Meja Kerjamu Adalah Karaktermu

hubungan meja kerja dan karakterKonon katanya meja kerja bisa mencerminkan kepribadian kita. Hmmm, yang enak berarti yang ngga punya meja kerja yak, kepribadiannya ngga bisa diamati. Hahaha.
Ayo perhatikan sejenak meja kerjamu seperti apa. Apakah berantakan, rapi, banyak pernak-pernik, ada foto, atau benda lainnya? Nah, ternyata masing-masing itu ternyata ada artinya. Yuk, kita cari tahu artinya dan jika ada yang ingin tahu meja kerja saya seperti apa, saya sharing juga di akhir tulisan ini ya. Dan, tebak karakter saya seperti apa, hehe.
1. Arti Pemilik Meja Berantakan
Pernah denger ngga anekdot atau entah apa namanya, yang bilang bahwa meja kerja yang berantakan mencerminkan sang empunya adalah orang pintar atau kreatif?
Nah, yang punya meja berantakan ngga perlu khawatir nih, ternyata meja yang berantakan tidak bisa dibilang yang punya meja, isi otaknya kacau balau. Menurut penelitian, justru di tengah kekacauan ini terkadang ide-ide kreatif bermunculan. Istilah kerennya berpikir out of the box.
Albert Einstein, Mark Twain, Mark Zuckenberg, Steve Job, katanya sih merupakan orang-orang dengan meja kerja yang kurang rapi. Tapi, kreativitas mereka tidak perlu dipertanyakan lagi kan. Malah Einstein membungkam mulut orang-orang dengan jawabannya yang cool: kalau meja yang berantakan mencerminkan pikiran yang berantakan, terus bagaimana dengan meja yang kosong? Uhuk! Keselek deh.
Oya, di kantor ada juga nih yang mejanya berantakan. Kertas saja bertebaran di mana-mana. Kalau kita bantu beresin mejanya biar rapih, eh, malah beliau kebingungan mencari dokumen-dokumennya. Dan beliau otaknya encer banget.
2. Pemilik Meja Rapi
Di tempat kerja saya ada juga yang mejanya super rapi. Dokumen ditumpuk rapih, semua yang ada di meja tertata rapi. Bersih deh pokoknya. Sampai kayaknya kalau satu lembar dokumen bergeser, ketahuan deh. Orangnya punya karakter yang super detail, kelewat satu angka di antara ratusan angka saja langsung ketahuan. Kalau mau kirim dokumen sama beliau, saya sampai cek ratusan kali, siapa tahu ada yang salah ketik.
Nah, kalau orang yang memiliki meja seperti ini, ternyata konon katanya mempunyai kepribadian detail, pemikirannya pun detail, hal-hal yang kecil pun tidak luput dari pengamatannya. Eh, tapi beda ya antara meja yang tertata rapi dengan meja kerja yang kosong, itu sih ketahuan kerjanya males-malesan. Xixixi.
3. Meja Kerja Yang Berhiaskan Foto
Pernah memperhatikan tidak sebuah meja kerja yang dihiasi oleh foto? Entah itu foto keluarga, foto anak ataupun foto pasangannya. Sering kan yak. Lucu kan melihatnya, apalagi kalau yang masang foto adalah bapak-bapak. Hmmm, tipe penyayang sekali yak. Atau, mau pamer bahwa udah laku alias ngga jomlo lagi? Ahaay!! Itu sih pikiran negatif yang suka terlintas tiba-tiba.
Menaruh foto di atas meja kerja bisa mencerminkan kepribadian yang penyayang, kecuali dia seorang psikopat yang bisa memanipulasi karakter yang terlihat. Konon katanya orang tersebut berarti sangat sayang pada orang yang berada dalam foto tersebut. Tapi, memasang foto diri sendiri di atas meja bisa diartikan berbeda. Itu tandanya si empunya meja, kepedean banget. Eh, maksudnya punya rasa percaya diri yang tinggi.
4. Meja Dengan Pernak-Pernik Lucu
Kalau lihat sebuah meja kerja dengan pernak-pernik lucu, imut, dan warna-warni ceria, suka pengen mampir ngga sih? Kalau saya sih terus terang iyes. Ada tuh di kantor, yang di mejanya selalu ada tempelan lucu, atau klip beraneka macam warna, stappler warna-warni, kertas note imut-imut. Iiih, pokoknya pengen ngerampok deh, barang-barang itu.
Kira-kira yang punya meja kerja kayak begini, kepribadiannya seperti apa yak? Hmmm, berhubung belum ada penelitian, jadi saya simpulkan sendiri saja yak.
Menurut saya sih kepribadiannya ramah, supel, senang kerapian, juga smart.
5. Meja Kerja Dengan Banyak Makanan Kecil
Nah, kalau ini sih favorit semua orang. Kayaknya setiap orang akan mendatangi meja kerja ini deh tiap hari. Maksudnya buat minta camilannya. Hahaha.
Katanya sih, yang punya meja kerja dengan banyak camilan makanan adalah tipe orang ramah dan senang berkomunikasi. Lah, ya iyalah. Dengan dia memajang camilan di atas meja, otomatis akan mengundang orang berdatangan ke mejanya kan. Terus cuap-cuap ngobrol deh, berkomunikasi.
Tapi, ada jeleknya juga sih banyak camilan di meja. Berat badan bisa bertambah dengan tidak terkontrol. Kecuali kalau kamu punya metabolisme 100%. Jadi yang masuk langsung keluar lagi. Di jamin kamu tidak akan khawatir dengan banyaknya makanan di meja.
6. Meja Kerja Berhiaskan Buku
Kalau meja kerja yang seperti ini, jangan disangsikan lagi, berarti orangnya senang baca buku. Eh, bisa jadi cuma pajangan doang sih.
Yang pasti, orang yang gemar baca buku, berarti pengetahuannya luas, dan selalu ingin mengetahui segala-sesuatu. Orang ini selalu penasaran untuk terus menerus menggali ilmu dan informasi.
Jadi, kamu sendiri yang bisa menilai apakah meja kamu dihiasi buku sebagai pajangan saja, atau memang buku untuk kamu baca.
7. Meja Kerja Dengan Banyak Gadget
Ada lagi nih meja kerja yang isinya penuh dengan gadget. Pokoknya saat orang lain belum tahu USB, di mejanya sudah tertengger USB. Saat portable speaker belum booming, dia udah duluan pasang di mejanya. Ketika yang lain belum kenal Wi Fi portable, dia udah duluan punya.
Tipe seperti ini sih namanya melek teknologi. Selalu update dengan teknologi terkini. Biasanya orangnya kritis.
8. Meja Kerja dengan Jam Weker
Sepertinya orang yang memasang jam di mejanya menandakan bawa doi super sibuk. Selalu diburu deadline. Masuk akal sih, pasti lagi ngetik bentar-bentar lirik jam. Ngga apa-apa sih suka dikejar deadline, asal jangan punya karakter yang suka jam karet saja ya.
Nah, itu tipe-tipe meja kerja serta hubungannya dengan karakter. Sekarang, kita bedah meja kerja saya yuk. Ada yang bisa nebak ngga kepribadian saya seperti apa?
hubungan meja kerja dan karakter
Meja kerja saya, rapi ngga yak? hmmm..., mendadak rapi pas mau difoto
Meja kerja saya, berhubung sudah disediakan dari kantor, ya modelnya pasti seragam yak.  Di atas meja ada satu set komputer, rak dokumen, kalender, gelas minum, dan telepon. Pada dinding pembatas meja, saya tempelkan pernak-pernik, juga list nomor extention. Ada juga burung-burungan kertas yang saya tempel pada dinding pembatas tersebut. Oya, ada satu toples kaca kecil yang berfungsi sebagai tempat menampung cemilan.
hubungan meja kerja dan karakter
Beberapa buku juga menghiasi meja, plus kaca mata lapangan
Di rak dokumen berwarna hitam, yang tersusun dua tingkat, terdapat buku-buku, dan tempat pulpen, serta kacamata lapangan. Selebihnya kertas-kertas kerja. Beranjak ke dalam laci yang tersusun dua, di bagian atas isinya buku-buku agenda dari beberapa tahun. Entah kenapa saya masih menyimpan buku-buku tersebut yang sebagian besar berisi catatan meeting atau training pada tahun yang tertera di agenda.
hubungan meja kerja dan karakter
Oleh-oleh dan souvernir dari teman-teman ataupun atasan. 
Di laci pertama juga, saya menyimpan koleksi oleh-oleh yang diberikan teman. Kebanyakan sih gantungan kunci. Ada juga stempel nama pemberian dari teman dari Jepang. Ada angpau dari bos saya yang telah berumur bertahun-tahun, yang uangnya pun masih terlipat rapi ditempatnya. Ada kue lucu berbentuk boneka kokeshi. Ada gantungan handphone berbentuk boneka khas Thailand, pemberian seorang teman dari Thailand. Selain itu, souvenir-souvenir dari pernikahan yang lucu-lucu. Semuanya masih baru, belum saya gunakan. Saya senang mengkoleksi barang-barang tersebut. Setiap benda yang tersimpan ada ceritanya. 
Pernak-pernik: klip, pembatas, memo, sign here, dll
Masih penasaran dengan meja kerja saya? Hmmm, hanya itu sih, ngga ada yang special. Kalau kalian mencari foto di meja saya, dijamin ngga bakalan ketemu. Bukan saya tidak sayang sama keluarga, tapi untuk urusan di kantor, just don’t wanna to get too personal. Actually, I’m shy. Eh, pemalu atau malu-maluin yak?
Makanan kecil, oleh-oleh juga, cuma terkadang harus lihat labelnya yak
Nah, sekarang giliran kamu cerita, meja kerja kamu tipe yang mana? Kira-kira benar ngga yak bahwa meja kerja kita menunjukkan kepribadian kita? 

24 comments:

  1. Saya termasuk yang meja-nya kadang berantakan kadang rapi (tergantung berapa banyak kelas yang diajar) dan ada foto juga buku....

    Oleh-olehnya kereeeeen *gagal fokus*

    www.talkativetya.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga begitu sih...kadang suka numpuk file-file dokumen....pusing juga kalau udah numpuk banyak.

      Hehe...iya oleh2 mau dipakai sayang.

      Delete
  2. Waaaa mau dong oleh2 dari Turkiyeee :p

    klo meja kerja saya kudu ada camilan *coklat cha2 dalam toples atau biskuit* banyak foto2 dan jejeran buku, itu dulu dirumah yang lama, skrg ga punya meja kerja, jdi ngetiknya ngampar aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama Mbak...kalau di rumah saya juga ngamar...eh, ngampar di kasur..xixi. akhirnya ketiduran deh.

      Delete
  3. Kalau saya meja kerjanya seperti kapal pecah, jarang diberesin mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti masuk yang punya kreativitas tinggi dong ya Mbak.... ;)

      Delete
  4. hal yang ga pernah bisa saya atur adalah organize kertas-kertas. Jadi meski ga berantakan di atas meja, tetep aja gitu numpuk di folder huhuhu kulelah liat kertas2 bertumpuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. xixi..sama dong ya Mbak..kadang saya mah suka dibuang sayang. ujung-ujungnya numpuk deh kertas melulu.

      Delete
  5. Meja kerja saya lumayan berantakan sih mbak Levi. Kadang kalau mau nge-file saya kumpulkan dulu supaya nggak bolak balik angkat-angkat tempat file, hehe. Kalau masalah camilan biasalah, pasti ada aja yang dibeli :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau camilan mah pasti ya ada...kecuali mungkin yang strict diet. Kalau di tempat kerja saya biasanya suka gantian yang bawa makanan, ntar dibagiin di toples masing masing meja.

      Delete
  6. Rapih bener, sampai sovenir sama oleh2 disimpan :)) mending bagi2 ke saya aja mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, suka sayang sama barang-barang pemberian orang. Jadi saya kumpulin. Kecuali magnet kulkas...langsung nangkring di pintu kulkas kalau itu mah.

      Mungkin in salah satu ciri karakter saya yang ga gampang move on yak. Selalu terikat dengan masa lalu. tsaaah....

      Delete
  7. Meja kerjaqu isinya foto diri sendiri wkwkwk *kepedan bgt*, truz cemilan dan buku lengkaplah sudah kepribadianqu :))))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti karakternya penuh percaya diri yak...
      Kalau saya apa dong karakternya???

      Delete
  8. Aku gak punya meja kerja dirumah ataupun tempat kerja mbak, jadi gak bisa cerita..mau buka laptop nulis postingan aja ngampar..haha

    ReplyDelete
  9. Meja kerjaku di kantor hampir enggak pernah rapi, kecuali kalau habis ada acara kerja bakti baru rapi. Tapi udahnya berantakan lagi

    ReplyDelete
  10. kalau saya sendiri, meja kerja rapi akan semangat untuk menulis konten di blog :D

    ReplyDelete
  11. Meja kerja saya berantakan selalu, yang beberes istri. Hihihihi. Tanpa jam weker, ada foto anak-anak dan istri, seringkali ada makanan dan yang nyaris selalu ada gelar berisi minuman. Hmmm, berarti saya orang yang gimana ya? Hehehe...

    ReplyDelete
  12. Hehehehe.. kalo gitu boleh deh nanti meja belajar anakku biarin aja berantakan ya.. biar makin kreatip

    ReplyDelete
  13. Duh kesindir nih hehe. Kalo meja kerjanya di pake untuk 4 orang gimana ya? heheuu

    ReplyDelete
  14. Jadi tau yg kurang di meja kerja saya itu jam dan foto...

    Memang sich meja saya kadang rapih kadang berantakan.. Kadang ada cemilan...kadang ada pernik2 lucunya..
    Kadang banyak gadget yang nangkring..

    Campur aduk lah.. :)

    ReplyDelete
  15. Kalau meja kerjaku sekalinya rapi, rapi banget mbak tapi kalau udah berantakan super banget berantakannya. :D

    ReplyDelete
  16. Hihi, aku bingun sendiri. Mejaku seringnya rapi seh, karena nggak ada dokumen penting pun, palingan blog planner, hahaha. Terus ada boneka2 kecil, ada jam weker, ada banyak buku, pernak-pernikpun banyak.

    Jadi jadi, kepribadianku apa Mba Levi? Nggak jelas ya, wkwkwk XD

    ReplyDelete
  17. saya selalu berantakan mak. biar ga punya meja kerja tapi tetep semangat berantakan selalu menyala. *apa sih??* hihihihi....

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan