Penting Ngga Sih Gabung Dengan Komunitas?

manfaat gabung dengan komunitas
“Edun, mobil elu kenapa banyak tempelan gitu?” Tanya seorang teman yang terbengong-bengong melihat mobil salah satu teman yang body-nya penuh dengan tempelan mirip mobil box iklan.
“Biasaaa, gue mau ikut touring nih ke Jogja, bareng komunitas mobil,” jawab teman tersebut dengan bangganya.
Seru kali yak ikut touring mobil seperti itu. Beberapa orang teman pernah mengikuti acara serupa dengan komunitas mobil lainnya. Ada banyak komunitas mobil yang ada, contohnya komunitas honda, komunitas xenia avansa, dan lain-lain. Melihat dan mendengar cerita keseruan mereka, saya hanya bisa gigit jari. Hmmm, kapan ya ada touring mobil sejenis si Jenderal Hitam?
Ngomong-ngomong masalah komunitas, apa sih yang kalian bayangkan mengenai satu komunitas? Sekumpulan orang-orang yang ngga jelas juntrungannya? Penting ngga sih tergabung dalam satu komunitas?
Dulu saya sempat berpikir seperti itu. Saat di sekolah, saya berpikir bahwa belajar adalah yang utama, dan komunitas itu ngga penting. Saya berpikir bagaimana mungkin mensinkronkan antara belajar dan mengikuti komunitas. Kamu harus memilih salah satu, berprestasi atau mengikuti komunitas dengan konsekuensi waktu kamu akan tersita habis untuk mengikuti komunitas tersebut.
Tetapi dengan berjalannya waktu saya pun menyadari bahwa mandiri saja tidak cukup, tapi kita pun perlu bersosialisasi. Bukan komunitas kan? Tapi bersosialisasi . . .
Yup betul, bersosialisasi dengan beragam jenis orang ngga pakai pilih-pilih. Tapi terkadang, tentunya kita akan lebih seru jika berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai minat yang sama kan? Misal kamu suka drama korea, suami kamu suka sepakbola, kira-kira kalau ngomongin Lee Min Ho, Lee Sang Yoon, Yoon Eun Hee, suami kamu bakal ngeh ngga sih? Mungkin lebih enak jika kamu gabung dengan orang-orang yang mempunyai kegemaran yang sama yaitu drama korea, pasti ngobrolnya seru kan.
Tentunya dengan bergabung dengan komunitas tertentu, kita jadi mengetahui informasi dan pengetahuan lebih detail. Contoh nih ya, saya suka boneka, yang saya tahu boneka yang paling cantik adalah Barbie. Nah, setelah saya gabung dengan komunitas pencinta boneka Barbie, saya baru tahu ternyata Barbie pun punya sejarah, punya nama, punya teman, punya adik. Dan saya juga jadi tahu, ternyata Barbie pun ada beberapa jenis. Ada playline, ada muse. Nah, ngga tahu kan Barbie muse? Nah, muse itu bentuk Barbie yang bentuk body-nya cakep banget, sampai tulang lehernya saja kelihatan cekungannya. Di komunitas boneka, saya juga jadi mengetahui ada boneka yang lebih keren dan mahal daripada muse, yaitu boneka-boneka keluaran Integrity, seperti Poppy. Uuuuuiiih, ngeliat itu boneka, dijamin pengen ngelus deh.
Beda lagi komunitas menulis dan blogger. Di sini tentunya kita berbagi seputar menulis, blogging beserta tips and triks-nya. Yang tadinya ngga tahu tentang google analytics, bisa agak melek. Sebelumnya sering bengong ditanya rate card, sejak gabung dengan komunitas, minimal ketika ditanya ngertilah arahnya kemana, walaupun belum punya rate card-nya. Atau, yang tadinya nge-blank masalah monetized money, bisa sedikit terbuka setelah mendapat penjelasan dari anggota komunitas.
Sekarang ini yang saya rasakan semakin banyak komunitas yang bermunculan. Awalnya mungkin beranjak dari satu perasaan senasib sepenanggungan yak. Ada komunitas yang anggotanya berisikan single mom, ada yang hobi bersepeda, ada yang hobi naik gunung sehingga membuat komunitas pencinta alam, ada komunitas photography, dan banyak lagi.
Terus penting ngga sih ikut komunitas? Menurut saya sih penting ya. Untuk memperoleh informasi yang lebih akurat. Terus, mengikuti komunitas juga kita jadi bisa lebih tahu di awal jika ada hal-hal baru atau item promosi. Terkadang, melalui komunitas juga kita bisa mendapatkan pekerjaan sampingan, atau promo-promo yahud. Keren kan?
Selain itu sih yang saya lihat dari manfaat bergabung di sebuah komunitas adalah saling mendukung dan menyemangati satu sama lain. Jika ada yang sakit pun saling mendoakan. Jika satu anggota komunitas lagi berduka, yang lain pun ikut berduka. Hmmm, berasa seperti berada dalam sebuah keluarga besar.
Tapiii, males ah ikut komunitas, banyak telenovelanya. Eh, kok telenovela. Itu loh drama gontok-gontokannya. Hihihi.
Aaah, itu sih biasa, namanya juga manusia berkumpul, pasti suatu saat ada juga selisihnya. Jadi kita mah having fun saja lah dengan komunitas. Jangan ikutan terseret telenovela, wkwkwk.  
Bagaimana tips supaya enjoy bergabung dalam suatu komunitas?
1.  Baca & Ikuti Aturan Komunitas
Setiap komunitas pasti ada aturan mainnya. Jadi usahakan kita baca peraturannya sebelum join dan berusaha mematuhi peraturannya. Lucu juga kan jika kita ingin gabung dengan satu komunitas, tapi sikap kita seenaknya kita saja, tabrak sana tabrak sini. Itu sih namanya mencari perkara.
2. Aktif
Usahakan juga aktif. Ngga mesti langsung tancap gas biar dikira aktif. Ya, sewajarnya saja sih. Kalau punya ide ya dikemukakan baik-baik, siapa tahu ide kita ikut berperan dalam mengembangkan komunitas tempat kita bergabung.
Atau jika kita bergabung dalam satu komunitas online, usahakan sih tidak hanya sekedar silent reader. Ya, komen sesekali lah, biar anggota komunitas lain tahu bahwa kita ada. Xixixi.
3. Jangan Malu Bertanya
Sebetulnya sih mungkin malu juga ya, namanya juga sudah tua. Tapi tetap, selagi bertanya itu bebas, saya pikir ngga ada salahnya kok. Ngga ada pertanyaan yang memalukan saya pikir.
Dulu, saya pun begitu, sering malu bertanya jika di dalam kelas. Tapi kemudian saya berpikir, ya namanya pelajar ya wajarlah banyak bertanya, kecuali kita profesor.
Jadi, jika ada pertanyaan yang mengganjal, jangan ragu untuk bertanya. Orang bilang malu bertanya, sesat di jalan. Kalau saya sih malu bertanya, lebih banyak duit yang keluar. Wkwkwk. Iya lah, kalau tersesat kan, sudah capai, boros bensin, perlu makan tambahan, dan lainnya. Begitu juga dengan komunitas blogger, well, jika kita pengen cepat improve, ya memang harus banyak bertanya dan mencari tahu. Uhuk, saya sih belum improve, eh, lumayan lah tapi, dibanding awal-awal. Berkat teman-teman dari komunitas blogger, juga teman-teman yang comment ataupun tempat saya blogwalking.
4.  Berbagi & Caring Each Other
Dalam komunitas juga, spiritnya adalah berbagi. Saya pikir prinsip sedekah juga berlaku di sini. Katanya jika kita bersedekah, maka kita akan mendapat balasannya berkali lipat. Begitu juga dengan berbagi di komunitas. Semakin kita berbagi, ilmu kita bertambah, teman bertambah, siapa tahu dapat durian runtuh, misal  jadi selebritis blogger. Xixixi.
Terus terang, mungkin saat ini saya belum bisa berbagi yang significant mengenai per-blogging-an, karena saya juga masih meraba-raba. Tapi dari membaca blog-blog teman-teman, misalnya, saya jadi mengerti bahwa kalau kita berbagi, return-nya juga banyak.
Contohnya saya pernah lihat websitenya siapa yak, yang sering berbagi informasi mengenai lomba menulis dan blog? Tuh kan, dengan berbagi seperti itu terasa lebih menyenangkan. Dia pun merasa tidak tersaingi jika banyak yang ikut, yakin bahwa rejeki mah ngga bakal kemana. Btw, saya masih suka kepikiran, hebat si Mbak yang satu ini bisa tahu banyak lomba-lomba, gimana ngumpulinnya yak?
Terus seperti yang tadi dibilang bahwa caring juga perlu. Jika ada anggota komunitas yang memerlukan support, selama kita bisa melakukannya, ya usahakan sih dibantu. Misal kalau di komunitas blogger, minta dukungan like, ya disupport.  
5. Jangan Terlalu Baper
Komunitas tidak diperutukan bagi yang suka baper berat, yang dikit-dikit pundung, wkwkwk. Hmmm, ngga juga sih, baper ya boleh lah, asal sewajarnya, jangan terus menerus baper.
6. Jangan Mudah Percaya
Terkadang di sebuah komunitas, jika berhubungan dengan uang, jangan mudah percaya, apalagi jika kita hanya mengikuti komunitas secara online alias di dunia maya. Misalkan di komunitas traveling, biasanya sih kalau sesama traveling sih ok ya, tapi terkadang ada saja yang suka memanfaatkan kepercayaan. Dengan mudahnya kita transfer ikut open trip atau booking tiket pesawat, yang ternyata bodong.
Bukan hanya traveling sih, kadang juga di komunitas lain juga ada hal seperti itu. Biasanya admin akan menyeleksi sih, dan kita harus waspada dengan menanyakan terlebih dahulu ke anggota lain yang lebih senior jika kita ingin berjual beli di komunitas.
- - -
Itu saja sih mengenai pentingnya komunitas buat saya, serta tips mengikuti sebuah komunitas. Ya intinya sih, have fun ikut dengan komunitas, jangan terlalu memaksakan diri supaya bisa menyenangkan/memuaskan semua orang. Dapatkan ilmu pengetahuan, banyak teman, nikmati proses, dan syukur-syukur dapat job sampingan dari situ yak. Hehe.
Have fun, gaeys! Have a nice day!

30 comments:

  1. saya merasa banyak manfaat ikut komunitas, dapat banyak ilmu dan informasi job :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener ya Mbak. Komunitas juga bisa menjadi ajang untuk aktualisasi diri.

      Delete
  2. Gue sih, boleh dibilang sedikit dikenal blogger lain gara-gara komunitas Blogger Energy yang membesarkan gue dari yang gak tau apa-apa, sampe tau banyak hal.

    Buat gue sih, gabung di Komunitas itu PENTING BANGET. Selain membangun kepercayaan diri, komunitas juga jadi tempat kita berbagi, bertambah teman, relasi, bahkan peluang kerjasama yang kadang di luar dugaan kita.

    Jadi, buat yg belum gabung di komunitas apapun. Ayo, buruan gabung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul banget. Membangun kepercayaan diri juga yak. Saya sendiri merasakan sih. Percaya diri itu muncul karena kita terbiasa..misal terbiasa berbicara di depan umum, dan lain lain. Ada juga ya Mas, komunitas energi? Jadi pengen gabung...hehe.

      Delete
  3. Sepakat banget tentang pentingnya berkomunitas. Saya sendiri baru tergerak untuk join dan aktif baru di beberapa komunitas aja, tapi alhamdulillah semuanya berdampak positif. Termasuk Fun Blogging di mana kita sama-sama jadi anggota ya, Mbak.

    Aktif dan rajin berbagi saya rasa poin yang harus digaris-bawahi. Soal jangan mudah percaya terkait uang, saya no comment aja deh. Tapi kalau memang belum kenal-kenal banget ya jangan sampe berhubungan soal uang. Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga baru bergabung Mas. Awalnya saya ngga tau kalau FUN BLOGGING itu komuniti juga, hanya semacam pelatihan yang diberikan oleh komunitas blogger tentang tulis menulis dan seputar dunia blogger.

      Sampai malu hati, sampai diketawain Mbak Haya sama Mba Ani...wkwkwk.

      Delete
  4. Wah ada telenovela juga ya di komunitas :D. Jangan terlalu percaya perlu dicatet nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha..ga tau sih Mbak...cuma kadang suka denger aja ini dan itu...xixi. Bener Mbak, kecuali kalau memang sudah saling percaya yak...

      Delete
  5. Bersosialisasi itu penting agar kita bisa mengenal dan terkenal. Intinya komunitas itu sangat perlu, biar ada saling mendukung dan berbagi pengalaman, Jangan soal baper saja yang menjadi bahan obrolan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Mas...intinya saling kenal, menjalin relasi, memperbanyak ilmu, saling menguatkan, yaaa...

      Delete
  6. penting mbak, selain menambah teman, menjalin silaturahim, kita jadi update informasi, tapi agak bingung juga kalau kebanyakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakakak...kalau kebanyakan masalah juga yak...jadi bingung..belum lagi kalau anggotanya L4 Lu Lagi Lu Lagi... hehe. Hmmm, tapi apapun mestinya kalau dinikmati asyik...

      Delete
  7. kmbali lg katanya kita manusia mahluk sosial hahaha harus kumpul barng spesies

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...kita termasuk spesies juga yak...homo sapiensis...eh apa yak lupa...

      Delete
  8. Halo mbak, aku sih merasa komunitas penting banget.Aku anak rantauan, jadi ikut komunitas banyak sekali manfaatnya :D
    Weekend sdh pasti ada kegiatan dan wawasannya jadi ikut bertmbah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yak..biasanya kalau anak perantauan bingung mau ngapain terutama weekend. Ya salah satunya gabung dengan komunitas untuk menambah wawasan sekaligus memanfaatkan waktu luang yak. Dulu saya juga begitu sih..gabung sama anak gunung juga..eh, malah kebetulan angkatan saya yang jadi angkatan pendiri...

      Delete
  9. beberapa kali ikut komunitas..
    awalnya oke oke aja
    tapi setelah sering kopdar, malah jadi banyak konflik antar anggota
    heuheuheu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, begitu yak. Selalu ada aja sih kalau namanya konflik yak. Kadang itu yang bikin malas. Hehe. Tapi jangan biarkan itu menjadi penghalang untuk ikut komunitas. Pasti ada sisi baiknya juga yak. Jangan kita ikutan tergeser ke konflik. Hihi.

      Delete
  10. tergantung niat siih, klo niat nya bener yaa insyaAllah akan sangat bermanfaat..

    ReplyDelete
  11. Semenjak gabung di komunitas blogger nambah wawasan saya yg bisa merubah paradigma saya kalau IRT ternyata ga cuman gosipers tp produktif #keren buat emak2 blogger ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi Mbak. Ternyata perempuan juga bisa produktif. Bener Mbak. Setuju.

      Delete
  12. Hhaa iya juga sih jangan terlalu baper kalau masuk komunitas jangan pundungan kalau kena sedikit teguran atau kritikan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kritik jadikan alat untuk lebih mengembangkan diri yak. Jangan pundungan. Hehe. Bener itu.

      Delete
  13. Iya penting banget emang gabung dikomunitas.
    Aku juga semenjak ikutan komunitas Blogger perempuan jadi tambah ilmu tentang blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Pasti di setiap komunitas yang kita ikuti ada ilmu yang bisa kita dapat ya Mbak. Sharing sesama anggota komunitas.

      Delete
  14. Mbak mau tanya komunitas barbienya itu dimana ya?:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf telat reply nya yak. Jawabannya ada di comment bawahnya...

      Delete
  15. Mbak mau tanya komunitas barbienya itu dimana ya?:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok di FB juga. Tapi yang saya ikuti sih yg group jual beli barbie y..disitu banyak dilego boneka2 dari mulai new sampai second. Selain barbie juga ada FR .. nama groupnya Saung Barbie. Yang di komunitas boneka itu mereka sering meet dolls.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan