My 5 Best Traveling Moment 2016, Dari Barat Hingga Ke Timur

my best traveling moment 2016, indonesia corner
Tahun 2016 sudah berlalu, ngga terasa sudah melewati satu bulan pertama di 2017. Hmmm, kalau ditanya mengenai Best Traveling Moment di 2016, ada beberapa yang saya catat, yang kenangannya ga bisa move on dengan mudah. Ini dia My 5 Best Traveling Moment:

1. Nonton Gerhana Matahari Total di Palembang.

Katanya Gerhana Matahari Total ini adalah kejadian yang amat langka. Dimana bayangan bulan menutupi secara penuh matahari. Ketika peristiwa itu terjadi dunia yang terang mendadak menjadi gelap.
Demi mengenalkan Gerhana Matahari Total kepada anak-anak secara langsung, bukan hanya teori, saya bela-belain pergi ke Palembang melalui jalur darat.
Sungguh merupakan pengalaman yang menakjubkan, walaupun harus sedikit kecewa karena Gerhana Matahari Total tidak terlihat secara sempurna. Tapi, buat kami, terutama anak-anak, mengalami perpindahan dari terang menjadi gelap kemudian terang kembali merupakan sesuatu yang amazing.
Selain menyaksikan Gerhana Matahari Total, kami sempat berwisata keliling Palembang seperti ke Museum Balaputradewa, Museum, Pulau Kemaro yang terkenal dengan kisah cinta Putri Palembang dengan Pangeran dari Negeri Tirai Bambu, juga tak lupa icip-icip kuliner Palembang.
Dari perjalanan ke Palembang ini pula, Alhamdulillah mendapat rejeki nomplok, berupa uang tunai Rp 10.000.000 rupiah.
my best traveling moment 2016, indonesia corner

2. Perjalanan ke Ho Chi Minh, Vietnam

Tahun 2016 lalu, tidak disangka dan tidak diduga, saya bisa menjejakkan kaki di Ho Chi Minh, Vietnam. Kepergian ini sebetulnya tidak bisa dianggap liburan sih, karena saya pergi dalam rangka business trip.
Tapi saya masukan ini dalam best traveling moment saya di 2016 karena banyak hal yang membuat saya takjub dengan kota bisnis Vietnam ini. Salah satunya adalah bahwa ternyata kota ini cukup maju juga aman. Walaupun kami tidak mempunyai waktu untuk berpelesir, setidaknya kami bisa merasakan suasana tengah malam Ho Chi Minh.
Berburu oleh-oleh di Ben Thanh Night Market di tengah malam buta, berinteraksi dengan pedagang-pedagang, hingga tawar menawar yang ngga kira-kira sampai-sampai kita mendapat julukan "Mafia Team" dari pedagang souvenir di sana.
my best traveling moment 2016, indonesia corner

3. Raja Ampat, The Hidden Paradise of Indonesia

Siapa menyangka, di akhir tahun 2016 saya bisa terbang menuju Langit Timur Indonesia. Dari lomba blog mengenai travel, saya mendapatkan perjalanan gratis menuju Raja Ampat.
Raja Ampat!! Mimpi pun ngga berani. Katanya harga ke Raja Ampat sama dengan pergi ke Eropa. Area Timur ngga pernah masuk dalam hitungan saya karena terbentur biaya juga infrastruktur yang saya pikir kurang bagus.
Perjalanan ke Raja Ampat menjungkirbalikan pemikiran saya kemudian. Walaupun selama perjalanan ada beberapa kesulitan, tetapi semuanya terbayarkan dengan indahnya Raja Ampat. Daaan, perjalanan ke Timur seolah menjadi candu buat saya. Saya jadi "rakus", ingin mengunjungi beberapa tempat di Timur, seperti Flores dan Tidore. Dalam perjalanan ini pun saya mendapatkan banyak hal, termasuk bertemu dengan orang-orang hebat (Mbak Fitri, Mbak Elvina, Mbak Erica, Temi, Hana, Pak Nana, dan teman-teman lainnya), sekaligus berguru pada blogger keren macam Deddy Huang dan Lingga. Saya banyak belajar dari kalian, friends.
Hmmm, sayangnya saya belum sempat menuliskan seluruh kisah di Raja Ampat, karena agak kebingungan untuk melukiskannya dalam bentuk kata-kata. Petualangan akhir tahun yang tidak terlupakan. Maaf baru nulis part-1.
my best traveling moment 2016, indonesia corner

4. Explore Lembang, Bandung

Kota Bandung selalu membuat kangen. Kota tempat dimana saya pernah menghabiskan waktu selama lebih dari 5 tahun untuk melanjutkan jenjang universitas, selalu berubah dari waktu ke waktu. Setiap saat selalu ada yang baru di Bandung.
Selama 2016, ada beberapa kali bolak-balik ke Bandung, secara kota ini memang sejak adanya Tol Cipularang lebih mudah diakses dan waktu tempuh dari Cilegon pun tidak begitu lama. Jika jalanan lancar, waktu tempuh bisa 4 jam perjalanan.
Tempat favorite saya, tetap saja Lembang. Di sana banyak tempat wisata yang bisa dinikmati bareng keluarga. Sebut saja Dusun Bambu, Farm House, Floating Market, The Ranch, Trizara Resorts, Kampung Gajah, Cikole, Maribaya, dan lainnya. Ngga bosen rasanya ke Lembang bareng keluarga. Banyak kegiatan yang child friendly juga dan kulinernya yang juara, seperti jajanan Korea. Eh, Bandung apa Korea?
my best traveling moment 2016, indonesia corner

5. Libur Mudik di Kota Kuda, Kuningan

Kuningan adalah kota kecil di kaki Gunung Ciremai, tempat saya dibesarkan. Kota yang menyimpan berjuta kenangan.
Setiap mudik ke Kuningan, selalu ingin menjelajah wisata-wisata yang ada di sana. Tetapi tidak pernah kesampaian, karena malas dengan kemacetan di sekitar tempat wisata. Kebetulan mudik 2016, kami pulang setelah Hari Raya, jadi ketika orang lain sudah pulang kembali ke kota besar, kami baru tiba.
Kuningan ternyata sekarang sudah banyak berubah. Tempat-tempat wisatanya lumayan lebih bersih dibandingkan jauh sebelumnya. Kami berkeliling dari mulai Islamic Center yang megah sekali, Gedung Perundingan Linggarjati dimana anak-anak bisa berwisata sambil belajar sejarah mengenai kisah Perundingan Linggarjati antara Indonesia dan Belanda, Kuningan Gallery dimana kami bisa asyik dicubiti ikan, sampai wisata kuliner khas Kuningan.
my best traveling moment 2016, indonesia corner
Nah, itulah best traveling moment saya, baik dengan keluarga ataupun dengan teman-teman. Semoga di tahun 2017, bisa menjelajah tempat-tempat impian saya selanjutnya, bertemu dengan orang-orang hebat yang menginspirasi. Semoga di tahun 2017 ini semakin berubah menjadi lebih baik lagi. Aamiin.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Postingan Bersama - The Best Traveling Moment 2016 oleh Indonesia Corners

20 comments:

  1. Kereeen banget sih mba prestasi dan jalan-jalan nya di 2016, semoga makin cetar yaa tahun ini aamiin

    ReplyDelete
  2. Waa, mimin mupeng kak ke Raja Ampat dan Palembang, terima kasih sudah ikutan posting bersama Indonesia Corners yaa :)

    ReplyDelete
  3. wah. seru banget. sampai Raja Ampat. aku pengen ke sana lagi e. dulu jamannya masih pake kamera poket kecil. gambar2nya belum memuaskan. pengen ke Misool lagi. haha

    ReplyDelete
  4. Semuanya pada kereb mba. Bikin takjub, sayang di 2016 saya tak punya banyak waktu untuk refreshing

    ReplyDelete
  5. Du bi dam, seru!! Ke Vietnam, itu sesuatu banget Mbak. aku juga pingin :)

    ReplyDelete
  6. jalan-jalannya bikin iri mbak.
    raja ampat, salah satu tujuan di wishlist saya

    ReplyDelete
  7. Alhamdulilah 2016 menorehkan banyak memori buat mba sekeluarga semoga makin sukses y mba
    ps ajakin aku juja y mba aqyu rela bawain sebongkah tas hahhaa

    ReplyDelete
  8. Pasti seneng banget bisa jalan-jalan ke berbagai penjuru Indonesia, saya mupeng banget secara di tahun 2016 cuma bisa jalan-jalan ke seputar Jawa Timur saja

    ReplyDelete
  9. mbaa asal kuningaan? waah tatanggi nyaa

    ReplyDelete
  10. Raja ampat bikin ngiler.. seru banget kayaknya..

    ReplyDelete
  11. keren-keren semua pengalaman jalan-jalannya :)

    ReplyDelete
  12. Mantep banget mba. Aku jadi pengen ke Raja Ampat sama Palembang.

    ReplyDelete
  13. Mantap mbak. Udah kemana-mana gitu. Saya aja masih stuck di satu tempat.

    ReplyDelete
  14. Wah sempat ke Palembang, tahu gitu bisa janjian ketemuan ya mbak :)

    Next time kalo ke Palembang lagi, kabar-kabarin aja ya :)

    omnduut.com

    ReplyDelete
  15. mbak keren bangett best traveling 2016 nya, mupeng semua aku kecuali bandung karna sudah pernah. yang lain pengennn .. ditunggu lanjutan cerita raja ampat ya mbak ..

    ReplyDelete
  16. Keren sekali kau sudah sampai ke Raja Ampat. Aku cuma bisa takjub memandangi foto-fotonya di IG. Lokasinya cantek fotonya pulak cantek.

    ReplyDelete
  17. Asikkk ...
    kapan kapan di kunjungi semua

    ReplyDelete
  18. aihhhhh seru amat mbak udah pernah ke vietnam. aku insya allah taun ini mau ke sapa , halong sama hanoi! salam kenal yah mbak <3

    ReplyDelete
  19. keren mbak ..... selamat ya sudah bisa menikmati tempat2 keren :-)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan