Cara Mudah Back Up Blog Lengkap (Posting, Halaman, Foto, Komentar) di Blogspot

cara mudah back up data blog
Saya memulai blogging sebetulnya sudah lama. Dulu pada waktu heboh Multify, saya pernah punya account juga. Kemudian pada tahun 2008 saya mulai membuat blog di blogspot. Isinya sama seperti blog saya yang kedua, berkisar seputar traveling dan kuliner. Blog pertama saya bertahan sampai 2010, itu pun dari 3 tahun nge-blog saya hanya release 16 artikel selama 2 tahun lebih. Betul-betul kurang produktif ya?

Awal tahun 2015, saya kembali tertarik nge-blog. Jadilah blog www.nichealeia.com ini. Banyak yang bilang namanya susah diingat, pronounciation-nya pun susah. Iya sih, tapi ya sudahlah, nasi sudah menjadi bubur. Mau ganti nama juga nanti urusannya panjang, harus bubur merah bubur putih dulu. Hehe.

Saat ini, blog saya yang kedua telah mencapai 100 artikel dalam kurang lebih 11 bulan, alias rata-rata 9 artikel/bulan. Duh, masih jauh banget dari target 15 artikel/bulan. Nah, dengan semakin banyaknya artikel di blog saya (jiaaah, ngaku-ngaku banyak, yang lain udah ribuan kelez!), tiba-tiba terlintas pikiran, bagaimana seandainya jika blog kita tiba-tiba tidak bisa diakses? Misal karena di banned sama si om, iuuh amit-amit deh ya. Tapi memang untuk blogger, Atau misalnya kita melakukan perubahan pada blog kita yang ngga bisa kita undo, padahal kita lebih suka yang sebelumnya – apakah kita akan bisa mengembalikan blog kita?

Jangan tunggu lagi! Lakukan back up blog sekarang!

Back Up Data Apa Saja?


Selama ini saya beberapa kali melakukan back up terhadap template. Saya pikir cukup dengan itu. Tetapi ternyata ada beberapa yang harus di-back up secara terpisah, yaitu:

1]. Back up blog template
2]. Back up foto
3]. Back up artikel artikel posting, halaman dan komentar
4]. Back up HTML/javascript serta link dari gadget, jika diperlukan

Bagaimana cara melakukan back up terhadap ke-4 hal di atas? Yuk kita bahas satu persatu.
Note: sebelum melakukan back up, create folder terlebih dahulu ya, bisa di komputer, di external drive, keseluruhan file dijadikan satu tempat.

Backup Blog Template


Backup template sangat disarankan setiap kali kita ingin melakukan perubahan atau mengedit template blog, entah supaya tampilan lebih kece, lebih SEO friendly, atau mau menambahkan kode HTML tertentu. Ngga lucu kan, kalau tiba-tiba kita salah menghilangkan satu tag HTML saja, blog ngga mau running? Yang ahli HTML mungkin ngga masalah, kalau seperti saya ya bisa nangis bombay berhari-hari.

Saya biasanya melakukan backup template jika akan melakukan editing terhadap template blog, jaga-jaga jika saya salah merubah HTML code. Bagaimana caranya? Teman-teman juga mungkin sudah pada tahu ya caranya, karena memang mudah. Nah, ini caranya:

1]. Sign in ke blogger (www.blogger.com)
2]. Masuk ke menu Dashboard
3]. Di bagian sebelah kiri, di bawah tulisan My Blog, cari tulisan “Template
4]. Di sebelah kanan atas, klik tombol “Backup/Restore
5]. Klik tombol “Download Full Template

Blogger > Dashboard > Template > Backup/Restore 
cara mudah back up data blog

cara mudah back up data blog

Tunggu deh sampai selesai download. File name-nya akan berupa ekstensi .xml, yang nantinya bisa diupload di blog yang berbeda atau mengembalikan (restore) blog kita ke semula sebelum proses edit.

Backup Postingan Blog, Halaman dan Komentar


Seperti yang telah disebutkan, ternyata katanya back up template saja tidak cukup, karena ini hanya mem-back up tampilan blog kita (layout), tidak termasuk back up posting, komentar ataupun gadget yang kita gunakan.

Nah, kalau ini terus terang saya belum pernah melakukannya. Baru tahu saat ini untuk melakukan backup postingan, halaman dan komentar diblog. Helow to the low, kemana aja sih saya? Kudet amaaat? Tapi, seperti kata pepatah, better late than never khaaan...?

Ini cara yang saya lakukan untuk mem-backup postingan, halaman dan komentar

1]. Sign in ke blogger 
2]. Masuk ke menu Dashboard
3]. Di bagian sebelah kiri, di bawah tulisan My Blog, cari tulisan “Setting” dan klik
4]. Di bawah menu Setting, cari dan klik tulisan “Other
5]. Akan terlihat menu “Import & Back Up”, klik tombol “Back Up Content
6]. Muncul menu pop up, selanjutnya tekan tombol “Save to Your Computer

Blogger > Dashboard > Setting > Other > Back Up Content > Save 
cara mudah back up data blog

cara mudah back up data blog

Bagaimana cara menggunakan back up data ini jika seandainya blog kita terhapus? Tinggal lakukan langkah kebalikannya, yaitu tekan tombol “Import” dan upload file .xml ini ke blogger. Saya belum mempraktekan untuk fungsi import ini, mudah-mudahan sih jangan sampai kejadian ya, blog tiba-tiba lenyap. Fungsi Import & Back Up ini juga berguna saat kita ingin pindah ke self hosting seperti Wordpress.

Selain menggunakan fitur dari blogspot sendiri, sebetulnya kita bisa juga menggunakan Google Takeout. Untuk detailnya lihat di bagian back up image ya.

Back Up Image / Foto


Untuk melakukan backup foto bisa dilakukan melalui picassa, google plus image ataupun google take out. Kali ini kita bahas untuk google takeout ya.

1]. Buka Google Takeout
2]. Pilih data yang mau di back up dengan cara mencentangnya, di sini dipilih Google Photo.
3]. Klik tombol “Next
4]. File backup akan berbentuk zip, pilih Delivery Method yang diinginkan
5]. Kemudian klik tombol “Create Archieve”, link download akan dikirimkan melalui email

cara mudah back up data blog

Nah, seperti yang tadi disebutkan, Google Takeout ini juga bisa untuk back up blog post dan komentar, tinggal pilih produk google yang akan di-back up. Ada banyak list product Om Google. Untuk blogger ada juga pilihan semua blog yang kita punya, atau hanya blog yang kita pilih saja.

Kecepatan create archive tergantung dari banyaknya data yang ingin kita back up. Awalnya, karena ketidaktahuan, saya langsung saja klik tombol “Next” untuk memulai archieving, eh, tahunya lama sekali. Terang saja lama, lah wong 21 Google’s products yang datanya saya back up.

Back Up HTML/Javascript Gadget


Kita kan sering tuh punya tambahan HTML/Javascript gadget, misalnya HTML/Javascripts komunitas blogger kita, atau HTML/Javascripts untuk Alexa Rank dan lainnya. Bisa sih kita cari lagi, jika datanya hilang. Cuma kan terkadang malas ya kalau harus cari satu-satu lagi, perlu waktu juga untuk buka-buka arsip web.

Nah, untuk back up HTML/Javascripts gadget enaknya semua HTML/Javascript 3rd party disatukan. Jadi kalau ada apa-apa, kita tinggal buka file backup kita.

Caranya bagaimana? Hehe, masih manual sih kalau saya, alias copy paste satu-satu. Kalau ada yang pernah punya pengalaman back up HTML/Javascript otomatis boleh dong di-sharing juga.

1]. Masuk Blogger Dashboard
2]. Pilih “Layout
3]. Pilih HTML/Javascript yang ingin kita back up, klik tombol “Edit
4]. “Copy” code HTML/Javascript, dan “Paste” di Notepad dan “Save” di komputer

Mudah-mudahan sih kita ngga pernah pakai ini back up file ya. Tapi ini hanya buat jaga-jaga jika blog kita terdelete baik sengaja maupun tidak sengaja, dan kita ingin merestore/mengembalikan kembali isinya.

8 comments:

  1. Terima kasih infonya mbak, penting sekali memang ya back up blog kita supaya aman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Sebelumnya saya cuma back up template saja tiap mau edit html. Ngga kepikiran buat back up content y. Kalau saya baru tahu yg ini. Kudet ya sayah...

      Delete
  2. makasih buat tutorialnya gan..
    ditunggu tutorial yang lainnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaaap ... tutorial apa yak yang kira masih banyak diperlukan?

      Delete
  3. Aku taunya backup template aja. Belum tau kalau bisa backup halaman plus komentar dan foto juga. Makasih infonya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama Mbak..saya juga awalnya seperti itu, taunya mbak up template aja. Hehe. Sama-sama Mbak.

      Delete
  4. keren tutorialnya... mau di coba deh
    makasih ya mbak

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan