan?
Hanya saja, kalau menurut saya, mengecek dengan menggunakan Small SEO Tools agak sedikit ribet, karena setiap kali ingin mengecek posisi keyword pada search engine, kita harus berhadapan dengan si I'm not a robot alias captcha!
Kelemahan yang kedua, kita hanya bisa memasukan 5 baris keyword dengan masing-masing keyword terdiri dari maksimal 5 kata. Jadi harus memasukkan berkali-kali. Rempong!
Oya, di Small SEO Tools ini kita bisa memilih search engine dimana kita ingin mencari posisi artikel kita. Misalnya menggunakan google.com (global) atau google.co.id (Indonesia).
5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan
5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan

3. Melihat ranking artikel pada search engine dengan menggunakan SERPS.com

SERPS.com adalah salah satu free tool lainnya yang bisa digunakan untuk searching posisi artikel pada search engine berdasarkan keyword yang diberikan.
Caranya cukup mudah, tinggal buka website SERPS.com. Kemudian tuliskan keyword, url domain, lokasi negara dan klik check rankings! Done.
5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan
5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan

4. Melihat ranking artikel pada search engine dengan menggunakan SEO Centro

SEO Centro ini mirip dengan Small SEO Tools yang merupakan website yang berkaitan dengan per-SEO-an. Website ini menyediakan detail analisis dari keyword ranking kita pada 3 search engine: Google, Bing & Yahoo.
Tools yang satu ini lebih lengkap menampilkan posisi keyword pada search engine plus posisi kompetitor kita. SEO Centro menampilkan informasi 50 url teratas pada search engine, sehingga kita bisa melihat posisi url kita ada dimana.
Hanya sayang, untuk versi gratisnya dibatasi 5 kali analisis setiap 24 jam sekali. Nah, ini contoh analisis page rank dengan keyword: “Trizara Resort”.
5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan

5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan

5. Melihat posisi artikel di search engine dengan menggunakan aplikasi Android SEO SERP Mojo

Cara lainnya untuk mengecek posisi di search engine adalah melalui aplikasi Android.
Kita tinggal meluncur ke Play Store, cari aplikasinya, ikuti deh petunjuknya. Tadaaa!! Keluar posisi blog kita pada search engine.
Aplikasi Android yang saya coba adalah SEO SERP Mojo - Rank Tracker. Bagaimana melihat posisi artikel kita di search engine?
Gampang! Tinggal masuk ke bagian "Ranking", kemudian klik tanda "plus" di bagian atas, dimana setelah itu akan muncul permintaan untuk memasukan url website atau blog dan keyword yang mau dicari.
Enaknya menggunakan SEO SERP Mojo - Rank Tracker ini adalah keywordnya tidak dibatasi. Kita bisa memasukkan semua keyword yang ingin kita ketahui. Bahkan bisa diedit dan menambahkan keyword.
Pada aplikasi SEO SERP Mojo ini tersedia 3 search engine: Google, Yahoo dan Bing. Kita bisa mengetahui posisi artikel kita pada ketiga search engine ini. Kerennya lagi, ada analisisnya loh untuk melihat pergerakan posisi setiap harinya yang akan terlihat dalam sebuah grafik.
Nah, jika kita ingin mengetahui posisi artikel yang terdapat di blog lain, pada aplikasi ini lebih mudah. Kita juga bisa membandingkan posisi SERP artikel kita dengan artikel orang lain dengan keyword yang sama.
5 Cara Mudah Mengetahui Posisi Artikel Pada Search Engine Menggunakan Aplikasi Gratisan
Itulah 5 cara mudah mengetahui posisi artikel kita pada search engine dengan keyword yang diinginkan menggunakan aplikasi gratis. Selamat mencoba!
By the way, jika kalian mengetahui cara lain yang lebih akurat dan kredibel dari 5 cara yang telah dicoba blogger pemula ini, mohon sharingnya yak ...
Terima kasiiih. 

17 comments:

  1. Asik...asik...dapat informasi baru lagi nih. Selama ini masih pakai cara tradisional, jadi pengen coba nih, pake yang SERP. Makasih mba bermanfaat banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Iya, dulu aku juga pakai cara tradisional. Haha. Tapi sejak tahu ini, jadi lebih enak, karena bisa beberapa link sekaligus ngeceknya.

      Delete
  2. Makasih ilmu baruna. Seringnya sih nyuruh temen yg liatin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, samaaaa Mbak. Saya juga minta orang lihatin. Tapi ternyata ada cara seperti ini. Aku jadi suka. Kadang ga enak minta ngeliatin sama orang, soalnya banyak mintanya. Hapus dulu history, cookies, pake incognito, dll. Kalau temennya ngerti sih ngga apa. Kalau ngga ngerti harus jelasin dulu ... Saya jadinya perasaannya ga enak gitu.

      Delete
  3. langsung aku save mba :) makasi mba aku pun biasanya masih cara tradisional hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama. Iya saya pun sebelumnya begitu. Pakai cara tradisional ... xixixi.

      Delete
  4. Atuhlah.. nyobain di small seo malah N/A semua hasilnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo...semangaaat. Hmmm, bisa jadi kata kuncinya banyak saingannya kali yak. Hehe. Aku juga belum begitu tahu sih cara optimize SEO nya, baru ngeraba-raba kulitnya.

      Delete
  5. Wah info yang menarik, thank you for share

    ReplyDelete
  6. Makasih tipsnya mbak, bisa Ceki Ceki nih blog saya ada diperingkat berapa yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di cheki cheki. Saya pun setelah tahu ini langsung cheki cheki link-link yang ada. Hahaha.

      Delete
  7. Replies
    1. Ayo dicoba. Ada banyak beberapa yang lain sih. Tapi yang baru saya coba yang ini.

      Delete
  8. Wah kemarin lihat link ini tapi karena lagi di jalan jadi ga langsung dibaca. Nyari2 lagi ga ketemu. Ternyata mba Levina yang nulis, haha... Akibat ga langsung disaved ini. Langsung nyobain deh ceki2, haha... makasih, mba

    ReplyDelete
  9. Aku sering penasaran sama lomba yang SEO. Makasih mba. Langsung cek.

    ReplyDelete
  10. hihihi menarik juga buat diikuti.. thks trik nya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan