7 Tokoh Fiksi Favorit Yang Menginspirasi

tokoh fiksi favorit menginspirasi sepanjang masa
Duh,  ODOP hari ke-4 agak sedikit berat eung.  Tentang tokoh fiksi yang menginspirasi.  Secara akhir-akhir ini saya jarang baca buku fiksi atau film fiksi.  Hmmm,  harus berpikir keras nih,  menggali-gali siapakah tokoh fiksi yang bisa dijadikan inspirasi ala saya.
Baiklah,  setelah memeras otak dan sedikit kembali ke masa lalu,  inilah tokoh-tokoh fiksi favorit saya yang menginspirasi, setidaknya menjadi favorit saya dan mungkin sedikit banyak mempengaruhi pola pikir saya. Siapa sajakah dia? Check it out ya, 7 nama berikut: 

1. Srikandi
Cerita pewayangan merupakan cerita yang sering saya baca saat masih usia sekolah dasar. Dari mulai kisah leluhur Hastina sampai dengan perang Mahabaratha terjadi. Banyak nilai-nilai kehidupan yang bisa diambil dari epik ini. Saat membaca cerita ini, saya sampai lupa waktu. Dulu, epik ini dituliskan dalam bentuk komik, karya A. Kosasih.
Salah satu yang saya suka adalah tokoh Srikandi. Srikandi ini merupakan titisan dari Dewi Amba (dalam Hindu ada kepercayaan mengenai reinkarnasi). Di ceritakan bahwa Dewi Amba ini dimenangkan oleh Bisma dalam satu kompetisi, tapi Bisma tidak mau menikahi Dewi Amba karena terikat dengan janji untuk melajang seumur hidupnya. Dewi Amba pun bersumpah untuk membalaskan dendam pada Bisma.
Srikandi terlahir dari pasangan Prabu Drupada dan Dewi Gandawati. Sejak kecil senang dengan hal-hal yang berbau aktivitas lelaki seperti menggunakan panah dan keprajuritan. Kalau yang diceritakan dalam komik versi Indonesia, Srikandi ini hanya luarnya saja yang sering menggunakan kostum lelaki. Sedangkan dalam versi aslinya Srikandi berganti kelamin, entahlah, namanya juga fiksi.
Dalam versi Indonesia, Srikandi dikisahkan menikah dengan Arjuna, salah satu dari Pandawa Lima yang digambarkan paling ganteng. Berkat bantuan Srikandi, Arjuna dapat mengalahkan Bisma yang tidak bisa dikalahkan. Sebetulnya Bisma sudah tahu bahwa Srikandi adalah titisan Amba, sehingga dia memang sengaja mengalah dan membiarkan dirinya dipanah Arjuna. Bisma juga sebetulnya merupakan tokoh yang saya kagumi juga karena konsistensinya memegang janji.
Sampai saat ini Srikandi sering dijadikan ikon wanita pemberani, wanita pejuang dan wanita-wanita yang berhasil menyamakan posisinya sejajar dengan para pria.
2. Hercule Poirot
Detektif yang satu ini adalah karakter fiksi karangan Agatha Christy. Pria ini berkebangsaan Belgia, yang setelah pensiun dari kepolisian, dia pun menetap di Inggris dan menjadi detektif swasta.
Saya sangat suka dengan karakter detektif yang satu ini. Dalam bayangan saya, tubuh detektif yang satu ini dibilang tidak terlalu tinggi, dengan kepala mirip telur, dan kumis khas yang bertengger di bawah hidungnya. Yang paling saya demen adalah rasa percaya dirinya yang tinggi. Dia selalu mengagungkan kepintaran otaknya, yang sering disebutnya sebagai sel abu-abu. Menurutnya memecahkan misteri atau teka-teki hanya perlu duduk dan membiarkan si sel abu-abu menganalisa. Hercule juga meremehkan detektif yang hanya mengandalkan fisik dengan mencari jejak langkah.
Saya salut juga dengan analisanya yang tajam. Yang paling saya suka adalah saat Hercule memaparkan analisanya untuk menunjuk pelaku kejahatan. Tokoh ini menginspirasi sekali buat saya. Dengan membacanya, saya berasa terjun ikut menganalisa kondisi bersama Hercule Poirot. Dan, kasus favorit saya adalah Murder on The Orient Express.
3. Lima Sekawan
Saya ingat buku pertama yang saya baca adalah serial Lima Sekawan. Waktu itu sepulang kerja, ayah saya membelikan buku berjudul Lima Sekawan. Saya rasa, itulah awal mula saya senang membaca buku, terutama buku-buku yang mengandung cerita misteri yang mesti dipecahkan.
Lima Sekawan atau yang dalam versi aslinya disebut Famous Five bercerita mengenai kisah Julian, Dick, George, Anne dan Timmy. Kelimanya adalah karakter fiksi yang diciptakan Enid Blyton. Yang saya suka dari karakter-karakter ini adalah sifatnya yang saling melengkapi. Julian yang paling tua berkarakter lebih bijaksana dan menjaga adik-adiknya serta sepupunya. Dick yang periang dan lucu. George yang sebetulnya bernama asli Georgina, seorang anak perempuan (sepupu Julian, Dick dan Anne) yang senang berdandan ala cowok, dan Anne yang feminin dan penakut. Sedangkan Timmy adalah anjingnya George yang ikut serta dalam petualangan mereka, dan anjing cerdas ini sering ikut memecahkan misteri yang mereka hadapi.
Lima Sekawan ini menginspirasi saya bahwa suatu permasalahan jika dipecahkan bersama akan lebih mudah. Juga mengajarkan saya bahwa manusia itu tidak ada yang sempurna, satu sama lain harus saling melengkapi.
4. Oey Yong -  Istri Kwee Cheng
Nah, kalau yang satu ini tokoh fiksi dari negeri Tirai Bambu. Dulu, saya sangat tergila-gila dengan film atau drama dari negeri China. Selain serial silat, serial dramanya pun asyik punya. Banyak sebenarnya favorit saya. Saya sering menontonnya di TV3 Malaysia untuk drama China atau Hongkong, sedangkan untuk serial silatnya saya seringnya nebeng di rumah teman yang punya penyewaan rental kaset video.
Oey Yong adalah salah satu karakter fiksi dalam serial silat The Legend of Condor Heroes. Dia adalah putri semata wayang Oey Yok Su, Si Sesat Timur yang tinggal di Pulau Bunga Persik. Kelak Oey Yong ini diangkat murid oleh Ang Cit Kong, Ketua Partai Pengemis dan menggantikannya. Itu loh partai yang terkenal dengan tongkal pemukul anjingnya. Xixixi.
Kenapa saya suka karakter ini? Oey Young digambarkan sebagai putri yang manja tapi sangat pintar. Maklumlah namanya juga putri semata wayang, wajarlah kalau manja. Saya suka dengan kepintarannya atau lebih tepat kecerdikannya kali yak. Agak-agak licik juga sih. Haha. Nah, karakter ini dipertemukan dengan Kwee Cheng yang menguasai ilmu tangguh, tapi polos. Cocok deh.
5. Mantili Si Pedang Setan
Yang satu ini karakter asli Indonesia. Suka banget dengan karakter Mantili, adik dari Brama Kumbara ini petarung wanita. Senjatanya Pedang Perak dan Pedang Setan. Si Pedang Setan akan mengeluarkan asap bau dan beracun, sedangkan pedang perak akan menyilaukan mata.
Yang menginspirasi dari tokoh ini apa yak? Cantik dan pintar bela diri, itu yang utama. Selain itu, sosok fiksi yang digambarkan punya emosi meledak-ledak ini ternyata mengagumkan, dia membuktikan bahwa cinta tidak mesti memiliki, putus cinta bukanlah the end of the word. Ceilaaa. Awalnya sosok Mantili dekat dengan Raden Samba, tapi ditengah cerita, Raden Samba malah menikah dengan Widati. Nah, akhirnya, Mantili menikah dengan Patih Gotawa yang usianya terpaut jauh di atasnya. Pada sosok Patih Gotawa ini Mantili menemukan sosok yang bisa mengayomi.
Tokoh ini menginspirasi, selain karena kesetiaannya pada kakaknya dan Madangkara, kepintaran, kehandalannya menggunakan pedang, juga sifatnya berhasil move on dari patah hati.
6. MacGyver
MacGyver adalah tokoh fiksi dalam film seri buatan Amerika Serikat. Saat saya kecil, rasanya banyak film-film Amerika dan Amerika latin yang diputar di stasiun TV Indonesia. Ada Knight Rider, Full House, Small Wonder, Moonlighting, dan lainnya. Salah satu yang menginspirasi saya adalah tokoh fiksi yang diperankan oleh Richard Dean Anderson, yaitu MacGyver.
MacGyver ini diceritakan bekerja untuk Phoenix Foundation, dan selalu memecahkan masalah tanpa menggunakan senjata api. Kalau ngga salah awalnya karena trauma. Jadi senjata andalan dia saat membongkar suatu kasus adalah sebuah pisau lipat. Kerennya itu pisau lipat complete banget.
Yang lebih mengagumkan lagi, si sosok ini jagoan dalam bidang fisika dan kimia. Hmmm, bisa jadi dari alam bawah sadar saya memang mengidolakan dia, saat memilih jurusan kimia. Hahaha.
7.  Oshin
Yang berikutnya, tokoh fiksi yang menginspirasi saya adalah sosok “Oshin”. Karakter fiksi ini muncul dalam film dengan judul yang sama.
Saya ingat, filmnya lama sekali, mulai dari Oshin kecil, remaja, dewasa sampai menjadi nenek. Banyak pelajaran hidup yang bisa diambil dari Oshin si gadis Jepang ini. Semangat hidupnya, kerja keras, dan perjuangannya untuk bangun kembali saat terjatuh. Keren deh pokoknya. Aih, jadi pengen nontoh Oshin lagi.
***
Nah, itu karakter-karakter fiksi yang menginspirasi menurut saya. By the way, dari 7 tokoh di atas, kok lebih banyak tokoh fiksi wanita yak? Sebetulnya banyak sih tokoh-tokoh fiksi favorit saya, tapi sementara ini dulu yak. Giliran kamu sharing mengenai siapa tokoh fiksi favorit dan menginspirasi. Yuk, komen di bawah, siapa tokoh fiksimu.

23 comments:

  1. Wah..wah..banyak juga tokoh fiksi menginspirasinya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ternyata banyak juga. Awal nulis masih bingung..siapa yak. Haha. Pas nulis, jadi keingetan satu persatu. Masih banyak juga ternyata selain itu. Xixixi

      Delete
  2. ahahah kayaknya kita seumuran nih mba, eh minimal semasa ;p, tokoh2nya juga tokoh favorit saya soalnya, hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya Mbak, tokoh2 di atas ternyata banyak dari masa lalu. Ngga bisa move on ternyata dari masa lalu. Yang sekarang ini paling tokoh-tokoh criminal mind, CIS, NCIS kayak gitu Mbak. Saya senang yang film serial yang mengandung unsur investigasi...

      Delete
  3. Kalau dalam Film The Legend of Condor Heroes paling suka sama Bubuk Lung hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. cakep punya keahlian tinggi yak. Tapi terlalu kemayu dan kesannya tertindas banget yak. Saya lebih suka peran wanita yang cerdas, licik, periang... jadi ngga dibully orang. Ya semacam Oey Yong, Tio Beng

      Delete
    2. Cantik dan pintar ilmu silat yak. Tapi terlalu gemulai dan mengalah melulu. Saya lebih suka model Oey Yong dan Tio Beng, peran utama wanita ini cerdas, licik dan periang.

      Delete
  4. Wah tokoh fiksinya kok yang ngehits waktu saya SD dan SMP sih mbak Levi, hehe. Ternyata kita punya kesamaan dalam hal fiksi favorit ya. Saya paling ngefans sama tokoh Imung, si detektif muda ciptaan Arswendo Atmowiloto dan kedua McGyver :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya.. sekitar umur segituan. Ini ceritanya nostalgia masa lalu. Xixi. Keren banget dulu Richard Dean Anderson ini Mbak dlm pandangan saya. Segala bisa. Hahaha.

      Delete
  5. Waah... banyak juga ya tokoh fiksi favorit nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata setelah ditulis banyak juga. Xixi.

      Delete
  6. Wah, si mbak nya hafal yah. Ini pasti anak generasi 90 yah??

    Salam blogger mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Generasi 90-an, iya Mas... :)
      Salam blogger juga...

      Delete
  7. waaa..bunda ada nyentrik ke film The Romance of the condor heroes jd buat saya gak bisa move on dri film itu.
    tergila-gila film mandarin/china wah kita satu darah ya bun =))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya suka banget dulu film mandarin terutama yg silatnya. Sering mantengin. Dulu kalau TV yg sering nyiarin model beginian ya Indosiar. Sekarang zamannya udah ganti ke drama Korea yak.

      Jangan-jangan bukan hanya sedarah... tapi satu perguruan juga. Wkwkwk.

      Delete
  8. Oshin tuh suka saya tonton waktu kecil, sekarang ada lagi ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum liat lagi sih Mbak... suka yang oshin remajanya. cantik yak..

      Delete
  9. Tokoh fiksinya banyak banget :)
    saya mah satu juga belum tentu orang lain tahu, hehehe...
    tokoh fiksi favorit saya ga ada yang tahu sih, gak terkenal kaya Oshin atau McGyver hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koleksi soalnya Teh, wkwkwkwk. Tapi mirip-mirip lah secara behavior...

      Delete
  10. Gw kok malah baca nya empat sekawan yaang bagito miing itu hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Xixixi...bukan 5 sekawan ya Om Cumi...

      Delete
  11. Oey yong iyu yang naksir Andy lu eh, pendekar rajawali itu bukan? Saya si lebih suka bibi Lung, kecantikan yang abadi. Mc gyver suka, saya banyak belajar science darinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan, Oey Yong mah istrinya Kwee Cheng, bibi sama pamannya Andy Lau. Ya dianggap paman dan bibi lah, yang ngebesàrin Andy Lau (Yo Ko). Yang naksir mah anak sulungnya mereka, Kwee Hu. Adiknya namanya Kwee Siang yang bersahabat sama Yo Ko. Hihi...hapal yak.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan