8 Hobi Yang Digemari Traveler



"I am a very lucky man. I am living my life with my hobby as my profession."

(Author: Jim Sullivan)


hobi yang digemari traveler


Berbahagialah orang mempunyai profesi sekaligus merupakan hobinya. Ga bakalan deh rasanya ada kalimat: "I hate monday", dalam kamus kita. Mungkin jadinya, "I love everyday in my life!" Asyik khan, memiliki profesi yang sesuai dengan hobi kita. Kalau dalam bahasa Ridhwan Kamil sih, "pekerjaan yang paling asyik itu adalah hobi yang dibayar."

Apa sih hobi? Definisi hobi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kegemaran, kesenangan istimewa di waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Sedangkan menurut wikipedia hobi adalah kegiatan yang dilakukan pada waktu luang untuk menenangkan pikiran. Kalau definisi saya sih hobi adalah sesuatu yang kita sukai atau cintai. Misalkan saya suka memasak, berarti hobi saya memasak. Saya suka berkebun, berarti hobi saya berkebun. Nah, kalau saya cinta suami saya? Ya berarti my husband is my hobby, hahaha. Tapiii..., ada tambahan persyaratan nih. Suka pada sesuatu belum tentu hobi, karena definisi tambahan dari saya, hobi harus dilakukan secara konsisten, ngga anget-anget tahi ayam. Eh, iya ngga sih?

Saya senang berjalan-jalan dan makan, bolehlah ya saya disebut traveler, walaupun coret. Nah, dari pengamatan selama ini, berikut ini adalah hobi yang biasanya digemari oleh para traveler.


1. Fotografi


Salah satu hobi yang digemari para traveler sudah tentu adalah fotografi. Dari mulai fotografer profesional sampai amatiran, tidak akan lupa membawa kamera saat melakukan perjalanan. Ya, tentu saja, kamera dapat mengabadikan detail perjalanan wisata secara visual. Namanya ingatan, pasti ada keterbatasan. Dengan dukungan foto, momen perjalanan akan abadi.

Saat ini, fotografi bukan hanya mengabadikan keindahan alam, keunikan tempat wisata, selfie & wefie, keanekaragaman tingkah laku di jalanan, tetapi juga sudah merambah ke food photography, still life photography. Nah, bukan mustahil hobi fotografimu bisa menghasilkan uang, apalagi ditunjang dengan hobi menulis.



2. Travel Writing


Menulis adalah hobi popular lainnya di kalangan traveler. Banyak para traveler yang menuliskan kembali pengalamannya, apa yang dirasakan, pelajaran yang diambil setelah melakukan perjalanan. Kalau kata Agustinus Wibowo, “jangan biarkan perjalanan berkesanmu menguap, dan berakhir hanya dengan sebuah upload foto atau status di media sosial.”
travel writing mendatangkan pundi uang

Menulis cerita perjalanan (travel writer), bisa jadi merupakan hobi yang paling populer di kalangan traveler. Tidak hanya sebagai pengingat kembali perjalanan, tetapi juga mungkin bisa menghasilkan uang. Sekali tepuk dua lalat, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui. Banyak loh yang berhasil dengan travel writingnya, sebut saja Agustinus Wibowo dengan perjalanan yang tidak pernah biasa, Trinity dengan the naked travelernya, atau Nurul Noe yang sudah berhasil menjelajah berbagai tempat juga menerbitkan buku. Dengan menulis!



3. Shopping Till Drop


Cewek! Cewek mana? Cewek mana? #larak-lirik-nyari-temen ...

Mahluk Tuhan yang satu ini tidak bisa lepas dari namanya shopping. Ya ngga? Cewe yang ngaku ngga pernah shopping coba ngacung! Hmmm..., kegiatan ini rasanya sudah menjadi hobby yang universal buat para traveler. Minimal ya shopping oleh-oleh gantungan kunci yang serenteng 6 biji, atau malah cari yang 12 biji biar lebih irit. Hahaha..., itu sih pengalaman pribadi!

Setiap kita pergi ke suatu tempat wisata, pasti minimal ada itinerary untuk shopping. Entah itu mau shopping di tempat-tempat yang ekslusif yang barang-barangnya branded, atau seperti saya yang seringnya berburu tempat-tempat shopping dengan harga yang semurah mungkin. Hehe, entah kenapa selalu ada kepuasan jika bisa mendapat barang kualitas bagus dengan harga yang miring.


4. Koleksi Benda Unik


Mengoleksi sesuatu juga merupakan hobi yang biasa digemari oleh para traveler. Biasanya sih mengoleksi benda-benda yang berhubungan dengan tempat yang dikunjungi. Contohnya mengoleksi perangko, mengoleksi magnet kulkas, dan lainnya.

Dulu, saya suka mengoleksi perangko. Namanya filatelist. Saya sering datang ke kantor pos pusat di Bandung untuk mencari perangko hari pertama. Aduh, tapi koleksi tersebut sekarang entah kemana. Sekarang saya hobi mengoleksi magnet kulkas dari berbagai tempat yang saya kunjungi. Eh, bukan hanya itu sih, tapi maksa juga sama teman minta oleh-oleh magnet kullkas dari negara yang mereka kunjungi. Siapa tahu jadi ketularan bisa traveling juga ke negara itu. Duh, maunya..., apalagi kalau gratis.

Benda untuk dikoleksi ini bisa bermacam-macam, apapun benda yang kamu pilih sebagai koleksi, benda tersebut memiliki kenangan akan tempat yang telah kita kunjungi atau yang ingin kita kunjungi.


5. Mengirimkan Kartu Pos (Postcard)


Ada satu hobi juga yang unik yang saya temui. Traveler ini mengirimkan postcard dari negara yang dikunjunginya ke tanah air. Unik juga hobinya ya. Tidak hanya mengirimkan untuk dirinya sendiri, tetapi dia juga mengirimkan untuk teman-temannya, bahkan teman yang belum pernah dijumpai sama sekali.

Sebenarnya hobi mengirimkan kartu pos ini juga menerapkan prinsip ekonomis. Selain kita koleksi kartu pos dari negara yang kita kunjungi, juga kita dapat perangko untuk dikoleksi. Seru kali ya mengirim kartu pos sendiri, diterima sendiri, terus ada tulisannya: “It’s snow in Tokyo. The first snow’s falling from the sky.” Pokoknya menuliskan kejadian yang unik yang kita temui saat traveling. Aduh, jadi pengen ke Jepang!


6. Korespondensi


Korespondensi ini berhubungan dengan surat menyurat. Saya pikir banyak juga traveler yang menyukai korespondesi. Selain melatih kemampuan menulis, dengan korespondensi kita bisa mempunyai banyak teman, memperlancar kemampuan bahasa Inggris jika kita berkorespondensi dengan orang dari luar negeri, juga bisa mengetahui dunia luar melalui tulisan.

korespondensi salah satu hobi yang digemari traveler
Dulu, saya mempunyai seorang sahabat pena yang berasal dari Jerman. Jangan ditanya kenapa saya pilih Jerman. Sejak kecil saya bercita-cita ingin melanjutkan sekolah ke Jerman, saya suka segala sesuatu berbau Jerman waktu itu. Saya penggemar Steffi Graff, Boris Becker juga kesebelasan Jerman. Sampai larut malam pun saya jabanin demi menonton sang idola bertanding. Sayangnya impian tidak seindah kenyataan. Haha.

Sahabat pena saya namanya Patrick. Usianya seumuran saya, bahkan bulan dan tahun lahir pun sama, hanya terpaut 3 hari. Kami sering berkirim surat maupun email bercerita mengenai keindahan negara masing-masing. Bahkan dia sempat mengirimkan coklat sinterklas yang datang setelah berbulan-bulan. Saya kehilangan kontak dengannya begitu saya lulus kuliah.


7. Menyanyi atau Mendengarkan Musik


Ini juga mungkin merupakan salah satu hobi yang bisa digemari para traveler. Pernah lihat kan para traveler dengan headset atau earphone yang menutupi telinga? Perjalanan ngga asyik tanpa diiringi musik favorit.

Ada satu lagu yang mengingatkan saya pada perjalanan ke Yogyakarta saat kuliah lapangan dulu. Lagu Kla Project. Sepanjang perjalanan, lagu berjudul Yogyakarta ini terus menerus diputar, sehingga sampai sekarang jika mendengar lagu itu, saya teringat masa-masa penuh kenangan bersama teman-teman. Nah, bisa jadi sebuh lagu mengingatkan kita pada perjalanan yang telah kita tempuh.


8. Menggambar


job paling mengasyikan adalah hobi yang dibayarHobi menggambar juga merupakan salah satu hobi para traveler. Mereka menggambar bangunan unik, menggambar suasana, menggambar pemandangan di tempat yang mereka kunjungi. Menggambar merupakan bentuk lain untuk memvisualisasikan tempat-tempat yang kita kunjungi. Saya pernah melihat sekumpulan orang yang tergabung dalam klub arsitektur mendatangi tempat unik seperti Bandung yang mempunyai banyak bangunan arsitektur tua bersejarah, dan mereka menggambarkan gedung-gedung tersebut di sepanjang Jalan Asia Afrika dan Jalan Braga.

Nah, itulah hobi-hobi yang potensial digemari oleh para traveler. Kira-kira, teman-teman yang traveler, hobi kamu apa? Adakah hobimu dalam daftar di atas? Jika ada sebutkan ya, jika tidak ada, juga tolong sebutkan hobi kamu di kolom komentar yaaa, kepooo sayaaa. Terima kasih. 

13 comments:

  1. aku belum pernah travelling jauh, tapi ayah dulu sering, jadinya cuma seneng nungguin postcard kiriman ayah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama kalau postcard belum pernah kirim2 sih. Nerima sih pernah sekali...dulu pas zaman sahabat penaan. Tapi kayaknya ide menarik, jika bepergian kirim postcard ke diri sendiri, kerabat dan temen2..trus postcard y dijadiin koleksi..juga sebagai kenangan bhw kita pernah ke situ..hehe. Apalagi kalau ada kejadian spesial yak.

      Delete
  2. Yang cocok ma aku cuma satu dan dua. Xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya semuanya...tapi serba nanggung. hihi. dibilang hobi menulis...ya suka sih, tp tulisan masih acak2an. dibilang hobi fotografi juga iya...tp ga bisa2 trus ga mau keluar modal gede beli gadget fotografi...hihi.

      Delete
  3. Bepergian, difoto, ditulis sambil mendengarkan musik. Top markotop!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul...kalau saya tambahannya makan enak (kuliner)...xixixi. Makanya gemuk susah turun berat badan iiih...

      Delete
  4. Hahaha,,, bener - bener. Tapi shubungan belum pernah pergi jauh ya jadi yang sesuai cuman point kesatu dan 2 saja, hehehehe pizzz

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata-rata traveler hobinya ya kalo ngga travel writing ya fotografi ya mbak...sepertinya dua hobi ini yg paling melekat dengan identitas traveler...hehe.

      Delete
  5. Senangnya ya mak jadi traveler itu. Saya pengen juga suatu saat jadi traveler kemana mana kalo dah sehatan hehhe.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mbak. Ada senengnya ada dukanya. Terutama kalo dompet menipis..hehe. Sakit apa mbak? Semoga lekas sehat kembali yaaa...

      Delete
    2. Halo Mbak. Ada senengnya ada dukanya. Terutama kalo dompet menipis..hehe. Sakit apa mbak? Semoga lekas sehat kembali yaaa...

      Delete
  6. Yups.. saat traveler itu paling suka fotografinya. Buat kenang-kenangan dan paling seneng kalo temen pada komentar waaaak bagusnya...

    ReplyDelete
  7. happy ya jadi traveler ,apalagi kalo nyoba -nyoba makanan unik n enak ....xixixixi....next time di sodorin makanan ala- ala resepnya ya mbak..#ngarep

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan