Cara Menambahkan Google Maps Pada Postingan Blog

[Spoiler] Postingan ini hanya untuk pemula. Yang sudah advance mungkin postingan berikut biasa banget dan ngga menarik. Cemen banget dah, tentang memasang Google Maps.
Kenapa saya tertarik untuk memasang Google Maps, tidak lain dan tidak bukan karena ada keluhan dari pembaca. Keluhan pembaca tentunya feedback juga dong ya bagi saya untuk perbaikan. Iya ngga?
“Pasang Google Maps-nya dong di bawah postingannya. Biar ada bayangan letaknya di sebelah mana.”
Demikian usulan yang disampaikan seseorang mengenai sebuah artikel review tentang tempat kuliner.
Hmmm, iya juga yak. Tidak ada salahnya jika kita menambahkan Google Maps di akhir postingan. Mirip-mirip dengan website booking hotel yang suka memajang juga Google Maps untuk menunjukkan keberadaan hotelnya.
Eh, tapi bagaimana caranya? Duh, gaptek banget sih saya. Kemarin juga ada yang minta di share lokasi melalui WhatsApp, saya pun bingung, bagaimana caranya?
Saat saya coba insert dari postingan, ternyata tidak ada menu untuk menambahkan Google Maps. Kalau menambahkan Youtube sih ada. Ini Google Maps bagaimana caranya? Perlu plugin tambahan kah?
Ternyata tidak perlu. Kita tinggal meluncur ke website Google Maps atau bisa di klik di sini. Oya, sebagai contoh saya ambil NuArt Sculpture Park ya.
Baca juga: Nyoman Nuarta, NuArt Sculpture Park & Tentang Identitas Bangsa Yang Hilang

Dan berikut langkah – langkah untuk menambahkan Google Maps pada postingan artikel blog:
1.   Ketik tempat yang ingin kita cari pada kotak pencarian, klik gambar lensa pembesar dan biarkan mesin pencari menunjukkan kemana si tanda merah berakhir.
2.   Klik pada tanda petunjuk tempat/lokasi yang berwarna merah, kemudian akan muncul keterangan mengenai tempat tersebut. Jika belum ada, kita bisa menambahkan terlebih dahulu.
3.   Kemudian klik menu pada bagian ujung kiri atas, yang nantinya akan tersedia pilihan sub menu seperti di gambar berikutnya.
4.   Pilih item share or embed Map, kemudian akan muncul kotak dialog lanjutan.
5.   Kotak dialog lanjutan memungkinkan kita untuk memilih apakah kita akan menshare lokasi atau embed map. Nah, karena kita akan menyisipkan peta lokasi pada artikel postingan kita, maka kita pilih “Embed Map”.
6.   Setelah itu akan keluar pilihan mengenai ukuran peta yang ingin kita tampilkan di postingan. Jika suka yang ukuran besar pilih ukuran medium ke atas. Kalau saya suka dengan ukuran map yang mungil, jadi saya pilih small. Setelah itu akan muncul kode pada kolom di sampingnya. Copy kode tersebut.
7.   Buka dashboard kita, dan pilih postingan yang hendak kita lengkapi dengan Google Maps. Pilih mode HTML, kemudian paste kode yang tadi kita copy.
8.   Balik lagi ke mode Compose. Tadaaaa! Peta sudah diselipkan.
Bagaimana kawan-kawan, mudah kan menyisipkan Google Map di artikel postingan?
Sekarang, ketika saya menulis sebuah artikel mengenai tempat wisata, review hotel ataupun review kuliner, untuk memudahkan kawan-kawan dalam mengetahui tempat yang kita tuliskan, sekarang saya lengkapi dengan Google Maps.
Jika ada saran, mohon komentarnya ya. Terima kasih.

11 comments:

  1. Thx u infonya mba ^^ langsung praktek semoga berhasil

    ReplyDelete
  2. Beberapa waktu lalu ketika berkunjung ke situs sahabat pernah melihat google map di postingannya. ternyata penambahannya seperti ini. terimakasih min :)

    ReplyDelete
  3. Dulu aku pikir masukin maps di blog itu susah, ternyata gampang banget. Kayak embed dari IG atau youtube. Postingan pertamaku yang menyertakan map ya pas posting Trizara Resort.

    ReplyDelete
  4. Saya malah nggak ngerti loh mba, makasih infonya

    ReplyDelete
  5. Wah jadi inget metode embed nih mbak :D
    Nice info mba ;)

    ReplyDelete
  6. saya juga suka pakai google maps kalau posting di blog. Semoga bisa membantu yang membaca bila melihat map :)

    ReplyDelete
  7. kirain cuma screenshot. hihi...

    ReplyDelete
  8. makasih ya...bermanfaat banget...

    ReplyDelete
  9. makasih infonya
    langsung nyoba nih
    moga bisa hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan