Perhatikan Hal Ini Sebelum Membeli AC

Dalam ilmu periklanan dasar, disebutkan bahwa AC merupakan contoh produk high-involvement. Artinya adalah  saat akan membeli AC, seseorang akan terlibat sepenuhnya – mulai dari menghitung anggaran, menentukan jenis AC yang diinginkan sesuai kebutuhan, serta memilih merk dan tempat untuk membelinya. Hal ini dikarenakan AC merupakan produk teknologi yang memiliki manfaat penting khususnya untuk masyarakat Indonesia yang beriklim tropis. Berikut kami jabarkan hal- apa saja yang menjadi pertimbangan sebelum membeli AC.

Jenis AC sesuai Kebutuhan

Tentukan terlebih dahulu akan digunakan untuk keperluan apa AC yang ingin Anda beli? Apakah sekedar untuk keperluan rumah pribadi, atau untuk diletakkan di tempat kerja. Apabila hanya untuk penggunaan di rumah, pilihlah AC jenis Split karena kapasitas PK yang sesuai dengan penggunaan pribadi (0,5 s/d 2,5 PK) dan terpisahnya bagian pendingin (indoor) dengan bagian yang mengeluarkan hawa panas (outdoor) sehingga AC tidak mengeluarkan suara berisik yang mengganggu. Namun bila Anda ingin membeli AC untuk keperluan kantor, pilihlah AC jenis cassette atau jenis split duct yang  praktis untuk penggunaan skala besar yang didukung oleh 1 s/d 5 PK dan penyebaran udara dingin yang menyeluruh.

Rumus PK dan Luas Ruangan

Setelah memilih jenis AC sesuai dengan kebutuhan, hitunglah berapakah PK yang diperlukan sesuai dengan luas ruangan menggunakan rumus perhitungan sederhana berikut ini.
Luas Ruangan
PK yang Dibutuhkan
10 m2
0,63 PK
14 m2
0,88 PK
18 m2
1,13 PK
24 m2
1,50 PK
36 m2
2,25 PK
48 m2
3,00 PK
Apabila luas ruangan yang Anda miliki tidak terdapat di tabel diatas, Anda bisa mengira-ngira seberasa besar PK yang dibutuhkan untuk mencukupi kebutuhan mendinginkan ruangan.

Merk dan Garansi

Setiap orang memiliki preferensi akan merk AC mana yang paling dipercayai. Setiap brand  AC memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Pilihlah merk AC yang akan Anda beli dengan cermat. Pilihlah merk yang sudah terbukti menghasilkan AC berkualitas bagus, tahan lama, harga terjangkau, dan menawarkan garansi yang tentunya menguntungkan Anda. Jangan asal memilih yang paling murah harganya namun berkualitas buruk yang nantinya akan membutuhkan servis tiap saat dan justru semakin membuat dompet Anda menipis.
Yang menjadi pertanyaannya adalah, apa yang harus Anda lakukan bila AC rusak dan butuh jasa teknisi service AC agar dapat beroperasi seperti sediakala? Sekalinya dapat kontak teknisi AC, itupun dengan harga yang tidak sesuai, pelayanan yang kurang memuaskan, dan melalui proses nan ribet.

Dapatkan Jasa Service AC Terbaik

Mencari penyedia jasa yang terpercaya bukanlah hal yang mudah, khususnya penyedia jasa yang bergerak pada bidang service AC. Banyak riset yang harus dikerjakan dan panggilan telefon yang harus dibuat untuk mempermudah pengambilan keputusan untuk menyewa jasa mereka. Memang ada banyak sekali jasa service AC di luar sana, namun apakah Anda yakin dengan kualitas mereka? Salah memilih penyedia jasa, Anda malah bisa mengeluarkan biaya lebih banyak daripada yang seharusnya Anda bayar. Sejasa.com menyadari akan permasalahan tersebut, dan hadir untuk membantu Anda menemukan rekomendasi penyedia jasa terpercaya untuk segala kebutuhan Anda.
Nah, sekarang sudah tahu kan apa yang harus diperhatikan saat membeli AC, termasuk apa yang harus dilakukan apabila kita menghadapi kendala pada AC? Serahkan pada ahlinya saja.

17 comments:

  1. Memang sudah saatnya move on dari kisap angin.

    ReplyDelete
  2. Aku mau beli ac. Cuma masih bingung kudu beli yang gimana.

    ReplyDelete
  3. Wkwkwkwk, pertama yang kutanyaain emang garansinya. :v

    ReplyDelete
  4. Oh ternyata ukuran PK ini ada patokan nya yaaa, gw mah ngepas2in aja waktu beli ac hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah lebih mudah dengan sejasa ya. makasih infonya nih :)

    ReplyDelete
  6. Makin luas ruangan makin tinggi PK yang dibutuhkan.

    ReplyDelete
  7. harus bener bener di cek dan ricek yah. jangan sampai membuang uang untuk membeli AC. harus pas dengan kebutuhan dan budget

    ReplyDelete
  8. Saya belum bisa pasang AC, krn daya listrik di rumah kecil

    ReplyDelete
  9. Saya sering liat iklan sejasa ini, tapi belum pernah nyobain jasanya mereka. Ada yang udah pernah pengalaman dengan sejasa ini??? Share yuk ke blog saya. Trims

    ReplyDelete
  10. Berarti kamarku tergolong menggunakan satu PK. Merk dan garansi itu sangat penting, harus menjadi pedoman saat membeli AC,

    ReplyDelete
  11. catet ahh, ada wacana beli AC Insya Allah :)

    ReplyDelete
  12. Aku pengen pake AC sayang ga kuat dingin wkwkwk

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
  13. AC untuk di rumah biasanya cukup 1/2 PK, sudah relatif dingin

    ReplyDelete
  14. Pantes kayanya ac kamar kenapa dingin banget, ternyata oh ternyata PK kegedean dan ruangannya kekecilan.. Heheheheee

    ReplyDelete
  15. Wah sangat bermanfaat sekali artikelnya

    ReplyDelete
  16. Klo aq beli ac biasanya mempertimbangkan watt nya. Aq cari yang low watt

    ReplyDelete
  17. Kalo saya biasanya, pertimbangan utama adalah di wattnya. Baru yang lain menyusul. Makasih atas infonya mbak. bermnaat buat saya

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan