10 Tips Nge-blog Asyik Ala Saya

10 tips ngeblog asyik
Sebetulnya saya kenal blog itu sudah lama. Kira-kira lebih dari 15 tahun yang lalu. Awal nge-blog di Multifly, entah sekarang kemana itu isian curhat-curhatan zaman masih labil dan galau. Setelah itu kenal blogspot, sempat aktif beberapa saat dan sempat juga daftar adsense. Hasil adsense tidak begitu menyenangkan, ditambah mulai datang kesibukan lain, sehingga akhirnya saya melupakan blog tersebut.
Tahun lalu, saya tertarik lagi untuk nge-blog, setelah mengikuti pelatihan menulis dari salah satu travel writer terkenal di Serang, Banten. Beliau menginspirasi saya untuk kembali menulis dan terus menulis. Jadilah saya membuat satu blog baru sebagai tempat mencurahkan segala kreativitas saya dalam menulis. Masih banyak belajar sih. Hmmm, ternyata nge-blog itu mengasyikan selama kita tahu mengelolanya.
Mau tahu tips ala saya supaya nge-blog menjadi aktivitas yang mengasyikan? Simak yuk, tips berikut yang sudah saya terapkan (mulai).
1. Tetapkan Tujuan Kita Nge-Blog
Sejak awal, kita harus memutuskan apa tujuan kita nge-blog. Tentunya tujuan nge-blog untuk sebatas having fun akan berbeda perlakuannya jika tujuan kita untuk mendapatkan penghasilan secara profesional. Jika tujuan kita untuk mendapatkan uang, ya kita harus konsisten nge-blog untuk tetap menjaga engagement dengan pembaca. Lah, kalau blog kita ngga diupdate selama 5 bulan, jangan heran jika para pembaca setiamu pada kabur.
Saya sendiri nge-blog dengan tujuan untuk having fun saja. Santai tapi serius. Hihi. Saya pikir kalau tanpa kesenangan di dalamnya, tulisan juga hanya akan yang penting ada. Menurut saya ada hal yang lebih penting dari sekedar itu, yaitu semangat berbagi.
Pernah ada seseorang yang direct message merasa terbantu dalam membuat keputusan sulit setelah membaca artikel yang ada di blog. Orang ini ngga pernah komen, tapi menurut dia, sebelum mengambil keputusan, dia sampai baca berulang-ulang setiap hari. Duh, dengan mendengar itu saja saya sudah sangat bahagia.
Saya pikir, kalau kita melakukan segala sesuatu dengan sungguh-sungguh, pendapatan akan mengikuti belakangan.  
2. Tema Nge-Blog
Katanya sih perlu juga untuk menetapkan tema yang akan lebih mendominasi blog kita. Maksudnya sih sebagai differensiasi mungkin yak atau branding. Misalkan ketika orang inget tentang whateverbackpacker, ya berarti isi blognya seputar traveling ala backpacker.
Saya sendiri saat mulai nge-blog, pas waktu itu sehabis traveling dari Bali, jadi ya tema blognya segala sesuatu berbau jalan dan kuliner. Tapi ujungnya sih jadi bercampur sari, wkwkwk. Ya, minimal ada yang lebih dominan.
Atau bisa juga, saat sedang hamil baby, terus lahiran, bisa tuh dibikin website khusus mengenai itu. Saya lihat, Mbak Anisa Ae, bikin website tentang BabyAe, saat anak keduanya lahir ke dunia.
3. Ikuti Kemana Air Mengalir, Jangan Memaksakan Diri
Emang iklan pipa air bersih yak? Haha. Eh, maksudnya sih, ikuti situasi saja. Lagi musim Lebaran, ya posting tentang Lebaran. Lagi musim duren ya posting artikel tentang duda keren, eh, duren maksudnya.
Nah, terus kalau model kayak saya gimana? Traveling kan perlu dong jalan-jalan terus biar sering update, dan pastinya butuh biaya. Saya pikir, traveling ngga mesti jauh-jauh. Dulu, Gol A Gong bilang, mulailah tulis dari sekeliling kita, trus mulai melebar ke kecamatan, terus mulai melebar lagi. Intinya, tulislah apa yang ada di dekat kita terlebih dahulu. Kalaupun bisa sampai keliling kota ya Alhamdulillah.
Ada beberapa tulisan saya mengenai tempat-tempat wisata lokal seputar Banten Lama. Dan sebetulnya saya ngga menyengajakan datang ke tempat wisata ini. Kebetulan rumah orangtua suami ada di daerah Kasemen Banten. Jadi, setiap ke sana atau beli ikan di Karangantu, pastilah melewati tempat-tempat ini. Jadi sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui.
4. Be Your Self, Jangan Jadi Diri Orang lain
Jangan memaksakan menjadi Enid Blyton, atau Barbara Cartland, atau Asma Nadia, atau Gol A Gong, atau siapapun. Tapi jadilah diri kita sendiri. Tuliskan apa yang kita pikirkan dengan gaya bahasa kita sendiri. Tapi ya harus konsisten, jangan dalam satu postingan memakai penyebutan diri yang berbeda, misalkan kadang gue, kadang aku, kadang saya.
Berusaha menciptakan gaya tulisan sendiri. Ngga perlu kita meniru-niru penulis terkenal. Hmmm, boleh sih nyontek dikit-dikit untuk memperkaya khasanah atau sering membaca karya-karya penulis keren, tapi lama-lama kita juga akan punya gaya tulisan tersendiri kok. Membaca itu perlu, untuk memperbanyak diksi dan perbendaharaan kata. Pernah denger dari siapa ya kalimat ini? Kayanya waktu itu denger dari Mbak Haya Alia Zaki deh. Dan rata-rata penulis yang sudah sukses pasti selalu menyarankan tentang ini: baca, baca, baca, dan tulis. Iya ngga sih?
Pokoknya tulis apapun yang ingin kita tuliskan, yang ada dalam pikiran kita. Pede saja lagi, bahwa setiap manusia itu terlahir bisa menulis, hanya kita saja yang membloknya dengan pikiran saya TIDAK BISA menulis.
By the way, gaya tulisan saya sudah yang be your self belum yak? Hahaha.  
5. Tapi . . . , Tetap Jangan Kesampingkan Pembaca
Nah, ini bener juga sih. Jika kita ingin menulis untuk mendapatkan revenue dari blog kita, otomatis kita harus membangun interaksi dengan pembaca yak.
Bener sih bahwa kita menulis suka-suka kita. Tapi, ada kalanya kita juga harus memperhatikan pembaca blog kita. Buatlah tulisan yang kira-kira pembaca merasa menjadi bagian ketika membaca tulisan kita.
Memang susah sih, itulah sebabnya kita harus banyak juga membaca tulisan seperti apa yang diminati pembaca. Sebetulnya dari alam bawah sadar kita kita menyadari kok mana tulisan yang menarik dan ngga. Coba saja ketika kita membaca, apakah kita tertarik untuk terus membaca, atau skip dan langsung ke bagian komentar.
Nah, kalau untuk yang satu ini, saya baru dalam tahap membaca mana yang menarik. Hahaha. Kalau untuk membuat tulisan menarik, kayaknya masih jauh banget. Apalagi kendala saya kalau menulis suka melebar ke sana ke mari, jadi ngga fokus. Tapi yaa, tahap awal lah, yang penting menulis dulu. Step by step doing improvement yak.  Di sinilah feedback pembaca sangat diperlukan. Your feedback is value for me. That’s absolutely true!!
6. Sesekali Ikut Lomba, Untuk Menambah Percaya Diri
Lomba untuk meningkatkan percaya diri? Bukannya untuk menangin hadiahnya yak? Well, setidaknya lomba buat saya yang utama adalah meningkatkan kepercayaan diri, masalah menang lomba adalah reward tambahan. Dan yang pasti terus menerus bangkit ketika menghadapi kekalahan.
Tidak gampang lho untuk memutuskan ikut lomba atau tidak. Biasalah, ah takut kalah, ah tidak ada waktu, ah temanya ngga cocok dengan saya. Hmmm, jujur, jauh dilubuk hati yang terdalam seringnya adalah merasa takut untuk kalah.
Tapiii, di situlah kita diuji kalau menurut saya. Dari seringnya kita kalah, lama-lama kita akan menganggap itu bukanlah sesuatu yang memalukan lagi. Tidak ada salahnya kok mengikuti suatu lomba. Kalau kita ngga pernah mengirimkan artikel lomba, bagaimana kita tahu tulisan kita bisa memenangkan hati juri atau tidak? Itulah yang terkadang menggelitik saya.
So, buat saya mengikuti lomba adalah menghabiskan rasa kepenasaran saya. Daripada cuma jadi draft, lebih baik di-submit, siapa tahu rejeki nyantol. Hehe, pede bener yak? Yup, so far, menulis telah merubah cara pandang saya sedikitnya. Dari yang awal-awal sering baper karena ngga menang lomba, sekarang menjadi do it your best, the rest will follow. Believe me, rejeki itu ngga pernah salah pilih. Kalau ngga menang, berarti kita belum memerlukan hadiah tersebut, ada orang yang lebih memerlukannya. Eh, ini edisi menghibur diri atau apa yak?
7. Siapkan Camilan & Minuman, Cukup Tidur
Tips yang satu ini sering saya terapkan. Camilan, minuman, dan tidur.
Makanan dan minuman adalah teman yang setia dikala kita sedang nge-blog. Juga jangan lupa untuk tidur.
Menurut saya sih, don’t push your limit too hard. Bagus sih punya idealisme yang tinggi. Saya pasti bisa mengejar setumpuk deadline, sering saya merasa begitu. Masa sih ngga bisa? Orang lain juga bisa. Pikiran tersebut sering mampir di pikiran saya. Tapi, sekali lagi, kita tahu kapan waktunya kita telah mencapai batas yang kita mampu. Tidurlah yang cukup, itu kok yang kita perlukan untuk merefresh pikiran.
Pengalaman saya sih, ketika saya terlalu memaksakan menulis terus-menerus untuk nge-blog, yang ada malah it’s not interesting anymore. Ngga menyenangkan ketika menulis bukan berasal dari hati. Ngga menyenangkan ketika menulis dalam keadaan suntuk. Ngga menyenangkan jika dalam keadaan ngantuk berat. Mau mijit tuts malah kepijit delete, waaah, hilang deh itu tulisan.
8. Kenalan Dengan Banyak Orang & Buatlah Pertemanan
Sejak saya mulai nge-blog lagi, saya sering juga blog walking. Awalnya memang hanya silent reader. Tapi lama-lama, saya mulai percaya diri untuk meninggalkan jejak. Ternyata menyenangkan bisa berinteraksi dengan banyak orang melalui nge-blog.
Jarang saya bertemu dengan blogger yang tidak ramah. Rata-rata sih ramah. Sering juga saya mampir di website blogger yang sibuknya minta ampun. Jadi jangan berharap komen kita segera dikomentarinya. Hahaha. Nah, kalau menemukan seperti ini, keep it fun dan keep positive. Well, awal-awal saya sedih, kok ngga dibales sih, kok ngga kunjungan balik sih, dan seribu pertanyaan menggedor kepala saya. Tapi setelah sekian lama, saya menyadari, ternyata memang ada kalanya kita sedikit kewalahan mengatur jadwal blogwalking, membalas komentar dan deadline artikel.
Nge-blog akan lebih asyik jika kita memiliki teman nge-blog. Iya ngga? Saya sih iya. Mengasyikan memiliki teman-teman nge-blog di sini, bisa saling mengomentari dan ilm saling mendukung. Oya, buat yang belum dibales komentarnya atau belum di blogwalk, colek-colek ya saya, takutnya ada yang kelewat. Maaf ya, jika belum dibales atau blog walk.
9. Jangan Lupa Sama Anak-Anak
Walaupun nge-blog itu asyik, jangan sampai lupa waktu gaeys. Ada prioritas yang harus kita utamakan. Anak-anak kita. Apa gunanya menjadi blogger sukses jika keluarga terbengkalai.
Kita tetap perlu menghentikan kegiatan menulis kita, dan bermain bersama anak-anak, atau istilah kerennya menciptakan quality time.
Kita harus mempunyai kehidupan yang balance. Sesekali kita me time, atau pergi kencan dengan pasangan kita, atau hanging out with friends, atau nonton film komedi bareng anak-anak di bioskop, atau makan dengan keluarga besar.  
10. Buatlah Suasana Asyik
Yang terakhir, membuat suasana yang mengasyikan saat nge-blog. Misalkan sambil mendengarkan musik yang kita suka.
Kalau nge-blog sudah menjadi tidak mengasyikan lagi, itu berarti saatnya kita harus berhenti sebentar untuk menarik nafas. Xixi.
Terkadang setelah sekian lama nge-blog saya merasa bosan. Ngga kepikiran ide untuk menulis apa, padahal banyak bahan traveling dan kuliner yang belum saya tulis. Entah kenapa ide macet. Excuse sih sebetulnya, mungkin sedang lelah. Wkwkwk.
So, cobalah merubahnya. Contoh nih, ikutan one day one post dengan tema yang telah ditentukan seperti ini bisa ikut mencerahkan pikiran. Atau bisa juga kita mencoba video, infografis, dan lainnya untuk variasi di blog kita. Bisa juga mengundang blogger guest untuk menulis di blog kita dengan tema yang tidak jauh dari niche kita. Lebih bervariatif kan.
Video, blogger guest belum saya coba sih, cuma sudah kepikiran pengen ke arah sana. Saya pun ingin mempelajari bagaimana membuat suatu video yang baik plus editingnya.
Nah, itu 10 tips asyik nge-blog ala saya. Kalau kamu bagaimana? Yuk, sharing apa opini kamu. 

19 comments:

  1. Makasih banget tipsnya mbak. Saya seneng banget baca tulisan yang ini. Bisa memotivasi saya untuk tetap ngeblog. Salam blogger ya mbak. Keep having fun with blogging! (amburadul bhsa Inggris saya :D )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting dibawa happy yak. Salam blogger juga...Haha, sama kok bahasa Inggris saya juga amburadul...

      Delete
  2. Yang terpenting poin Jangan Lupakan Anak bagi saya sehingga kadang weekend saya berhenti nulis, berhenti BW hehehe. Nice share mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak-anak malah sekarang yang suka bikin alasan kalau ada maunya, ayo bu kita ke sana, bagus lho, ntar kan ibu bisa nulis buat blog. hahaha...

      Delete
  3. Wah, makasih bu tipsnya...
    Kalau saya pribadi, blogging selain sebagai have fun, juga sebagai media curahan pikiran saya.
    Oleh karena itu sebisa mungkin saya juga berusaha membuat para pembaca blog saya menjadi happy dan fun tentunya.
    Syukur2 ada tulisan yg bermanfaat bagi mereka...
    NOmer 7 kena banget bu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Having fun dan sharing yak jadinya. Kita happy, pembaca blog juga ikut happy. Nice thought..., makasih udah sharing ...

      Delete
  4. Terima kasih ya mbak atas tips yang dishare ke kita hehehe #SemangatNgeBlog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Didik. Kayaknya Mas Didik lebih banyak nih tips ngeblog asyiknya... semangatngebog juga..

      Delete
  5. jd akun adsense bunda kemana skrg? wah sayng bgt ya bun gak digunakan lg, padahal byk org mengincar adsense..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di blog yang lama adsense mah. Tapi ngga tau deh kemana itu jadinya...dulu mah da ga dilirik..abis ngerepin orang ngeklik kan lama juga yak...nambahnya dikit banget..

      Delete
  6. Tips nya oke tuh mbak, terutama yang jangan lupakan anak-anak. Termasuk juga ngurusi rumah dulu baru ngeblog, hihiii

    ReplyDelete
  7. dari 10 itu saya rangkum lagi jadi 4 Mbak :)

    ReplyDelete
  8. Wow asik nih, dapet tips dari mbak Levina.
    Betul. Yang paling penting dalam ngeblog itu konsisten. Dan, konsisten inilah yang belum saya punya haha.

    ReplyDelete
  9. buatku ngeblog itu kyk obat stress loh mbak.. dari smp sbnrnya aku punya kebiasaan nulis di buku harian.. baru stelah jaman blog dan internet, mulai deh nulis di blog friendster dulu, trs multiply, blogspot sampe akhirnya punya domain sendiri :D.. justru saat nge blog, aku bisa nenangin pikiran, bisa ngebalikin mood yg lg kacau, nyalurin apa yg dirasa :).. Jadi ga prnh sih menganggab ngeblog itu sesuatu yg kdg bikin bosen , blm prnh sampe skr :D ..
    rasanya itu seneng bgt kalo blog kita bisa berguna buat pembaca lain, bisa dikomen, bisa nambah teman :)

    ReplyDelete
  10. Okeh juga nih tipsnya, sepertinya bisa saya terapkan di blog saya biar bisa menjadi blog yang sukses untuk masa yang akan datang.

    ReplyDelete
  11. Setuju banget sama poin nomor 7. Aku juga baru beberapa kali coba ikutan lomba blog dan ada perasaan puas ketika berhasil menyelesaikan postingan lomba.

    www.talkativetya.com

    ReplyDelete
  12. makasih tips-tipsnya Mba Levina :)
    tema blogku juga masih gado-gado, saya menulis apa yang ingin saya tulis :)

    ReplyDelete
  13. Kalau niatnya buat Adsen dan tidak di acc google pikiran bisa Wabasyahhh ..
    Hipnoterapi Semarang
    Tips di atas sangat bermanfaat buat blogger agar lebih baik

    ReplyDelete
  14. aku dulu juga sempet memaksakan diri 1 hari buat 1 postingan, tapi emang bener itu gak ngenakin ditambah tulisan jadi kacau semua, gak enak buat dibaca jadinya.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan