Rachel, Anak Yatim Piatu Yang Membuat Kaget Juri The Blind Audition, Voice Kids Indonesia

Beberapa malam yang lalu saat sedang menyelesaikan sebuah artikel untuk di posting di blog, anak-anak asyik memainkan handphone Xiaomi Max saya. Pasti tidak jauh-jauh dari mencari squishy, mainan busa yang berbentuk karakter-karakter yang sedang ngetrend saat ini. Tiba-tiba telinga saya menangkap alunan suara bening dari phone cell yang dipegang mereka.
I'm just a little bit caught in the middle
Life is a maze and love is a riddle
I don't know where to go I can't do it alone I've tried
And I don't know why

Saya hafal lagu itu. The Show yang dipopulerkan oleh Lenka. Iringan musik yang ceria, easy listening, dipadu dengan suara bening yang unik, sanggup membuat saya menghentikan gerakan jari jemari saya pada keyboard HP Pavilon x360, dan mengangkat kepala penasaran dengan apa yang sedang anak-anak tonton.
"Siapa tuh yang nyanyi?" Tanya saya pada mereka.
"Ini, Bu, Rachel."
"Siapa Rachel?" Saya bingung, perasaan belum pernah mendengar nama penyanyi bernama Rachel.
"Hebat lho, Bu. Anak kecil. Umurnya baru 11 tahun," Aisya semangat menjelaskan, "bagus ya, Bu, suaranya."
"Iya," jawab saya, "coba Ibu lihat juga." Lanjut saya sambil melongok ke layar Mi Max.
"Ulangi dari awal dong ...," pinta saya.
"Cie, cie, Ibu juga tertarik, Ca," Aisya meledek saya sambil tertawa sama kakaknya, “suaranya lebih bagus lho dari penyanyi aslinya,” oceh Aisya lagi. Waduh, ini anak ternyata sampai mencari penyanyi aslinya.
Mata saya tak lepas dari layar handphone. Video yang berdurasi sekitar 6 menit tersebut dibuka dengan 3 juri duduk di kursi membelakangi panggung. Di sana terlihat Tulus, Agnes Monica dan Bebi Romeo. Seorang anak perempuan berkerudung dalam balutan overall berwarna biru mulai melantunkan tembang yang dibawakannya. Suaranya bening, benar-benar memukau saya.
Bukan hanya saya yang penasaran dengan suaranya. Terlihat di layar, begitu si anak perempuan tadi melantunkan bait pertama lagu The Show, ketiga juri: Tulus, Agnes Monika dan Bebi Romeo langsung menunjukkan ekspresi terpukau dan kaget. Dalam hitungan detik, Agnes Monika menekan tombol dan kursi berbalik menghadap panggung. Tulisan "I WANT YOU" yang terdapat pada bagian bawah podium kursi menyala, yang berarti Agnes menginginkan anak tersebut untuk di-coach olehnya.
Tidak berapa lama, Bebi pun memencet tombol, kursi berbalik dan tulisan "I WANT YOU" pun menyala terang. Tulus menggelengkan-geleng kepala masih dengan ekspresinya kagumnya, kemudian memencet tombol hanya selang satu detik dari Bebi. Wow, ketiga juri memencet tombol hanya dalam hitungan detik!!!
Namanya Rachel. Suaranya bening dan khas, dengan warna suara unik. Sedikit mirip Fatin kalau menurut saya. Anak perempuan kelahiran 22 April 2005 ini telah membuat 3 coach dari The Blind Audition, The Voice Kids Indonesia berebutan untuk menjadikannya sebagai anak didiknya.
Bebi Romeo bilang bahwa suara Rachel ini anugrah. "Ini adalah 1001 kasus. Suara kamu itu anugrah," ujarnya. Bebi juga sempat bercandain Rachel suruh ngomong, dan kata Bebi, ngomong kamu aja lucu dan enak didengar. Sedangkan Tulus bilang bahwa masih banyak yang harus dipelajari Rachel, tetapi warna suara Rachel yang khas adalah modal awal yang merupakan anugrah.
Cobain dengar suara beningnya Rachel saat menyanyikan lagu The Show-nya Lengka, penyanyi asal Australia berikut ini.
Kereeen kan? Dijamin suka deh. #Eh? 
Ada yang membuat saya tambah terharu adalah saat Agnes Monika bertanya dengan siapa Rachel datang. Ketika dijawab dengan nenek, kakak dan tantenya, Agnes lanjut bertanya, oh orang tuanya mungkin lagi ada urusan ya sehingga ngga bisa datang.
Di sini deh, Rachel mulai berkaca-kaca. Ternyata Rachel ini anak yatim piatu. Kedua orang tuanya telah meninggal dunia. Duh, saya saja sampai mengusap air mata saat Agnes menghampirinya ke panggung karena merasa bersalah menanyakan mengenai orang tuanya. Agnes memeluk tubuhnya yang mungil dan menghiburnya.
Setelah sedikit bingung menentukan mau di-coach siapa, akhirnya Rachel memilih Agnes untuk menjadi coach-nya. Bebi sampai berguman, "beruntung banget Agnes." 
Wuih, ngga sabar untuk mendengarkan lagu-lagu lain dari mulut mungil Rachel di acara The Blind Audition, The Voice Kids Indonesia ini.
Bukan hanya juri, saya dan anak-anak yang rupanya terpukau dengan suaranya. Masyarakat Indonesia pun rupanya menyukai suaranya yang bening, unik dan lucu. Sejak diunggah ke youtube, 5 September 2016 lalu, sudah mendekati 4,6 juta view dengan total like 75 ribu, dan lebih dari 1000 komentar.
Rata-rata komentar netizen pun positip dan kagum dengan suara emasnya Rachel. Account Dwi Murdiantoro berkomentar pada video youtube yang diunggah The Voice Kids Indonesia: Subhanallah, kemarin pas kasih komentar baru 2 juta lebih viewer, hanya selang beberapa hari sudah 4,4 juta viewer, RUAR BIASA.
Banyak juga account laki-laki yang berkomentar mereka menangis saat melihat video ini. Seperti account Gusti Gaputra yang mengatakan: Sumpah gue malu sama badan gemuk plus brewokan begini, melihat senyum manisnya Rachel yang tiba-tiba berubag nangis gitu, gue jadi ikutan nangis. Atau account Aryo Widuri: Wuasem tenan, aku nangis.
Bahkan ada yang menyatakan tergila-gila dengan suaranya Rachel, seperti yang diungkapkan account Aziz Maulana: Njiiir, gue tergila-gila sama anak ini. Kok berasa gue pedofil :D. Ada juga account Hendrik Cardova yang menulis: Ni video terpaksa gue simpan offline biar kuota gue selamat. Ntah sudah berapa kali nonton ... 11 tahun ... betapa aku begitu tua T-T.
Ada juga account yang saya duga berasal dari negeri jiran (berdasar bahasanya) yang mengucapkan selamat pada Rachel: Fuhhh 3 juta viewer. Tahniah adik, comel betul.
Keren deh adik hijaber yang satu ini. Semoga sukses ya, Dek.

31 comments:

  1. Yang inspiratif2 kayak gini saya suka. Tetap semangat menyebarkan konten2 positif mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Disaat banyak orang yang mencoba meraih popularitas dengan hal yang kontroverial, seperti ini lebih keren yak.

      Delete
  2. aish... saya juga baru tahu, jadi langsung klik youtube-nya deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, saya juga baru tahu saat anak-anak mendengarkan lewat youtube. Langsung suka dengan suara beningnya, lagunya juga sih.

      Delete
  3. baru tahu nih aku... aku jadi nyimak deh voice kids indonesia ini.. sebelumnya gak pernah nyimak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah ngga tahu ada acara ini, Mbak. Anak-anak yang lebih duluan update. Hahaha. Emaknya kudet.

      Delete
  4. Saya belum nonton videonya ntar mlm ah searching tp baca ulasan mba saya sukses berkaca2 kok saya lebay banget y hehehe suka pilu sendiri baca kisah beginian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya aja berkaca-kaca iih lihat dia nangis. Wkwkwk.

      Delete
  5. Aduh, saya ketinggalan... gak pernah nonton acara ini malah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga mas Maman, ketinggalan. Katanya di Global TV acaranya. Ini gara-gara anak-anak saja saya jadi tertarik nonton. Hehe.

      Delete
    2. Oh gitu yah, kalau bagus buat anak2 sih gpp, perlu didukung.. siapa tahu anak2 kita juga tertarik dan bisa berprestatasi spt Rachel...

      Delete
  6. Wah ponakanku juga seneng bangettttt ama ini.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, beneran banyak penggemarnya yak. Anak saya juga suka sama yang ini. Keren katanya.

      Delete
  7. Saya sudah nonton memang bagus penampilannya jadi tidak heran deh kalau menurut saya jurinya sampai kaget begitu karena memang TOP banget bakatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suaranya itu tuh yang bikin suka. Bening dan khas anak-anaknya masih ada. Renyah gitu. Hahah

      Delete
  8. Aku gak liat pas live dari tv, tapi liat di youtube pas paginya, nangis pas agnez nanya ortunya mana, terus dia nangis dan agnez meluk dia dan berusaha nenangkan rachel :'), suaranya keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak, sempet berkaca-kaca, tapi sempet juga mikir, ini scenario bukan yak? Karena tiba-tiba Agnes nanya sama siapa Rachel datang. Hmmm, terlepas scenario atau bukan, tapi keren banget suaranya Mbak. Salut deh.

      Delete
  9. Iya saya juga suka nonton acara ini mbak Levi, anak-anak dengan suara emasnya yang luar biasa yaa

    Sayang pas yang ini ngga nonton, tapi setelah nonton videonya emang bagus sekali suaranya. Semoga Rachel sukses yaa aamiin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah jarang nonton Mbak. Belum pernah tau ada acara ini. Anak-anak yang suka. Pas dengerin duuuh kok krenyes-krenyes banget suaranya. Hahaha. Suka deh.

      Delete
  10. Pas Rachel tampil aku nggak nonton. Coba nonton di youtube jadi ikut-ikutan nangis. Hikss.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...sekarang lagi nungguin babak battle nya nih, moga-moga lolos. Jadi degdegan..xixi

      Delete
  11. Saya nangis tau nih nonton Rachel. Suaranya bagus banget bikin merinding juga. Pengin punya adik kayak Rachel. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sampai denger berkali-kali. Warna suaranya khas banget yak. Mudah-mudahan coachnya nyariin lagu yang cocok sama warna suaranya doi yak..

      Delete
  12. Saya juga sempat terharu melihatnya... Padahal saya gak pernah nonton the voice kids jadi ketagihan pengen nonton lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nungguin babak battle-nya Rachel nih. Mudah-mudahan bisa nonton and doi bisa ke babak selanjutnya. Tapi rata2 bagus-bagus suaranya anak-anak Indonesia..

      Delete
  13. suaranya imut banget...
    semoga dia mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akherat dengan tetap bersabar atas kehidupannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa...imuuut dan manis manja group gitu yak. Suka. Kalau kata anak saya mah lebih bagus daripada aslinya. Xixixi.

      Delete
  14. Replies
    1. Suaranya bikin keder Mbak...wkwkwk.
      Aaah, meuni manis manja group yak..

      Delete
    2. Suaranya bikin keder Mbak...wkwkwk.
      Aaah, meuni manis manja group yak..

      Delete
  15. Aku belum pernah nonton acara ini, mba. Tapi pas denger suaranya tadi, ooh kereeeennn ;)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar. Silahkan tinggalkan jejak, ya.

Follow my media social for any update of articles
Twitter: @mandalagiri_ID
Instagram: mandalagiri_ID

 

About Me

My Photo

Travel - Eat - Write
"Learn from yesterday, life for today, hope for tomorrow. The important thing is to not stop questioning - Albert Einstein"

Facebook | Levina.Mandalagiri
Twitter | @mandalagiri_ID
Instagram | mandalagiri_ID

Followers

Google+ Followers

Warung Blogger

Hijab Blogger

Kumpulan Emak Blogger

IDCorner

ID Corners

Fun Blogging

Fun Blogging

Blogger Perempuan Network

Blogger Perempuan